Langkah Cara Bikin / Membuat Toge (Tauge) Kecambah - Ayo Pelajari Caranya

Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI


Langkah Cara Bikin / Membuat Toge (Tauge) Kecambah

Cara Bikin Toge Sendiri Di Rumah

MENCARI TAHU LANGKAHNYA CARA BIKIN TOGE ( TAUGE ) / KECAMBAH DENGAN MUDAH DI RUMAH

Anda Doyan Makan Touge ? Banyak yang bilang jika pria ingin subur, konsumsilah toge, sedangkan perempuan yang mengonsumsi tauge akan membuat rahimnya gampang "dibajak". Itulah mitos tentang tauge. terlepas dari mitos tersebut, touge adalah makanan yang lezat dan sangat bergizi, selain gizi tauge yang bernilai tinggi, touge memiliki khasiat yang luar biasa jika dikonsumsi. Yang pertama, tauge ini dapat mencegah kanker, karena proses menjadi tauge telah menguraikan 90% rantai olisakarida menjadi karbohidrat sederhana, sehingga senyawa tersebut mudah sekali diserap tubuh, tanpa menghasilkan gas. Tauge juga mengandung serat yang membantu pengurasan kotoran dalam usus besar. Lalu yang lainnya adalah mencegah osteoporosis, mencegah serangan jantung dan stroke, membangkitkan kekebalan tubuh, jadi mari kita banyak makan tauge, tapi pernahkah anda berkeinginan mencoba membuat atau menanam touge sendiri, selain lebih terjamin kehigienisannya anda juga bisa jadikan kegiatan membuat touge ini sebagai home industri yang bisa mendatangkan uang.

Ayo Pelajari Caranya Membuat Touge

Silahkan simak Video Tutorial Proses penanaman tauge yang terbilang sangat mudah ini . Di sini, kita hanya akan membuat biji-biji ini keluar akar dan sedikit daunnya, atau biasa disebut dengan proses persemaian. Meskipun begitu, tahapan yang keliru justru akan mengakibatkan biji-bijian ini malah membusuk.

Berbagaimacam Alat - alat sederhana yang di butuhkan untuk memproduksi Toge Berkwalitas bisa anda lihat Secara Online !  silahkan anda : 


Silahkan di simak video Langkah - Langkah Cara membuat Touge Berikut ini :





Alat dan Bahan untuk membuat toge / tauge sendiri di rumah
  •     Biji kacang hijau/kedelai
  •     Air
  •     Baskom
  •     Karung beras

Langkah-langkah Mudah Membuat Kecambah Touge :

Langkah Perendaman Kacang Hijau

Pertama-tama siapkan kacang hijau/kedelai yang ingin dijadikan kecambah, lalu cuci sampai bersih. Berikutnya, biji-biji tersebut kita masukkan ke dalam baskom dan ditambah air hingga penuh. Kemudian, biji direndam selama seharian penuh (24 jam) agar mekar. Biji yang terapung sebaiknya dibuang karena kualitasnya buruk/isinya kosong.

Langkah Penyemaian Awal Kacang Hijau

Di hari kedua, siapkan tempat persemaian yang terbuat dari karung beras. Tempat persemaian yang dipilih sebaiknya terletak di ruangan yang agak lembab dan tidak mendapatkan sinar matahari langsung. Contohnya adalah di sekitar kamar mandi dan di bawah kolong. Biji yang telah ditiriskan dari air rendamannya ini, lantas digelar di atas karung beras. Bentuk perawatan pada langkah ini, anda cukup memantau persemaian agar tidak diganggu oleh tikus.

Langkah Penyemaian Akhir Tunas Baru Kacang Hijau

Di hari ketiga, kecambah kacang hijau/kedelai mulai tumbuh. Untuk menghindari terjadinya kebusukan, anda dapat mencuci bakal-bakal kecambah ini secara berkala di pagi, siang, dan sore hari. Jangan lupa, setelah dicuci, kecambah harus diletakkan lagi di tempat persemaian.

Langkah Pemanenan Kecambah / Touge

Di hari ketiga malam atau hari keempat, anda sudah bisa memanen tauge yang anda tanam. Pastikan anda mencucinya bersih sebelum diolah menjadi hidangan yang lezat.

Langkah - Langkah alternatif Cara Membuat Toge yang Paling Gampang dan berhasil

Bahan - Bahan Untuk Bikin Touge / Kecambah :

  • 100 gr kacang hijau
  • Wadah berlubang-lubang (bisa pakai bakul bambu, bakul plastik, kukusan, saringan, dsb)
  • Baskom
  • Serbet bersih/tisu dapur
  • Air

Cara Membuat Toge Yang Paling Gampang :

  • Cuci kacang hijau sampai bersih (kalau tidak bersih, toge yang dihasilkan agak kecoklatan)
  • Rendam kacang hijau semalam.
  • Masukkan serbet bersih/tisu dapur sebagai alas dalam wadah berlubang. Tebarkan kacang hijau di atas serbet. Lalu, siram dengan air sampai keseluruhan serbet alas menjadi basah.
  • Tutup wadah dengan serbet bersih lainnya
  • Tempatkan wadah dalam baskom agar airnya tidak menetes kemana-mana.
  • Siram sebanyak 3 sampai 5 kali sehari (Saat menyiram, angkat wadah dari baskom).
  • Setelah 2 – 3 hari sudah tumbuh kecambah setelah hari ke-5 sudah menjadi toge yang cukup panjang dan siap dipanen.
  • Bersihkan toge dari kulit kacang yang berwarna hijau dengan cara dicuci berulang-ulang.

