Cara Memperbaiki Sendiri TV Yang Rusak - Ayo Pelajari Caranya

Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI


Cara Memperbaiki Sendiri TV Yang Rusak

Cara Betulin Sendiri TV LED Yang Rusak

MENCARI TAHU CARA BETULIN SENDIRI TV LED YANG RUSAK

Kata siapa Barang - barang Electronik jaman now atau jaman sekarang punya, kalau sudah rusak tidak bisa di betulin lagi, tidak semua jenis kerusakan pada barang - barang electronik Jaman Now yang berbasis komputer tidak bisa  di perbaiki lagi, banyak sekali kejadian kerusakan  pada perangkat electronik yang sangat sepele dan sederhana dan tentu saja dengan mudah dapat kita perbaiki sendiri penyebab kerusakannya, salah satu contohnya kerusakan pada TV LED yang umumnya cukup sepele dan sederhana serta tentu saja dengan mudah bisa kita perbaiki sendiri, misalnya saja, sering terlepasnya salah satu solderan komponen pada PCB board perangkat electronik tersebut dalam hal ini karena di suhu operasional perangkat electronik kita khususnya pada TV LED jaman Now sering terlalu panas, sehingga pada suatu waktu solderan pada salah satu komponennya menjadi kedur dan otek hingga terlepas, pada umumnya 85 % kerusakan pada TV LED adalah karena hal sepele tadi, jadi tentu saja dengan alat - alat sederhana saja kita bisa memperbaikinya sendiri TV tersebut, begitu pula jika TV LCD / LED kalian mengalami kerusakan yang lebih berat, seperti Powernya Mati Total, Muncul Blank Putih Pada Layar TV LCD / LED anda, atau Munculnya garis - garis vertikal atau horizontal pada layar TV tersebut, hilangnya suara, dan masih banyak lagi kerusakan umum yang timbul pada TV LED jaman now, semua kerusakan tersebut ternyata dengan mudah bisa kita betulin sendiri di rumah tanpa harus repot - repot cari tukang service TV jauh - jauh, apakah kalian tertarik mempelajarinya ? Nah cobalah sebelum kalian memutuskan untuk membawa TV kalian yang Rusak ke Tukan service atau bahkan ingin membuangnya, maka tidak ada salahnya kalian bisa reparasi atau service sendiri TV nya, selain nambah pengalaman dan pengetahuan baru, mungkin suatu saat apa yang kalian pelajari tersebut di sini akan berguna bagi orang lain,  oleh sebab itu, Ayo Kita Pelajari Caranya Betulin sendiri TV LCD / LED Yang Rusak !!!

Contoh  Sparepart TV LED Yang Sering Rusak dan Ada Di Jual Pasaran Bisa Kita Lihat dengan Cara :

Ok Kita Lanjut ! Nah Sebelum Kita membahas lebih jauh secara teknis tentang Cara Mudah Memperbaiki Sendiri LCD / LED TV Yang Rusak, ada baiknya anda coba simak salah satu Video Totorial tentang bagaimana membongkar Casing TV LCD / LED tersebut dengan aman, baik dan benar, selamat menyimak dulu deh !


Beberapa macam informasi tentang Spesifikasi TV LCD / TV LED Jaman Now silahkan anda :

 
Secara Garis Besar, Berikut ini kita akan uraikan langkah demi langkah mengenai Panduan dan tata Cara Memperbaiki TV LCD / TV LED yang Mengalami Masalah Kerusakan Teknis seperti yang sudah kita sebutkan di atas !

Cara Memperbaiki TV LCD / LED Yang Layarnya Blank Putih

Pada Dasarnya TV LCD dan TV LED mempunyai keunggulan yang jauh berbeda dari TV model sebelumnya diantaranya kualitas gambar yang lebih baik, model yang dan sirkuit didalamnyapun lebih simpel serta daya yang di butuhkan tidak sebesar TV sebelumnya boros listrik dan masih banyak keunggulan lain yang di miliki TV ini. Berdasarkan hal ini sering kali kita mengabaikan cara penggunaan yang semestinya di perhatikan. Kerusakan pada televisi sering terjadi karena terlalu berlebihan dalam penggunaan, Salah satu contoh kerusakan yang terjadi pada TV LCD dan TV LED adalah layar tidak bisa menampilkan gambar atau blank putih.
  • Untuk mengetahui penyebab kerusakannya mari kita simak dan perhatikan cara penanganannya.

