Hi Quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Langanan Via E-mail

Ayo Pelajari Carannya

Cara Belanja Lebih Irit dan Hemat

Cara Mudah Bikin Latte Art Sendiri di Rumah




Tidak susah kok bikin Latte Art, asal mengetahui Tehniknya dan bahan bahan - bahan dasarnya di jamin anda pun bisa dengan mudah membuat Latte Art sendiri di rumah, seni latte art adalah cara menyiapkan kopi dengan menuangkan susu panas ke secangkir kopi espresso dan menciptakan pola atau desain di permukaan latte, selain itu anda juga bisa dengan langung "menggambar" di lapisan atas busanya.  Secangkir Latte Art di Coffee Shop berkisar 50 - 100 ribu rupiah, sedangkan jika membuatnya sendiri di rumah uang 100 ribu bisa untuk membeli bahan - bahannya dan menghasilkan 5 - 10 cangkir Latte art, nah apakah anda tertarik untuk coba mempelajarinya ? Ayo Pelajari Caranya Bikin Latte Art Dengan Mudah di Rumah !!!Dan untuk semua Bahan - bahan serta alat bantu Pembuatan Latte Art Bisa anda beli di supermarket atau anda Cari Di SINI


Atau Di
--> SINI



Sebelum anda berpikir terlalu jauh tentang Cara Mudah Bikin Latte Art Sendiri di Rumah, ada baiknya anda saksikan sendiri Video proses Pembuatan latte Art berikut ini, paling tidak setelah anda menyaksikan video ini anda bisa mengambil sebuah kesimpulan bahwa membuat secangkir Latte Art itu sangat mudah, selamat menyimak.





SEKILAS INFO PROMO GRATISAN


http://goo.gl/ctFNpk

Mau Pempers Gratis Premium Care New Born isi 13 Gratis ?  Tersedia 40 Ribu Paket Sample Gratis Isi 13 Pcs untuk Anda !


Good Luck!

Cek Info Promo Berikutnya Di --> Sini





http://ho.lazada.co.id/SH4FaE

* Solusi Belanja Murah Hemat Uang Belanja !!! Silahkan Klik Bannernya dan Dapatkan Diskonnya.




Langkah - Langkah Membuat Latte Art sebenarnya ada syarat penting mengenai latte atau susu yang digunakan haruslah panas sehingga saat tertuang kedalam cangkir akan memunculkan foam atau busanya, disinilah anda bisa mencoba membuat tekstur warna yang menarik. Hal lainnya yang diperhatikan adalah teko atau tempat latte yang berbahan stainless steel dan memiliki ujung yang lancip sehingga latte saat dituangkan tidak berantakan, ada kalanya latte art menggunakan untuk stik kecilnya bisa menggunakan tusuk gigi atau stik khusus berbahan metal.

Selanjutnya anda bisa pelajari teknik Etching, teknik ini menuntut anda untuk menggambarkan karya seni di atas foam dengan campuran sirup atau bubuk cokelat, pada saat ini diperlukan stik agar bisa membuat pola yang pas dan menarik. Awalnya latte dituang kedalam kopi, lalu setelah penuh taburkan sirup atau bubuk cokelat dengan berpola. Untuk menyempurnakannya gunakan stik untuk membuat pola, bisa lurus atau melingkar. Namun gunakan dalam satu arah, karena jika anda menggerakkan dalam dua arah dapat merusak tekstur lattenya.

Berikut Langkah - Langkahnya Cara Mudah Bikin Latte Art Sendiri di Rumah
Langkah pertama tuang susu dingin cukup (34 º F atau 1 º C) untuk satu cangkir ke dalam teko uap, kemudian Tempatkan pitcher Anda dalam lemari es atau freezer sebelum menggunakan jika Anda punya waktu. Kendi dingin akan memberikan Anda lebih banyak waktu mengukus susu Anda, mengurangi kesempatan Anda mendidih itu. Hal ini juga membuat krim lebih kaku dan mudah untuk menangani. Cobalah untuk dinginkan di kulkas selama minimal 30 menit sebelum digunakan.

