Hi Quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Langanan Via E-mail

Ayo Pelajari Carannya

Cara Mendapatkan Promo Barang Murah

Cara Belanja Lebih Irit dan Hemat

Cara Tahap Demi Tahap Membangun Sendiri Sebuah Rumah Idaman




Terlepas bahwa anda bukanlah seorang tukang atau ahli bangunan yang pernah sekolah ilmu arsitektur bangunan, tidak ada salahnya dong jika anda mempelajari ilmu tersebut disini, tentunya akan ada kepuasaan tersendiri yang bisa anda nikmati ketika anda memutuskan untuk ikut merancang dan bahkan membangun rumah idaman anda sendiri. walaupun pengetahuan tentang arsitektur bangunan ini sangat luas tapi tidak ada salahnya jika anda mau mempelajari sebelum anda membangun rumah idaman anda tersebut. Jika anda mempelajari Cara membangun rumah idaman tahap demi tahap setidaknya anda tidak akan tertipu dengan kontraktor atau tukang bangunan yang mengerjakan rumah idaman anda, alangkah rebih baik lagi jika anda juga ikut terjun langsung ke lapangan dan ikut mengejakan pekerjaan proyek pembangunan rumah idaman anda sehingga anda akan mendapatkan rumah idaman dengan biaya yang relatif jauh lebih murah dan kwalitas yang jauh lebih bagus di bandingkan anda mempercayakannya langsung kepada tukang bangunan yang anda pekerjakan. Minimal ada fungsi koordinasi dan pengawasan terhadap pekerja - pekerja  yang mengerjakan rumah idaman anda itu. Oleh sebab itu kami mengajak anda Ayo Pelajari Caranya !!! Tahap Demi Tahap Membangun Sendiri Sebuah Rumah Idaman.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang Tahap Demi Tahap Membangun Sendiri Sebuah Rumah Idaman, ada baiknya kita saksikan sejenak video tutorial tentang Persiapan yang harus anda lakukan sebelum mengerjakan proyek pembangunan rumah idaman anda berikut ini :





Sekedar menambah wawasan anda, untuk Kebutuhan Interior Rumah anda bisa anda lihat contoh - contohnya secara onlinem silahkan anda --->. KLIK DI SINI


Atau Di --> SINI



Intinnya rumah yang sederhana pun tetap dibutuhkan ketelitian dan kejelian dalam menggarapnya. Ini karena bangunan rumah idaman tidak hanya sekedar indah di pandang, namun juga kuat dan kokoh serta memiliki biaya pemeliharaan yang rendah. Banyak orang yang menganggap sepele proses pembangunan rumahnya, oleh karenanya mereka menyesal dengan kwalitas rumah yang sudah selesai di bangun oleh tukang bangunannya. Agar Proyek pembanguna Rumah idaman anda berjalan dengan lancar, minimal anda perlu memahami cara beserta tahapan dalam membangun rumah mulai dari awal, istilah pertukangannya di mulai dari Nol.

Inilah Tahapan Persiapan Sebelum Anda Membangun Rumah

  1. Silahkan Mencari lokasi yang tepat
    Carilah lahan yang menurut anda pas untuk bangunan rumah anda. Ada banyak faktor dalam menentukan lokasi, misalnya posisi yang strategis (dekat dengan sekolah, swalayan, tempat kerja, dll), masalah harga silahkan anda pertimbangkan sendiri.
  2. Membuat Gambar Desain Rumah
    Rencanakan gambar desain bangunan rumah anda secara detail untuk menghindari salah bangun. Jangan sekali-kali anda meremehkan gambar perencanaan rumah tinggal. Banyak orang yang meremehkan gambar perencanaan yang akhirnya berakibat fatal, seperti bongkar pasang bangunan, pembangunan yang tidak sesuai atau tidak terlihat nyaman, dll. Anda tidak bisa hanya mengandalkan imajinasi dalam membangun rumah, harus ada gambar yang detail yang mampu dibaca tukang bangunan, jika anda tidak mahir dalam hal ini, anda bisa minta tolong teman anda bahkan m'bah google juga siap kok membantu anda.
  3. Mengajukan IMB ( Ijin Mendirikan Bangunan)
    Sebelum anda membangun, pastikan gambar desain anda sudah disetujui pemerintah lewat pengajuan IMB. Ini penting agar anda mendapatkan petunjuk dari pemerintah mengenai tata cara perencanaan yang tidak melanggar aturan yang sudah ditetapkan pemerintah. - Jika anda belum paham bisa tanya sama si m'bah.
  4. Mencari Tukang atau Pekerja Yang Berpengalaman Membangun Rumah
    Nah, inilah poin terpenting dalam bangun rumah. Anda harus menemukan penyedia jasa bangun rumah yang tepat, karena budget terbesar yang akan anda keluarkan ada pada biaya pelaksanaan proyek pembangunan rumah. Kalau anda salah memilih Tukang bangunan atau pemborong untuk rumah tinggal, maka akan berakibat munculnya potensi pembengkakan biaya pembangunan rumah anda. Di sarankan anda survei terlebih dahulu tentang kwalitas dan kinerja tukang bangunan yang akan anda gunakan, lebih baik lagi jika anda sendiri yang menjadi mandornya.
Setelah melewati tahapan persiapan dalam membangun rumah mulai dari pencarian lokasi yang pas, desain perencanaan, IMB dan mendapatkan pekerja bangunan yang berkwalitas, tiba saatnya anda perlu mengetahui tahapan pelaksanaan pekerjaan pembangunan rumah. Memang tukang bangunan andalah yang wajib tahu mengenai hal ini, tapi disini kami sarankan anda paling tidak mengetahui secara ringkas agar anda bisa menyarankan pekerjaan-pekerjaan apa yang sekiranya perlu ditambah atau dikurangi, okay Boss.

