Hi Quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Langanan Via E-mail

Ayo Pelajari Carannya

Cara Mendapatkan Promo Barang Murah

Cara Belanja Lebih Irit dan Hemat

Cara Membuat Tape Ketan Yang Tidak Asam




Ternyata untuk memperoleh kwalitas tape ketan yang bagus dengan rasa yang manis dan aroma yang wangi cukup sulit, sering kali yang kita temui di pasar adalah tape ketan yang asam dan terkadang tidak matang, lalu bagaimana caranya Tape ketan yang rasanya manis, lembut dan ketika di makan akan terasa hangat, anda tidak perlu cemas karena melalui artikel ini di jamin anda dapat mempraktekan bagaimana membuat tape ketan yang berkwalitas. sebelum anda mencobanya silahkan saksikan salah satu video tutorial yang berisi rahasia cara membuat tape ketan yang manis dan lembut, selamat menyimak






SEKILAS INFO


http://goo.gl/ctFNpk

Mau Pempers Gratis Premium Care New Born isi 13 Gratis ? Tersedia 40 Ribu Paket Sample Gratis Isi 13 Pcs untuk Anda !


Good Luck!

Cek Info Promo Berikutnya Di Sini



Atau Di --> SINI



Bahan - Bahan Yang Di Butuhkan :

1/2 kilo beras dulu yah buat percobaan awal
  
Daun pisang untuk pembungkus secukupnya (ini rahasia pertamanya)
  
2 gelas air bersih
   
Gunakan 2 butir ragi untuk membuat tape ketan ( bisa di beli di tukang beras )
   
Cara Membuat :


Beras ketan hitam dicuci dulu sampai bersih

Rendam ketan hitam pada malam sebelumnya supaya empuk, karena  jenis beras ketan hitam ini lebih keras.

Jika selesai direndam pada keesokan harinya, ambil dan iriskan.

Setelah selesai ditiriskan hingga kesat, kukus beras ketan hitam sampai menjadi setengah matang. Jika menginginkan lebih cepat dan mudah, bisa di masak terlebih dahulu dengan sedikit air, baru setelah agak matang beras ketan hitam kemudian diangkat dan dikukus.

Sementara beras ketan dikukus, persiapkanlah air panas sebanyak 2 gelas.

P
ada saat beras ketan yang dikukus tadi sudah mengepulkan uap panasnya, siram siram atasnya dengan air panas yang 2 gelas tadi (posisi kukusan masih berada diatas kompor), sambil diaduk-aduk sampai semua beras ketan terkena air panas secara merata. Teruskan mengukus sampai ketan menjadi matang.
   
Jika sudah matang, angkat beras ketan, taruh kedalam nampan atau tampah yang besar, lalu diratakan. Biarkan beras ketan yang sudah diratakan dalam nampan tadi sudah benar-benar menjadi dingin. Sambil menunggu beras dingin, haluskan raginya. ( Hati - hati raginya jangan sampai tersentuh dengan kulit tangan anda, di sinilah rahasia utamanya, mengapa tape ketan yang kita buat asam ? itu karena raginya terkena keringat telapak tangan anda !) - Gunakan plastik atau sarung tangan karet saat menghaluskan raginya.
   
Ambil wadah berukuran sedang, beri alas daun pisang yang rapi/menutupi seluruh permukaan wadah. Setelah diber alas daun pisang, masukkan lapisan pertama beras ketan, ratakan dengan baik, lalu taburi di atasnya dengan ragi yang sudah dihaluskan tadi hingga rata. aduk - aduk dengan sendok kayu (jangan sekali - kali gunakan sendok dari besi atau Stainless karena bahan tersebut akan menurunkan kwalitas tape ketan yang anda buat ) ini Rahasia ke duanya - banyak yang belum tahu. 

Tambahkan lagi lapisan yang kedua beras ketan, taburi ragi lagi. Lakukan proses ini seterusnya hingga ketiga, keempat, atau sampai bahan habis. - usahakan Gunakan Toples dari kaca jangan dari plastik untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. - ini rahasia ke tiga - yang banyak orang belum tahu.

