Hi Quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Langanan Via E-mail

Ayo Pelajari Carannya

Cara Mendapatkan Promo Barang Murah

Cara Belanja Lebih Irit dan Hemat

Cara Membuat Masakan Vegetarian Ala Restoran




Bervegetaris bukan lagi hal yang menyengsarakan, dimana seorang vergetaris tidak boleh menyantap daging, seiring perkembangan dunia kuliner jenis masakan vegetarian pun semaki bervariatif dan semakin lezat rasanya, semua bahan masakan yang berasal dari daging bisa di gantikan dengan daging buatan yang hampir sama tekstur dan rasanyam dimana daging buatan tersebut di olah dari adonan tepung terigu yang di ambil glutennya, rasa masakan vegetarian tidak kalah lezat dengan masakan restoran pada umumnya. dalam hal ini semua menu masakan vegetarian ala restoran terkenal di dunia akan kita uraikan satu persatu di sini, namun sebelum kita memulai membahas berbagai macam resep masakan vegetarian, mari kita saksikan dahulu video tutorial yang berisi Contoh masakan - masakan vegetarian ala restoran indonesia.





SEKILAS INFO


http://goo.gl/ctFNpk

Mau Pempers Gratis Premium Care New Born isi 13 Gratis ?  Tersedia 40 Ribu Paket Sample Gratis Isi 13 Pcs untuk Anda !


Good Luck!


Cek Info Promo Berikutnya Di Sini



Atau Di --> SINI


Bagaimana Cara membuat Gluten ( Daging Vegetarian ) Yang memiliki Tektur yang mirip dengan daging asli dan rasanya enak, sebelum  kita membahas tentang aneka Resep masakan vegetarian berikut ini kita akan pelajari bersama tentang bagaimana cara kita membuat Gluten sendiri yang higienis dan lezat untuk di olah menjadi masakan vegetarian yang menggugah selera anda, perlu kita pahami terlebih dahulu bahwa Gluten adalah sejenis protein yang biasanya terdapat dalam tepung-tepungan. Daging vegetarian yang biasa dikenal dengan nama gluten atau micia dalam dialek bahasa Hokkian, merupakan salah satu bahan olahan dari tepung terigu yang merupakan salah satu bahan dasar utama yang paling banyak digunakan untuk membuat berbagai jenis kreasi masakan vegetarian lainnya sebagai pengganti daging hewani.

Ternyata Banyak hal positif yang diperoleh dari pola makan vegetarian, di antaranya mengurangi risiko sakit, menurunkan berat badan, dan sekaligus ramah lingkungan. Masakan vegetarian tidak kalah nikmatnya dibandingkan masakan lain pada umumnya. Dengan bahan-bahan nabati berupa sayuran/daun-daunan, ubi, kacang-kacangan, aneka macam jamur, rempah-rempah dan bumbu nabati kita dapat mengolah masakan yang sehat, enak dan menarik.

Kita akan membagikan dua resep sekaligus tentang cara mudah membuat gluten sendiri dan pada resep-resep selanjutnya gluten akan sering kita digunakan dalam resep-resep masakan vegetarian kita. Bagi anda yang bervegetaris sejati, atau anda hanya ingin menjadi vegetarian dengan alasan kesehatan dan lain sebagainya anda bisa mencoba membuat resep ini yang kami sajikan secara sederhana. Untuk itu segera saja simak resep membuat gluten yang berikut ini :

1. Metode Pembuatan Gluten Cara I

Bahan-bahan :
  • 9 mangkok tepung terigu - Sekitar 3 Kg
  • Garam secukupnya
  • Gula
  • 3 Mangkok air
  • Kecap