Jika anda setuju, mari kita lanjutkan kepada tahapan dalam pelaksanaan pekerjaan bangun rumah Yaitu Pekerjaan Konstruksi Bangunan, Pekerjaa tersebut meliputi :

  1. Pekerjaan persiapan (pembersihan lahan, pembuatan bedeng untuk pekerja, pembuatan sumur bor jika diperlukan untuk sumber air)
  2. Pekerjaan pondasi, yang meliputi galian, urugan dan pengecoran pondasi
  3. Pekerjaan Struktur, yang meliputi pembesian, pembetonan ,
  4. Pekerjaan Pasangan Dinding dan Plesteran.
  5. Pekerjaan Rangka Atap.
  6. Pekerjaan Instalasi Air Bersih dan Air Kotor.
  7. Pekerjaan Instalasi Listrik.
  8. Pekerjaan Plafon (Langit-lagit)
  9. Pekerjaan Kusen, Pintu dan Jendela.
Yang di atas itu merupakan pekerjaan konstruksi sipil yang istilahnya adalah “pekerjaan kasar”. Bangunan anda masih perlu dipoles menggunakan tahapan selanjutnya yaitu dengan pekerjaan finishing. Nah meskipun namananya adalah “finishing”, tapi justru pekerjaan ini bisa menghabiskan prosentase budget terbesar dalam bangun rumah. Tidak itu saja, pekerjaan finishing terlihat sepele namun justru menghabiskan prosentase waktu paling lama dari pekerjaan lainnya. Itulah kenapa kadang kita jumpai ada rumah yang sebenarnya telah terbangun megah, tapi kok tidak segera diresmikan atau diserahterimakan kepada pemiliknya. Itu karena kebanyakan pekerjaan finishing memang tidak banyak terlihat dari luar rumah.

Berikutnya adalah pekerjaan Fnishing Yang Meliputi :

1.Pekerjaan pemasangan penutup lantai dan dinding.
2.Pekerjaan politur / melamik / duco pada kusen, pintu dan perabot lainnya
3.Pekerjaan pengecatan interior dan eksterior.
4.Pekerjaan pemasangan kunci-kunci dan alat penggantung.
5.Pekerjaan pemasangan perlengkapan sanitasi beserta komponen pendukungnya.
6.Pekerjaan pemasangan lampu, sakelar, stop kontak, dan peralatan listrik lainnya.
7.Pekerjaan pembuatan pagar depan dan pintu masuk/gerbang.
8.Pekerjaan pembuatan carport dan jalan/akses masuk.
9.Pekerjaan pembuatan Taman

Tentu anda tidak perlu memahami detail seluk beluk masing-masing pekerjaan tersebut, tapi paling tidak anda mengetahui dan kalau bisa sedikit memahami tentang proses ketika rumah anda dibangun.

Tahapan Berikutnya sebelum rumah ditempati, pastinya sudah mesti bersih dulu. Maka itu pembersihan mutlak di sini. Rumah harus bebas dari debu, kotoran, maupun puing-puing sisa-sisa bangunan kemudian anda bisa masuk ke Tahap Design Interior yang meliputi Pemasangan Perlengkapan Furniture, Gordyn, Karpet Lampu - lampu interior yang akan mempercantik suasana isi rumah anda.

Sampai sejauh ini di harapkan anda sudah memilik gambaran tentang bagaimana cara anda menggarap proyek pembangunan rumah idaman anda, selanjutnya di bawah ini akan kita bahas tentang tehnik - tehnik pembangunan rumah idaman anda secara lebih mendetail.

