Hi Quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Langanan Via E-mail

Ayo Pelajari Carannya

Cara Mendapatkan Promo Barang Murah

Cara Belanja Lebih Irit dan Hemat

Cara Membuat Telur Asin Yang Masir Sendiri Di Rumah




Bikin Telur Asin Sendiri bukanlah sesuatu hal yang sulit dan merepotkan jika di bandingkan hasil dan manfaat yang akan kita dapatkan dari membuat Telur Asin Sendiri di rumah, selain itu kwalitas telur asin yang anda buat pun dapat di sesuaikan dengan selera anda. Dalam hal membeli Telur asin di pasar anda pasti pernah merasa kecewa dengan kwalitas telur asin yang anda beli, terkadang kwalitasnya tidak sesuai dengan sample yang anda lihat ketika anda membelinya di pasar, ketika itu sample yang anda lihat adalah telur asin yang sudah di belah yang isinya kuningnya telurnya agak berwarna orange dan berminyak, ketika di cicipi terasa gurih, asinnya pas dan masir, nah telur asin seperti inilah yang di sebut telur asin kwalitas super, tetapi alangkah kecewanya anda jika telur asin yang anda beli ketika di belah kuning telurnya tampak pucat mirip telur rebus biasa, dan rasanya tidak asin, inilah yang di sebut telur asin belum cukup umur alias belum waktunya di panen sudah di jual. Tapi mulai sekarang anda tidak perlu lagi khawatir dengan kwalitas telur asin tersebut, karena anda dengan mudah dapat membuatnya sendiri di rumah. Oleh Sebab itu Ayo Pelajari Caranya Membuat Telur Asin Sendiri Di Rumah !Sebelum kita praktekan langkah - langkahnya di bawah ini, ada baiknya anda saksikan terlebih dahulu tahapan persiapan pembuatan telur asin melalu video tutorial berikut ini :







Bahan Garam Untuk Membuat Telur Asin Bisa anda Dapatkan di Di --- > SINI



Atau Di --> SINI


Berikut ini uraian persiapannya Cara Membuat Telur Asin Yang Masir Sendiri Di Rumah Dengan Cara di Rendam larutan Air Garam.

Bahan Yang di butuhkan Untuk Membuat Telur Asin :

  1. 10 hingga 30 butir telur bebek segar ( paling baik telurnya berumur 1-2 hari)
  2. 500 gr garam dapur / garam kotak / garam kiloan
  3. 1,5 – 2 liter air bersih (bisa juga air mineral)
  4. Wadah / plastik yang dapat ditutup rapat, atau ember plastik yang ada tutupnya juga bisa

Cara Membuat Telur Asin :

  1. Rendam terlebih dahulu telur dengan air selama kurang lebih 2 menit, jika ada telur yang mengambang atau melayang lebih baik dibuang saja karena berarti telur tersebut jelek. Setelah direndam kemudian di cuci hingga bersih sampai tidak ada kotoran yang menempel di kulit telur.
  2. Tiriskan telur lalu keringkan dengan handuk lembut sambil di perhatikan apakah ada yang retak atau tidak selama proses pencucian.
  3. Buatlah larutan air dan garam, jika dengan kondisi air biasa garam susah untuk larut, maka anda bisa memanaskan air sambil diaduk perlahan hingga garam bisa terlarut semua. Biarkan air larutan garam dingin kembali, kalo masih hangat akan mempengaruhi proses pembuatan Telur Asin
  4. Jika larutan air dan garam sudah dingin, tuangkan secara perlahan ke dalam wadah yang sudah terisi telur bebek tadi. Yang perlu anda perhatikan adalah semua telur bebek harus terendam larutan air garam (ternyata telurnya tidak mau tenggelam/mengapung di larutan air garam), hal ini wajar karena masa jenis larutan air garam lebih besar daripada masa jenis telur bebek. Jalan keluarnya silahkan siapkan kantong plastik kiloan lalu diisi dengan air bersih tidak susah penuh (separuh) dan kemudian taruh kantong plastik berisi air itu diatas rendeman telur tadi (kantong plastik itu menindih telur yang melayang di larutan garam tadi)
  5. Tutup wadah tersebut dan simpan di tempat yang rata dan sejuk, lama perendaman 12 hari (sudah enak dan masir), namun jika lebih lama akan lebih baik, lebih asin, lebih awet dan lebih masir (kira-kira 3 minggu)
  6. Setelah melewati batas waktu yang sudah ditentukan, saatnya proses perebusan telur asin. Perhatikan cara merebus telur asin. Untuk hasil rebusan yang baik, telur direbus dengan api kecil jangan sampai mendidih hingga matang selama -/+ 1,5 jam gunanya agar telur tidak pecah karena benturan sesama telur jika apinya besar dan mendidih. Waktu merebus telur, panci harus dalam keadaan terbuka / tidak boleh ditutup.
  7. Selain di rebus, telor asin mentah juga ada yang di kukus, waktunya juga sama minimal 1,5 jam dengan api sedang.
  8. Jika anda kurang suka rasa asin yang berlebihan, takaran garam bisa dikurangi, yang terpenting tidak mengurangi waktu jarak perendaman.
  9. Cara memasak telur asin bisa di ganti dengan cara di panggang/asap untuk mendapatkan hasil Telur Asin yang bisa bertahan lebih lama.