Bagaimana Membuat Toge Pendek (Kecambah)?


Toge pendek dipanen setelah 3 hari, sedangkan toge yang lebih panjang dipanen setelah 5 atau 6 hari.

Mau tahu Informasi Seputar Bahan Penggemuk Touge, Sengkap bisa anda cari dengan cara :


Tips Agar Hasil Panen Toge Berlimpah :

Semakin sering kecambah disiram semakin cepat pula pertumbuhannya dan semakin gemuk toge yang dihasilkan.




Untuk Skala Besar Atau Home Industri Pabrik Touge Silahkan simak cara Budidaya Touge Berikut ini :

Faktor perlunya menambah pendapatan atau juga karena faktor hobi, orang sekarang ini mulai tertarik untuk bercocok tanam dan juga membudidayakan tanaman tertentu seperti toge. Memang alasan orang membudidayakan toge berbeda antara satu dengan yang lain. Akan tetapi perlu benar-benar dimengerti alasan utamanya yaitu karena memang tanaman tersebut banyak manfaat khususnya kandungan nutrisi seperti vitamin E, enzim, dan lain sebagainya. Selain itu ide untuk membudidayakan kecambah toge dapat pula menjadi manfaat bagi ibu rumah tangga karena tidak perlu membeli bahan tersebut dipasar karena dapat dengan mudah memanennya sendiri.

Media Penanaman Toge

Bila mengenai cara budidaya toge, yang harus anda ketahui pertama kali adalah media yang anda gunakan. Pada umumnya orang tidak akan mengalami kesulitan dalam memilih media penanaman dan teknik budidayatanaman toge. Alasan utamanya adalah karena tanaman tersebut dapat menyesuaikan dengan kondisi lahan yang ada baik itu yang terlalu panas maupun dingin. Namun guna memaksimalkan pertumbuhan, anda dapat memilih menanam pada rumah kaca atau juga pada media botol dengan menggunakan kapas atau bahkan juga baki. Disini akan dibahas mengenai budidaya dengan cara tersebut. Lalu apa yang harus dipersiapkan?

Bahan dan Alat Yang Diperlukan Untuk Menanam Touge

Manfaat utama dalam membudidayakan toge dengan media baki adalah yang berhubungan dengan aspek fleksibilitas. Karena cara tanam pada media luar ruang dapat beresiko pada tingkat kegagalan yang tinggi terutama yang berhubungan dengan faktor cuaca. Yang pertama yang perlu dipersiapkan dalam cara menanam toge indoor adalah 1 baki yang berukuran sedang. Namun dapat disesuaikan dengan keperluan penanaman toge tentunya. Yang kedua adalah beberapa kapas yang nanti digunakan sebagai alas dari baki tersebut sebagai tempat berkembangnya kecambah tersebut. Jangan lupa siapkan beberapa kacang hijau dan air secukupnya sesuai kebutuhan.

Pemilihan Bibit Unggul Kecambah

Tak dapat dipungkiri bahwa hal paling penting dalam bercocok tanam kecambah adalah mengenai bagaimana anda menemukan bibit kacang hijau pilihan. Mereka yang tidak berpengalaman tentunya akan mengalami kesulitan dalam memilih bibit kacang hijau. Yang perlu diperhatikan dengan seksama adalah mengenai warna dari bibit tersebut. Pastikan untuk memilih yang memiliki warna yang mengkilat maupun juga yang keruh. Keduanya memiliki kualitas yang sama-sama baik. Namun pastikan warna hijau pada bibit tersebut merata dan tidak ada yang berwarna kecoklatan. Jangan pula memilih bibit yang mana sudah busuk.

Proses Kultivasi Touge

Berikutnya yang perlu anda ketahui adalah mengenai cara penanaman dan kultivasi. Sebelum anda melakukan proses kultivasi, terlebih dahulu perlu untuk dilakukan pencucian bibit toge yang anda punya. Setelah dicuci, anda perlu merendam bibit-bibit tersebut setidaknya selama 24 jam. Gantilah air yang berbusa dengan yang baru selama proses perendaman berlangsung. Kemudian anda perlu menyiapkan baki dan menempatkan kapas menyeluruh pada bagian baki tersebut. Siramlah dengan air suapaya kapas-kapas tersebut basah. Masukkan bibit dengan jarak yang tidak terlalu dekat supaya proses pertumbuhan jadi maksimal. Setalah itu anda perlu untuk menempatkan baki dibawah sinar matahari. Pastikan supaya kapas selalu basah selama proses kultivasi dan pemeliharaan.

Cara Panen Kecambah Toge

Hal lain yang perlu benar-benar diperhatikan dalam kultivasi tanaman toge adalah proses panen. Yang perlu anda ketahui mengenai proses panen adalah tentang lama waktu yang diperlukan guna anda dapat memanen kecambah toge anda. Pada umumnya waktu yang diperlukan guna memanen toge adalah 3 hari. Namun dapat berbeda antara satu orang dengan yang lain mengenai lama perlunya panen tersebut. Semuanya tergantung pada kualitas kultivasi dan bagaimana anda memelihara tanaman tersebut. Pada umumnya orang akan mengkonsumsi sendiri hasil panen toge yang mereka dapatkan dibandingkan dengan menjualnya kepasaran.

--> SELANJUTNYA