Hi Quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Langanan Via E-mail

Ayo Pelajari Carannya

Cara Mendapatkan Promo Barang Murah

Cara Belanja Lebih Irit dan Hemat

Caranya Berbelanja di Toko Online Yang Aman dan Gampang




Resiko tertipu saat berbelanja online semakin hari semakin menurun, hal ini di karenakan beberapa tahun terakhir ini banyak sekali bermunculan toko online raksasa yang menjaga reputasinya dengan baik, kemudahan berbelanja online di toko online raksasa ini pun sangat aman, nyaman dan mudah, cukup dengan meng-klik mouse maupun menyentuh layar, Anda dapat sudah dapat membeli berbagai kebutuhan secara online dengan cara yang aman, sehingga kecenderungan pembeli online saat ini adalah mencari toko online yang besar dan memberikan jaminan purna jual yang maksimal serta keamanan dalam melakukan transaksi. Kami mencatat dua toko online e-commerce terbesar di indonesia saat ini yang memiliki reputasi sangat baik di antaranya adalah LAZADA dan BLIBLI.COM

LAZADA
merupakan salah satu toko online terbesar di Asia Tenggara, pusat belanja online yang menawarkan berbagai macam jenis produk mulai dari elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, peralatan rumah tangga, dan perlengkapan traveling dan olah raga. LAZADA Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan merupakan salah satu cabang dari jaringan retail online LAZADA di Asia Tenggara Grup LAZADA International di Asia Tenggara terdiri dari LAZADA_Indonesia, LAZADA Malaysia, LAZADA Vietnam, LAZADA Thailand, LAZADA Filipina. Pada November 2012, Kinnevik, perusahaan investasi dari Swedia menanamkan investasi hingga lebih dari USD 40 juta. Sebulan kemudian, pada Desember 2012, Summit Partners, salah satu perusahaan modal usaha terbesar di dunia berinvestasi sebesar USD 26 juta. Dan pada bulan Januari 2013, Tengelmann, group retail strategis dari Jerman menanamkan dana investasi yang dikabarkan mencapai USD 20 juta, Jadi total aset Lazada saat ini sekitar USD 100 Juta. dengan modal yang sangat besar, gak mungkinlah Lazada itu Penipu ! dan mengecewakan konsumennya.

BLIBLI.COM  adalah brand milik PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum dibidang digital yang didirikan pada tahun 2010.  ini adalah salah satu E-commerce terbesar di Indonesia saat ini dengan konsep belanja online ala mall. Dengan konsep tersebut blibli.com mengharapkan masyarakat Indonesia yang terbiasa belanja di mall bisa menemukan barang yang mereka cari dengan mudah dan menyenangkan dimanapun dan kapanpun melalui on line, dengan demikian belanja menjadi lebih mudah dan praktis. dengan investasi aset yang sangat besar, bisa kebayangkan group rokok djarum dan BCA menanamkan investasinya disini, sudah pasti gak main - main, dan gak mungkin kan Blibli itu penipu ! yang pasti keamanan dan kenyamanan berbelanja online di blibli akan sangat di perhatikan.


Sebelum kita membahas Cara Aman dan Mudah Berbelanja di Toko Online, ada baiknya kita simak terlebih dahulu video tutorial cara berbelanja online yang aman di Lazada :






SEKILAS INFO :





http://goo.gl/ctFNpk

Mau Pempers Gratis Premium Care New Born isi 13 Gratis ? Langsung saja  Klik Banner di atas atau Request melalui tautan Berikut ini : http://goo.gl/ctFNpk Tersedia 40 Ribu Paket Sample Gratis Isi 13 Pcs untuk Anda !


Good Luck!



Cek Info Promo Berikutnya Di Sini



Meskipun Toko - toko online raksasa itu menjanjikan pengalaman berbelanja paling nyaman, berbelanja secara online tetap membutuhkan kecermatan dan ketelitian anda agar tidak terjadi kekecewaan saat anda sudah melakukan order, berikut ini adalah hal - hal yang harus anda perhatikan saat anda melakukan kegiatan berbelanja online :