Langkah-langkah untuk meperbaiki kerusakan TV LCD, sebagai berikut :

  • Cobalah Periksa terlebih dahulu bagian kapasitor elektrolit PSU dan jalur koneksi pada PSU.
  • Lakukan pemeriksaan pada sekering pico yang ada di bagian papan controller. Apabila pada sekering mejunjukkan nilai ohm yang tinggi maka lakukan penggantian.
  • Cek kabel NVDS yang menghubungkan mainboard menuju papan controller.
  • Periksa patrian timah pada socket atau koneksi kabel, sering kali ini masalahnya, karena timahnya lepas
  • Lakukan resset kabel ribbon dari controller board menuju ke driver board.
  • Lakukan pemeriksaan pada komponen lain lain yang berhubungan dengan papan controller terutama pada papan controller itu sendiri.
Berdasarkan cara diatas, jika perbaikan masih tidak membuahkan hasil maka lakukan pengeceka sekali lagi, hal ini bertujuan bahwa semua proses sudah dilakukan dengan benar. - selamat Mencoba.

Cara Memperbaiki TV LCD / LED Yang Layarnya Muncul Garis - Garis Pelangi

Untuk memperbaiki atau mengatasi muculnya garis - garis berwarna pelangi pada LCD TV anda, mari kita perbaiki sendiri, kerusakan seperti ini biasanya dikenal dengan garis-garis berwarna pada layar atau rainbow screen. Dengan gejala tidak munculnya gambar kecuali garis-garis pada layar TV seperti gambar dibawah ini.
 
Mengatasi Garis Berwarna Pelangi Pada Layar LCD TV

Bila hal tersebut terjadi pada layar LCD TV Anda berikut langkah-langkah untuk mengatasi masalah garis berwarna atau rainbow screen pada layar
  • Pertama, periksa kabel LVDS dari mainboard ke controller board untuk memastikan kabel tidak longgar. Bila perlu, cabut kabel ini dan ulang pasang kembali dengan tepat dan benar, bila Anda merasa ada kemungkinan kerusakan maka ganti kabel LVDS tersebut.
  • Reset FPCB dari controller board ke driver board serta periksa sambungan solder pada konektor kabel le board.
  • Periksa sambungan solder dan komponen pada PCB controller. Jika semuanya baik, meskipun hal ini masih bisa menjadi masalah mainboard kemungkinan besar IC controller board atau panel. Lebih mungkin LCD panel memiliki driver board/driver IC yang rusak, tetapi menggunakan prosedur untuk memeriksa mainboard sebelum Anda menghabiskan uang untuk mengganti panel jika Anda benar-benar memutuskan memilih biaya yang ekonomis.
  • Perhatikan bahwa Anda dapat hampir tidak pernah menemukan kerusakan panel LCD saja, tetapi kebanyakan orang menyebut seluruh board ini sebagai panel LCD, tetapi sebenarnya Anda bisa membongkar dan melepas panel LCD yang sebenarnya.
Jangan Kuatir, Jika Aksi Reparasi Anda Gagal, anda tinggal menghubungi Tehnisi Service !

Cara Memperbaiki TV LCD / LED Yang Layarnya Gelap dan Suara Tidak Muncul

Contoh Kasus :

  • LCD Panasonic TH-L32X20, sudah divonis board digital rusak oleh bengkel lain
  • Kadang dapat hidup normal
  • Tetapi kadang lampu indikator sudah dapat menyala hijau – tetapi layar tetap gelap dan tidak ada suara
Normal LCD ini kalau dihidupkan pertama – indikator merah (st-by) akan berubah menjadi hijau kedip2 – kemudian hijau tidak berkedip lagi –dilanjutkan lampu backlight akan meyala – dan kemudian baru muncul gambar dan suara.

