Cara Bikin Bolu Kukus Mengembang Sempurna - Ayo Pelajari Caranya

Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI


Cara Bikin Bolu Kukus Mengembang Sempurna

Cara Bikin Bolu Kukus Mengembang Sempurna

Mencari Tahu Cara Membuat Bolu Kukus Yang Dapat Mengembang Dengan Sempurna

Paling kesal ketika membuka tutup panci pengukus, tralalaaaa Bolu nya Bantut euy.... aduh salah di mana lagi yah, padahal takaran resepnya sudah pas, tehnik dan cara pengocokan adonan juga udah okay, dan di ikutin langkah - langkahnya dengan teliti, tapi kok ya... bolunya tetap aja kempes alias bantut ya, kenapa yang Bolu Kukusnya gak bisa mengembang dengan sempurna. eittt tenang aja jeng.... selama kita mau coba lagi dan memperbaiki salahnya di mana, maka masalah apa sih yang gak bisa di atasi, nah berikut ini silahkan ikuti petunjuk si emak yah.... isyaallah akan berhasil dan Bolu kukusnya bisa tampak ketawa. Ayo Pelajari Caranya Membuat  ( Bikin ) Bolu Kukus Agar Mengembang Dengan Sempurna !!!


Contoh  Aneka Alat Bantu Untuk Membuat Bolu Kukus Yang Ada Di Pasaran Bisa Kita Lihat dengan Cara :


Sebelum kita mencari tahu tentang rahasianya bikin Bolu Kukus yang dapat mengembang dengan sempurna, maka ada baiknya kita menyaksikan tayangan video tutorial dari salah satu murid m'bah google yang sudah berhasil mempraktekan ilmunya sampai bolu kukusnya mekar merekah sempurna, selamat menyimak :






Gimana ? sudah kebayangkan tehniknya ? sekarang kita bahas dengan lebih terperinci yah, mulai dari bahan - bahan yang akan kita gunakan dan juga cara menggunakan peralatan pengukusnya....


Untuk Prkatek Percobaan di dalam video tersebut, menggunakan Resep atau Takeran Bahan sbb :



Bahan bahan Yang Di Butuhkan Untuk Bikin Bolu Kukus

  • 2 butir telur
  • 250 gr gula pasir
  • 250 gr tepung terigu
  • 1 sdt sp
  • 1 bks susu dencow
  • 170 ml air soda
  • Pewarna makanan secukupnya

Membuat Bolu Kukus yang mengembang Tak sekedar hanya Resep atau takaran Bahan - bahannya, tapi harus juga di dukung tehnik dan juga alat - alat sederhannya, Nah Jika Ingin sekedar Mengintip alat - alat apa saja yang di gunakan untuk membuat bolu kukus moderen yang bisa Mekar Merekah dengan sempurna  silahkan anda ;


Sebenarnya sih membuat bolu kukus yang mekar merekah itu cukup mudah dan praktis karena tak membutuhkan oven, cukup pake dangdang atau panci pengukus aja, Tetapi, tak jarang bolu yang dibuat tidak mengembang sempurna atau bantat sehingga bentuknya tidak cantik.

Jika Anda ingin bolu kukus yang Anda buat mengembang sempurna dan memiliki bentuk mekar yang cantik, berikut beberapa tips si m'bah berikut ini agar bolu kukusnya mengembang sempurna :

  • Gunakan soda cair yang masih baru , belum pernah dibuka atau masuk ke lemari es. Soda berfungsi agar bolu kukus dapat mengembang maksimal.
  • Kocok telur dan gula terlebih dahulu hingga lembut, gunakan mixer dengan kecepatan tinggi. Masukkan tepung secara bertahap agar tercampur dengan rata.
  • Gunakan cetakan berlubang agar uap dapat merasuk merata pada bolu.
  • Agar air yang menempel pada tutup kukusan tidak menetes kembali ke bolu dan mempengaruhi adonan, lapisi tutup dengan kain bersih.
  • Jangan buka kukusan hingga waktu yang ditentukan agar tak mempengaruhi proses bolu mengembang.
  • Pilih wadah kertas dengan tinggi yang sesuai, tidak terlalu pendek, dan tidak terlalu tinggi agar bentuk bolu cantik.
Di atas itu cuman intinya, nah detailnya dengan Resep dan Takaran Bahan Yang berbeda kalian bisa  simak di bawah ini :