1. To Be Secure Site

Kartu kredit adalah jenis pembayaran yang paling banyak digunakan ketika berbelanja online. Dalam hal ini, Anda harus mengingat bahwa kartu kredit Anda bersifat statis. Artinya, nomor yang tertera tidak akan berubah kecuali Anda menutup dan membuka akun baru. Hal inilah yang perlu diperhatikan karena begitu informasi akun tersebut bocor secara online, besar kemungkinan bisa disalahgunakan pihak tak bertanggung jawab. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalkan potensi kebocoran informasi, salah satunya adalah dengan memastikan situs jual-beli online termasuk laman aman. Anda bisa mengamatinya dengan mencari icon gembok kecil yang bisanya terdapat pada pojok kanan atas URL bar.
Anda juga bisa memastikan keamanan sebuah situs dari tambahan huruf “s” pada alamat URL. Sebuah situs yang aman akan diawali dengan https:// (Hypertext Transfer Protocol Secure), sementara laman yang belum terjamin keamanannya biasanya berawalan http://. saja.  dalam hal ini  Lazada sudah menggunakan https:// (Hypertext Transfer Protocol Secure).

2. Cobalah Teliti Halaman websitenya Sebelum Anda Membeli

Selalu ingat untuk melakukan transaksi dengan perusahaan yang telah Anda kenali seperti Lazada dan blibli, Kalaupun jika anda nekat akan melakukan pembelian dari situs yang masih kurang familier, pastikan Anda melakukan penelitian kecil mengenai latar belakang toko online tersebut.
Sebuah toko online terpercaya biasanya melampirkan alamat fisik atau minimal nomor telepon yang bisa dihubungi. Anda dapat menghubungi nomor yang tertera untuk memastikan keasliannya, lalu tanyakan kepada mereka tentang cara toko online melayani komplain maupun pengembalian barang.

3. Pergunakan Kredit atau Transfer Bank

Cara bertransaksi online memang paling nyaman jika kita menggunakan kartu. tetapi sebaiknya anda menggunakan kartu kredit dibandingkan kartu debit, atau mau yang lebih aman transfer bank saja via m-banking atau ATM, dikarenakan kartu kredit merupakan ekstensi dari kredit sementara kartu debit langsung mengambil uang dari akun bank Anda. Tentu saja ini sangat riskan sebab jika informasi tersebut bocor, hacker dapat dengan mudah mengacaukan keuangan Anda.- pakailah cara yang paling aman.

4. Harap Jangan Sembarangan Memberikan Informasi

Ketika akan melakukan transaksi pembelian, biasanya Anda harus mengisi beberapa data yang diperlukan seperti nama dan alamat. Seringkali, sebuah toko online juga akan berusaha mendapatkan informasi lebih yang akan digunakan sebagai strategi meningkatkan penjualan, seperti gaya hidup hingga pemasukan tahunan. Jangan pernah menjawab pertanyaan yang dirasa mencurigakan. Kalaupun menemukan yang seperti itu, lebih baik tinggalkan dan carilah toko yang lain.


5. Jangan Lupa Simpan Password Dengan Baik

Banyak situs toko online mengharuskan setiap konsumen untuk log-in sebelum melakukan transaksi yang dilengkapi dengan username dan password. Buatlah password yang cukup sulit dan jangan tunjukkan pada orang lain untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.


6. Scren shot dan Simpan Salinan Pesanan Anda

Anda biasanya akan mendapatkan konfirmasi berisi informasi mengenai detail transaksi, mulai dari harga hingga syarat pengembalian. Simpanlah berkas ini dengan baik hingga barang sampai di tangan agar Anda dapat meminta pertanggung jawaban jika terjadi sesuatu dengan pesanan.
Bertransaksi melalui laman jual-beli online adalah seni berbelanja yang sebenarnya sangat menyenangkan. Jika dilakukan dengan cermat, Anda akan mendapatkan kepuasan yang tak kalah dengan membeli di toko-toko biasa. Seperti halnya berbelanja pada umumnya, di toko online juga terdapat persaingan harga. Jangan lupa untuk selalu membanding-bandingkan harga antar toko agar mendapat penawaran terbaik.


