Hi Quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Langanan Via E-mail

Ayo Pelajari Carannya

Cara Mendapatkan Promo Barang Murah

Cara Belanja Lebih Irit dan Hemat

Bagaimana Cara Praktis Menghafal dan Memahami Rumus Matematika Dengan Cepat




Pada dasarnya pemahaman akan rumus matematika lebih penting dari sekedar menghafal rumus matematika, bagi kebanyakan pelajar dan mahasiswa rumus matematika adalah sesuatu yang sulit di ingat dan sangat menjenuhkan, ibaratnya lebih enak menghafal setumpuk komik atau novel di bandingkan harus menghafal dan belajar memahami sebaris rumus matematika. ini memang kenyataan hidup dan memang deritanya para pelajar dan mahasisawa yang tidak suka dengan ilmu matematika,  Tapi kalian tidak perlu khawatir selama masih ada m'bah google masalah apa sih yang tidak bisa anda atasi ? kadang kala Selain harus mengusai dalam hal pemahaman konsep kamu juga diharuskan cukup banyak menghafal rumus-rumus matematika tersebut yang biasa disebut dengan Teorema, tak perlu sampai stress mikirin itu semua, Ayo Pelajari Caranya !!! Bagaimana Cara Menghafal dan Memahami Rumus Matematika Dengan Cepat dan Praktis. Sebelum kita uraikan rahasianya di sini, ada baiknya kamu coba simak salah satu Video tutorial mengenai Tip's  Cara menghafal dan memahami rumus - rumus matematika dengan mudah dan cepat, selamat menyimak !







http://goo.gl/ctFNpk

Mau Pempers Gratis Premium Care New Born isi 13 Gratis ?  Tersedia 40 Ribu Paket Sample Gratis Isi 13 Pcs untuk Anda !


Good Luck!



Cek Info Promo Berikutnya Di Sini



Atau Di --> SINI

Pada hakekatnya, otak yang dimiliki manusia bisa menyimpan memori bahkan ingatan yang lebih lama jika dibantu dengan gambaran atau visualisasi yang sesuai. Otak kiri manusia dicirikan karakteristik yang berhubungan dengan kemampuan logis, analisis, urutan, rasional dan objektif . Dengan karakterisitik tersebut, orang yang dominan dalam menggunakan otak kiri cenderung mempunyai pendekatan rasional terhadap kehidupan.

Di lain sisi, karakteristik yang terkait otak kanan adalah intuitif, subjektif, acak, holistik dan sintesis. Dengan karakteristik seperti ini, orang yang lebih dominan dalam menggunakan otak kanan cenderung untuk lebih kreatif daripada orang yang dominan otak kiri. Orang yang lebih didominansi otak kanan lebih menyukai aspek visual, musik, seni, dan imajinasi, lebih singkatnya, otak manusia yang digunakan dalam menyimpan memori terbagi menjadi dua bagian, yaitu otak kiri yang memuat perhitungan, dan otak kanan yang berfungsi visual atau imajinasi.

Contohnya : Kamu pasti pernah bertemu dengan seseorang tapi lupa siapa namanya, ini dikarenakan otak lebih cepat dalam menyimpan informasi yang terlihat/jelas visualisasinya. Menghafal dengan mengulang-ulang kata atau kalimat itu masih kurang memiliki dukungan visualisasi.

Dengan menggabungkan otak kiri dan kanan kita akan menghafalkan rumus-rumus matematika dengan warna-warna bvisualisasi yang jelas.

Dengan warna diharapkan kita akan cepat mengingat apa dilihat. Silahkan coba menghafal dengan warna hitam dan bandingkan dengan menghafalkan rumus - rumus tersebut dengan mengggunakan warna, tentunya kamu akan lebih cepat menghafal dengan bantuan warna.

Cobalah Menghafal Rumus - rumus Matematika dengan cara sebagai berikut:

Alat dan Bahan:

1. Kertas HPS (Kertas Kosong)
2. Sepidol, minimal 2 dengan warna cerah

Cara menggunakannya cukup anda tulis ulang rumus yang akan dihafalkan di kertas kosong tersebut dengan warna yang yang berbeda untuk setiap rumus matematika yang akan dihafalkan. Lalu silakan cari tempat yang nyaman silahkan anda coba untuk menghapalkan rumus-rumus tersebut.