Cara membuatnya :
  1. Masukkan tepung ke dalam wadah besar dengan sedikit garam, selanjutnya tuangkan air sedikit demi sedikit sambil di aduk hingga tepung menjadi adonan yang kental atau sangat kental (sesuai selera). Jika anda ingin daging yang lembut gunakan air yang banyak, sebaliknya jika anda ingin daging yang kenyal gunakan sedikit air saja, caranya hampir mirip dengan membuat bakpao.
  2. Selanjutnya biarkan adonan tersebut selama 5 jam, tutup dengan kain basah di atasnya agar hasil lebih memuaskan. Setelah 5 jam cuci adonan dengan air mengalir sedikit demi sedikit hingga mendapatkan sarinya atau hasil yang seperti karet. Cuci terus hingga tidak ada lagi tepung yang menempel, hal ini ditandai dengan bekar air cucian yang jernih.
  3. Ambil sari yang sudah jadi tersebut lalu tarik-tarik seperti menggulung benang. Lalu ambil 1/2 liter air, campur dengan 1 sendok teh garam dan 3 sendok makan kecap. Rendam gluten tadi ke dalam campuran bumbu dan biarkan kurang lebih semalam (tergantung selera anda).
  4. Selanjutnya rebus gluten berbumbu dengan air 70-80C selama kurang lebih 5-10 jam (tergantung selera), karena semakin lama merebus akan semakin bagus serat yang dihasilkan, pastinya akan semakin mirip dengan daging yang asli. setelah itu dinginkan dan goreng dalam minyak mendidih hingga berwarna kecoklatan, jangan terlalu lama menggoreng karena agar air di luar daging vegan menjadi bagus dan tidak mudah hancur.
  5. Selanjutnya gluten bisa digunakan langsung atau bisa disimpan dalam lemari pendingin untuk digunakan lain waktu.

Cara pertama ini cukup memakan waktu sehingga dsarankan untuk membuat sekaligus 5-10 kg tepung.
Cara Membuat Gluten (Daging Vegan) Untuk Vegtarian dan Vegan
2. Metode Pembuatan Gluten Cara II

Bahan-bahan :
  • 500 gram tepung terigu
  • 2 lembar daun salam
  • 2 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok teh garam
  • 250 ml air
  • 1,5 liter air untuk merebus

Cara membuatnya :
  1. Aduk-aduk tepung terigu, lalu tuangkan air sedikit demi sedikit sambil di aduk atau diuleni, hingga menghasilkan adonan yang kalis dan tidak lengket (seperti membuat adonan roti/kue).
  2. Taruh adonan tepung tadi dalam wadah, lalu tuangkan air hingga adonan terendam, lalu diamkan selama kurang lebih 6 jam.
  3. Selanjutnya cuci adonan dengan air mengalir, lakukan hingga adonan bening dan tidak ada tepung yang menempel.
  4. Rebus 1,5 liter air untuk merebus, tambahkan daun salam serta kecap asin dan garam, lalu didihkan. Masukkan adonan gluten yang sudah jadi, lalu rebus hingga adonan menjadi keras dan matang. Segera angkat dan tiriskan. Gluten siap digunakan.

Berikut adalah Video Tutorial yang bisa anda jadikan referensi ketika anda akan mempraktekan ke dua resep cara membuat gluten sendiri di rumah.






Setelah Anda berhasil membuat gluten ( Daging Vegetarian ) sekarang saatnya kita kreasikan gluten tersebut menjadi masakan yang super lezat.


Cara Membuat Kuah Kaldu Vegetarian

Kuah kaldu Vegetarian Bahan dasarnya berasal dari sayur - sayuran, Kaldu sayuran adalah kaldu ala vegetarian yang sering dipakai sebagai salah satu bahan dasar dalam masakan vegetarian sebagai pengganti kaldu konvensional.

Kaldu sayuran ini dibuat dari berbagai macam sayuran seperti wortel, kentang dan daun seledri dengan cara pembuatan yang sangat mudah juga. Ada pula kaldu sayuran yang lebih sederhana yang hanya menggunakan air hasil rendaman jamur hiokow.