Bahan membuat Resep Kue BOLU KUKUS Mekar Enak Sederhana:

  • 250 tepung terigu protein sedang
  • 225 gram gula pasir
  • 2 butir telur
  • 200 ml minuman bersoda tawar
  • 1 sdm emulsifier atau TBM
  • Pewarna makanan kesukaan Anda (coklat, atau pandan, atau strawberry, dsb)


Kocoklah  telur, gula pasir dan emulsifier hingga kaku. Gunakan Mixer kecepatan Tinggi, klo belum punya bisa lihat - lihat punya tetangga, buat lihat model - modelnya silahkan anda :

 

Proses Selanjutnya :
  1. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan dan minuman bersoda, teruskan mengocok hingga adonan Kue BOLU KUKUS Mekar jadi kental.
  2. Untuk mengetes kekentalan adonan Kue BOLU KUKUS Mekar, ambil adonan dengan sendok lalu tuang kembali. Adonan Kue BOLU KUKUS Mekar yang sudah kental tidak mudah turun dengan cepat.
  3. Ambil sedikit adonan Kue BOLU KUKUS Mekar lalu beri beberapa tetes pewarna makanan jika Anda ingin membuat pola corak warna. Bisa juga Anda memberi warna semua adonan Kue BOLU KUKUS Mekar dengan satu warna saja.
  4. Siapkan dandang yang sudah panas dan menguap. Akan lebih baik jika tutup dandang dibungkus serbet agar uap tidak menetes pada kue.
  5. Tuangkan adonan putih Kue BOLU KUKUS Mekar pada cetakan yang sudah diberi cup kue.
  6. Beri sedikit adonan Kue BOLU KUKUS Mekar berwarna di atas adonan putih. Sesuaikan dengan kreasi Anda.
  7. Susun adonan Kue BOLU KUKUS Mekar dalam cetakan pada dandang.
  8. Usahakan agar letak cetakan Kue Bolu kukus tidak terlalu rapat, karena jika cetakan kue bolu kukus terlalu rapat, uap panas sulit naik dan membuat kue sulit mekar.
  9. Kukus kue bolu selama 20 menit. Jangan buka tutup selama 15 menit pertama agar Bolu Kukus mengembang sempurna.
  10. Angkat kue Bolu Kukus, keluarkan dari cetakan.


  11. Cara Alternatif :
  1. Kocok adonan dengan kecepatan tinggi selama kurang lebih 15 menit agar adonan mengembang.
  2. Pakai air soda yang baru, karena yang soda yang sudah menguap tidak akan mengembang sempurna. Begitu pula dengan emulsifer dan telur, pakai yang fresh dan jangan gunakan telur yang dari kulkas, biarkan telur sama dengan suhu ruangan. 
  3. Gunakan cetakan alumunium yang berlubang, agar panas bisa merata kedalam adonan. Perhatikan pula besar cetakan dengan papercup nya, ukuran yang berbeda menyebabkan panas yang masuk terhalang
  4. Isi adonan sejajar dengan cetakan, pengisian yang kurang dapat menyebabkan bolu tidak mekar. ( harap di perhatikan )
  5. Panaskan kukusan selama kurang lebih 15 menit atau hingga air mendidih di dalam panci agar uap panas yang dihasilkan maksimal. Setelah adonan dimasukkan atur api hingga menghasilkan panas yang tinggi dan merata.
  6. Bungkus tutup kukusan dengan lap agar uap air tidak menetes ke adonan. (disini Rahasianya Jeng)
  7. Jangan membuka tutup kukusan sampai proses pengembangan adonan sempurna adonanan matang, sekitar kurang lebih 10 menit. Tusuk dengan lidi untuk mengecek apakah adonan matang sempurna, bila adonan tidak lengket di lidi maka bolu kukusnya telah matang.
Masih banyak sekali metode, Resep atau Kompsisi Bahan untuk bikin Bolu Kukus anti gagal yang tentunya akan tampak tertawa dan mengembang sempurna ! seperti apa metode dan resepnya yuk kita pelajari !

--> SELANJUTNYA