Cara Betulin Sendiri Kalau Mobil Tiba - Tiba Mogok di Jalan - Ayo Pelajari Caranya

Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI

Cara Betulin Sendiri Kalau Mobil Tiba - Tiba Mogok di Jalan

Cara Betulin Mobil Sendiri Yang Mogok

Mencari Tahu Cara Memperbaiki Sendiri Mobil Yang Mogok di Jalan

Tidak menjadi jaminan juga walaupun mobil kita adalah Mobil baru yang masih gressh keluar dari dealer pasti dijamin gak bakalan mogok ! kerusakan apapun bisa terjadi pada mobil anda sewaktu - waktu, ketika berada di tengah cuaca dan suhu di jalan raya yang cukup ekstrim, tak terkecuali anda adalah seorang pria atau wanita, yang jelas suka atau tidak suka minimal untuk mengantisipasi jika terjadi masalah pada mobil kita maka kita bisa mengatasinya atau memperbaikinya sendiri, sehingga kita id wajibkan harus sedikit banyak menguasai tehnik - tehnik dasar memperbaiki mobil yang bisa saja tiba - tiba mogok, kalau mogoknya di dalam kota, mungkin kalian tinggal panggil tehnisi dari bengkel terdekat atau panggil mobil derek, tetapi bagaimana jika mobil kalian mogok di tempat yang jauh dari keramaian dan bengkel, mau di derek juga jauh, mau panggil montir juga jauh ! padahal kemungkinan besar, mogoknya mobil anda hanya di sebabkan hal yang ringan dan sepele saja, seperti kabel aki longgar atau kendor, sekring pengaman putus cara dan hal - hal teknis lainnya yang menyebabkan mobil kalian mogok ! Belajarnya Benerin Mobil Mogok di jalan gak sulit kok, kalian bisa mempelajari dan mendapatkan pengetahuannya dari membaca artikel ini sampai selesai kemudian kalian tinggal mengingatnya saja, sehingga ketika kendala mobil mogok itu datang tiba - tidal dalam perjalanan kalian nanti, maka  minimal kalian tidak menjadi panik dan bahkan sanggup memperbaiki kerusakan yang menyebabkan mobil kalian mogok ! Hal yang paling utama adalah langkah antisipasi agar kendaraan atau mobil anda bisa lolos dari musibah mogok di tengah jalan. salah satunya harus selalu siap tools atau perlengkapan ringan untuk memperbaiki mobil di kala nanti mogok, apa saja tools atau perlengkapan tersebut, kita akan uraikan semuanya di bawah ini :

Contoh  Produk Sparepart Charger HP Yang Sering Rusak dan Ada Di Pasaran Bisa Kita Lihat dengan Cara :

Ayo Pelajari Caranya Betulin Mobil Mogok di Jalan !  Sebelum kita membahas lebih jauh tetang cara belajar menjadi montir dadakan, ada baiknya anda saksikan terlebih dahulu video tutorial berikut ini yang isinya tentang penyebab terjadinya mobil mogok tiba - tiba di jalan cara mudah memperbaiki mobil mogok tersebut, selamat menyimak :





Sebelum kita membahas tip's dan tehnik cara betulin Mobil yang Mogok sekali kita sarankan anda minimal memiliki beberapa tool atau peralatan sederhana untuk memperbaiki mobil anda yang mogok itu, alat - alat yang wajib anda siapkan di dalam bagasi mobil buat jaga - jaga. di antaranya Lampu senter,  Mini tester untuk Accu (Aki) dan beberapa alat lainnya yang tak kalah pentig di saat darurat, semuanya bisa anda lihat daftarnya secara lengkap, detailnya silahkan anda :  


Intinya Bagi seseorang yang memahami seluk beluk mesin, mobil mogok di perjalanan mungkin bukan hal yang menakutkan dan membuat panik, tetapi sangat berbeda jika kejadian tersebut menimpa orang yang minim sekali pengetahuan mengenai mesin mobil. Secara umum mesin mobil akan berfungsi dengan baik jika 3 komponen ini pada kendaraan dalam keadaan normal. Periksa komponen seperti penyuplai daya, pengapian distributor dan suplai bahan bakar ketika mobil anda mengalami mogok.


Berikut Cara Membetulkan Mobil Mogok




1. Amankan Posisi kendaraan anda.


Jika mobil anda mogok ditengah jalan, pertama kali yang harus anda lakukan adalah mendorong mobil anda ketepi jalan agar anda dapat lebih leluasa memeriksa kondisi kendaraan anda.