KALDU SAYURAN BAHAN :

1 liter air
50 gr kulit wortel
1 tangkai daun seledri
100 gr kulit kentang
1/2 sdt garam

CARA MEMBUAT :

1. Cuci kulit wortel dan kulit kentang, lalu rebus. Tambahkan daun seledri dan garam. Rebus terus di atas api kecil sampai kuah terasa gurih. Angkat kaldu sayuran dan saring.




1. Pempek Asoy Geboy Vegetarian

Pempek atau empek-empek merupakan makanan khas nusantara yang berasal dari Palembang, Sumatera Selatan. Jenis atau variasi pempek yang terkenal adalah pempek kapal selam, yang dibuat dari telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek dan digoreng dalam minyak panas.

Diberi nama kapal selam dikarenakan bentuknya yang menyerupai kapal selam. Umumnya, bahan utama untuk membuat pempek ini adalah daging ikan, dan untuk pempek kapal selam vegetarian ini, penggunaan daging ikan ditiadakan.

Ciri khas pempek adalah penyajiannya yang selalu disertai dengan kuah atau saus berwarna hitam kecokelatan yang disebut kuah cuka.


PEMPEK KAPAL SELAM VEGETARIAN
BAHAN :

150 gr tepung terigu
300 gr tepung sagu
7 butir telur
1 buah ketimun
50 gr mi kuning
Garam, penyedap rasa, secukupnya

KUAH CUKA :

100 gr gula merah
4 gelas air
Cuka secukupnya
Garam, lada, secukupnya
1 buah jeruk nipis
1 sdm air asam jawa
50 gr cabe rawit hijau, blender halus

CARA MEMBUAT :

1. Untuk Kuah Cuka : Rebus gula merah dengan air sampai mendidih dan gula larut, saring. Masukkan cabe rawit hijau, cuka, garam, lada, jeruk nipis, dan air asam jawa, didihkan lagi, angkat.
2. Untuk Pempek Kapal Selam : Campurkan terigu, garam, dan penyedap rasa, aduk rata, seduh dengan air mendidih secukupnya hingga kental (tidak terlalu encer dan juga tidak kering), kemudian masukkan 1 butir telur, dan aduk rata.
3. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit, ratakan, sisakan sedikit sagu untuk membentuk.
4. Setelah adonan tercampur rata, bagi menjadi 6 bagian, bentuk menjadi bulatan lonjong dan buat lubang di tengahnya, tipiskan ujung-ujungnya (tapi jangan terlalu tipis karena bisa pecah). Isi dengan 1 butir relur dan tutup ujung-ujungnya pelan-pelan. Lakukan hal yang sama sampai adonan habis.
5. Didihkan air dalam panci, masukkan empek-empek mentah ke dalamnya dan rebus sampai matang.
6. Sajikan segera dengan kuah cuka, mi kuning, dan irisan ketimun.


2. Tahu Chiffon Lembut Vegetarian

sumber protein yang relatif murah, tahu dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan, baik sebagai lauk-pauk maupun kudapan. Tahu chiffon ini dengan bentuk yang menyerupai kue bolu ("cake") chiffon ini berbahan utama berupa tahu dan telur dan tambahan sayuran wortel dan kacang polong, cocok untuk kalangan "ovo vegetarian" yang juga mengkonsumsi telur.


TAHU CHIFFON
BAHAN :

4 buah tahu putih besar, haluskan
3 kuning telur, kocok
3 putih telur, kocok kaku
1 buah wortel, iris kotak kecil
75 gr kacang polong beku
5 butir bawang merah, iris tipis
2 sdm minyak
Garam secukupnya

CARA MEMBUAT :

1. Tumis bawang merah hingga harum, sisihkan.
2. Campur tahu, kuning telur, wortel, kacang polong, garam, dan bawang merah, aduk rata. Tambahkan putih telur sambil diaduk rata.
3. Tuang dalam loyang bulat diameter 20 cm yang telah dioles margarin. Oven tahu selama 45 menit. Hidangkan dengan saus tomat.