A. Cara Mencari Lokasi Atau Lahan Yang Tepat Untuk Rumah Idaman Anda

Orang bilang rumahku adalah istanaku, jadi ketika anda memutuskan untuk membangun rumah di sebuah lokasi yang sudah anda pilih, maka bangunan itu akan berdiri di situ bukan hanya sementara waktu tapi untuk jangka lama, oleh sebab itu memilih lokasi yang strategis dan aman itu sangat penting sebagai tahap awal rencana proyek pembangunan rumah idaman anda, berbagaimacam aspek harus anda pertimbangkan disini, dalam memilih lokasi tanah untuk rumah tentunya banyak pertimbangan yang harus dipikir lebih jauh, diantaranya adalah:
  • Harga beli tanah apakah terjangkau oleh keuangan kita.
  • Nilai jual tanah dikemudian hari yang terus naik juga menjadi pertimbangan investasi.
  • Lokasi tanah atau rumah sedekat mungkin dengan lokasi tempat kerja atau usaha.
  • Persetujuan anggota keluarga yang akan menempati rumah tersebut.
  • Luas tanah sesuai dengan kebutuhan pemakaian nantinya.
  • Dekat dengan fasilitas umum seperti sarana olahraga, sekolah tempat ibadah, dll.
Idealnya anda dapat menggunakan rumusan berikut ini, faktor harga tanah memang menjadi pertimbangan utama dalam memilih lahan apabila anda berencana membangun rumah berdasarkan budget anda, kira - kira berapa kisaran biaya yang harus anda keluarkan ketika membeli lahannya ?
Harga tanah atau lahan biasanya sekitar 17 – 20 % dari total biaya membangun rumah, tetapi ini tidak menutup kemungkinan menjadi 25 % ketika anda memilih lokasi yang strategis di pusat kota misalnya, contohnya jika budget anda 300 juta, maka anda dapat membeli lahan seharga 60 juta (20% budget), sedangkan sisanya (240 juta) adalah untuk membeli bahan bangunan dan membayar tukang bangunannya.
Sebagian orang memang memprioritaskan lokasi strategis yang dekat dengan fasilitas umum, supermarket, pintu tol, tempat kerja, sekolah dan lain - lain, tatapi ada juga yang meskipun jaraknya agak jauh dari tengah kota, mereka tetap menyukainya karena alasan ketenangan, pemandangan dan udara yang lebih segar, nah apapun pilihan anda sesuaikan budget anda, jangan sampai ketika lahan terbeli tapi dana anda tidak mencukupi untuk membangun rumah idamannya.

Berikut beberapa alternatif lahan/ lokasi tanah dan dampaknya
  1. Tanah Bekas Sawah dan rawa
    Tanah di lokasi ini biasanya tidak stabil, anda harus menentukan pondasi yang tepat dengan menggunakan tes tanah di laboratorium. Urugan tanah dan pemadatan juga diperlukan agar tanah siap untuk pondasi. Untuk rumah 1 lantai memang cukup dengan pondasi batu kali, tapi untuk rumah 2 lantai, anda harus menggunakan tiang pancang agar pondasi lebih kuat menahan beban bangunan. Tiang pancang memang lebih murah dan cepat pemasangannya daripada bored pile, tapi anda juga harus mempertimbangkan bangunan sekitar untuk meminimalisasi retak dinding akibat getaran.
  2. Tanah Bekas Perkebunan
    Sebaiknya anda menghindari tanah bekas perkebunan atau hutan. Anda akan memerlukan biaya tambahan untuk mengantisipasi adanya rayap. Kebun atau hutan memang menyimpan sumber makanan bagi rayap tanah (Coptotermes).  Treatmen anti rayap meliputi menyemprotan zat anti rayap pada galian pondasi dan permukaan tanah.
  3. Tanah Bertektur Gunung Kapur

    Anda akan bisa berhemat dalam membangun pondasi ketika membangun di lahan pegunungan batu kapur. ini karena tanah keras biasanya tidak terlalu dalam. Beberapa rumah kadang hanya memerlukan sloof saja karena sudah berdiri di tanah keras/ bebatuan.
  4. Tanah Di Sekitar Pantai

    Tanah di pantai juga labil. Pondasi anda juga harus menggunakan semen khusus untuk menghindari pengikisan air laut.
Ada begitu banyak jenis pondasi yang ada, mulai dari tiang pancang kayu, tiang pancang beton, pondasi slab, foot plat, dan lain-lain. Selalu gunakan tes tanah dan konsultasikan dengan pekerja bangunan anda mengenai pondasi yang cocok untuk rumah anda. Setelah anda menemukan lokasi yang tepat untuk rumah anda, berikutnya anda dapat mulai mencari pekerja bangunan yang terbaik.

B. Cara Mempersiapkan Denah Rancangan atau Design Rumah


Dalam hal Mempersiapkan Denah Rancangan rumah impian, anda harus memikirkan kebutuhan jangka panjang, membuat denah rumah memang tidak terlalu sulit, di sini anda bisa menuangkan ide-ide bentuk rumah serta letak ruangan-ruangan rumah ke dalam suatu rancang gambar. Namun demikian, ketelitian adalah suatu keharusan. Perlu ditekankan bahwa membuat denah rumah bukan mendesain sebuah rumah, Anda hanya perlu menentukan letak-letak ruangan dalam rancangan rumah Anda seperti contoh gambar di bawah ini :


cara membuat denah rumah 2 lantai

Ketika anda membuat sesuatu yang penting, hal ini memang harus dengan pertimbangan yang matang. dan berikut ini adalah berbagai pertimbangan pembuatan suatu denah rumah yang nyaman untuk dihuni.

