Cara Bikin Permen Gulali Jadul - Ayo Pelajari Caranya

Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI

Cara Bikin Permen Gulali Jadul

Cara Bikin Permen Gulali Jadul

Mencari Tahu Cara Membuat Permen Gulali Bentuk Ayam Jadul

Masih ingat dengan masa kecil ? ketika anda jongkok di halaman samping sekolah menunggu abang penjual gulali membentuk setangkai bunga pesanan anda ? atau membentuk ayam jago yang bisa di tiup dan menimbulkan bunyi seperti pluitan ? di jaman moderen seperti saat ini semua itu hanya menyisakan kenangan manis saja, semanis permen gulalinya ! Walaupun seiring dengan perjalanan waktu dan juga perkembangan jaman, abang pedagang permen gulali ternyata sudah sangat langka, dimana penjual gulali seperti ini sudah sangat sulit ditemukan apalagi di daerah pekotaan, namun kalian tidak perlu kuatir atau bersedih, karena melalui artikel ini kita akan belajar sampai bisa membuat Bunga, Ayam - ayaman atau Boneka favorit kalian sendiri di rumah dengan mempergunakan bahan Gulali sama persis seperti jaman kalian masih kecil dulu, tidak sulit kok, oleh sebab itu Ayo Pelajari Caranya Bikin Bunga dan Boneka Dari Permen Gulali !

Contoh Bahan dan Alat Pembuat Boneka Gulali Jadul Yang Masih Ada Di Pasaran Bisa Kita Lihat dengan Cara : 


Sebelum kita coba belajar mempraktekan Cara Membuat Bunga dan Boneka Ayam Tiup Pluitan Dari Bahan Permen Gulali ada baiknya kita saksiskan terlebih dahulu video tutorialnya berikut ini dari abang gulali jadulnya langsung, bagaimana cara memanfaatkan adonan permen gulalinya untuk bahan dasar pembuatan kreasi boneka dan bunga yang nanti akan di bentuk dan agar lebih mudah saat anda mempraktekannnya nanti, Selamat Menyimak !





Bahan - Bahan dan alat - alat jaman now yang bisa kalian pergunakan untuk membuat Boneka gulali jadul tersebut di atas dapat disimak secara online, infonya silahkan anda klik dengan Cara :

Coba Perhatikan Bentuk Permen Gulali di bawah ini, semuanya tampak cantik, warna - warni dan menarik juga unik, ada bentuk Dot atau empeng Bayi, ada bentuk Bunga yang cantik sampai dengan bentuk boneka Ayam dan boneka karakter yang bisa di tiup, ternyata keunikan dari permen gulali tradisional ini tidak hanya bisa dimakan, tapi, bisa menjadi sebuah craft / Hiasan dekorasi atau kerajinan tangan yang cukup menarik untuk pajangan atau tugas keterampilan sekolah untuk si kecil kalian, nah Untuk bikin satu tangkai gulali berbentuk bunga yang indah, pertama-tama kita mengambil sedikit adonan dasar sebagai bentuk utama dari bunga tersebut. Kemudian adonan yang berbentuk benang panjang dibentuk dengan cara dililitkan pada lidi sehingga membentuk lingkaran radial. Kemudian dari bentuk radial ini mulai di tarik ke beberapa sisi untuk membentuk kelopak bunga dari beberapa bagian adonan radial tersebut. Adonannya kemudian dibentuk menjadi lebih pipih menyerupai bentuk fraktal kelopak bunga, jangan lupa menyisakan sedikit adonan untuk kuncup bunga tersebut. Ketika sudah terbentuk bunga dasar, dapat ditambahkan adonan dengan warna lain atau sebagai daun dari bunga tersebut. Caranyapun sama, seperti saat membentuk kelopak bunga tadi, dengan mengambil adonan seperti benang namun lebih pendek, kemudian dililit pada lidi kemudian dipipihkan membentuk dedaunan, Tehniknya gak terlalu sulit, bagi kalian yang suka membuat Craff akan lebih mudah mempelajari dan berinovasi mengembangkan bentuk - bentuk yang lebih unik dari Permen gulali jadul tersebut, karena ini akan menjadi sumber uang jika anda dapat mengemasnya dengan marketing yang baik di jaman now ini, ada jutaan orang tua yang rindu bernostalgia dengan permen gulali jadul ini, dan pasti akan memperkenalkan Gulali jadul itu kepada anak cucunya saat ini.


Cara bikin Permen Gulali Jadul Bentuk Ayam

Selain bunga yang dipipihkan, dapat pula kita temukan bentuk naga, ayam dan bahkan burung yang dapat bersiul ketika ditiup. Pembuatan gulali model ini tentunya agak lebih sulit dibanding kita buat bunga atau dot bayi tadi, dengan teknik tertentu. Untuk bentukan ini langkah awalnya sama, mengambil adonan seperti benah, dipipihkan dengan tangan membentuk badan dari burung tersebut, namun pada bagian buntuk ditarik kebelakang kemudian diberi lubang. Pada lubang ini kemudian ditiup agar udara dapat masuk dan membuat burung berisi, ada ruang didalam gulali tersebut untuk keluarnya udara sehingga ketika ditiup dapat berbunyi seperti peluit.

Cara membuat adonan Gulali atau Permen Lolipop Warna - warni


Bahan-bahan yang diperlukan adalah :
  • 1 cangkir gula
  • 1/2 cangkir sirup jagung
  • 1/4 cangkir air
  • 3/4 sdt ekstrak rasa sesuai selera anda (contoh mint, strawberry, orange, dll)
  • Pewarna candy (boleh digunakan boleh juga tidak)

Cara Membuat Permen Gulali Jadul atau Permen Lolipop Warna - warni

  1. Campurkan gula, sirup jagung, dan air dalam panci sedang di atas api sedang-tinggi, aduk sampai gula larut., Biarkan mendidih, jangan diaduk, sampai permen mencapai suhu 295 derajat celcius, Setelah permen mencapai suhu yang telah ditentukan diatas, angkat dan tuangkan pada beberapa mangkuk untuk proses pemberian warna dan rasa

  2. Seiring Perkembangan zaman, warna dan boneka atau bunga yang bisa bentuk pun makin berkembang dan bentuknya lebih moderen seperti gambar - gambar di bawah ini, kamu bisa membentuk boneka hello kitty yang lucu dengan bahan dasar permen Gulali tadi.

  3. Kita Juga Bisa membentuk Boneka beruang yang lucu, adonannya tetap sama hanya disini anda mempermainkan warna adonan gulalinya menjadi coklat dan putih. Atau Bisa juga membuat boneka anjing yang lucu seperti gambar di bawah ini, semua tergantung Kreatifitas anda.

  4. Untuk Warna hitam anda dapat menggunakan bubuk cingcau hitam sebagai pewarna adonan gulalinya.

  5. Untuk warna lainnya kita bisa gunakan bahan - bahan pewarna alami yang bebas bahan berbahaya