Untuk mendapatkan busa yang sempurna, selalu memiliki termometer, karena sebuah termometer akan membantu Anda,. Tujuannya adalah untuk memanaskan krim untuk tepat di bawah mendidih. Jangan menyimpannya pada suhu ini terlalu lama, meskipun karena bisa melepuh pula.

Pasang tongkat uap di bagian bawah pitcher. Hidupkan uap, dan perlahan-lahan mengangkat tongkat sampai di dekat bagian atas susu. Turunkan pitcher susu naik sehingga tongkat uap tetap 1 cm dari bagian atas susu. Susu tidak harus meluruskan terlalu banyak atau apabila ada gelembung besar. Ini harus membuat halus, susu beludru yang bertentangan dengan busa yang duduk di atas sebagian besar minuman espresso.

Biarkan susu mencapai 100 º F (37 º C). Kemudian tempat tongkat uap di sisi pitcher, jauh ke dalam susu, posisi pitcher untuk berputar berlawanan. "Turbulate" atau spin susu lembut berlawanan arah jarum jam dengan tongkat uap masih diposisikan dekat bagian bawah pitcher.

Terus melakukan gerakan ini sampai susu memanas menjadi antara 150 º F dan 155 º F (65 º C menjadi 68 º C). Mutlak terpanas Anda harus mendapatkan dengan susu berbusa Anda adalah 160 º F (71 º C).

Perlu diingat: Beberapa kapal uap komersial memanaskan susu sangat cepat sehingga Anda harus menghapus susu dari kapal sekitar 10 º F sebelum itu di batas dalam rangka untuk menjaga dari panas.

Tuang susu sekitar satu inci (2 cm - 3 cm) dari bagian bawah, kocok perlahan pitcher bolak-balik sambil perlahan-lahan bergerak ke belakang. Desain bunga akan bergerak maju, mengisi cangkir.Lakukan ini dengan gerakan gemetar yang berasal di pergelangan tangan bukan tangan Anda bergerak bolak-balik.

Memperindah desain menggunakan stensil, bubuk, dan busa susu. Langkah ini adalah opsional, karena banyak yang lebih memilih untuk membatasi seni latte mereka.

Frothing milk adalah proses memanaskan susu cair dengan semburan uap panas hingga membentuk tekstur susu menjadi lebih padat,tujuannya untuk menghasilkan buih susu yang sangat halus atau micro foam.

yang perlu di pahami adalah letak nozzel steam wand jika menaruhnya terlalu dalam atau sangat dekat dengan dasar steam pitcher akan menimbulkan suara yang sangat bising dan susu akan cepat panas tetapi tidak menghasilkan buih..jikan sebaliknya menaruh nozzel terlalu dekat dengan permukaan susu akan menghasilkan buih yang besar-besar ataw istilahnya bubbling

untuk menghasilkan micro foam di butuhkan ruang yang cukup untuk menghasilkan udara yang cukup jika terlalu dekat dengan dasar pitcher steam  maka akan sempit ruang yang di semburkan oleh uap panas dan tidak menghasilkan udara,sebaliknya jika terlalu dekat dengan permukaan susu akan sangat terbuka dan udara yang di hasilkan oleh semburan uap panas sangat banyak dan tidak terkontrol dan menghasilkan partikel buih-buih besar

gunakan susu dan pitcher steam yang dingin (suhu lemari es) susu yang tidak dingin tidak akan menghasilkan buih/microfoam usahakan posisi steam wand persisi dan jarak nozzel dengan dasar pitcher steam 3/4 dari volume susu buka knop uap setengah full lalu seiring waktu sesuiakan bukaan knop uap, jika posisi letaknya tepat susu akan mengembang dan memiliki pusaran, jika hanya mengembang berarti belum tepat posisinya atau sebaliknya ,usahakan suhu akhir susu  70°c atau di bawahnya jika melewati 70°c susu akan hilang rasanya, susu yang suhu nya tepat akan mengeluarkan rasa manis,dan gurih, dan memiliki teksture yang velvet dan memantulkan cahaya atau kental seperti cat.