Caranya adalah sebagai berikut:
  • Siapkan segala peralatan kerja untuk membuat sebuah gambar denah rumah seperti pensil, kertas, komputer beserta desain arsitektur
  • Tentukan apa saja yang menjadi kebutuhan dalam ruangan yang akan dituang kedalam rancangan denah rumah. Kebutuhan harus menyesuaikan dengan kondisi luas tanah. Opsi lain adalah membuat rumah tingkat agar semua ruangan terealisasi.
  • Tentukan hubungan konsep antar ruang. Misalnya, ruang tamu akan lebih baik jika ditempatkan di bagian depan denah rumah, sementara ruang keluarga lebih baik ditempatkan dekat dengan ruang dapur dan tempat. Lebih lagi, ruangan-ruangan lain perlu diatur agar rumah benar-benar nyaman untuk semua anggota keluarga.
  • Pastikan semua ruangan di dalam desain terbentuk denahnya beserta pencahayaan dan sirkulasi udara. Hal ini sekilas sepele, namun ini membantu terbentuknya rumah sehat kaya oksigen.
  • Sesuaikan ruangan dengan kepercayaan Anda, jika Anda adalah seorang muslim, tentukan letak mushola yang mengarah ke kiblat.Jika Anda seorang Chinese, konsultasilah dengan ahli fengsui.
  • Aturlah dinding rumah Anda sesuai dengan tampilan rumah dalam angan Anda seperti soal siku, struktur kolam, dan pondasi rumah.
  • Sesuaikan denah dengan luas lantai, misalnya Anda mengharapkan rumah dengan 1 lantai, maka upayakan harus maksimal disetiap ruangan
Pada dasarnya setiap orang  ingin tinggal di rumah sendiri untuk hidup yang  nyaman dan aman bersama dengan keluarganya. Kondisi keuanganlah yang membuat kemampuan ekonomi seringkali terbatas, Keterbatasan ekonomi bisa menjadi beban berat bagi anda mewujudkan rumah impian anda, namun Anda harus tetap berusaha untuk mewujudkan rumah impian. Rumah anda tidak harus modern, karena tak ada masalah jika hanya mampu dengan rumah minimalis saja. Untuk menghindari kesan sempit, anda harus serius untuk membuat desain interior rumah dan paham cara membuat denah rumah yang baik seperti cara di atas.

Contoh proses pewarnaan denah rumah


Denah rumah seperti gambar di atas ini, merupakan langkah awal sebelum pembangunan rumah itu dimulai. Agar tidak ada kesalahan, desain harus dibuat dengan cermat dan teliti. Secara keseluruhan, cara membuat denah rumah sebenarnya dapat dilakukan sendiri sesuai selera Anda. Apabila Anda merasa ragu, mintalah bantuan lebih lanjut pada jasa rancang bangun rumah yang profesional atau kepada teman setia anda yang gratisan, yaitu si m'bah Google. karena di google banyak sekali applikasi yang memudahkan kita untuk mendesign rumah, salah satunya melalui applikasi design 3D Rumah Impian yang berbasis android ini.

Smartphone Android merupakan sebuah terobosan baru yang dipersembahkan bagi gadget lovers. Dengan beragam aplikasi keren yang disajikan di PlayStore sangat beragam dan banyak variasi. Berbagai hal bisa dilakukan dengan ponsel android anda. salah satunya dari segi desain. Kini untuk dapat membuat desain tak cukup jika hanya menggunakan blue print atau gambaran di atas kertas. Akan lebih menarik bila desain-desain tersebut disajikan secara 3 dimensi yang bisa dibuat melalui aplikasi yang banyak dikembangkan saat ini. Desain sketsa rumah akan menjadi lebih menarik dan dapat dilihat secara nyata desainnya mempergunakan gambar 3D. Aplikasi android desain rumah 3D, selain gambarnya yang menarik, aplikasi ini juga mudah digunakan. Anda yang tidak mempunyai bakat menggambar tidak perlu khawatir karena disini sangat user friendly.

Dengan berkembangnya teknologi yang semakin pesat ini hal apapun saja bisa dilakukan. Mendesain sebuah rumah / hunia yang awalnya membutuhkan teknik tinggi dengan digambar diatas kertas kini siapapun bisa membuat desain rumahnya sendiri dengan bangunan yang detail dilengkapi dengan perabotan yang bisa dipilih. Sangat banyak aplikasi untuk mendesain rumah yang bisa dipasang tak hanya di laptop tetapi juga dismartphone android anda. Anda yang tak dapat menggambar-pun bisa menggunakannya. Oleh karena penggunaannya yang user friendly itu maka anda bisa membangun rumah impian anda dengan mudah. Membangun desain rumah dengan aplikasi yang sudah ada tidak hanya berupa rancangan belaka tetapi bisa dalam bentuk rumah secara utuh karena fiturnya secara 3 dimensi sehingga memungkinkan untuk membuat rumah seolah-olah nyata meski hanya dalam gambar. Selain itu, anda juga bisa menghias interior dari rumah tersebut sehingga sangat detail dalam pelaksanaan desainnya, perabotan yg anda inginkan pun dapat dipasang melengkapi desain interior yang telah anda buat.

Beberapa applikasi android desain rumah 3D diantaranya:

  • Home Design 3D - Freemium
Home Design 3D - Freemium - Aplikasi Desain Rumah 3D Android Terbaik
Home Design 3D - Freemium
Aplikasi ini layaknya permainan untuk anda. sangat cocok digunakan sebagai dekorasi ruangan atau membangun rumah juga. Namun dengan tampilan layaknya sebuah game jadi berkesan kurang elegan, namun desain intertiornya yang mendukung 2D dan 3D serta dukungan lebih dari 800 yang berbeda-beda masih bisa di andalkan untuk kita latihan langkah awal dalam membuat desain rumah yang lebih komplek dan serius lagi. Dengan capaian rating 4,1 pantas di jadikan aplikasi desain rumah android terbaik dan sudah di download lebih dari 500ribu user android. Berkat fiture yang tergolong sangat banyak sehingga ukuran filenya pun sangat besar yakni 287MB dan bisa di instal di Android dengan versi minimal 4.0. Link Play Store Disini