3. Gulai Pakis Kuah Kuning Vegetarian

Gulai pakis atau gulai paku merupakan salah satu masakan tradisional populer yang berasal dari daerah Sumatera Barat. Gulai yang menggunakan bahan utama berupa daun dan batang tumbuhan pakis/paku dan santan ini dimasak dengan berbagai bahan bumbu rempah khas nusantara yang dihaluskan terlebih dahulu.

Biasanya gulai pakis ini dinikmati bersama dengan ketupat. Selain itu, gulai pakis enak juga disajikan sebagai lauk-pauk untuk teman makan nasi hangat. Gulai pakis dengan bahan-bahan nabati ini cocok dijadikan sebagai hidangan vegetarian yang menggugah selera.


GULAI PAKIS VEGETARIAN
BAHAN :

4 ikat daun pakis muda
500 ml santan
2 cm lengkuas, memarkan
1 lembar daun kunyit
1 batang serai, memarkan
1 buah asam kandis
3 lembar daun jeruk
10 buah cabe rawit
Bawang goreng secukupnya, untuk taburan

BAHAN BUMBU HALUS :

7 buah bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm kunyit
2 cm jahe
Garam secukupnya

CARA MEMBUAT :

1. Petik daun dan batang pakis muda, belah batangnya, lalu potong-potong, cuci bersih, dan tiriskan.
2. Didihkan santan dengan semua bumbu halus, lengkuas, daun kunyit, serai, asam kandis, dan daun jeruk. Aduk-aduk agar santan tidak pecah.
3. Masukkan daun dan batang pakis, masak sampai mendidih dan berminyak, tambahkan cabe rawit, masak sebentar, angkat. Taburkan bawang goreng, sajikan.

4. Sup Bening Tahu Toge Bengkok


Satu lagi sajian vegetarian dengan cita rasa oriental. Sup tahu taoge ini sangat cocok disajikan sebagai variasi menu lauk-pauk sehari-hari yang pasti disukai untuk hidangan sekeluarga.

Hidangan sup seperti ini paling enak dinikmati selagi masih panas.


SUP TAHU TAOGE
BAHAN DAN BUMBU :
100 gr taoge, siangi
1 buah tahu putih, potong kotak
2 1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
500 ml air
Kaldu jamur secukupnya

BAHAN TABURAN :
2 tangkai daun seledri, iris-iris
1 sdm bawang merah goreng untuk taburan

CARA MEMBUAT :
1. Masak air sampai mendidih, masukkan tahu, garam, dan merica bubuk. Aduk rata dan masak sampai matang.
2. Tambahkan taoge dan kaldu jamur. Aduk rata dan masak sebentar sampai matang.
3. Angkat dan taburi dengan bawang merah goreng dan daun seledri.


5. Steak Sapi Tibet Vegetarian


Steik yang merupakan makanan khas barat ini termasuk makanan yang disukai masyarakat Indonesia. Untuk kreasi masakan steik ala vegetarian ini, digunakan bahan utama dari gluten sebagai pengganti daging hewani ditambah dengan sedikit bumbu rempah berupa bubuk pekak.

Pekak adalah sejenis rempah yang banyak digunakan dalam masakan oriental. Di Indonesia dikenal juga dengan nama bunga lawang atau kembang lawang.

Untuk sayuran pelengkapnya dipergunakan wortel, buncis dan kentang rebus. Bisa juga digunakan jenis sayuran lainnya sesuai selera.