    Cara Membuat Telur Asin
Cara di atas akan menghasilkan Kwalitas Telur asin yang cukup baik namum Kadar Airnya sangat Tinggi, Putih telurnya akan terasa lembek, tapi kembali lagi keselera anda.

Masir artinya :  kuning telurnya terasa ada tekstur seperti pasir dan tidak menggumpal


Berikut ini uraian persiapannya Cara Membuat Telur Asin Yang Masir Sendiri Di Rumah Dengan Cara di Bungkus dengan Lumpur tanah liat atau abu gosok yang di beri garam
Pembuatan telur asin dengan lumpur pasta


Cara yang  ini biasa disebut juga dengan cara kering karena menggunakan pasta yang dibuat dari campuran abu gosok, bubuk bata merah, lumpur, dan garam.
Bahan

  • 10 butir telur bebek
  • 200 gram abu gosok
  • 800 gram bubuk bata merah
  • 1 kg lumpur
  • 900 gram garam dapur
  • Air bersih secukupnya

Alat

  • 1 buah ember plastik
  • 1 buah kuali tanah
  • 1 buah tampah
  • 1 buah alat pengaduk
  • Wadah untuk menyimpan telur

Cara Membuat

  1. Cuci telur dengan cara digosok sampai kotoran hilang dan telur menjadi bersih.
  2. Buat adonan pasta, campur lumpur dan garam dengan perbandingan 4:1. Atau bisa juga menggunakan bubuk bata merah, abu gosok dan garam dengan perbandingan 2:2:3, tambahkan sedikit air agar menyerupai pasta.
  3. Bungkus telur menggunakan adonan yang telah dibuat, ketebalannya kira-kira 1 cm.
  4. Bungkus lagi telur dengan plastik agar adonan pasta tidak mudah lepas.
  5. Masukkan telur ke dalam kuali tanah dan simpan selama kurang lebih 15 hari.
  6. Setelah 15 hari, bersihkan telur dari adonan pasta.
  7. Rebus telur sampai matang.
  8. Telur asin siap disajikan.
Beginilah cara membuat telur asin yang cukup sederhana, anda dapat mencoba membuatnya sendiri di rumah. Untuk mendapatkan hasil yang berkualitas, ada beberapa tips dan trik yang harus anda perhatikan.

Tips Membuat Telur Asin Yang Masir


  1. Gunakan selalu telur dengan kualitas yang baik agar hasil telur yang didapatkan juga baik. Ciri telur yang berkualitas baik adalah warna kuning telurnya kemerahan dan tidak berbau amis setelah menjadi telur asin.
  2. Cek selalu telur yang akan digunakan dengan cara memasukkannya ke dalam wadah berisi air. Jika telur tenggelam, maka layak untuk digunakan, jika melayang atau terapung, lebih baik jangan digunakan.
  3. Cek juga kondisi telur, apakah ada retakan pada kulit atau tidak.
  4. Saat membersihkan telur, usahakan semua kotoran yang menempel hilang. Bisa juga kulitnya diamplas agar pori-porinya terbuka.
  5. Jika menggunakan cara basah (cara nomor satu), gunakanlah air yang dingin (suhu biasa).

post-101-0-98025600-1398656614.jpg


Dengan Cara kedua ini, hasilnya putih telur tampak lebih padat dan karena kadar airnya lebih rendah di banding anda rendam di dalam larutan air garam.



Artikel ini dirangkum Dari Berbagai Sumber


      Sebelum Anda Menutup Halaman Ini ada baiknya anda berbagi kasih dengan  membagikan Informasi bermanfaat ini kepada teman - teman yang lain dengan cara menekan Tombol Share Di bawah Postingan ini, agar semakin banyak orang yang di berkati lewat informasi yang anda bagikan.


SEKILAS INFO PROMO GRATISAN


http://goo.gl/ctFNpk

Mau Pempers Gratis Premium Care New Born isi 13 Gratis ?  Tersedia 40 Ribu Paket Sample Gratis Isi 13 Pcs untuk Anda !


Good Luck!

Cek Info Promo Berikutnya Di --> Sini





http://ho.lazada.co.id/SH4FaE

* Solusi Belanja Murah Hemat Uang Belanja !!! Silahkan Klik Bannernya dan Dapatkan Diskonnya.



1 komentar:

Cara Terbaru mengatakan...

Unik juga cara mengasinkan telur supaya bisa tahan lama

Posting Komentar