Hi Quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Langanan Via E-mail

Ayo Pelajari Carannya

Cara Mendapatkan Promo Barang Murah

Cara Belanja Lebih Irit dan Hemat

Cara Bikin Bolu Kukus Mengembang Sempurna




Paling kesal ketika membuka tutup panci pengukus, tralalaaaa Bolu nya Bantut euy.... aduh salah di mana lagi yah, padahal takaran resepnya sudah pas, tehnik dan cara pengocokan adonan juga udah di ikutin dengan teliti, tapi kok ya... bolunya tetap bantut alis gak mengembang dengan sempurna. eittt tenang aja jeng.... selama ada m'bah google masalah apa sih yang gak bisa di atasi, nah berikut ini silahkan ikuti petunjuk si m'bah yah.... isyaallah akan berhasil. Ayo Pelajari Caranya Membuat  ( Bikin ) Bolu Kukus Agar Mengembang Dengan Sempurna !!!
Sebelum kita menyibakan rahasianya ada baiknya anda menyaksikan tayangan video tutorial dari salah satu murid m'bah google yang sudah berhasil mempraktekan ilmunya sampai bolu kukusnya mekar merekah sempurna, selamat menyimak :



SEKILAS INFO :




http://goo.gl/ctFNpk

Mau Pempers Gratis Premium Care New Born isi 13 Gratis ?  Tersedia 40 Ribu Paket Sample Gratis Isi 13 Pcs untuk Anda !


Good Luck!



Cek Info Promo Berikutnya Di Sini


Atau Di --> SINI


Gimana ? sudah kebayangkan tehniknya ? sekarang kita bahas dengan lebih terperinci yah, mulai dari bahan - bahan yang akan kita gunakan dan juga cara menggunakan peralatan pengukusnya....

Jika Ingin sekedar Mengintip alat - alat apa saja yang di gunakan untuk membuat bolu kukus moderen yang Mekar Merekah dengan sempurna silahkan liat - lihat di SINI


Sebenarnya sih membuat bolu kukus yang mekar merekah itu cukup mudah dan praktis karena tak membutuhkan oven, cukup pake dangdang atau panci pengukus aja, Tetapi, tak jarang bolu yang dibuat tidak mengembang sempurna atau bantat sehingga bentuknya tidak cantik.
Jika Anda ingin bolu kukus yang Anda buat mengembang sempurna dan memiliki bentuk mekar yang cantik, berikut beberapa tips si m'bah berikut ini agar bolu kukusnya mengembang sempurna :

  • Gunakan soda cair yang masih baru , belum pernah dibuka atau masuk ke lemari es. Soda berfungsi agar bolu kukus dapat mengembang maksimal.
  • Kocok telur dan gula terlebih dahulu hingga lembut, gunakan mixer dengan kecepatan tinggi. Masukkan tepung secara bertahap agar tercampur dengan rata.
  • Gunakan cetakan berlubang agar uap dapat merasuk merata pada bolu.
  • Agar air yang menempel pada tutup kukusan tidak menetes kembali ke bolu dan mempengaruhi adonan, lapisi tutup dengan kain bersih.
  • Jangan buka kukusan hingga waktu yang ditentukan agar tak mempengaruhi proses bolu mengembang.
  • Pilih wadah kertas dengan tinggi yang sesuai, tidak terlalu pendek, dan tidak terlalu tinggi agar bentuk bolu cantik.
Di atas itu cuman intinya, nah detailnya bisa di simak di bawah ini :

Bahan membuat Resep Kue BOLU KUKUS Mekar Enak Sederhana:

250 tepung terigu protein sedang
225 gram gula pasir
2 butir telur
200 ml minuman bersoda tawar
1 sdm emulsifier atau TBM
Pewarna makanan kesukaan Anda (coklat, atau pandan, atau strawberry, dsb)


Kocoklah  telur, gula pasir dan emulsifier hingga kaku. Gunakan Mixer kecepatan Tinggi, klo belum punya bisa lihat - lihat punya tetangga yang modelnya kayak di SINI

Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan dan minuman bersoda, teruskan mengocok hingga adonan Kue BOLU KUKUS Mekar jadi kental.