  • Floor Plane Creator
Floor Plane Creator - Aplikasi Desain Rumah 3D Android
Floor Plane Creator
Aplikasi ini merupakan aplikasi desain rumah yang memungkinkan untuk anda gunakan dalam mendesain rumah impian anda. aplikasi ini sangat recomended karena sangat mudah digunakan dan memiliki banyak desain interior yang bisa dipilih. Jika akan mengadakan pembaharuan ruangan atau membangun sebuah kantor atau dekorasi pesta bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat desainnya, pun juga untuk desain rumah. Aplikasi ini bisa dipasang di Android minimal versi 2,3,3. Dengan hanya berkapasitas memori 2,4 MB. Aplikasi ini sudah mencapai rating 4.0 dan poin full 5 dan sudah di download lebih dari 1juta pengguna android. Silahkan Download Disini

3D Home LayOut
3D Home LayOut - Aplikasi Desain Rumah 3D Android
3D Home LayOut
Tidak seperti 2 aplikasi di atas dimana kita bisa membuat sendiri desain rumah seperti apa yang kita impikan. Di dalam aplikasi ini hanya berisi kumpulan gambar desain rumah lengkap dengan desain ruangan, kamar tidur, kitchen, kamar mandi, ruang keluarga dll, juga dengan interior penempatan peralatan di dalamnya menghasilkan kesan rumah minimalis yang sangat bagus dan juga elegan dengan warna- warna yang banyak disukai orang dewasa. Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk anda yang ingin membuat rancangan rumah impian lengkap dengan dekorasi yang ada. Fitur- fitur yang digunakan seperti perabotan dibuat semodern mungkin. Anda bisa download disini

  • HomeStyler Interior Design

Adalah sebuah aplikasi desain rumah yang sangat unik sedikit berbeda dari beberapa aplikasi di atas, dimana kita merencanakan interior design apa yang kita inginkan dengan terlebih dahulu memotret sudut ruangan mana saja yang ingin kita atur. Disana kita bisa mencoba mengganti cat dinding, menambah dan mengurangi interior seperti kursi, lampu, jendel, gorden, meja dan juga pernak pernik di ruangan tersebut apakah cocok atau tidak. Sehingga ketika sudah cocok kita mengaplikasikannya pada ruangan yang sesungguhnya. Aplikasi ini pun sangat pantas dijadikan aplikasi desain rumah 3D Android terbaik karena sudah di download lebih dari 1 juta pengguna dan anda bisa menginstalnya di android versi minimal 3.0 dengan ukuran file hanya 26 MB. Link Download Play Store Disini

Aplikasi yang disebutkan diatas adalah aplikasi android desain rumah yang banyak digunakan. Untuk membuat desain rumah tak cukup dengan menggunakan android di ponsel, recomended menggunakan layar yang lebih lebar seperti tablet agar lebih mudah dan proses pengerjaannya lebih maksimal.

Selain Menggunakan Applikasi Android, anda juga bisa mendesign rancangan denah rumah impian anda dengan applikasi online berbasis web, Jangan pernah berpikir bahwa untuk bisa menggambar desain rumah kamu harus memiliki skill khusus. Percayalah..kamu tidak harus menjadi ahli arsitektur untuk bisa mendesain rumah sendiri. Dengan menggunakan tools Lovemyhome Decorator kamu bisa merancang desain rumah dengan sangat mudah.
Applikasi Lovemyhome Decorator adalah aplikasi online yang bisa kamu gunakan untuk mendesain rumah dengan mudah. Hampir semua tools sudah disediakan disana, misalnya saja:
  • Desain denah rumah
  • Desain bagian rumah seperti pintu, jendela, toilet, dapur, tangga, dsb.
  • Desain furniture seperti meja, kursi, rak, sofa, dsb.
  • Desain dekorasi seperti lantai, tembok, karpet, wallpaper, dsb.
Kamu bisa melihat desain yang telah kamu buat secara 2 dimensi maupun 3 dimensi, bahkan kamu bisa berjalan-jalan di dalamnya! Hal ini membuat kamu bisa mensimulasikan bagaimana keadaan rumah hasil desain kamu sebelum kamu benar-benar membangunnya.

Cara Menggambar atau Mendesain Rumah dengan Mudah
Cara Menggambar atau Mendesain Rumah dengan Mudah
Cara Menggambar atau Mendesain Rumah dengan Mudah
Cara Menggambar atau Mendesain Rumah dengan Mudah
Cara Menggambar atau Mendesain Rumah dengan Mudah
Cara Menggambar atau Mendesain Rumah dengan Mudah

Bagi anda yang ingin mendesain rumah dengan Lovemyhome Decorator, silahkan kunjungi situsnya disini
http://www.lovemyhome.net/decorator

Catatan: untuk pertama, kamu akan diminta menginstall Unity Player, lakukan proses instalasi agar tools bisa berjalan di browser kamu.

Cara Menggambar atau Mendesain Rumah dengan Mudah

Setelah itu Anda bisa langsung mendesain rumah dan menambahkan komponen rumah, furnitur, atau dekorasi dengan memilih komponen yang diinginkan lalu melakukan drag n drop.
Jika ingin menyimpan hasil desain tersebut, kamu harus daftar dan login terlebih dahulu. Form pendaftaran akan muncul saat kamu tekan tombol Save. Tenang saja, pendaftarannya gratis loh.


