Hi Quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Langanan Via E-mail

Ayo Pelajari Carannya

Cara Mendapatkan Promo Barang Murah

Cara Belanja Lebih Irit dan Hemat

Cara Bikin Sendiri Mie Telur Basah untuk BakMie Yang Kenyal dan Lezat




Makanan Olahan Mie adalah makanan yang paling banyak variasinya di dunia, mulai dari mie telur, Bakmie sampai dengan mie tarik dan mie instant yang pada dasarnya semua mie itu sama bahannya yaitu tepung gandum atau biasa kita kenal dengan sebutan Terigu, hanya saja tehnik pembuatan dan juga kadar protein terigu yang kita gunakan itulah yang menentukan kelezatan serta kelembutan dari mie tersebut. Sejak jaman dahulu mie sudah di konsumsi oleh penduduk di seluruh dunia, dan yang paling umum kita kenal di indonesia makanan olahan mie yang enak dan lezat salah satunya adalah BakMie, penasaran dengan cara pembuatan Mie Telur Basah untuk BakMie Yang Kenyal dan Lezat, Ayo Pelajari Caranya !!! Cara Bikin Sendiri Mie Telur sendiri di dapurmu. Selain kamu bisa keahlian bikin mie sendiri kamu juga bisa menciptakan usaha jualan mie nantinya, caranya tidak sesulit yang kita pikirkan kok, dan juga tidak serepot yang kita bayangkan, keuntungannya bikin mie sendiri selain kebersihannya yang terjamin juga fresh, karena anda tidak perlu menambahkan bahan - bahah pengawet makanan pada mie yang anda buat tersebut. selain itu citra rasa mie yang anda buat bisa disesuaikan dengan selera keluarga anda. Tertarik dengan cara membuat mie sendiri, mari kita simak sejenak sebuah video tutorial langkah demi langkah cara membuat mie telur yang Lezat, Kenyal dan Lembut. selamat menyimak :


Cek Ketersediaan Bahan - Bahannya Di --> SINI








http://goo.gl/ctFNpk

Mau Pempers Gratis Premium Care New Born isi 13 Gratis ?  Tersedia 40 Ribu Paket Sample Gratis Isi 13 Pcs untuk Anda !


Good Luck!



Cek Info Promo Berikutnya Di Sini



Ini Dia Rahasia Penjual mie ayam yang biasanya selalu laris manis diserbu pembeli, Mie ayam memang lezat dan bergizi. Seporsi hidangan ini dapat membuat Anda kenyang dan berenergi untuk melakukan aktivitas. Mie menjadi santapan lezat dan praktis di musim kemarau maupun musim penghujan.Banyak orang yang mengira bahwa membuat mie ayam sendiri sangatlah sulit. Padahal, bahan baku utama pembuat mie mudah didapatkan, termasuk tepung terigu protein tinggi. Harga tepung terigu yang terjangkau akan mempermudah Anda untuk membuat mie dalam jumlah banyak.  Selain harga tepung terigu yang terjangkau, kini informasi seputar tepung terigu juga sangat mudah diakses. Anda pun tak akan kesulitan lagi ketika akan belajar membuat mie.
Mie yang bertekstur kenyal dan tak mudah putus memang sangat lezat dan menggiurkan. Agar Anda bisa membuat tekstur mie yang kenyal tersebut, pelajari dulu tips-tipsnya berikut ini.

Rahasia 1 : Garam pada Adonan Mie


Selalu tambahkan garam ke dalam adonan mie buatan Anda. Selain bermanfaat untuk memperkaya rasa, garam juga akan membantu pembentukan gluten dalam tepung terigu yang Anda gunakan sehingga tekstur mie Anda akan lebih kenyal.

Rahasia 2 : Agar Adonan Lebih Elastis


Mencampurkan minyak goreng ke dalam adonan mie juga akan membantu adonan mie Anda jadi lebih elastis dan tak mudah putus. Jadi, tak ada salahnya menambahkan sedikit minyak goreng saat menguleni adonan mie.

Rahasia 3 : Penyimpanan Adonan

Adonan mie segar biasanya hanya bertahan selama 6-8 jam di ruangan terbuka. Setelah lebih dari 8 jam, mie akan mulai mengering dan menjadi lembek ketika direbus. Agar hal ini dapat dihindari, simpanlah adonan mie Anda dalam wadah tertutup sehingga adonan tersebut tak mudah mengering. Namun, jika Anda ingin membuat persediaan adonan mie dalam jumlah banyak, Anda dapat menyimpannya di dalam wadah tertutup dan meletakkannya di dalam freezer. Cara ini dijamin ampuh untuk menjaga kualitas adonan mie Anda tetap baik sebelum dimasak. Membuat adonan mie yang kenyal dan tak mudah putus tak begitu sulit, Selalu gunakan tepung terigu berkualitas agar hasil adonan mie sesuai dengan yang diinginkan. Namun, jangan tergoda dengan harga tepung terigu yang terlampau murah karena belum tentu tepung tersebut memiliki kualitas yang baik untuk dijadikan bahan baku pembuatan Mie.