2. Cek Bagian Penyuplai Daya atau Kelistrikannya ( Accu-nya )

Komponen penyuplai daya merupakan komponen penting untuk menghidupkan mesin kendaraan, Cara kerjanya seperti ini Aki / accu sebagai daya pertama untuk menghidupkan mesin mobil yang kemudian tegangan 12 volt aki akan di jadikan tegangan tinggi oleh koil hingga tercipta puluhan ribu volt, listrik tegangan tinggi tersebut akan di salurkan ke busi untuk proses pengapian dengan bantuan distributor dan platina atau CDI. Melihat cara kerja tersebut, maka mesin sulit hidup jika terjadi masalah pada komponen aki dan koil / alternator pada mobil matic. Cara mengatasi mobil mogok pada komponen ini periksa sambungan di tutup kepala pada aki dan pastikan sambungan tidak kendor atau tertutup karat. Periksa juga bagian kabel pada koil untuk memastikan kabel tidak dalam keadaan lepas atau kendor. Jika aki anda mengalami tekor maka jalan keluarnya adalah melakukan charge pada aki anda atau jumper aki dari mobil lain yang lewat, atau bisa pakai bantuan Power Bank, seperti apa Power Bank untuk starter Mobil pengganti accu, kalian bisa lihat contohnya dengan cara : 


3. Periksa Pengapian

Jika anda yakin pada bagian suplai daya tidak mengalami masalah, anda dapat melanjutkan pemeriksaan pada komponen pengapian. Periksa komponen distributor, CDI atau platina, serta busi. Untuk pengecekan busi anda dapat mencabut setiap busi pada mesin kendaraan dan mencoba melakukan pembersihan.

4. Pemasok Bahan Bakar

Komponen untuk mensuplai bahan bakar seperti karburator (jika anda menggunakan mobil yang masih menggunakan karburator) dan pompa bensin. Masalah pada karburator bisa terjadi jika karburator kebanyakan bensin atau kekurangan bensin. Cara mengatasinya buka filter udara dari karburator dan biarkan terbuka, lalu hidupkan mesin tanpa menginjak pedal gas, jika belum hidup maka injak pedal gas dalam-dalam lalu nyalakan mesin kembali. Pada bagian komponen pompa bensin lakukan pemeriksaan dengan melepas selang bahan bakar kemudian masukkan ujung selang kedalam botol dan starter mobil anda. Jikal bahan bakar tidak mengalir dengan baik atau tidak lancar berarti pompa bensin tidak berfungsi dengan baik.

Pemicu mobil mogok juga kerap berlangsung lantaran ada persoalan di bagian supply bahan bakar. Umumnya, persoalan yang kerap berlangsung (mesin sulit hidup) yaitu lantaran karburator (untuk mobil yang tetap memakai karburator) kotor atau umumnya bensin maupun sebaliknya (kekurangan bensin). Langkah mengatasinya yaitu lewat cara membersihkannya terlebih dulu lalu dilanjutkan dengan buka filter angin karburator sebagian waktu serta hidupkan mesin tiada mencapai pedal gas atau sekalian injak dalam-dalam, demikian mesin hidup, bebaskan injakan pada pedal gas.

Tak hanya persoalan pada karburator, kemampuan pompa bensin yg tidak jalan dengan terbaik atau rusak dapat juga jadi pemicu mobil mogok. Langkah mengeceknya, dapat dikerjakan lewat cara melepas selang bahan bakar (selang saluran bensin) lalu nyalakan mobil. Bila bensin tetap mengalir, bermakna pompa bensin tetap jalan dengan terbaik begitu juga sebaliknya.

1. Arus listrik ke terminal plus koil turun

Penyebab utama dan kerap terjadi pada mobil yang telah berumur lima tahun ke atas adalah tegangan arus listrik ke koil yang merosot drastis. Akibatnya, proses pembakaran tidak terjadi karena pemantik api (ignition) tidak mendapatkan aliran listrik.

Cara untuk mendeteksi masalah ini cukup gampang, yaitu periksa kabel distributor dan tempelkan ke bodi mobil kemudian starter mobil. Bila terdapat percikan api, berarti arus listrik masih ada. Begitu pun sebaliknya. Bila tidak terdapat arus listrik maka periksalah sambungan kabel, untuk memastikan apakah ada kabel yang tidak tersambung dengan baik. Bila sambungan kabel ternyata tidak bermasalah berarti koil atau platina yang rusak atau kotor.


2. Arus listrik aki lemah

Arus listrik aki yang lemah bisa dikarenakan beberapa hal, yaitu karena kabel di terminal plus atau minus aki yang kendur, alternator atau dynamo ampere yang aus, serta aki yang telah habis masa pakainya.