STEIK VEGETARIAN BAHAN STEAK :

300 gr gluten
1/4 sdt pekak bubuk
1/8 sdt pala bubuk
1 sdm saus tomat
6 sdm sagu
Daun pisang untuk membungkus

BAHAN SAUS :
2 sdm margarin
2 sdm tepung kanji/sagu
200 ml kaldu sayuran
1/4 sdt penyedap rasa
1 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin
1/8 sdt merica bubuk

BAHAN SAYURAN PELENGKAP :

100 gr wortel, potong korek api besar, direbus
100 gr buncis rebus, potong panjang
100 gr kentang rebus

CARA MEMBUAT :

1. Untuk Steak : Aduk semua bahan steik, kocok dengan mixer roti. Taruh di atas daun pisang, gulung seperti lontong, lalu kukus. Setelah dingin, goreng sebentar.
2. Untuk Saus : Panaskan margarin, masukkan tepung kanji/sagu, aduk sambil dituangkan kaldu. Tambahkan penyedap rasa, kecap manis, kecap asin, garam, dan merica. Aduk sampai meletup-letup, lalu angkat.
3. Sajikan potongan steik gluten dengan saus dan bahan sayuran pelengkap.


6. Sate Bakar Vegetarian


Mengapa kamu suka makan Sate yang merupakan salah satu makanan nusantara paling populer ? Sate diperkirakan berasal dari Pulau Jawa, dan menyebar ke seluruh pelosok nusantara sehingga dianggap sebagai salah satu makanan nasional khas Indonesia.

Selain populer di Indonesia, sate juga populer di Malaysia, Singapura dan Thailand.

Untuk kreasi sate vegetarian ini, bahan daging hewani diganti dengan gluten, sedangkan bumbu kacangnya kurang lebih sama dengan bumbu kacang sate umumnya.

SATE VEGETARIAN BAHAN DAN BUMBU SATE :

500 gr gluten polos
1/2 sdt ketumbar
1/2 sdt merica bulat, haluskan
2 sdm kecap manis
1 sdm mentega
1 buah jeruk limau
50 gr gula merah, sisir halus
Garam secukupnya
12 buah tusukan sate
Minyak goreng secukupnya

BAHAN BUMBU KACANG :

250 gr kacang tanah, goreng dan haluskan
100 gr gula merah
2 sdm air asam jawa
1 sdm air jeruk limau
Garam, lada secukupnya
1 buah jeruk limau

CARA MEMBUAT :

1. Bahan bumbu sate : Campur ketumbar, merica, kecap manis, garam, jeruk limau, dan gula merah, aduk rata.
2. Gluten mentah digoreng sebentar, lalu angkat, kemudian digunting memanjang tipis. Beri bumbu sate, aduk rata, kemudian diamkan selama semalam agar bumbu meresap.
3. Siapkan tusukan sate, tusukkan dengan gluten berbumbu dan panggang sebentar.
4. Bumbu kacang : Campur semua bahan sampai rata, beri air secukupnya dan masak di atas api sedang sampai mendidih, angkat.
5. Sajikan sate vegetarian dengan bumbu kacang.


7. Ayam Nangkring Tumis Wijen Vegetarian


Ayam Nangkring tumis minyak wijen ini menggunakan bahan dasar berupa gluten sebagai pengganti daging ayam, dengan tambahan bumbu berupa irisan jahe, kecap, minyak wijen, merica bubuk, air jeruk limau dan kaldu sayuran.

AYAM GLUTEN TUMIS WIJEN BAHAN :

300 gr gluten, dipotong kecil dengan tangan
3 cm jahe, iris tipis
2 sdm kecap manis
1 sdm minyak wijen
1 sdm kecap asin
1/4 sdt garam
1/8 sdt merica bubuk
1 sdm air jeruk limau
50 ml kaldu sayuran
1 sdm minyak goreng

CARA MEMBUAT :

1. Didihkan 500 ml air, rebus potongan gluten sampai mengapung. Angkat.
2. Masukkan minyak goreng, tumis jahe hingga harum. Masukkan potongan gluten. Aduk-aduk, lalu tambahkan kecap, minyak wijen, garam, merica. Aduk rata.
3. Tuangkan kaldu. Setelah mendidih, angkat, lalu sajikan dengan menambahkan air jeruk limau.


8. Rendang Sukmei Vegetarian


Rendang merupakan salah satu masakan nusantara Indonesia yang paling populer karena rasanya yang enak penuh bumbu dan rempah-rempah sehingga disukai oleh berbagai lapisan masyarakat.