C. Mengajukan IMB ( Ijin Mendirikan Bangunan)
Agar Proses pembangunan Rumah idaman anda lancar dan syah secara hukum tata ruang yang berlaku di indonesia maka alangkah baiknya anda memiliki surat IMB (Ijin Mendirikan Bangunan), Mengapa? Memiliki IMB (Izin Mendirikan Bangunan) akan membuat Anda mempunyai kepastian hukum tentang bangunan yang akan Anda dirikan. cara mendapatkannya tidak sulit kok, silahkan anda pelajari langkah - langkahnya di bawah ini :

Berikut ini Alur Proses Permohonan IMB Untuk Rumah Tinggal



Bagaimana cara mengurus izin mendirikan bangunan alias IMB? tentunya setiap daerah kabupaten maupun provinsi memiliki aturan masing-masing mengenai tata cara permohonan IMB.

Tetapi secara umum syarat-syarat dan cara mengurus IMB renovasi rumah atau bangun rumah cukup mudah, yakni dengan menyiapkan berkas-berkas berikut ini:
- Mengisi formulir Permohonan Izin.
- Foto Copy surat tanah
- Gambar konstruksi bangunan (denah, tampak muka, samping, belakang, rencana utilitas)
- Fotocopy KTP
- Persetujuan tetangga (khusus bangunan bertingkat)
- Bukti pelunasan PBB

Bagi anda yang ingin mengurus sediri IMB tanpa bantuan jasa mungkin penjelasan ini sangat membantu

1. Mengambil formulir di Dinas Perkerjaan Umum setempat

2. Formulir diisi dan ditandatangani di atas materai 6000 oleh pemohon

3.  Formulir dilegalisir kelurahan dan kecamatan dimana bangunan akan didirikan.

4. Lampiran-lampiran yang diperlukan masing(-masing 3 rangkap) adalah:

a.  Gambar denah, tampak (minimal 2 gambar), potongan (minimal 2 gambar), rencana pondasi, rencana
     atap, rencana sanitasi serta site plan. Lihat contoh gambar pra rencana di sini.

b.  Gambar konstruksi beton serta perhitungannya.

c. Gambar konstruksi baja serta perhitungannya

d. Hasil penyelidikan tanah serta uji laboratorium mekanika tanah untuk bangunan berlantai 2 atau lebih.

e. Surat keterangan kepemilikan tanah/sertifikat HM (Hak Milik)/HGB (Hak Guna Bangunan).

f. Surat persetujuan tetangga, untuk bangunan berhimpit     dengan batas  persil.

g. Surat kerelaan tanah bermaterai Rp.6000 dari pemilik tanah yang diketahui oleh Lurah serta camat,  
    apabila tanah bukan milik pemohon

h. Surat Perintah Kerja (SPK) apabila pekerjaan diborongkan

i. Ada izin usaha (HO) untuk bangunan komersial

j. Ada izin prinsip dari pejabat Kepala Daerah bila lokasi bangunan menyimpang dari Tata Ruang Kota.

Kemudian Formulir yang telah diisi beserta lampiran-lampirannya diserahkan ke DPU.
Adapun proses untuk pengurusan IMB (Izin Mendirikan Bangunan) adalah sebagai berikut, setelah Anda memenuhi beberapa persyaratan administrasi diatas, maka sebaiknya Anda segera mengajukan permohonan IMB pada pemerintah bersangkutan, kira-kira dalam jangka waktu lima hari Anda akan mendapatkan informasi revisi dari GSB, KLB, KDB, dan lain-lain, juga beberapa revisi yang terkait dengan bangunan yang akan Anda bangun. Setelah terbitnya IP (Ijin Pembangunan) maka Anda sudah boleh untuk memulai membangun, sembari menuggu terbitnya IMB dalam jangka waktu kurang lebih 20 hari.
Perlu Anda ketahui bahwa IMB memiliki masa berlaku selama 1 tahun. Setelah IMB (Izin Pendirian Bangunan) Anda terbit, maka Anda dapat mengajukan permohonan IPB (Ijin Penggunaan Bangunan) yang nanti akan berlaku kurang lebih 10 Tahun untuk rumah tinggal dan 5 tahun untuk non hunian tinggal. Mengurus IPB juga sama  pentingnya dengan mengurus IMB (Izin Mendirikan Bangunan). Dengan memiliki IPB, maka Anda akan lebih mudah mengurus PKMB (Permohonan Kelayakan Menggunakan Bangunan) yang akan Anda dapatkan setelah masa berlaku IPB habis.

Perkiraan Biaya Pembuatan IMB
Untuk membuat IMB (Izin Mendirikan Bangunan) biasanya hanya memakan biaya tak lebih dari Rp. 1 Juta, itu jika kita urus sendiri sesuai jalurnya dan bersedia menunggu sesuai waktu yang ditentukan ( biasanya 2-3 minggu). Namun apabila kita menginginkan proses yang lebih cepat biasanya kita akan mendapatkan biaya tambahan (kurang dari 2 minggu, tergantung biaya). Biasanya bagi yang akan mengajukan kredit ke BANK akan meminta dipercepat dan pada biasanya para petugas yang mengurus IMB ini juga mengetahui tujuan dipercepat ini, sehingga mereka akan me mark-up harga mengingat tujuan pengajuan IMB ini adalah untuk mendapatkan dana segar dari bank. Jika anda tidak terburu - buru maka disarankan anda mengikuti jalur yang berlaku saja dan jangan melakukan praktek penyuapan petugas.