Bila Anda menduga bahwa aki yang bermasalah, maka langkah pendeteksian pertama yang wajib Anda lakukan adalah memeriksa pemasangan kabel di terminal aki. Pastikan apakah kabel tersebut telah terpasang baik atau tidak.

Bila ternyata kendur, maka segera kencangkan. Sebelumnya, bersihkan dulu terminal tersebut dengan menggunakan kertas amplas atau (bila Anda membawa sikat gigi) sikat hingga bersih.

Jangan lupa periksa air aki apakah volumenya cukup. Segera tambah jika kurang dari takaran.

Namun, bila aki sudah aus karena masa pakai telah habis, maka mau tidak mau Anda harus menggantinya.


3. Alternator aus

Peranti ini berfungsi untuk mengisi arus listrik ke aki. Oleh karena itu, bila alternator rusak maka aki akan kehabisan cadangan listrik dan mengakibatkan mobil mogok.

Beberapa masalah yang kerap terjadi di alternator adalah :

a. Gulungan kawat tembaga putus

Beberapa kerusakan yang kerap terjadi di perangkat ini antara lain, putusnya gulungan kawat tembaga. Meski hanya satu di antara beberapa gulungan, hal itu akan mengganggu arus listrik.


b. Diode putus

Biasanya terdapat enam diode di alternator. Meski hanya satu diode yang bermasalah, itu sudah cukup membuat mesin mobil sulit sekali dinyalakan.

c. Kabel berkarat

Kabel pengisian listrik dari alternator ke aki sangat rentan berkarat. Maklum, letak alternator yang ada di bagian bawah dari mesin sangat rawan terkena kotoran dan air, akibatnya kabel menjadi getas atau korosi.

Bila itu terjadi, maka aliran listrik ke aki tidak maksimal dan mobil pun berpotensi mogok.


4. Karburator bermasalah

Penyebab mobil mogok lainnya yang kerap dialami pengguna mobil adalah karburator yang bermasalah (bagi mobil yang masih menggunakan karburator). Pada umumnya, masalah yang terjadi adalah semburan bahan bakar yang terlalu sedikit. Walhasil proses pembakaran tidak sempurna dan mesin sulit dihidupkan.

“Ada dua hal yang menyebabkan karburator tidak bisa menyemburkan bahan bakar secara optimal, yaitu setelan klep yang terlalu rapat atau kotor,” kata Daryono.

Cara untuk mendeteksi masalah itu cukup gampang. Lepas selang bahan bakar kemudian masukan ujungnya ke botol. Kemudian starter mobil. Bila bahan bakar masih mengalir, berarti bahan bakar masih berfungsi baik, dan sebaliknya.


5. Switcher starter aus

Peranti itu memang terlihat sepele dan kerap tidak disadari oleh pengguna atau pemilik mobil. Padahal, kemungkinan terjadinya kerusakan pada peranti ini sangat besar. Maklum, switcher paling kerap digunakan yaitu di saat pengguna mobil mulai mengaktifkan atau mematikan mesin kendaraannya.

Pada umumnya, kerusakan terjadi pada kabel yang renggang, logam kontaktor plus minus untuk menyambungkan arus listrik sudah aus sehingga tidak tersambung. Bila Anda mengalaminya segera ganti.

Namun bila Anda mengalaminya di tengah perjalanan yang sepi dan jauh dari keramaian, maka langkah darurat adalah menyambung kabel plus dan minus starter. Caranya gunakan peniti atau kawat kecil yang tajam, kemudian sambung kedua kabel dengan peniti atau kawat kecil tersebut.

ketika kita sedang asyik-asyiknya di perjalanan tiba-tiba kendaraan yang kita kendarai mogok. Apalagi jika kejadian ini jauh dari bengkel. Hal pertama yang mungkin kita rasakan adalah panik menghadapi situasi ini. Untuk menghadapi situasi seperti ini ada beberapa tips yang mudah dilakukan.


Pertama, tetaplah tenang dan jangan panik, karena ketenangan akan membawa kita pada situasi berfikir rasional dalam mencari solusi. Jangan saling menyalahkan diantara crew yang ada pada kendaraan tersebut. Jadikanlah problem ini sebagai problem bersama, sehingga setiap orang berusaha untuk menyumbangkan pemikirannya dalam mencari solusi.

Kedua, pastikan bahwa kendaraan berhenti di tempat yang aman, posisi di bahu jalan dan tidak menganggu arus lalu lintas. Nyalakan lampu tanda darurat (hazard) dan pasangkan segitiga pengaman kira-kira 2 meter tepat di belakang posisi kendaraan. Hal ini bertujuan memberi isyarat pada pengguna jalan yang lain bahwa kendaraan kita sedang mengalami masalah darurat.

