Cara Memperbaiki Flash Disk Yang Kena Virus Shortcut Secara Manual - Ayo Pelajari Caranya

Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI

Cara Memperbaiki Flash Disk Yang Kena Virus Shortcut Secara Manual

Cara Betulin Flash Disk yang Kena Virus

Mencari Tahu Cara Memperbaiki Flash Disk Yang Kena Virus Shortcut Secara Manual

Sebenarnya Virus Shortcut ini tidak berbahaya hanya saja seringkali kita merasa tidak nyaman ketika isi folder Flash Disk kita di umpetin sama virus iseng ini, di mana tiba - tiba saja semua folder di dalam flash disk kita jadi tak nampak alias hilang semua dan hanya tersisa sebuah Shortcut folder saja, yang lebih mengesalkan lagi ketika Flash Disk tersebut kita colokan di perangkat Video dan Video Portable maka file MP3 atau Video yang ada dalam folder Flash Disk kita tidak dapat di baca oleh perangkat tersebut. sebenarnya sih cara yang paling ampuh adalah dengan cara melakukan scaning melalui antivirus, tetapi jika anda ingin memperbaiki folder di dalam Flash Dish anda secara manual gampang saja sih, kita bisa coba mempelajari dan mempraktekannya sekarang, oleh sebab itu kami ajak anda Ayo Pelajari Caranya ! Gimana Cara Memperbaiki Flash Disk yang kena Virus Shortcut secara manual.


Contoh  Produk Flash Disk Yang Umum Ada Di Pasaran Bisa Kita Lihat dengan Cara : 

Sebelum kita membahasnya panjang lebar dan secara mendalam ada baiknya anda simak dahulu video tutorial cara Cepat membersihkan Virus Shortcut secara manual pada Flashdisk anda, berikut ini, semoga dengan lihat videonya saja anda 





Flash Disk yang sering kali mudah rusak, karena Flash Disk tersebut kwalitasnya kurang bagus, untuk mengetahui contoh kwalitas sebuah Flash disk, Flash disk seperti apa yang bagus kwalitasnya ? spesifikasi lengkapnya bisa kita lihat secara Online, Selangkapnya silahkan : 

Kembali ke pembahasan kita mengenai Virus Shortcut yang menyebalkan tadi, Virus Shortcut ini selalu hadir tiba - tiba dikarenakan Flashdisk tersebut awalnya sudah terinfeksi oleh virus yang didatangkan dari media lainnya ( bisa jadi dari komputer itu sendiri ). dan bisa juga berasal dari Komputer yang awalnya bersih dari virus, namun karena ditancapkan dengan Flashdisk yang terkontaminasi oleh Virus ini jadi ikutan terinfeksi.

Tentu saja tidak sulit untuk menghilangkan atau membersihkan Flash disk anda dari  virus shortcut ini ( tergantung sejauh mana virus ini menyebar ), Hanya saja, terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan Scanning virus. Sekarang saya ingin membagikan tips cara menghilangkan shortcut di Flashdisk.
  • Tancap atau colokin Flashdisknya ke USB di Komputer, kemudian Buka folder Flashdisk tersebut.
  • Selanjutnya anda tinggal klik "Organize" dan klik "Folder and search options"
  • Aktifkan "Show hidden files, folders, and drives" lalu Uncheck pada "Hide protected operating system files (Recommended)". Jika muncul notice seperti dibawah, Klik "Yes".
  • Nah, biasanya sampai sini folder yang disembunyikan oleh virus sudah kembali muncul. Hanya saja masih berstatus semi-hidden.
  • Untuk menormalkannya kembali, silahkan buka CMD (Command Prompt), Setelah terbuka, ketika lokasi dimana Flashdisk berada, misal: Drive H, berarti ketik H:
  • Selanjutnya, ketikan attrib -s -r -h /s /d di CMD, seperti gambar di bawah. Kemudian tekan Enter !
Nah Sekarang coba anda cek Flashdisknya, Apakah semua folder sudah kembali normal lagi. Jika sudah, silahkan hapus folder yang menurut anda aneh dan tidak jelas.

Intinya cara diatas hanya berlaku untuk mengembalikan folder yang disembunyikan oleh Virus Shortcut dan menghilangkan Virus Shortcut secara sementara. Jika Flashdisk kembali dicolokan ke komputer yang terinfeksi Virus Shortcut, bisa jadi hal serupa akan terjadi lagi.

Cara paling ampuh untuk mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan Antivirus, Kamu bisa melakukan Full Scan terhadap setiap Drive yang ada, termasuk Flashdisk.

Cara Cepat Menghilangkan Virus Shortcut Secara Tuntas



  1. Gunakan antivirus. Fungsi dari antivirus ini adalah selain untuk menghapus file yang terinfeksi oleh virus lain, juga sebagai penangkal seandainya ada virus lain dari flashdisk lain. Saran saya gunakan antivirus yang cukup baik. Bukan antivirus abal – abal. Saya sarankan agar sobat menggunakan antivirus avast. Ada versi free-nya, silahkan download dulu jika memang sobat belum punya.