Rendang merupakan masakan tradisional khas dari daerah Sumatera Barat, yang bisa kita temukan dengan mudahnya di berbagai rumah makan/restoran khas Padang atau Minang-Melayu di seluruh dunia.

Bahan utama untuk rendang umumnya menggunakan berbagai macam daging hewani. Untuk pembuatan kreasi rendang vegetarian ini, bahan utama dari daging hewani diganti dengan bahan nabati berupa kaki jamur, terutama dari jenis jamur hioko (shitake). Rendang vegetarian dengan bahan utama dari kaki jamur hioko ini selain lebih sehat, ekonomis, dan bernilai gizi tinggi, ternyata memiliki cita rasa yang tidak kalah enaknya dibandingkan dengan rendang yang menggunakan bahan daging hewani.

RENDANG VEGETARIAN BAHAN RENDANG VEGETARIAN :
250 gr kaki jamur hioko (shitake)
1 1/2 ons susu bubuk
5 butir telur
3 cm jahe, dihaluskan
3 cm kunyit, dihaluskan
5 cm lengkuas, dihaluskan
1 sdm ketumbar, dihaluskan
4 lembar daun jeruk
1 lembar daun kunyit
3 sdm cabe giling
250 ml santan
Penyedap rasa secukupnya (bisa juga diganti dengan gula pasir)
Garam dan merica secukupnya

CARA MEMBUAT RENDANG VEGETARIAN :

1. Untuk daging rendang : kaki jamur direndam selama satu malam, kemudian diperas dan ditumbuk. Masukkan susu bubuk, telur, garam dan penyedap rasa, aduk rata. Kemudian dibentuk bulat-bulat, kukus sampai matang dan goreng sampai kecoklatan, angkat.
2. Masak santan dengan bumbu yang dihaluskan, cabe giling, daun jeruk, daun kunyit, merica, garam, dan penyedap rasa sampai mengental. Masukkan daging rendang dan masak kembali rendang di atas api kecil sampai berminyak dan kehitaman, angkat dan sajikan.


9. Omlet Isi Toge Vegetarian


Omelet (atau "omelette") merupakan istilah dalam bahasa Inggris untuk telur dadar, makanan yang sangat lazim dalam masyarakat Indonesia. Omelet taoge ini bisa dijadikan pilihan menu sarapan yang spesial. Bahan utamanya selain telur ayam adalah taoge, dan kentang (bisa juga diganti dengan tahu) bisa dengan mudah kita temukan sehari-hari di pasar tradisional. Selain bahan dan cara menyajikannya yang sangat praktis, menu omelet taoge ini bisa menjadi salah satu menu sarapan vegetarian yang sedap dan sehat.

OMELET TAOGE BAHAN :
2 buah kentang ukuran sedang, potong memanjang seukuran korek api
150 gr taoge
1/2 buah bawang bombay ukuran sedang
6 butir telur ayam
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
Penyedap rasa secukupnya
Minyak nonkolesterol secukupnya, untuk menggoreng


CARA MEMBUAT :

1. Kocok telur bersama garam, merica dan penyedap rasa.
2. Panaskan minyak dalam wajan ukuran sedang. Tuangkan sebagian adonan telur buat dadar, sisakan untuk penutup. Taburkan kentang dan taoge di atas dadar telur.
3. Tuang kembali adonan telur di atas dadar telur yang sudah diisi kentang dan taoge. Tutup wajan. Diamkan beberapa saat. Bila sudah berwarna kuning bagian atasnya dan kecoklatan bagian bawah (sedikit angkat dengan sutil untuk melihat bagian bawahnya), pertanda sudah harus dibalik.
4. Angkat omelet, letakkan di atas piring datar dengan bantuan sutil. Lalu letakkan kembali ke atas wajan dengan posisi sebaliknya sehingga bagian yang coklat berada di atas. Diamkan sebentar. Untuk mengetahui kematangannya, tusuk dengan lidi. Bila lidi tetap kering, berarti sudah siap diangkat dan dihidangkan.