TROuble-SHooTING

Untuk mencari kerusakan problem ini maka kami lakukan pencatatan data tegangan-tegangan penting pada konektor yang menghubungkan board digital kontrol dengan board power supply seperti terlihat pada gambar dibawah pada saat (a) St-by, (b) saat dapat hidup normal, dan (c) saat problem tidak ada gambarnya !

 Skema Conector Pin LCD TV LED


Data tegangan pada pin-pin konektor

St-by
Nyala normal
Saat problem
Pin-14/15 (5.6v0 st-by
5.6
5.6
5.6
Pin 11/12 (12v)
0
12
12
Pin-9 (17v)
0
17
17
Pin-7 TV on-off
0
3
3
Pin-4 Alarm (Inv SOS)
0
0
2
Pin-3 (Inv on-off)
0
2.5
0
Pin-2 (Inv PWM Dimmer)
0
2
0


Berdasarkan data tegangan tabel diatas maka dapat disimpulkan bahwa :
  • Pada saat problem - tegangan kontrol on-off (pin-7) dari mikrokontrol sudah ada – oleh karena itu indikator sudah bisa menyala hijau dan tegangan-tegangan 12v (pin11/12), 17v (pin-9) juga sudah keluar.
  • Pin-4 Alarm (Inverter SOS) ada tegangan – hal ini menunjukkan bahwa bagian Backlight Inverter ada problem – akibatnya maka kontrol Inverter-On (pin-3) dan Inverter Dimmer ((pin-2) tidak keluar tegangan.
  • KESIMPULAN : Circuit Inverter kadang ada masalah

Coba lumpuhkan sirkit Alarm (Inverter SOS) dengan cara :
  • Lepas kabel penghubung Alarm (inv SOS) dari board digital ke board power supply.
  • Pin-Alram (Inv-SOS) kami sambung ke ground menggunakan sebuah resistor 100 ohm 1/8watt – untuk mengunci agar tegangan tetap nol.
  • Hasilnya ternyata LCD dapat menyala terus secara normal, gambar suara muncul terus.
Catatan :
  • Menurut service-manual – jika terjadi problem pada bagian Inverter – seharusnya led indikator berubah menjadi warna merah dan kedip 1x. Tetapi mengapa pada kasus ini tidak terjadi ? Inilah yang masih menjadi Pekerjaan Rumahnya, dan pertanyaan kami ? Mengapa dari inverter keluar tegangan SOS, pada hal lampu back light dapat nyala normal terus ?

Service Manual SOS Kode Blinking Times

2. Cara Memodifikasi Sistem Suara Pada TV LCD yang Rusak




Jika Pada TV LCD / LED anda gambarnya masih bagus, tapi Bisu alias Suaranya Mati, maka Cek Problemnya tidak ada suara Lewat speaker dalam maupun dari jack Audio-out (lihat blok diagram dibawah)

Analisa kami kerusakan terjadi didalam ic besar. Mau coba flash memori tidak bisa memperoleh Fimware. Mau ganti mother-board sulit mendapatkan, kalupun ada di SC harga sekitar 1.6 juta.


Gambar Lengkap Data Sheet IC IF TV LCD
Solusinya :

Cari dari bekas mesin tv yang masih menggunakan sistim analog (belum pakai sda/scl) Untuk diambil sirkit Sound IF amplifier, dan nantinya volume kontrol diatur secara manual menggunakan VR (potensiometer ) Sedang sumber sinyal suara nantinya akan kita cangkok dari Video-out Tuner LCD

Langkah-langkah modifikasi :

Cari data sheet IC IF yang bisa kita peroleh. Kami contohkan disini adalah tipe TDA8213


Dari gambar diatas –maka sinyal suara FM dari pin-14 diinputkan ke pin-12 setelah melalui filter 5.5Mhz yang mungkin dapat berupa Keramik-filter atau berupa Coil IF 5.5Mhz.

Setelah melalui proses FM amplifier dan FM Detektor maka akan diperoleh sinyal suara yang di-outputkan dari pin-8.
  