Ketiga, kenali penyebab mogok dengan melihat panel indikator. Masing-masing masalah mempunyai solusi berbeda. Ada beberapa indikasi yang dapat dikenali secara umum dan solusi yang mungkin dapat dilakukan antara lain:


1. Bahan Bakar

Bahan bakar habis

Metode paling sederhana untuk mengetahui volume bahan bakar minyak adalah dengan melihat indikator pengukur bahan bakar. Pastikan volume bahan bakar dalam kondisi cukup. Pada kendaraan tertentu, jika volume bahan bakar sudah melewati batas penggunaan biasanya ada lampu indikator yang menyala (lampu yang bergambar pompa bensin).
Bila pada indikator bahan bakar sudah menunjukkan posisi normal (misalnya menunjukan posisi ½ atau beberapa strip) perlu dipastikan apakah alat penunjuk ini bekerja dengan normal. Dengan cara mengketok-ketok dengan benda keras secara perlahan pada bagian bawah tangki bahan bakar. Dengarkan bunyi pukulan tersebut apakah nyaring atau terasa berat. Jika berbunyi nyaring tandanya volume bahan bakar dalam tangki bahan bakar dalam kondisi kosong. Bila bunyi terasa berat ada kemungkinan volume bahan bakar masih cukup untuk menghidupkan mesin.
Apabila volume bahan bakar kurang, sebagai solusi sudah pasti kita harus mencari penjual bahan bakar atau pompa bensin terdekat. Isilah bahan bakar sampai tangki bahan bakar secukupnya.

Tekanan bahan bakar tidak ada

Tekanan bahan bakar dapat diketahui dengan melihat pergerakan kepala baut yang terdapat pada pulsation dumper. Coba putar kunci kontak ke posis “START”, bila baut bergerak ke arah luar dapat dipastikan ada tekanan bahan bakar.

Saringan bahan bakar mampet

Bila saringan bahan bakar mampet, tekanan yang akan dikirim ke mesin akan berkurang. Jika saringan mampet, gejala awalnya adalah laju kendaraan akan tersendat-sendat. Bila dibiarkan dapat menyebabkan mesin mati.

Pompa bahan bakar mati

Pompa bahan bakar mati akan menyebabkan bahan bakar tidak dialirkan ke mesin sehingga akan mati. Untuk memastikan pompa bahan bakar bekerja dengan baik atau tidak, buka tutup tangki dan dalam waktu bersamaan “START” mesin. Dengarkan suara/getaran yang ada dalam tangki. Umur pompa bensin dapat diperpanjang dengan cara membiasakan tangki bahan bakar selalu dalam kondisi penuh. Hal ini akan mencegah timbulnya korosi pada tangki.

Selang bahan bakar bocor/pecah

Selang bahan bakar bocor/pecah akan mengakibatkan bahan bakar yang di kirim ke mesin akan berkurang baik tekanan maupun jumlahnya.


2. Mesin Over Heating

Masalah selanjutnya yang menyebabkan mesin tiba-tiba mati adalah terjadinya kenaikan temperatur mesin yang berlebihan. Hal ini dengan mudah dapat dilihat dari posisi jarum indikator temperatur mesin pada intrumen panel. Biasanya kenaikan jarum penunjuk temperatur pada posisi ½ atau kurang. Jika jarum penunjuk melebihi posisi ½ bisa dipastikan mesin mengalami over heating (kelebihan panas).


3. Tidak ada Pengapian

Syarat dari mesin bensin bisa berputar (running) pada prinsipnya ada tiga faktor, yaitu adanya tekanan kompresi yang kuat, bahan bakar cukup dan pengapian cukup besar dan tepat. Apabila tekanan kompresi dan bahan bakar normal, kemungkinan penyebab lainnya adalah sistem pengapian. Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan sistem pengapian tidak bekerja normal. Secara garis besar pada sistem pengapian dibagi dalam dua bagian yaitu:
Rangkaian yang terkait dengan sirkuit primer yaitu sirkuit yang mengalirkan tegangan 12V baterai. Sirkuit ini terdiri dari baterai-sekring-kunci-ignition coil (primary coil). Untuk mencari penyebab kerusakan para sirkuit primer dengan cara menelusuri tegangan 12V baterai stand by di terminal positif ignition coil. Selama tegangan di terminal positif ignition coil sudah ada (saat kunci kontak posisi ON), dapat dipastikan sirkuit primer dalam kondisi normal.
Sirkuit lainnya adalah sirkuit sekunder atau sirkuit pembangkitan arus bertegangan tinggi 20KV – 30KV. Sirkuit ini terdiri dari komponen: ignition coil, Platina / condensor (tipe Konvensional), Igniter & pick up coil (tipe transistor/CDI), tutup distributor, rotor, kabel tegangan tinggi busi dan busi. Untuk menelusuri kelainan pada sirkuit ini terlebih dahulu harus memastikan sirkuit primer bekerja dengan normal. Adapun cara menelusurinya adalah dengan melakukan tes bunga api pada busi. Buka salah satu busi pada mesin. Kemudian sambungkan dengan kabel tegangan tinggi ignition coil. Dalam kondisi busi menempel dengan bodi mesin, start mesin. Jika terjadi percikan bunga api pada busi, artinya sirkuit primer dan sekunder bekerja normal.