Cara Menghafal Rumus dengan bekerja sama antara Otak kiri dan Otak Kanan
Kalau kamu ingin sukses dan mendapat nilai yang baik dalam pelajaran Matematika atau dalam pelajaran Fisika bahkan KIMIA, tentu anda perlu menguasai berbagai macam rumus - rumus yang ngejelimet

Cara Cepat Menghafal Rumus
Ini dia Cara Cepat Menghafal Rumus Rumus

di bawah ini adalah contoh Rumus yang harus di hafal :
  1. Vp/Vs = Np/Ns
  2. Pp = Vp x Ip
  3. Np/Ns = Is/Ip
  4. Vp/Vs = Is/Ip
  5. Ps = Vs x Is

Bagaimana mengingat rumus-rumus tersebut di atas ? gampang banget pokoknya, ikuti saja petunjuk di bawah ini :

Rumus adalah informasi yang dibaca oleh otak kiri. Agar dapat dibaca Otak Kanan, tiap bagian dalam rumus tersebut kita ubah menjadi sebuah benda, sehingga dapat di imajinasikan. Berikut adalah contoh Imajinasi atau versi cerita kami.

1. Vp = Vespa, Vs=Venus,Np=Napi,Ns=Nasi
Vp/Vs = Np/Ns
Vespa nimpa Venus sebelahnya ada Napi nginjak Nasi
2. Pp=Papa, Vp=Vespa, Ip=Ipung
Pp = Vp x Ip
Papa Melihat Vespa nabrak Ipung
3. Np = Napi, Ns=Nasi,Is=Iis,Ip=Ipung
Np/Ns = Is/Ip
Napi nginjak Nasi tadi ada yang kaget Iis nginjak Ipung
4. Vp/Vs=Is/Ip
Vespa nimpa Venus bikin juga Iis nginjak Ipung
5. Ps=Vs x Is
Di Pasar ada Vespa nabrak Iis

Intinya kamu hanya perlu membuat rumus-rumus tersebut dalam sebuah cerita, sehingga mudah dan cepat bagi kamu untuk menguasainya, sementara untuk "Kali" bisa anda namakan dengan NABRAK misalnya, untuk "Tambah" bisa anda namakan dengan LARI, tergantung kesepakatan diri kamu saja deh, ayo di coba. agar daya ingat kamu terjaga dengan baik harap perhatikan hal - hal di bawah ini.

Ini Faktor penyebab turunnya daya ingat / konsentrasi seseorang

Berkurangnya konsentrasi / daya ingat seseorang (Anak / Orantua ), dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor pemicu, yang diantaranya seperti :
  • Kurang Tidur : Pada seseorang yang memiliki masalah dengan insomnia dan kurang tidur, sangat beresiko mengalami sering lupa. Itu karena dari hasil penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli menunjukan bahwa manusia perlu sedikitnya 6 jam tidur/beristirahat, akan menyebabkan kurangnya potensi maksimumnya.
  • Depresi : Tidak banyak orang yang tahu bahwa depresi juga dapat menyebabkan lemahnya daya ingat seseorang. Dan yang paling berbahayanya lagi, depresi kini dapat terjadi pada siapa saja tidak tergantung pada usia, disarankan kamu menjaga pola hidup yang seimbang antara belajar dan bermain harus seimbang.
  • Alkohol dan obat-obatan : Seseorang yang kecanduan minuman beralkohol dan jenis-jenis obat tertentu, dapat memicu turunnya / melemahnya daya ingat, hindari ya !!!
  • Penyakit tertentu : Terjadinya penurunan daya ingat juga dapat dipengaruhi oleh adanya beberapa penyakit. Dan salah satu penyakit yang sangat mempengaruhi pada turunnya ingatan seseorang diantaranya seperti, Flu, batuk, diabetes, Alzheimer dll, makanya jagalah kesehatan kamu, makan makanan yang bergizi dan bervitamin.
Oleh sebab itu sebagai seorang pelajar atau mahasiswa sebaiknya kamu perhatikan 4 hal diatas, ingat - ingat jangan kamu langgar. semua demi masa depan kamu loh.

Jika kamu merasa artikel ini berguna bagi kamu, tolong bagikan kepada teman - teman kamu dengan cara menekan tombol share di bawah ini.

Dari Berbagai Sumber

2 komentar:

Salmah Solihah mengatakan...

maksih banyak kak keren tekniknya ... ^_^ jadi makin semangat untuk menghafal rumus matematika hehe .. izin sare boleh?..

Kimia Tambang Emas mengatakan...

Ide yang bagus ni kak, saya makin tambah semangat untuk belajar dan menghafal rumus matematikanya.. wkwkwk :)

Poskan Komentar