Kurangnya pengetahuan  dan seluk-beluk tehadap dunia maya dan mudahnya terpengaruh iming-iming barang yang berharga murah adalah salah satu faktor kenapa banyak orang yang menjadi korban penipuan pada transaksi jual beli di dunia maya. Sekaligus kejadian penipuan online yang dilakukan para oknum tersebut juga berdampak pada kurangnya kepercayaan seseorang terhadap semua hal yang berbau transaksi jual beli online. Padahal perlu diketahui bahwa tidak semua transaksi jual beli online adalah penuh dengan tipu menipu. Itu semua tergantung bagaimana kejelian kita terhadap apa barang yang akan kita beli, dimana kita beli , dan sikap analisis kita terhadap Online Shop. Sebenarnya jual beli di dunia online tidak jauh beda dengan dunia nyata. Di dunia nyata pun penipuan banyak sekali.  Hal yang harus diperhatikan adalah mulai dari kejelasan produknya, status penjual dan lain sebagainya. Kembali lagi , semua itu tergantung pada bagaimana kita memandang atau menilai suatu Online Shop.
Umumnya seseorang akan sadar dan akan mulai jeli ketika seseorang itu sudah ketipu. Maka dari itu sebelum terjadinya penipuan online alangkah baiknya jika  anda cegah mulai dari sekarang. Dibawah ini adalah cara dan tips aman belanja online sa'at melakukan transaksi jual beli online ataupun bagaimana menghindari penipuan jual beli online di sebuah website maupun di Socmed yang sekarang lagi Booming dikalangan pengguna internet di indonesia.


Lebih Detail lagi agar lebih aman, anda coba simak sejenak tip's berikut ini

1. Cobalah Hindari Harga yang Tidak Masuk Akal

Inti dari semua tips adalah anda harus betul-betul memperhatikan harga barang yang akan anda beli. Banyak sekali jika dilihat dari foto atau contoh gambar dari produk yang dijual barang yang terlihat mencolok dan berkualitas. Tetapi, harga yang ditawarkan jauh lebih murah daripada harga pasaran dan tentunya diluar kewajaran. Penipu online biasanya menggunakan teknik tersebut dalam rangka menarik agar seseorang yang melihat iklanya akan cepat-cepat untuk membeli barangnya karena melihat mayoritas sifat orang Indonesia yang suka mengiginkan barang yang bagus tetapi dengan harga yang murah.


2. Harap Teliti Kualitas Websitenya

Hal ini tidak menjadi perhatian utama dalam menilai apakah penjual atau yang mempunyai Online Shop tersebut terpercaya atau tidak. Tetapi dengan menganalisa kualitas website dalam faktor internal maupun eksternal, anda bisa lebih mempunyai banyak point untuk  menyimpulkan bahwa penjual yang ingin anda beli produknya benar-benar terpercaya atau tidak. Bagaimana caranya?


Faktor Internal

Website yang berkualitas tentunya menggunakan situs berdomain (.com) (.net) dan lain lain yang pada semua itu adalah domain berbayar. Pada banyak penjual penipu yang saya amati, mereka menggunakan situs-situs gratisan seperti (Nama situs).Blogspot.com, (Nama situs).Wordpress.com , (Nama situs).Xtgem.com atau yang terasa unik yang belum anda jumpai dan jumlahnya bermacam macam.
Walupun dengan memperhatikan faktor internal website dengan mengamati domain situs juga masih lemah untuk mengklaim bahwa situs yang anda maksud terpercaya atau tidak. Karena sekarang banyak sekali Website penipuan yang berdomain berbayar seperti yang saya maksud diatas untuk meyakinkan atau terlihat berkualitas dan professional.

Faktor Eksternal

Pada faktor internal ini, hal yang perlu anda perhatikan adalah tampilan sebuah website. Jika banyak sekali gambar yang terpasang diambil dari Google, entah itu gambar produk atau tidak patut anda curigai. Pada faktor eksterna ini kembali pada diri anda sendiri dalam menilai tentang model dan gaya tampilan. tetapi ada sedikit tips jika penjual online penipu cenderung asal –asalan membuat Website entah itu tampilan maupun bagian pada Website nya.


3. Silahkan Telusuri Gambar di Mesin Pencari


Banyak orang belum mengetahui bahkan berpikir jika ini bisa menjadi point yang bsa menyimpulkan suatu Online Shop penipuan atau tidak. Dalam penelusuran gambar di mesin pencari seperti di Google.com , anda akan tahu gambar diperoleh dari Website mana saja. Dari pengamatan saya, penipu online menggunakan gambar produk yang diambil dari Google yang berasal dari website lain. Nah, jika memang Website penjualan terpercaya ketika gambar ditelusuri di Google akan muncul gambar produk dari satu Website yang dimaksud saja karena bisa jadi memang itu produknya sendiri dan memang penjual online terpercaya.  Tetapi jika penelusuran Google menampilan banyak gambar dari banyak sumber dipastikan Website yang anda analisis tersebut kemungkinana tidak terpercaya atau bersifat penipuan. Bagaimana cara menelusuri gambar ? sangat mudah hanya arahkan kursos digambar dan klik seperti yang dilingkari merah pada gambar dibawah ini
                                                    