Pada beberapa kasus kelainan pada sistem pengapian berasal dari tutup delco (distributor) basah karena uap air atau embun. Kejadian ini biasanya terjadi jika kendaraan melaju dalam kondisi hujan yang mengakibatkan tutup distributor berembun, atau terkena percikan air hujan.

Cara mengatasinya cukup sederhana. Buka tutup distributor, kemudian keringkan dengan menggunakan tissue atau lap kering. Jika kendaraan masih menggunakan platina, bersihkan permukaan platina tersebut menggunakan amplas atau lap kering. Lalu bersihkan lagi dengan kertas bersih.

Pada umumnya gangguan mogok disebabkan karena ketidakberesan pengapian atau system bahan bakar.

Gangguan pada system pengapian biasanya terjadi pada komponen pendukungnya seperti koil, CDI, platina dll. Tanda-tandanya mesin akan tersendat-sendat terlebih dahulu atau kadang-kadang terdengar letusan dari knalpot.

Gangguan pada system bahan bakar, bisa karena tak sampainya bahan bakar ke silinder atau ruang bakar. Sehingga membuat mesin langsung mati tanpa tersendat. Biasanya karena aliran bahan bakar terganggu akibat dari tersumbatnya saluran bahan bakar dari tangki. Kasus ini banyak dijumpai pada mobil berkaburator atau injeksi bahan bakar.

Sedangkan pada mobil dengan fuel injection penyebabnya bertambah lagi yakni karena adanya kerusakan pada pompa bahan bakar. Gejala tersendat bisa muncul lantaran saringan bahan bakar kotor. Biasanya tak menyebabkan mesin mati seketika dan hanya terasa pada putaran tinggi. Bila gas dilepas atau putaran mesin diturunkan, gejala ini akan berkurang atau bahkan hilang. Segera bersihkan saringan bahan bakar. Sebab jika lama dibiarkan kotoran akan terbawa ke karburator atau injector.

Tindakan Darurat :

Untuk system pengapian, lepas salah satu kabel busi dan dekatkan ke mesin. Hidupkan mesin dan perhatikan apakah ada loncatan bunga api dari kabel tegangan tinggi. Bila tak ada atau kecil sama sekali, berarti ada gangguan di system pengapian. Bila api yang dihasilkan cukup besar gangguan bukan berasal dari situ.

Untuk mengecek sampai tidaknya bahan bakar ke silinder bisa dilakukan beberapa cara. Pada mobil berkarburator, periksa aliran bensinnya dengan melepas slang bahan bakar menuju karburator. Atau dengan mengintip gelas atau mangkuk pada komponen pengabut bensin atau karburator itu untuk melihat jumlah bensin di dalamnya. Bila terisi berarti bensin masih mengalir dan kesampingkan sumbatan alirannya.

Pada mobil berinjeksi bahan bakar, selain memeriksa slang saluran bahan bakar menuju injector, cek bensin yang lewat nipel pada saluran bahan bakar.


Bila seluruhnya beberapa langkah diatas telah dicek dengan terbaik namun mobilnya tetap saja tak nyala dengan kata lain mogok, tak ada jalan lain, dengan terpaksa mesti memanggil mobil Derek serta membawa mobil anda ke bengkel paling dekat sesuai posisi Anda.

Demikianlah tips yang saya sampaikan tentang cara atasi mobil mogok yang terjadi pada anda. Langkah diatas sebagai pedoman dasar bagi anda ketika mengalami kejadian mogok sebelum memanggil montir untuk memperbaiki kendaraan anda.

Masih ada cara lain sebelum anda memutuskan menderek mobil anda yang mogok atau memanggil montir langganan anda dari luar kota misalnya, yaitu :


--> SELANJUTNYA