Selanjutnya sinyal suara dari pin-8 dapat dimasukkan ke sirkit Audio-Amplifire. Untuk Audio amplifier dapat digunakan misanya IC TDA2003 yang paling mudah didapat dipasaran.
   
Sambungan Resistor dari pin-14 ke Filter 5.5 diputus. Dan selanjutnya Resistor disambungkan ke output Video-Out Tuner LCD untuk mencangkok sinyal IF teve.
   
VR volume dapat dipasang antara pin-9 dengan ground Gambar dibawah merupakan diagram lengkap dari TDA8312.

Skema Diagram Lengkap IC IF TDA8312


Skema Diagram Lengkap IC IF TDA8312



Catatan :
 
IC IF lain yang mudah diperoleh misalnya milik Panasonic/National AN5138 Atau teve lama yang masih menggunakan sistim modul.
   
Jika dari AV-out masih dapat keluar suara, tetapi audio amplifier rusak – maka kita juga dapat modifikasi buatkan Audio-amplifier sendiri dan kontrol volume secara manual menggunakan VR.

Cara Betulin TV LCD Hidup Sebentar Terus Mati Lagi

 
CONTOH KEJADIAN KERUSAKAN TV LED :
  • TV LCD/ LED
  • Jika tombol power dihidupkan lampu indikator akan merah berubah menjadi warna hijau tapi jika ditunggu sebentar kemudian TV akan mennyala, tetapi hanya sebentar kemudian mati lagi dengan sendirinya dan lampu indikator kembali nyala merah

Langkah Pemeriksaan Awal
  • jika diamati dengan seksama, pada saat raster menyala sepertinya layar bagian bawah sedikit agak gelap dibanding layar bagian tengah dan atas.
  • Analisanya lampu bachlight CCFL yang bagian bawah tidak menyala sehingga menyebabkan arus mati terproteksi.

SOLUSI SERVICE :
  • Setelah cover belakang dibuka, nampak bahwa model ini menggunakan 6 buah lampu CCFL (3 pasang)
  • Setiap sepasang lampu dinyalakan oleh sebuah tranfo inverter
  • Langsung saja lakukan pengukuran resistansi pada sekunder yang masuk ke lampu CCFL pada setiap tranfo.
  • Ternyata tranfo inverter yang menyalakan CCFL bagian bawah resistansinya terukur lebih tinggi jika dibanding dengan yang lainnya.
  • Langsung saja coba lepas tranfo tersebut, coba dinyalakan hanya menggunakan 4 buah lampu CCFL, jika perangkat TV dapat menyala terus, tidak mati sendiri lagi, coba periksa solderan kaki semua trafo tersebut, pasti ada yang kering dan terlepas timahnya.

Berikut ini beberapa kasus Kerusakan Ringan Yang Sering Terjadi Pada TV LCD / LED dan tentu saja dapat kita Betulin sendiri.Memperbaiki atau istilahnya repair TV LCD tersebut maka semoga analisan di bawah ini dapat membantu kalian memperbaiki TV yang rusak d :

 Service mode :

 INFO, MENU, MUTE, POWER ON

Gambar lambat muncul :

Kerusakan LCD panel. Dengan cara menekan-nekan bagian pinggir atas layar kadang gambar dapat bagus, kerusakan seperti ini Sering terjadi pada panel LTA320WT-L05

Jika Warna tidak normal, gerakan lambat:
  •     Coba ganti eeprom atau T-con
  •     LCD panel rusak
  •     Cara memperbaiki gambar lambat
Jika Gambar negative/klise:
  •     Ganti eeprom
  •     Reset eeprom
Jika Gambar Cacat setelah panas:
  •     Keruskan LCD panel
Jika Separuh layar agak gelap:
  •     Kerusakan LCD panel

 Jika Raster gelap, backlight ok, suara normal:
  •     Cek fuse pada T-con board
  •     T-con board rusak (coba diblower panas dulu)
Jika Setelah ganti elko pada PSU  Raster agak gelap, brightness dinaikkan gambar flicker, hanya noise, Tidak dapat di tuning :