10. Tongseng Vegetarian

Tongseng merupakan makanan khas daerah Solo dan sekitarnya. Tongseng adalah nama sejenis gulai dengan bumbu rempah yang lebih "tajam", dengan bahan utama umumnya berupa daging kambing yang masih melekat pada tulang, terutama bagian tulang iga dan tulang belakang. Sebagai tambahan, dimasukkan sayuran seperti kol, bawang putih, tomat, dan kecap ke dalam kuah gulai kental. Bumbunya merupakan oseng-oseng yang terdiri dari campuran garam, bawang putih, kecap, dan lada.

Untuk kreasi masakan tongseng ala vegetarian ini, bahan utama yang umumnya berupa daging diganti dengan tempe goreng ditambah dengan telur rebus. Rasanya pun tidak kalah sedapnya dengan tongseng umumnya.

TONGSENG TEMPE GORENG TELUR REBUS BAHAN BUMBU YANG DIHALUSKAN :

10 siung bawang merah
10 siung bawang putih
3 cm kunyit, kupas dan potong - potong
5 bh kemiri, potong - potong kasar
1 bh cabe merah, potong - potong
Biji ketumbar, secukupnya

BAHAN LAINNYA :

300 gr tempe
1 batang serai
3 cm lengkuas
1 bh tomat
1 sdt kaldu vegetarian
3 butir telur ayam
1/4 bag kol
3 buah cabe rawit Kapulaga sesuai selera
Cengkeh sesuai selera
1 sdt Gula pasir
1/2 sdt lada
500 ml santan
Jintan bubuk secukupnya

CARA MEMBUAT :

1. Rebus telur, angkat dan masukkan ke dalam air es. Kemudian kupas dan belah dua. Masukkan bumbu dapur ke dalam blender, haluskan dengan sedikit minyak. Sisihkan.
2. Geprek serai dan iris lengkuas yang sudah dibuang kulitnya. Sisihkan.
3. Potong-potong kol, tomat, daun bawang dan cabe rawit. Sisihkan.
4. Goreng tempe yang sudah dipotong-potong dadu. Angkat dan sisihkan.
5. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, masukkan lengkuas dan serai. Masak hingga matang, tambahkan air dan jintan bubuk. Aduk dan masak hingga mendidih.
6. Masukkan kapulaga, cengkeh dan lada. Aduk rata. Tambahkan santan, lalu masukkan tempe. Masak hingga santan menyerap. Masukkan kol, tomat dan daun bawang serta cabe rawit dan kecap manis. Aduk rata.
7. Sajikan tongseng tempe goreng bersama potongan telur.

Telur Yang direbus dimasukkan ke dalam air es bertujuan agar proses pemasakan telur terhenti sehingga menghasilkan warna inti telur yang menarik (kemerahan).
 


Selain ke 10 Masakan Vegetarian Ala Nusantara, masih banyak Resep Masakan Vegetarian lainnya yang bisa anda coba di antaranya :

1. Soto Betawi Vegetarian

2. Phuyung Hai Isi Jamur Vegetarian

3. Ayam Bumbu Kunyit Vegetarian

4. Gurame Asam Manis Vegetarian

5. Bakso Vegetarian

6. Bakwan Malang ala Vegetarian

Semuanya bisa kamu kreasikan sendiri di rumah, selamat mencoba.... !!!

Artikel ini dirangkum Dari Berbagai Sumber


      Sebelum Anda Menutup Halaman Ini ada baiknya anda berbagi kasih dengan  membagikan Informasi bermanfaat ini kepada teman - teman yang lain dengan cara menekan Tombol Share Di bawah Postingan ini, agar semakin banyak orang yang di berkati lewat informasi yang anda bagikan.



0 komentar:

Poskan Komentar