KESIMPULAN
Tuangkan susu dingin secukupnya (1ºC) untuk satu cangkir ke dalam teko uap.
  • Jika Anda memiliki waktu, simpan teko di dalam kulkas atau freezer sebelum digunakan. Teko yang dingin akan memberikan Anda waktu lebih untuk menguapi susu serta mengurangi kemungkinan susu mendidih. Teko yang dingin juga membuat krim lebih kaku dan mudah untuk digunakan. Cobalah untuk mendinginkan teko setidaknya 30 menit sebelum digunakan.
  • Untuk busa yang sempurna, selalu gunakan termometer cairan. Termometer akan membantu Anda untuk menentukan waktu yang tepat untuk memindahkan susu dari mesin uap sebelum mendidih. Tujuannya yaitu untuk memanaskan krim agar tetap berada di bawah titik didih. Jangan biarkan susu berada pada temperatur ini terlalu lama, karena akan membuat susu mendidih
Letakkan tongkat uap pada dasar teko. Hidupkan mesin uap, dan angkat tongkat dengan perlahan hingga mencapai bagian atas susu. Rendahkan teko ketika susu naik sehingga tongkat uap akan berada 1 cm dari bagian atas susu. Susu tidak perlu direntangkan secara berlebihan atau akan muncul gelembung besar. Cara ini dilakukan untuk menghasilkan susu yang halus dan lembut yang akan berbeda dengan busa yang terdapat pada bagian atas minuman espresso.

Biarkan susu mencapai temperatur 37ºC. Kemudian letakkan tongkat uap pada satu sisi teko, celupkan ke dalam susu, tempatkan teko agar berputar berlawan dengan arah jarum jam.
  • Putarkan susu secara hati-hati ke arah yang berlawanan dengan jarum jam dengan menggunakan tongkat uap yang masih diletakkan di dekat dasar teko.
Tetap lakukan gerakan ini hingga panas susu mencapai antara temperatur 65ºC hingga 68ºC. Temperatur yang mutlak perlu Anda peroleh pada busa susu adalah 71ºC.
  • Hal yang perlu diingat: beberapa mesin uap umumnya memanaskan susu dengan cepat sehingga Anda perlu memindahkan susu dari mesin sekitar -12ºC sebelum mencapai batas agar susu tidak mendidih. Hal ini dilakukan karena susu akan tetap mengalami pemanasan meskipun sudah tidak sedang diuapi.
  • Selain memecahkan gelembung yang besar, pecahkan juga gelembung kecil dan ringan (sering disebut microfoam). Anda ingin menghasilkan busa yang ringan tanpa harus mengorbankan isinya.
Tutup mesin uap dan pindahkan tongkat uap dan termometer dari susu. Bersihkan tongkat uap dengan kain basah.

Diamkan susu selama beberapa detik. Hal ini akan membuat susu memiliki tekstur yang lebih lembut.

Putar susu dengan kuat. Jika terdapat gelembung, hentakkan teko pada meja konter beberapa kali dan aduk susu kembali selama 20 atau 30 detik.