Bagi sebagian besar pencinta Mie, atau yang hobby makan mie, salah satu kenikmatan dari mie yang mereka cari adalah tingkat kekenyalan mie tersebut dan juga kelembutan mie tersebut, orang italy menyebutnya pada spagety dia bilang al dante, klo pak bondan bilangnya Mak Nyus. Mari kita Membuat sendiri Mie Telur Basah untuk BakMie Yang Kenyal dan Lezat, Mie yang kita buat ini akan memiliki rasa yang lebih enak dan lezat ketika dimasak, karena proses pembuatannya sangat hati-hati tanpa menggunakan bahan kimia atau bahan pengawet sehingga mie telur buatan sendiri lebih layak untuk dikonsumsi karena memang berkualitas dan lebih fresh dan sehat untuk dimakan. Membuat mie telur ternyata sangat mudah dan sederhana, untuk itu kita tidak harus lagi membeli mie telur diluar rumah. Yuk Lansung aja kita bongkar resepnya di bawah ini :
Bahan - Bahan Yang Di Butuhkan :
  • 1/4 Kilo Gram tepung terigu kadar protein Tinggi 12 % - 14 %
  • 35 gr tepung Tapioka atau tepung kanji
  • 1 sendok teh garam halus
  • 3 sendok makan minyak bawang
  • 3 butir telur ayam
  • 1 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 40 ml air besih
Cara Membuat Mie Telur :
  1. Campurkan tepung terigu dan tepung tapioka dalam satu wadah, aduk rata
  2. Buat lubang ditengah-tengah campuran tepung lalu masukkan minyak bawang dan telur ayam
  3. uleni adonan dengan tangan sampai tercampur rata
  4. campurkan air, garam dan kaldu ayam bubuk, aduk menjadi satu
  5. tuang air tersebut kedalam campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis dan tidak lengket ditangan
  6. diamkan adonan selama 20 menit dalam wadah yang tertutup dengan plastik
  7. pipihkan adonan lalu digiling dengan menggunakan penggiling mie atau dilakukan secara manual dipipihkan dengan botol atau kayu dan jangan lupa taburi dengan tepung terigu supaya tidak lengket
  8. cetak adonan yang sudah dipipihkan menjadi bentuk mie
  9. setelah terbentuk mie, taburi dengan tepung secukupnya supaya tidak menempel satu sama lain
  10. mie siap diolah menjadi berbagai masakan yang sangat lezat 
Setelah Mie Yang anda Buat Jadi, maka anda dapat mengolahnya menjadi Bakmie Ayam Yang Lezat, mari kita simak cara membuatnya di bawah ini untuk anda yang menyukai bakmi ayam, anda dapat mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah sehingga anda dapat memastikan resep makanan yang and abuat adalah makanan yang bersih dan juga sehat untuk anda.

Bahan untuk resep Bakmi Ayam Yang Kenyal dan Lezat

  • Mie telur Basah Buatan Anda
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 2 sendok makan minyak goreng
Bahan Untuk Kuah Bakmi:
  • 2 buah bawang putih, cincang halus dan tumis, lalu angkat
  • 150 mili liter air
  • 1 buah duan bawang iris
  • 1/2 sendok teh garam
  • Merica secukupnya
  • 1/2 blok kaldu ayam, merek Knorr
Bahan Taburan bakmi :
  • Ayam jamur special (lihat cara buat Ayam jamur special)
  • Pangsit goreng isi Udang (lihat cara buat Pangsit goreng isi Udang)
  • Daun bawang iris
  • Bawang goreng
  • Bokcoy 5 buah bisa di ganti daun sawi hijau

Cara membuat Resep Bakmi Ayam Spesial:

Membuat Kuah mie :
Untuk membuat kuah bakmie, anda dapat mencampurkan bahan bahan yang telah di siapakn untuk kuahnya. Campurkan dan tambahakan air secukupnya lalu didihkan. Anda dapat menyiapkannya dengan menggunakan mangkuk khusus untuk kuah bakmie.