Untuk mengetes kekentalan adonan Kue BOLU KUKUS Mekar, ambil adonan dengan sendok lalu tuang kembali. Adonan Kue BOLU KUKUS Mekar yang sudah kental tidak mudah turun dengan cepat.

Ambil sedikit adonan Kue BOLU KUKUS Mekar lalu beri beberapa tetes pewarna makanan jika Anda ingin membuat pola corak warna. Bisa juga Anda memberi warna semua adonan Kue BOLU KUKUS Mekar dengan satu warna saja.

Siapkan dandang yang sudah panas dan menguap. Akan lebih baik jika tutup dandang dibungkus serbet agar uap tidak menetes pada kue.

Tuang adonan putih Kue BOLU KUKUS Mekar pada cetakan yang sudah diberi cup kue.
Beri sedikit adonan Kue BOLU KUKUS Mekar berwarna di atas adonan putih. Sesuaikan dengan kreasi Anda.

Susun adonan Kue BOLU KUKUS Mekar dalam cetakan pada dandang.

Usahakan agar letak cetakan Kue Bolu kukus tidak terlalu rapat, karena jika cetakan kue bolu kukus terlalu rapat, uap panas sulit naik dan membuat kue sulit mekar.

Kukus kue bolu selama 20 menit. Jangan buka tutup selama 15 menit pertama agar Bolu Kukus mengembang sempurna.

Angkat kue Bolu Kukus, keluarkan dari cetakan.

Sajikan jika sudah dingin.


Kesimpulannya : 
1. Kocok adonan dengan kecepatan tinggi selama kurang lebih 15 menit agar adonan mengembang.
2. Pakai air soda yang baru, karena yang soda yang sudah menguap tidak akan mengembang sempurna. Begitu pula dengan emulsifer dan telur, pakai yang fresh dan jangan gunakan telur yang dari kulkas, biarkan telur sama dengan suhu ruangan. 
3. Gunakan cetakan alumunium yang berlubang, agar panas bisa merata kedalam adonan. Perhatikan pula besar cetakan dengan papercup nya, ukuran yang berbeda menyebabkan panas yang masuk terhalang
4. Isi adonan sejajar dengan cetakan, pengisian yang kurang dapat menyebabkan bolu tidak mekar. ( harap di perhatikan )
5. Panaskan kukusan selama kurang lebih 15 menit atau hingga air mendidih di dalam panci agar uap panas yang dihasilkan maksimal. Setelah adonan dimasukkan atur api hingga menghasilkan panas yang tinggi dan merata.
6. Bungkus tutup kukusan dengan lap agar uap air tidak menetes ke adonan. (disini Rahasianya Jeng)
7. Jangan membuka tutup kukusan sampai proses pengembangan adonan sempurna adonanan matang, sekitar kurang lebih 10 menit. Tusuk dengan lidi untuk mengecek apakah adonan matang sempurna, bila adonan tidak lengket di lidi maka bolu kukusnya telah matang.

Selamat Mencoba !!!
Artikel ini dirangkum Dari Berbagai Sumber


Sebelum Anda Menutup Halaman Ini ada baiknya anda berbagi kasih dengan  membagikan Informasi bermanfaat ini kepada teman - teman yang lain dengan cara menekan Tombol Share Di bawah Postingan ini, agar semakin banyak orang yang di berkati lewat informasi yang anda bagikan.




2 komentar:

Lukisan Minimalis mengatakan...

Boleh di coba juga resepnya nih, makasih telah kasih tau langakah bikin kue bolu kukusnya sangat bermanfaat sekali :)

Oxone mengatakan...

Terima kasih atas informasi nya. Sangat bermanfaat sekali dan membantu.

Posting Komentar