Peniouan Online


4. Coba Selidiki Reputasi Website/Penjual


Tidak jauh beda dengan cara diatas, tetapi disini anda menelusuri tentang Reputasi Website Online Shop  atau penjual. Hanya dengan mengetikan kata kunci “(nama Online Shop/ Nomor hp nya) penipuan” tersebut di Google. Dan apa yang muncul pada hasil penelusuran? jika Online Shop terpercaya, pada hasil penelusuran mesin pencari tidak akan menampilkan kata seperti kata kunci diatas atau mungkin muncul kata pencarian tidak ditemukan.  Tetapi jika hasil penelusuran menampilkan seperti kata kunci diatas, Online Shop tersebut 98% penipuan.

Saran kami sih ngapain cari Resiko berbelanja di toko online gak jelas, yang pasti - pasti aman saja, belanja online yang aman tuh di LAZADA atau BLIBLI.COM
                                                                              
Dari itu juga anda bisa melihat entah itu opini atau pengalaman orang yang sudah tertipu dengan Online Shop terkait karena entah itu dari komentar Blog atau tulisan di Socmed yang mengabarkan tentang penipuan atau sekedar keluhan karena sudah tertipu, Google akan mengindex nya semua hal yang terkait dengan kata kunci yang diketik di kotak pencarian.


5. Harap Jangan Mudah Percaya dengan Testimonial

Testimonial palsu adalah salah satu jebakan yang sering digunakan oleh para penipu online yang bersifat mengajak calon customer agar cepat-cepat membeli. Testimonial palsu sangat mudah dibuat bahkan anda juga bisa membuatnya. Banyak sekali testimonial-testimonial palsu yang dipajang di Website yang semuanya adalah palsu penuh tipuan belaka. Beda jika testimonial yang anda dapat dari teman anda sendiri yang sudah pernah berbelanja online di Olshop terkait bisa anda percayai kecuali memang teman anda sendiri bersekongkol dengan Online Shop terkait. Carilah referensi dari teman anda yang pernah belanja di Website yang akan anda jadikan tempat berbelanja online


6. Kalau bisa Sih Lakukan COD (Cash On Delivery)

Kepanjangan dari COD adalah Cash On Delivery yang berarti barang akan dibayarkan ketika sampai atau barang dibayar di tempat. Ini berlaku bagi anda yang ingin berbelanja aman di Olx .com agar terhindar dari penipuan atau situs-situs jual beli yang lainya seperti Berniaga.com , Jualo.com.  Jika tempat penjual tidak begitu jauh dari tempat tinggal anda, maka saran terbaik adalah tawarkan sistem COD dimana pembayaran akan dilakukan di tempat ketika anda menerima barang. Tetapi jika telalu jauh dan bagaimana pun harus dikirim ? anda bisa melakukan Rekber atau rekening bersama antara anda dengan penjual sebelum terjadinya transaksi atau diluar semua itu jika tempat anda terlalu jauh misal anda di Gresik dan penjual di Jakarta atau tetaplah tawarkan sistem COD dalam rangka anda ngetest si penjual tersebut. Jika memang dia bersedia di tempat yang sebelumnya anda sepakati maka kemungkinan besar dia penjual terpercaya dan anda terhindar dari penipuan online.

Selamat Menyimak !!!
Artikel ini dirangkum Dari Berbagai Sumber


Sebelum Anda Menutup Halaman Ini ada baiknya anda berbagi kasih dengan  membagikan Informasi bermanfaat ini kepada teman - teman yang lain dengan cara menekan Tombol Share Di bawah Postingan ini, agar semakin banyak orang yang di berkati lewat informasi yang anda bagikan.















2 komentar:

Andi Setiawan mengatakan...

terimakasih sangat lengkap tipsnya, saya juga sering belanja online, kalo lazada dan blibli memang sudah bagus dan aman, sering ada promo produk diskon juga jadi bisa hemat

Suara Anda mengatakan...

Artikelnya Sangat Berharga Sekali Terimakasih

Poskan Komentar