  •     Masuk service menu
  •     Kemudian Reset-On
Jika Saat pertama dihidupkan ada gangguan garis-2 horisontal, kadang freeze, kadang putih - lama-kelamaan gambar normal :

  •     Problem LCD panel
  •     Problem loose kontak flatwire dg lcd panel (kalau ditekan-tekan dpt normal)
  Jika Gangguan seperti gambar lama sepertinya masih membekas:

  •     Ganti T-con
  Jika Warna puyeh atau luntur ( tidak normal ):

  •     Loose kontak antara T-con dengan LCD panel. Perbaiki konektor
  •     Kerusakan T-con (salah satu jalur ke panel tidak kerja/tidak sambung)
  •     Kerusakan LCD panel (salah satu jalur ke T-con tidak sambung)
  Jika Detail gambar tidak halus, tetapi seperti trotol-trotol bulat besar, hampir mirip mosaik:

  •     Masuk serive menu – Reset-on
  •     Coba tambah adjustment Sub brite
 Jika  Back light hidup-mati :

  •     Solderan umpan balik tranfo tegangan tinggi

Jika tidak ada gambar, Hanya blue screen dengan gangguan garis-garis horisontal pendek:

  •     Kabel LVDS loose kontak

Jika Hanya Stand by:

  •     Ganti elko2 pada psu (penyebab kerusakan)
  •     Ganti eeprom
  Jika Mati-hidup sendiri:

  •     Pastikan elko-2 power suply bagus
  •     Masuk service mode
  •     Parameter READY adjust “on”
 Jika Kadang mati sendiri:

  •     Coba ganti kadel LVDS
  •     Hidup mati sendiri setelah melody bunyi
  •     Coba lepas kabel LVDS dari T-con, Jika bisa hidup terus ganti T-con
  •     Coba lepas kabel LVDS dari main-board, Jika bisa hidup terus ganti kabel LVDS
  •      Jika Tetap problem, main board rusak,

Jika Muncul garis - garis  vertikal tipis:

  •  Sepertinya T-con flatwire sedikit loose kontak

Jika Kode kedip 4x :

  • Terjadi Kerusakan Komponen ELCO di bagian sekunder PSU


Untuk memperbaiki kerusakan pada layar TV LCD pada berbagai merk baik itu LCD TV samsung, LG, Toshiba maupun merk LCD TV yang lain, Berikut ini
Langkah langkahnya sederhananya. 
  • Untuk memperbaiki layar rusak, sangatlah penting untuk mematikan TV, cabut power supply dan tempat itu menghadap ke bawah di atas meja kerja dengan hati-hati.
  • Menggunakan obeng membuka tutup semua pengencang dari televisi dan juga melepaskan panel belakang dari unit. dan akan terlihat jelas motherboard yang terletak di pusat TV di belakang layar.
  • Anda akan lihat sebuah papan inverter yang dipasang di ujung sisi motherboard.buka semua sekrup inverter yang mengekspos seluruh unit.dan disini Akan ada banyak kabel yang terhubung ke berbagai pcb. yang kemudian akan mengirimkan daya listrik ke layar LCD.
  • Pekerjaan pertama Anda lakukan adalah, memeriksa semua koneksi dari papan inverter untuk melihat apakah mereka benar konek atau tidak. Jika tidak, cabut kabel dan masukkan mereka kembali ke papan inverter. kemudian lihat apakah bekerja, jika tidak, kemudian pergi ke pcb yang berhubungan dengan layar lcd tv
  • Buka semua pengencang, dan keluarkan layar lcd dari set TV
  • Sekarang melakukan pergantian yang lama dengan layar lcd baru. dan jangan lupa menandai posisi sambungan kabel. supaya tidak menyatu dengan kabel yang lain kemudian lampirkan semua sekrup kembali pada tempatnya

Selain analisa di atas, ternyata masih ada cara memperbaiki TV LED / TV LCD dengan metode periksa digital atau metode perkiraan umum kerusakan yang bisa kita pelajari juga !

--> SELANJUTNYA