Cara Membuat Mie Bakmie Ayam :
  • Anda dapat memulai dengan merebus mie yang telah di siapkan hingga benar benar matang, angkat kemudian tiriskan.
  • Masukanlah mie yang telah di masak pada mangkuk yang lebih besar dari pad auntuk kuahnya.
  • Tamahkan minyak goreng sedikit saja, dan juga tambahkan kecap asin dalam mie tersebut. Aduk hingga merata, dan tambahkanlah bockoy yang telah di rebus hingga matang yang kemudian di letakan pada bagian atas mie tersebut.
  • Taburkan bawang goreng, ayam jamur special, bawang goreng dan pangsitnya lalu sajikan bersama kuah yang telah di buat sebelumnya.

Seputar Jenis dan Rahasia Tepung Terigu

Makanan berbasis gandum atau tepung terigu telah menjadi makanan pokok banyak negara. Ketersediaannya yang melimpah di pasaran dunia, proteinnya yang tinggi, harganya yang relatif tidak mahal dan pengolahannya yang praktis mudah telah menjadikan makanan berbasis tepung terigu merambah cepat ke berbagai negara. Negara-negara pengekspor gandum juga cukup banyak antara lain, Australia, Kanada, Amerika, Rusia, Cina, dan masih banyak lagi.

Sejarah asal-muasal tanaman gandum sendiri memiliki referensi yang amat beragam. Satu pemahaman yang kiranya sama adalah bahwa tanaman ini diperkirakan pertama kali tumbuh di kawasan Asia. Adalah seorang arkeolog dari Universitas Chicago yang menemukan dua jenis gandum diantara puing-puing reruntuhan sebuah desa kuno di Irak pada tahun 1948. Desa tersebut diperkirakan dibangun 6.700 tahun SM.
Sebagian sejarawan masih berpegang pada anggapan bahwa tanaman ini mula-mula tumbuh di sekitar kawasan Mediterania, sekitar Turki, Syria, India, bahkan Eropa. Catatan sejarah purba menemukan bahwa 4.000 tahun SM relief di pemakaman kuno Mesir mengindikasikan bahwa gandum digunakan sebagai makanan manusia, dan gandum dikenal sebagai makanan di China pada tahun 2.700 SM. Sejalan dengan penyebaran hunian manusia, demikian pula gandum sebagai makanan pokok lalu menyebar ke Eropa Timur, Amerika Selatan, Afrika Selatan, Amerika Serikat, Canada dan Australia. Hal ini mengakibatkan varietas dan jenis gandum pun semakin beragam bergantung lokasi dan masa tumbuhnya.
Dalam perjalanannya, tepung terigu yang diolah dari biji gandum melalui proses penggilingan kemudian berhasil dikembangkan menjadi beragam makanan. Yang paling banyak dikenal dan dikonsumsi berbagai negara termasuk Indonesia adalah roti dan mie. Produk jadi lainnya kue, biskuit, pastry, dan masih banyak lagi.
Ini Dia Proses Pengolahan Gandum Jadi Terigu