  2. Lakukan proses scanning. Lakukan proses scanning menyeluruh, baik itu pada drive c, drive d, ataupun pada flashdisk yang terinfeksi. Akan lebih baik jika sobat melakukan full scanning. Tungu beberapa saat sampai proses scanning oleh antivirus te;ah selesai. Selanjutnya akan ada laporan tentang beberapa virus yang ditemukan. Dalam hal ini silahkan hapus semua virus yang ada. Sekali lagi, tenang saja. Jangan khawatir File anda tidak akan hilang. Karna virus shortcut ini tidak menginfeksi file melainkan hanya menyembunyikan filenya saja, Namanya juga Virus iseng sih guys !

  3. Menghapus bekas file firus didalam flashdisk. Setelah virus dihapus biasanya masih ada file shortcut yang di tinggalkan oleh virus. Cara membersihkannya, buka flashdisk di windows Explorer. Lihat dimana letak drive flashdisk. Apakah di E, F, atau di G. Ingat, jangan sampai salah. Biasanya drive C, digunakan untuk system, D digunakan untuk menyimpan data dan seterusnya. Sekali lagi, pastikan pada drive mana flasdisk-nya berada.

  4. Dalam hal ini misalnya flashdisk berada pada drive F. Untuk melakukan penghapusan, silahkan masuk drive f menggunakan command prompt atau yang biasa dikenal dengan cmd. Caranya masuk ke RUN atau tekan tombol windows bersamaan dengan huruf R, selanjutnya masukkan cmd pada kotak dan enter.

  5. Setelah jendela commandpromt terbuka, masuk ke drive F (drive dimana flashdisk terpasang) dengan cara ketik F: dan enter.

  6. Setelah sebelah kursor yang berkedip berubah menjadi F:\>_ sobat bisa melakukan penghapusan. Tujuan utama kita adalah melakukan penghapusan file shortcut yang dihasilkan oleh virus. Lakukan penghapusannya melalui cara pengetikkan del *.lnk s/ d/ kemudian tekan Enter, jika muncul error, cukup ketikan del *.lnk dan tekan lagi Enter.

  7. Dalam tahap ini seharusnya file shortcut yang dihasilkan oleh virus telah hilang. Selanjutnya kita akan menampilkan file yang disembunyikan oleh virus ini dengan cara merubah attributnya menjadi normal atau terlihat dalam mode standar.

  8. Masih di dalam Command Promt (cmd). Ketikan lagi drive letter usb kita contoh F: kemudian tekan enter. Ketikan attrib -s -h -r /s /d tekan Enter sekali lagi. (jika muncul error coba hilangkan hanya /d saja atau /s saja).

  9. Tunggu proses perubahan attribut ini sampai selesai. Setelah selesai selanjutnya file yang disembunyikan oleh virus shortcut ini sudah bisa tamnpil kembali dalam mode normal.

  10. Kembalikan settingan file system ke mode hidden. Tadi di awal kita sudah mencoba untuk menampilkan file yang berattribut supper hidden, nah seperti yang saya bilang di awal tadi biasanya supper hidden ini digunakan untuk menyimpan file system agar tidak terlihat pada mode normal.

  11. File system yang terlihat, dikhawatirkan akan terjadi error jika file system tidak sengaja dihapus. Untuk itu alangkah lebih baik jika file system ini di hidden kembali. Toh yang terpenting, file yang telahdisembunyikan oleh virus shortcut sudah berhasil di tampilkan secara normal.   

* Untuk melakukan hidden file pada file system lakukan langkah seperti diatas :

  • Masuk kedalam windows explorer. Untuk lebih mudahnya silahkan tekan tombol windows pada keyboard secara bersamaan dengan huruf “E”.
  • Setelah masuk kedalam windows Explorer, lakukan pengaturan file and folders didalam folder options. Langkah ini bisa sobat lakukan dengan masuk kedalam menu tools, atau dengan cara menekan tombol alt bersamaan dengan huruf “T”. Setelah itu plih folder options.
  • Setelah window folder options terbuka, pilih tab view dan lakukan pengaturan 
  • Centang kembali pada pilihan Hide extentions for known file types dan Hide protected operating system files (Recomended). Selanjutnya klik OK.

Kabar baiknya sih sekarang Virus shortcut ini sudah gak populer lagi, dan akan hilang dengan sendirinya terkena scan anti virus yang sudah up to date, sebenarnya ini ada antivirus karya anak bangsa yang mampu menghilangkan virus ini dengan sangat cepat. Antivirus tersebut diberi nama SmadaV. Pastilah sebagian besar dari kalian sudah pada tau kan ? Artikel diatas memang menjelaskan tentang bagaimana cara menghilangkan virus shortcut secara total. Mungkin ada yang bertanya kenapa kami menulis artikel ini panjang lebar, sedangkan ada cara lain untuk melenyapkan virus shortcut ini, yaitu dengan menggunakan antivirus jaman now, intinya sip supaya anda bertambah pengetahuannya dan lebih praktis aja kalau kita bersihkan virus shortcut ini secara manual dan selalau ada cara yang lebih mudah lagi yaitu 


--> SELANJUTNYA