D. Mencari Tukang Bangunan Yang Berkwalitas
Jika anda berencana hendak membangun rumah idaman tentulah rencana anda tersebut tidak dapat di wujudkan tanpa adanya jasa para tukang bangunan yang akan melaksanakan proyek pembangunan rumah idaman anda, jadi setelah anda memiliki konsep, gambar, dan budget anggaran yang di susun dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB), maka selanjutnya anda harus mencari tukang bangunan yang kompatibel, artinya mereka telah memiliki kapasitas dari segi  keahlian dan pengalaman yang minimal cukup memadai, dan maksimalnya tentu anda mengharapkan mendapatkan tukang yang sudah sangat terampil (yang ini yang agak susah mencarinya) didalam melaksanakan pekerjaan bangunan mulai dari nol hingga tahap finishing.

berikut ini langkah - langkah yang bisa anda pertimbangkan untuk memilih tukang bangunan yang berkwalitas.

  1. Carilah tukang bangunan yang usianya tidak terlalu tua dan tidak juga terlalu muda mungkin idealnya yang berusia sekitar 25 sampai dengan 40 tahunan yang biasanya cukup stabil, matang, dan cukup dalam hal pengalamannya, disamping jam "terbangnya" sudah cukup memadai, kenapa demikian? jika anda memilih tukang yang berusia diatas 40 tahun walaupun pengalamannya sudah segudang maka kemungkinan besar kemampuan fisiknya, control otaknya, dan produktivitas kerjanya sudah mulai menurun dan cocoknya dia menjadi seorang mandor daripada menjadi tukang , dan bila anda memilih tukang yang berusia sangat muda bisa di pastikan segi skillnya, pengalamannya, sikap kedewasaanya, masih kurang baik, dan juga biasanya di usia yang masih sangat muda segi pengendalian emosionalnya masih kurang kontrol.
  2. Carilah tukang yang karakternya serius,ciri-cirinya tukang tersebut tidak banyak bicara, tapi lebih banyak tekun bekerja, jangan sekali-kali memilih tukang yang banyak bicara, biasanya dia hobby mengobrol, sehingga waktu kerja menjadi kurang efektif karena banyak mengobrol sambil bekerja akan menyita waktu pekerjaan, dan membuat si tukang menjadi kurang fokus dalam pekerjaannya karena terbagi fokusnya mengenai tema yang menjadi bahan obrolan dengan teman sekerjanya
  3. hindari memilih tukang yang " bemulut besar" atau tukang yang suka membangga-banggakan dirinya, kemampuannya, atau pengalamannya. ingatlah kata pepatah "TONG KOSONG NYARING BUNYINYA" jangan telalu percaya dengan promosi diri yang berlebihan dari si tukang, bisa-bisa anda kecewa di kemudian.
  4. Carilah tukang yang jujur, agak sulit memang untuk menilai kejujuran seseorang, apalagi yang baru kita kenal. mungkin anda bisa tes kejujurannya dengan cara memantau pekerjaan mereka secara diam-diam dan anda mengetahui apa yang sedang si tukang kerjakan apakah benar-benar sedang tekun bekerja ataukah lebih banyak istirahatnya, misalnya banyak berhenti kerja sejenak atau merokok sejenak,dari pengamatan secara diam-diam ini anda akan mengetahui dia bertanggung jawab dalam pekerjaannya atau tidak. atau salah satu tes lagi, ketika pembayaran upah berilah dia uang lebih, dan anda pura-pura tidak tahu kelebihan itu. apabila si tukang mengembalikan kelebihan uang tersebut berarti dia cukup jujur, dan boleh di coba beberapa kali untuk mengujinya.mungkin bisa juga dengan cara lainnya.
  5. Jangan memilih tukang yang kelihatannya pelupa dan sembrono, karena dapat menyebabkan kesalahan kerja yang bisa merugikan anda karena harus mengeluarkan uang lebih untuk mengulangi pekerjaan,membeli material lagi dan membayar upah si tukang tsb.
  6. carilah tukang yang bisa mengerti mengenai gambar kerja/gambar arsitektural, juga agar terhindar dari kesalahan dalam pelaksanaan pekerjaannya.dan
  7. pilihlah tukang yang memiliki tingkat kepatuhan yang cukup baik, artinya jika kita memberikan arahan mengenai apa yang anda inginkan / mengenai pekerjaan yang harus dia kerjakan. si tukang segera mengerjakan pekerjaan tersebut tanpa menunda-nunda nya atau tanpa menginterupsi anda secara provokatif karena walaupun alasan interupsinya mungkin benar menurut pengalamannya / secara teknis namun dia harus ingat bahwa anda lah majikannya, anda lah pula yang mengetahui kemauan dan kemampuan anda sendiri dalam hal yang berkaitan proyek bangunan anda tersebut, hindari terlalu menuruti saran-saran tukang yang bisa menyebabkan pembengkakan anggaran pembangunan anda, misalnya, anda sudah menghitung sfek dan volume kerja proyek bangunan anda adalah seperti rencana anda namun tukang anda menyarankan untuk mengganti spek bangunan dengan material yang lebih mahal dari spek sudah anda rencanakan, dan juga menyarankan anda menambah volume pekerjaan lebih dari yang anda telah hitung. tentunya itu akan menyebabkan pembengkakan biaya bangunan anda pula dan jika tak terdanai maka bangunan anda malah tidak selesai karena kehabisan dana.
