Cara Tanam Pohon Pepaya Di Dalam POT - Ayo Pelajari Caranya

Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI


Cara Tanam Pohon Pepaya Di Dalam POT

Cara Tanam Pohon Pepaya Di Dalam Gentong Atau Pot

Mencari Tahu Cara Tanam Pohon Pepaya di Dalam Pot Sampai Berbuah Banyak

Halaman rumah yang sempit serta lahan pekarangan yang tidak memiliki tanah terkadang menjadi kendala utama ketika kita ingin bercocok tanam di situ, terutama untuk tanaman - tanaman yang berbatang besar seperti pohon mangga, Pohon Rambutan, Pohon Jambu Bahkan Sampai  Pepaya. Kalau orang tanam pohon cabe di dalam Pot itu sudah biasa, tapi kalau Tanam Pohon Pepaya yang Batang Pohonnya cukup Besar ini baru luar biasa apalagi bisa sampai berbuah Lebat dan Manis rasanya, namun menanam pepaya dalam pot itu gampang - gampang susah, selain tanah atau media tanamnya yang harus subur dan kaya akan unsur hara bagi pertumbuhkan tanaman, juga harus di perhatikan pemilihan bibitnya, pastikan bibit pepaya yang kalian tanam adalah bibit unggul dan sudah teruji. Kalau di Lingkungan perkotaan yang tingkat kepadatan penduduknya sangat tinggi serta sangat terbatas lahannya, maka metode Tanam Pohon Buah di dalam Pot adalah sebuah solusi jaman now yang bagus, sehingga seiring perkembangan tehnologi pertanian dan pekebunan, kini anda tidak perlu lagi khawatir, karena dengan tehnologi pertanian dan tehnik penanaman moderen serta di dukung dengand pupuk juga media tanam yang sudah di kembangkan dengan baik oleh para ahli pertanian, maka kini kita sudah bisa menanam pohon apa saja, termasuk Pohon Pepaya di dalam sebuah Pot saja, dan biasa kita lihat sendiri hasil buahnya juga tidak kalah bagus di bandingkan jika Pohon Pepaya tersebut kita tanam di tanah, Gimana tertarik untuk belajar tehnik berkebun masa kini ?  mau tahu caranya ? oke deh... Ayo Kita Pelajari Caranya Menanam Pohon Pepaya Di Dalam POT Sekarang !

Contoh  Bibit Pepaya yang Bisa di Tanam di Pot dan Yang Umumnya Ada Di Pasaran Bisa Kita Lihat dengan Cara :


Sebelum anda memutuskan untuk menanam Pohon pepaya di dalam POT, ada baiknya anda terlebih dahulu menyimak cuplikan video berikut ini yang berisi bukti bahwa memang benar Jenis Pepaya California dan Pepaya Bangkok Juga Bisa kita Tanam di Dalam POT  selamat Menyimak.






Tingkat Keberhasilan Menanam Pohon Pepaya di dalam POT salah satunya di tentukan dengan Pemilihan Bibit atau biji  Pepaya unggulan, kini bibit tersebut bisa anda dapatkan secara online, untuk informasinya silahkan anda :


Dan berikutnya kita akan Uraikan secara Lengkap - Mengenai langkah - langkah Menanam Pohon Pepaya di dalam sebuah POT dari Mulai Bibit ( Biji ) Hingga Panen, selamat menyimak !





Persiapkan Dahulu Media Tanamnya

Untuk wadah media tanam sistem non hidroponik, siapkan pot dengan ukuran besar. Bisa dipilih pot dengan diameter sekitar 40 cm. Jika tersedia drum bekas atau ember besar bekaspun jadilah pot untuk tanaman pepaya. Pastikan bagian bawah pot cukup memiliki lubang pembuangan air. Pot pabrikan biasanya membuat lubang yang tidak terlalu banyak, caranya bisa ditambah sendiri lubangnya karena peresapan air yang tidak bagus akan membuat tanaman busuk.

Media tanam bisa dibuat dari campuran tanah pekarangan dan pupuk kandang dengan perbandingan
2 : 1. Pastikan pupuk kandang yang digunakan sudah cukup tua umurnya, karena pupuk kandang yang masih baru justru akan membuat bibit tanaman anda mati. Kita bisa menambahkan sekam bakar atau sekam mentah jika tersedia, untuk mendapatkan drainase yang lebih baik.