Proses pengolahan gandum menjadi tepung terigu dibagi dalam 2 proses, yakni proses pembersihan (cleaning) dan penggilingan (milling). Pada proses cleaning, gandum dibersihkan dari impurities seperti debu, biji-biji lain selain gandum (seperti biji jagung, kedelai), kulit gandum, batang gandum, batu-batuan, kerikil, dan lain-lain
Setelah gandum dibersihkan dari impurities, proses penambahan air (dampening) agar gandum memiliki kadar air yang diinginkan. Proses dampening tergantung pada beberapa faktor. Antara lain kandungan air di awal biji gandum, jenis gandum, dan jenis serta mutu tepung yang diharapkan. Selanjutnya gandum yang telah diberi air didiamkan selama waktu tertentu agar air meresap ke dalam biji gandum. Tahap ini bertujuan untuk membuat kulit gandum menjadi liat sehingga tidak mudah hancur saat digiling dan memudahkan endosperma terpisah dari kulit serta melunakkan endosperm yang mengandung tepung.
Proses kedua adalah penggilingan (milling) yang meliputi proses breaking, reduction, sizing, dan tailing. Prinsip proses penggilingan adalah memisahkan endosperm dari lapisan kulit. Diawali dengan proses breaking yaitu pemisahan biji gandum untuk memisahkan kulit gandum dengan endosperm. Tahap berikutnya adalah reduction, yaitu endosperma yang sudah dipisahkan diperkecil lagi menjadi tepung terigu. Kulit gandum yang terpisah diproses kembali menjadi bran dan pollard.
Selama proses penggilingan dihasilkan produk-produk samping seperti pollard, bran, dan tepung industri. Tujuan dari tahap penggilingan ini untuk memperoleh hasil ekstraksi yang tinggi dengan kualitas tepung yang baik.
Kandungan Protein Terigu
Umumnya penggolongan tepung terigu berdasarkan kandungan proteinnya. Biasanya jenis yang tersedia di pasar memiliki kandungan protein berkisar antara 8% - 9%, 10.5% - 11.5 % dan 12 % - 14 %.
Ternyata di dalam tepung terigu terdapat Gluten , yang secara khas membedakan tepung terigu dengan tepung tepung lainnya. Gluten adalah suatu senyawa pada tepung terigu yang bersifat kenyal dan elastis, yang diperlukan dalam pembuatan roti agar dapat mengembang dengan baik, yang dapat menentukan kekenyalan mie serta berperan dalam pembuatan kulit martabak telur supaya tidak mudah robek.
Umumnya kandungan gluten menentukan kadar protein tepung terigu, semakin tinggi kadar gluten, semakin tinggi kadar protein tepung terigu tersebut. Kadar gluten pada tepung terigu, yang menentukan kualitas pembuatan suatu makanan, sangat tergantung dari jenis gandumnya.
Dalam pembuatan makanan, hal yang harus diperhatikan ialah ketepatan penggunaan jenis tepung terigu. Tepung terigu berprotein 12 %-14 % ideal untuk pembuatan roti dan mie, 10.5 %-11.5 % untuk biskuit, pastry/pie dan donat. Sedangkan untuk gorengan, cake dan wafer gunakan yang berprotein 8%-9%. Jadi suatu tepung terigu belum tentu sesuai dengan semua makanan.
Kualitas tepung terigu dipengaruhi juga oleh moisture (kadar air), ash (kadar abu), dan beberapa parameter fisik lainnya, seperti water absorption, development time, stability, dan lain-lain.
 Moisture adalah jumlah kadar air pada tepung terigu yang mempengaruhi kualitas tepung. Bila jumlah moisture melebihi standar maksimum maka memungkinkan terjadinya penurunan daya simpan tepung terigu karena akan semakin cepat rusak, berjamur dan bau apek.
 Ash adalah kadar abu yang ada pada tepung terigu yang mempengaruhi proses dan hasil akhir produk antara lain warna produk (warna crumb pada roti, warna mie) dan tingkat kestabilan adonan. Semakin tinggi kadar ash semakin buruk kualitas tepung. Sebaliknya semakin rendah kadar ash semakin baik kualitas tepung. Hal ini tidak berhubungan dengan jumlah dan kualitas protein.
Kemampuan tepung terigu menyerap air disebut Water Absorption. Kemampuan daya serap air pada tepung terigu berkurang bila kadar air dalam tepung (moisture) terlalu tinggi atau tempat penyimpanan yang lembab. Water Absorption sangat bergantung dari produk yang akan dihasilkan. Dalam pembuatan roti umumnya diperlukan water absorption yang lebih tinggi dari pada pembuatan mie dan biskuit.
Kecepatan tepung terigu dalam pencapaian keadaan develop (kalis) disebut developing time. Bila waktu pengadukan kurang disebut under mixing yang berakibat volume tidak maksimal, serat/remah roti kasar, roti terlalu kenyal, aroma roti asam, roti cepat keras, permukaan kulit roti pecah dan tebal. Sedangkan bila kelebihan pengadukan disebut over mixing yang berakibat volume roti melebar/datar, roti kurang mengembang, serat/remah roti kasar, warna kulit roti pucat, permukaan roti mengecil, permukaan kulit roti banyak gelembung dan roti tidak kenyal.
Proses terakhir adalah stability yaitu kemampuan tepung terigu untuk menahan stabilitas adonan agar tetap sempurna meskipun telah melewati waktu develop (kalis). Stabilitas tepung pada adonan dipengaruhi beberapa hal antara lain jumlah protein, kualitas protein dan zat additive/tambahan.

Dari Berbagai Sumber

Jika artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan anda, mohon bantuannya membagikan kepada teman-teman anda dengan cara menekan tombol share ke media sosial di bawah ini.

4 komentar:

Papoyz mengatakan...

Makasi inpo nya

Andy Akbar mengatakan...

waktu merebus mie, pakai garamnya sebanyak apa ya biar bau tepungnya hilang? mie sudah kenyal, cuma bau tepung nya sedikit mengganggu

Deaz99 mengatakan...

Akhirnya dapet juga resep ini... thanks min tinggal praktek nih semoga seenak di mangkok ramen (resto jepang depan rumah)

Deasy Pietersz mengatakan...

Untuk hilang bay terigu pakai APA??

Posting Komentar