APLIKASIKAN SUSU KE KOPI

Gunakan antara 7 – 8 gram bubuk espresso untuk membuat satu porsi (shot) espresso. Mulailah membuat shot segera setelah Anda membuat busa susu.
  • Tekan penyaring Anda dengan menggunakan beban yang memiliki berat antara 14 – 18 kg. Untuk sebagian besar orang dewasa, tekanlah sekuat satu tangan Anda menekan.
  • Gunakan alat penggiling kopi untuk kesegaran ekstra. Alat penggiling akan membantu Anda untuk mengontrol seberapa baik atau kasar bubuk espresso Anda.
Seduh shot espresso Anda. Shot yang sempurna mengandung sedikit krim di dalamnya, dan menghasilkan rasa kopi klasik.
  • Seduh espresso dalam rentang waktu 21 – 24 detik untuk menghasilkan shot yang sempurna. Espresso akan menjadi semakin manis ketika waktu penyeduhan mendekati 24 detik.
  • Anda dapat mengatur panjang dari ekstraksi dari kekuatan yang Anda berikan saat menekan bubuk espresso. Tekan dengan tenaga yang cukup kuat dan espresso Anda akan tersaring dengan perlahan dan tenang. Jika Anda tidak melakukan ini, espresso Anda akan tersaring terlalu cepat.
Tuang shot ke dalam gelas kopi atau wadah yang sesuai. Jangan diamkan shot melebihi 10 detik tanpa menambahkan susu ke dalamnya. Jika diinginkan, masukkan 1 'shot penambah rasa ke dalam cangkir sebelum menambahkan espresso.

Cobalah membuat pola bunga. Pola bunga ini merupakan pola yang sederhana, elegan, dan relatif mudah. Sama dengan pola latte art yang lainnya, Anda dapat membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menguasai tekniknya.
  • Tuangkan susu sekitar 2 – 3 cm dari dasar cangkir.
  • Setelah cangkir hampir terisi setengah, kocok teko kembali secara hati-hati dengan gerakan maju mundur dan gerakkan ke arah belakang dengan perlahan. Desain bunga akan bergerak maju, memenuhi cangkir.
  • Ketimbang menggerakkan tangan Anda secara maju mundur, lakukanlah gerakan mengocok dengan bertumpu pada gerakan pergelangan tangan.

Cobalah membuat pola hati. Pola ini juga relatif mudah, namun untuk menguasai teknik ini, Anda harus banyak berlatih.
  • Mulailah dengan mendekatkan teko susu dengan bagian atas cangkir, kemudian tuangkan susu sedikit demi sedikit pada posisi yang sama.
  • Angkat teko 1 inci atau lebih, tuangkan membentuk lingkaran. Pastikan yang Anda gerakkan adalah teko susu, bukan cangkir.
  • Tahan aliran susu pada posisi yang sama, tetapi goyangkan teko susu dengan gerakan maju mundur seperti saat Anda sedang membuat lingkaran.
  • Ketika susu hampir seluruhnya dituangkan, ayunkan susu ke bagian atas untuk membuat bagian ujung bawah dari bentuk hati.
Hias desain dengan menggunakan stensil, bubuk, atau busa susu. Langkah ini merupakan pilihan, banyak yang lebih suka membatasi latte art menggunakan gerakan bebas, tetapi Anda dapat bereksperimen dengan kemungkinan yang ada dengan menambahkan "goresan."
  • Untuk menulis sebuah kata, seperti “love” di dalam gambar, lelehkan susu coklat dan gunakan jarum sebagai kuas untuk menggeser lelehan coklat di atas busa susu. Secara umum, hal ini lebih banyak dilakukan dengan mencelupkan benda tajam (seperti jarum) ke dalam krim minuman yang akan didekorasi, dan kemudian memindahkan krim busa bernoda ke krim putih untuk 'menggambar' desain yang ingin dihasilkan.
  • Hias menggunakan coklat dengan beberapa cara lain. Tuangkan sirup coklat ke atas busa, kemudian mulailah menghias dengan menggunakan jarum. Buatlah garis pinggir dari pola busa dengan coklat. Ambil jarum, potong lingkaran kecil di luar coklat menggunakan satu gerakan secara berkelanjutan. Cara ini akan menghasilkan pola coklat yang berombak.

Artikel ini dirangkum Dari Berbagai Sumber


      Sebelum Anda Menutup Halaman Ini ada baiknya anda berbagi kasih dengan  membagikan Informasi bermanfaat ini kepada teman - teman yang lain dengan cara menekan Tombol Share Di bawah Postingan ini, agar semakin banyak orang yang di berkati lewat informasi yang anda bagikan.


 

0 komentar:

Posting Komentar