  8. Pilihlah tukang yang tingkat intelektualnya cukup, maksudnya meskipun cuma tamatan SD, atau SMP, tapi kita bisa melihat dari sikap, cara bicara, caranya menyampaikan ide-ide nya, serta melihat dari kinerjanya yang menggambarkan bahwa dia memiliki tingkat kecerdasan yang cukup, secara non formal, khususnya di bidang pekerjaannya.wajiblah seorang tukang bangunan bukan seorang yang buta huruf, penting itu!, guna mnghindari kesalahan kerja pula.
  9. Jangan sekali-kali memilih tukang yang suka mengkonsumsi MIRAS dan NARKOBA, tukang yang seperti ini tentunya bukan hanya bisa mengacaukan pekerjaan diproyek anda tapi juga bisa membahayakan  dirinya dan orang-orang di sekitarnya apabila dia "PAKE" disaat melakukan pekerjaannya, tentu saja dia tidak bisa mengontrol penuh sikap, perilakunya dan pekerjaannya pada saat dia "mabuk" dia bisa melakukan kesalahan/kelalaian kerja yang dapat menyebabkan kerusakan, ataupun kecelakaan kerja dirinya maupun rekan sekarjanya, ataupun orang-orang yang berada di sekitarnya.bagaimana membedakan tukang yang "pemakai" dengan yang tidak? sebenarnya saya kurang tahu juga bedanya, tapi dari artikel-artikel yang pernah saya baca, biasanya ada ciri-ciri tertentu yang membedakan sesorang dalam kondisi "Fly" dengan yang tidak, misalnya mata selalu merah, pupil mata membesar, sikapnya agak apatis, atau sebaliknya bersikap gembira yang berlebihan/tidak sewajarnya, sangat urakan dan provokatif.
  10. Pilihlah Tukang yang bisa bekerja baik walaupun secara individu / mandiri tanpa terlalu mengandal kan bantuan pembantu tukang, karena inipun dapat mempercepat waktu pekerjaan, daripada tukang yang "manja" artinya didalam bekerja dia lebih banyak dibantu oleh kenek/pembantu tukang, atau tukang yang lainnya, dari pada mengerjakannya sendiri (padahal dia mampu). tukang yang "manja" begini malah banyak menghambat pekerjaannya sendiri dan juga pekerjaan rekan-rekan sekerjanya sehingga bisa memperlambat waktu penyelesaian pekerjaan.
  11. Jika memang memungkinkan untuk anda bisa memilih, maka pilihlah tukang yang cukup religius/taat beribadah, misalkan, walaupun sibuk bekerja dia tidak pernah melewatkan waktu menunaikan sholat 5 waktu (jika muslim)  karena berdasakan pengalaman saya, tukang yang sepertinya, umumnya berperilaku baik, disiplin, bertanggung jawab, dan tekun didalam pekerjaannya, mungkin karena pengaruh jiwanya yang religius memberikan nya tambahan motivasi dan energi fositif didalam melaksanakan pekerjaannya. dan hasil pekerjaannya pun nantinya akan lebih banyak mengandung keberkahan.tapi... jangan pula point ini di jadikan patokan sebab tergantung juga pada kinerja si tukang tersebut, walau seorang tukang yang rajin sholat misalnya, namun pekerjaannya lambat, tetap saja anda yang rugi apalagi jika sistem pekerjaannya adalah sistem upah harian.
Demikian uraian singkat mengenai Cara Tahap Demi Tahap Membangun Sendiri Sebuah Rumah Idaman di lain waktu kami akan membahas secara teknis tahapan - tahapan pembangunan rumah mulai dari Pekerjaan persiapan lahan sampai dengan proses finishing dan design interiornya.

Jika artikel ini di rasa bermanfaat bagi anda, mohon sekiranya dapat di bagikan ke media sosial yang anda miliki dengan menekan salah satu tombol share di bawah ini.

Dari Berbagai Sumber

SEKILAS INFO PROMO GRATISAN


http://goo.gl/ctFNpk

Mau Pempers Gratis Premium Care New Born isi 13 Gratis ?  Tersedia 40 Ribu Paket Sample Gratis Isi 13 Pcs untuk Anda !


Good Luck!

Cek Info Promo Berikutnya Di --> Sini





http://ho.lazada.co.id/SH4FaE

* Solusi Belanja Murah Hemat Uang Belanja !!! Silahkan Klik Bannernya dan Dapatkan Diskonnya.


4 komentar:

Sandra ovia mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Membuat Pondasi Rumah mengatakan...

Artikelnya muantaaappp... Informatif dan very useful.

Saya juga lagi bikin artikel tentang pondasi rumah sih gan, sangat terbantu dengab artikel ini. Thanks ya :)

Pusatchanger mengatakan...

terimakasih gan untu infonya,,,
sangat mambantu,,,

Kasamago mengatakan...

Kumplit banget, ndak perlu beli bukunya..

thx gan

Posting Komentar