Hi Quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Langanan Via E-mail

Ayo Pelajari Carannya

Cara Belanja Lebih Irit dan Hemat

Cara Mengukir Buah Untuk Hiasan Makanan




Seni itu tidak ada matinya, salah satunya seni ukir, ternyata  tidak hanya kayu dan batu saja yang bisa di ukir. Buah-buahan pun bisa di ukir hingga menjadi sangat cantik dan menarik, bagi anda yang ingin belajar mengukir buah - buahan caranya tidak sulit kok, hanya di butuhkan ketekunan dan sedikit latihan, seni mengukir buah - buahan ini di sebut fruit carving, anda bisa memperlajari selangkah demi selangkah di sini baik melalui video tutorial maupun contoh - contoh ukiran buah - buahan yang akan kami tampilkan  di bawah ini, dalam seni Fruit Carving, seseorang akan memahat dan mengukir sebuah buah menggunakan alat-alat yang cukup sederhana yaitu menggunakan pisau cutter, pisau bergerigi dan tusuk gigi jika diperlukan. sebelum kita menguraikan langkah - langkah cara mengukir Buah ada baiknya anda menyimak video tutorial berikut ini :





Untuk spesifikasi dan harga Alat - alat ukir buah bisa anda temukan daftarnya secara online, selengkapnya silahkan anda --->  KLIK DI SINI



Atau Di --> SINI



Setelah Menyimak Video Tutorial tadi, apakah anda tertarik untuk mencobanya ? jika memang anda tertarik mari kita ikuti langkah - langkah Cara Mengukir Buah Untuk Hiasan Makanan di bawah ini sehingga
dengan latihan yang cukup, Anda bisa merubah bahan-bahan makanan sederhana ini menjadi segalanya mulai dari hiasan hidangan yang menarik.

Pilih sebuah Melon. Anda bisa menggunakan melon apa saya yang kulitnya kokoh, keras dan tidak terdapat memar atau bagian lembek. Semangka sering dipilih untuk diukir karena ukurannya, namun melon besar dan keras jenis apapun bisa dipakai.
Potong sebagian kecil dari bagian dasar buah melon. Gunakan pisau paling tajam yang Anda punya, untuk kontrol terbaik saat mengukir. Mulailah dengan menggunakan pisau untuk memotong sebuah bagian kecil pada salah satu ujung melon, sehingga melon tersebut akan tetap berada pada posisi yang sama. Anda bisa membuat melon tersebut berdiri secara vertikal ke atas, atau meletakkan melon yang bentuknya lonjong pada sisinya yang panjang agar menjadi mangkok yang lebih panjang.

Pisau berbahan anti karat atau perunggu adalah pisau terbaik untuk pekerjaan ini, karena tidak akan mengubah warna buah.

Gambar sebuah pola pada melon. Gunakan spidol permanen yang bagus untuk menggambar sebuah pola di atas permukaan melon, misalnya siluet kepala dan sayap seekor angsa. Anda bisa menggambarnya langsung dengan tangan, namun banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan kertas stensil dan menjiplaknya. Anda bisa mendapatkan kertas stensil seperti ini di buku-buku kecil dari toko kerajinan atau di internet.
  • Meskipun desain khusus untuk mengukir melon cukup sulit untuk ditemukan di internet, banyak situs yang dibuat khusus untuk rancangan ukiran buah labu, yang sepertinya bisa dengan mudah diadaptasikan untuk buah melon.
  • Posisikan pola Anda sehingga tidak menutupi bagian atas permukaan melon, yang biasanya akan dipotong untuk menciptakan bentuk mangkok.

Potong sepajang pola. Sisipkan pisau ke bagian manapun kulit melon yang sudah ditandai garis spidol permanen, dan potong mengikuti seluruh pola secara hati-hati. Anda dapat memotong melon mengikuti garis pola, atau melakukan gerakan maju-mundur seperti menggergaji, tergantung pada tingkat kekerasan kulit melon dan ketajaman pisau. Pastikan untuk saat memotong benar-benar menembus kulit melon, sampai ke daging buah di bawahnya.

Buang kulit melon yang tersisa. Setelah semua pola sudah dipotong, bagian kulit melon yang tidak menempel lagi pada melon boleh dibuang. Jika perlu, buat potongan tambahan berbentuk bundar atau lonjong di sekitar bagian atas melon, untuk membukanya menjadi sebuah bentuk mangkok. Tarik lepas potongan bagian-bagian ini dari melon tersebut dengan hati-hati, jika perlu goyang-goyang atau potong kembali untuk melepaskannya dari daging buah.

Kosongkan isi melon. Gunakan sendok pengeruk buah untuk mengeluarkan semua daging buah dari melon. Keruk permukaan dalam melon sehingga tinggal bagian kulit kerasnya, atau sedikit lapisan daging buah saja yang tesisa jika Anda menginginkan variasi warna.