Persiapan Bibit dan Penanaman

Untuk bibit pepaya disarankan pepaya jenis california. Kita bisa membeli di supermarket atau di toko buah dan menyemai bijinya terlebih dahulu. Selain tanaman tidak terlalu besar dan tinggi, pepaya ini memiliki rasa yang manis dan banyak disukai orang. Setelah bibit siap tanam, masukkan campuran media tanam ke dalam pot, jangan lupa bagian bawah diisi dengan pecahan genting atau batu kerikil agar lubang pengeluaran air tetap terjaga. Bisa juga dengan pecahan arang dapur atau malahan steroform yang di potong kecil-kecil. Bibit siap ditanam.

Dengan bibit yang bagus, maka di usia tanam 3 bulan Pohon Pepaya di dalam Pot akan memiliki tinggi batang pohon sekitar 125 cm, tanaman pepaya ini mulai belajar berbunga. Biasanya bunga pertama pepaya tidak jadi buah, baru bunga-bunga berikutnya yang menjadi buah.

dan dengan perawatan yang baik, pohon pepaya unggul, pada umur enam bulan saja kita sudah bisa merasakan panen buahnya yang besar - besar. Dalam satu pohon selama produktif hingga usia tiga tahun bisa menghasilkan pepaya sebanyak 80 Kg-100 Kg. Dengan harga per Kg pepaya California Rp 5000, sebatang pohon pepaya California dapat menghasilkan pendapatan kurang lebih Rp 500.000. per pohon.

Memang Sangat menguntungkan bisa menanam pohon Pepaya di dalam POT dengan lahan yang terbatas, tidak hanya menjual buahnya saja yang selalu laris dibeli tetangga sebelum sempat dibawa ke pasar. Untuk itu kita juga bisa menjual bibit pepaya yang siap tanam dengan harga rata - rata Rp 10.000 per pohon,  agar tetangga di sekitar kita juga bisa merasakan keuntungan menanam Pohon Pepaya di dalam POT ! Tidak hanya buahnya yang menarik, dengan berat antara 1,5- 2 kg, bentuknya juga menarik dan daging buahnya manis kenyal seperti pepaya Thailand. Ukuran yang tidak terlalu besar juga menjadi daya tarik tersendiri sehingga lebih disukai pelanggan.Adapun cara penanaman pepaya yang dilakukan cukup mudah. Sebagai medianya adalah campuran pupuk kascing (bekas cacing) dengan tanah 1:1. Pot dipilih yang berdiameter 60 x 60 cm, seperti tong yang dipotong setengah, cor, ataupun bisa pot terbuat dari karung goni, terpal, kayu ataupun bambu.

Manfaat buah pepaya yang paling ampuh adalah untuk melancarkan pencernaan dan BAB, namun tahukah anda bahwa pepaya menyimpan ribuan manfaat lainnya. Pepaya adalah jenis tanaman buah ini sangat banyak dipelihara. Pohon pepaya sering sekali kita jumpai disetiap pekarangan rumah warga di Indonesia. Buah pepaya yang enak dinikmati dalam suasana apapun. Dari pepaya yang masih muda sampai yang sudah matang, dapat dinikmati sebagai kuliner yang sangat menggugah selera. Dibalik itu semua, pepaya memang baik dikonsumsi karena khasiatnya juga berlimpah.

Kandungan Gizi Buah Pepaya

Satu buah pepaya dengan ukuran sedang, mengandung sekitar 120 kalori, 30 gram karbohidrat (di dalamnya terdapat 5 gram serat dan 18 gram gula) dan 2 gram protein. Pepaya merupakan sumber yang sangat baik dari manfaat vitamin C dan satu buah pepaya, memberikan 224% dari kebutuhan harian. Kandungan pepaya lainnya terdiri dari :
  • folat
  • vitamin A
  • magnesium
  • tembaga
  • asam pantotenat
  • fiber.3
  • vitamin B
  • alfa
  • beta karoten
  • lutein
  • zeaxanthan
  • vitamin E
  • kalsium
  • kalium
  • vitamin K
  • lycopene 

Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan

Manfaat pepaya bagi kesehatan penting sekali terutama untuk meningkatkan sistem imun tubuh manusia. Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran dari berbagai jenis, telah lama dikaitkan dengan penurunan risiko berbagai kondisi kesehatan yang berkaitan dengan gaya hidup. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi makanan nabati seperti pepaya, mengurangi risiko kesehatan, bahkan mendukung kecantikan kulit seperti berikut :

1. Anti inflamasi

Manfaat papaya bagi penderita arthritis, osteoporosis, edama dapat menghilangkan rasa sakit karena enzim anti inflamasi yang terkandung pada pepaya. Enzim tersebut juga memiliki sifat mencegah kanker.

2. Menguatkan sistem imun

Vitamin C dan vitamin A yang diproduksi dalam tubuh. Senyawa beta karoten yang terdapat dalam pepaya, diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari dalam. Oleh karena itu, pepaya mungkin menjadi pilihan buah yang sehat untuk mencegah penyakit seperti infeksi, pilek, flu dan meredakan demam.

3. Menyehatkan tulang

Kekurangan asupan vitamin K banyak dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi, pada masalah patah tulang. Penting untuk mengkonsumsi buah pepaya, untuk mencukupi kebutuhan vitamin K untuk kesehatan tulang yang baik. Karena melakukan tindakan dalam mengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi ekskresi kalsium.

4. Baik Untuk Penderita Diabetes

Pada sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 1 yang mengonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah dan penderita diabetes tipe 2 mungkin meningkatkan gula darah, lipid dan insulin. Dengan 1 buah pepaya ukuran sedang, menyediakan sekitar 4,7 gram serat.

5. Mencegah Penyakit jantung

Kandungan serat, kalium dan vitamin dalam pepaya membantu tubuh dalam mencegah penyakit jantung. Peningkatan asupan kalium, yang dilakukan bersamaan dengan penurunan asupan natrium , merupakan perubahan pola makan yang paling penting, yang dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Kandungan enzim pada pepaya juga dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol yang dapat menekan kadar kolesterol dan membantu mencegah gejala penyakit jantung.

6. Melancarkan Pencernaan

Manfaat pepaya yang satu ini sudah tidak diragukan lagi, jika anda susah BAB, pepaya solusinya. Di dalam pepaya terdapat enzim pencernaan yaitu papain, yang berguna dalam membantu pencernaan. Selain itu, juga dapat berguna untuk melunakkan daging. Pepaya juga mengandung serat dan kadar air yang tinggi. Kedua nutrisi tersebut, sangat baik dalam pencegahan sembelit dan mempromosikan keteraturan buang air besar, sehingga menyehatkan saluran pencernaan.

7. Mencegah Degenerasi Makula

Senyawa eaxanthin antioksidan yang ditemukan dalam pepaya, menyaring sinar cahaya biru berbahaya yang diperkirakan, akan berperan protektif dalam kesehatan mata untuk menangkal kerusakan degenerasi.

8. Mempercepat Penyembuhan Luka

Ketika pepaya digunakan secara topikal dengan menumbuk buahnya, terlihat bermanfaat untuk mempromosikan penyembuhan luka dan mencegah infeksi daerah kulit yang terbakar. Para peneliti percaya bahwa enzim proteolitik chymopapain dan papain dalam pepaya berfungsi seperti salep. Salep yang mengandung enzim papain juga telah digunakan untuk mengobati ulkus dekubitus atau luka baring.

Banyak yang bertanya Kenapa Pepaya saya lama berbuahnya dan Mengapa Buahnya Kecil dan sedikit ? kenapa bunganya mudah rontok, ada banyak Cara Membesarkan Buah Pepaya Yang di Tanam Di Dalam POT hingga berhasil panen seperti penjelsaan artikel di atas ! banyak cara yang bisa anda lakukan agar Pohon Pepaya yang anda tanam di dalam POT cepat Tumbuh Besar dan Berbuah Banyak,


Bagaimana dengan Pohon Pisang, apakah juga bisa berbuah bagus jika di tanam di Pot seperti Pohon Pepaya ? mari kita pelajari bersama !


--> SELANJUTNYA