Isi mangkuk melon. Salad buah sepertinya adalah hal paling awam yang menjadi isian untuk mangkuk melon. Segera sajikan hidangan penutup ini, atau simpan terlebih dahulu pada lemari es. Selain salad buah, mangkuk melon ini juga bisa dipakai untuk wadah kudapan, hidangan penutup seperti trifle, atau isian lain apapun. Mangkok melon jarang dipakai untuk mewadahi barang yang bukan makanan, karena kulit melon pada akhirnya akan membusuk.
  • Anda bisa saja menguras cairan dari salad buah sebelum dihidangkan dengan cara membuat sejumlah lubang pada dasar mangkok dan meletakannya di dalam panci.
  • Jika isi mangkuk berjatuhan melalui lubang-lubang besar pada bagian bawah permukaan melon, cobalah untuk melapisi mangkuk tersebut dengan kertas perkamen atau bahan lain.
Ukirlah sebuah penutup untuk mangkuk Anda (tidak wajib). Apabila bagian atas dari melon tadi bisa Anda pisahkan dalam kondisi utuh, Anda dapat mengukir sebuah pola juga pada bagian tersebut. Bagian ini bisa diletakkan di atas mangkuk melon sebagai tutup mangkuk yang cantik. Langkah ini sepenuhnya tergantung pilihan Anda, dan biasanya dilakukan pada ukiran dengan desain abstrak. Jika pola ukiran Anda lebih realistis, contohnya seperti siluet angsa yang populer, sebuah tutup mangkuk dapat mengurangi keindahan desain atau membuat desain ada susah dikenali.




Berikut contoh Gambar Karya Ukiran Buah - Buahan yang bisa menjadi inspirasi buat anda :






Fruit Carving, Seni, Kuliner, Buah, water melon


Cara membuat carving buah :
1.  Buahnya harus dalam kondisi segar dan juga tidak terlalu matang.
2. Langkah selanjutnya dibuat dulu pola yang akan dipahat. Sang pengukir juga harus menentukan bagian buah akan menjadi apa. Contoh untuk membentuk buket bunga pada semangka, warna hijau bagian paling luar akan dijadikan daun. Sedangkan warna merah akan dijadikan bunga dan warna putih akan dijadikan gradasi agar bentuk bunga terlihat.
3. Alat yang digunakan untuk mengukir antara lain seperangkat pisau ukir buah atau pisau garnish. Pisau semacam itu biasanya mempunyai bentuk kusus. Bbentuknya seperti parutan, bengkok dan lainnya.
4. Tingkat kesulitan dalam mengukir buah ini cukup tinggi. Pemahat harus teliti karena sekali salah gores atau potong bisa menghancurkan desain awal. kemudian setelah diukir, buah biasanya dibungkus dengan plastik wrap yang kedap udara dan disimpan di kulkas dengan dingin standar (bukan frezer). Dan buah ini dapat bertahan 3 hingga 4 hari kedepan.

Alat yang digunakan untuk carving buah :
 Dalam membuat ukiran buah (fruit carving) memang memerlukan alat khusus,
yang paling umum adalah pisau ukir. pisau yang digunakan pun bervariasi, dan memiliki fungsinya masing – masing.ada yang berujung bengkok, untuk membuat guratan melengkung,


ada yg berujung panjang, dan runcing, biasanya digunakan untuk membuat guratan kecil, dan tajam,
serta ada juga yang berbentuk seperti pahat, dan memiliki bentuk yang berbeda – beda, yang berfungsi untuk membuat guratan menyerupai kelopak bunga, dan masih banyak jenis pisau lainnya.
selain itu talenan (cutting board) juga digunakan sebagai alat pelengkap sebagai alas untuk memotong, dan mengukir

Selamat Mencoba.

Artikel iini dirangkum Dari Berbagai Sumber

Sebelum Anda Menutup Halaman Ini ada baiknya anda berbagi kasih dengan  membagikan Informasi bermanfaat ini kepada teman - teman yang lain dengan cara menekan Tombol Share Di bawah Postingan ini, agar semakin banyak orang yang di berkati lewat informasi yang anda bagikan.


SEKILAS INFO PROMO GRATISAN


http://goo.gl/ctFNpk

Mau Pempers Gratis Premium Care New Born isi 13 Gratis ?  Tersedia 40 Ribu Paket Sample Gratis Isi 13 Pcs untuk Anda !


Good Luck!

Cek Info Promo Berikutnya Di --> Sini





http://ho.lazada.co.id/SH4FaE

* Solusi Belanja Murah Hemat Uang Belanja !!! Silahkan Klik Bannernya dan Dapatkan Diskonnya.


0 komentar:

Posting Komentar