Lapisi dengan daun pisang untuk menutupi permukaan bakal tape buatan Anda tersebut dengan baik dan benar-benar rapat ( bisa menggunakan 2 lapis daun pisang atau ditambah dengan kain serbet yang bersih ). Tutup kembali wadah dengan tutupnya hingga rapat, kemudian hanya didiamkan selama 3 hari 2 malam. Taruh wadah bakal tape tersebut di tempat yang hangat. - ini rahasia ke 4 yang banyak orang belum tahu. (daun pisang itulah inti rahasia alaminya untuk proses fregmentasi ragi dengan ketan menjadi sempurna ! )
Jika sudah 3 hari hari 2 malam, tapi ketan baru boleh dibuka. Walaupun hanya sekedar menengok, jangan pernah dibuka sebelum jatuh tempo, karena proses fermentasinya bisa terganggu. Kalau hanya mencium baunya dari luar sih tidak apa-apa, dan walaupun belum genap 3 hari, jika baunya sudah kuat, tape ketan sudah boleh dibuka dan di hidangkan. - di ajurkan untuk mendapatkan alkohol yang lebih bagus pada tape ketan yang anda buat, kwalitas yang paling baik adalah di hari ke 4 dan ke 5.


Dengan membuat tape ketan yang enak sendiri di rumah, maka anda bisa mendapatkan tape dengan kwalitas yang baik, yang manis, enak, dan legit yang tentunya lebih terjamin dan terjaga kebersihannya, Tape ketan hitam sangat cocok dinikmati saat santai di rumah ataupun saat kumpul bersama dengan keluarga dan kerabat tercinta.


Aneka Makanan Dengan Olahan Tape Ketan

Resep Kue Tape Ketan Hitam Kukus


Bahan-bahan
  • 250 gram tepung ketan hitam
  • 4 butir telur, pisah putih dan kuningnya
  • 150 gram mentega, cairkan
  • ½ sdt garam
  • 100 Gram Tape Ketan Hitam
  • 100 ml santan
  • 200 gram gula pasir halus (kastor)
  • Margarin secukupnya untuk olesan
Cara membuat
  1. Kocok ½ bagian gula dan kuning telur hingga mengembang dan mengental
  2. Masukkan Tape ketan Hitam, garam, dan santan, aduk hingga rata. Tuangkan mentega cair, aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata. Sisihkan
  3. Kocok putih telur dengan ½ bagian gula hingga mengembang kaku. Masukkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan tepung sambil diaduk hingga tercampur rata
  4. Tuang adonan ke dalam loyang ukuran 20 x 20 cm yang telah diolesi margarin
  5. Kukus selama 35 menit hingga matang. Angkat dan keluarkan dari loyang
  6. Setelah agak dingin, potong-potong, hidangkan



Es Teler Tape Ketan Hitam



es-campur-tape-ketan-hitam

Tape ketan juga bisa dibuat menjadi minuman yang dingin dan lezat,  menu berikut inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari olahan tape ketan. Salah satu olahannya adalah  Es Teler Tape Ketan HItam  Es campur  atau es teler, yang dipadu dengan tape ketan hitam, menjadikan es ini terasa lebih seger dan nikmat.

Mari, kita ikuti langkah-langkah pembuatan es campur tape ketan hitam.

Bahan:

300 Gram tape ketan hitam - Kwalitas Super.
1 liter santan
1 sdt garam
2 lembar daun pandan

Pelengkap:

2 butir kelapa muda, kerok
2 mata nangka, iris dadu 1 cm
300 cc sagu mutiara siap pakai
300 cc sirup vanili, warna putih
Es serut secukupnya

Cara Membuat:

1. Didihkan santan dengan daun pandan dan garam, aduk rata, angkat, dinginkan.
2. Penyajian: siapkan gelas, tata kelapa muda, nangka, sagu mutiara siap pakai, dan tape ketan hitam.
3. Tuangkan santan dan tambahkan dengan sirup rasa vanila.



Artikel ini dirangkum Dari Berbagai Sumber


      Sebelum Anda Menutup Halaman Ini ada baiknya anda berbagi kasih dengan  membagikan Informasi bermanfaat ini kepada teman - teman yang lain dengan cara menekan Tombol Share Di bawah Postingan ini, agar semakin banyak orang yang di berkati lewat informasi yang anda bagikan.






Bahan :

  1. 1/2 kilo beras dulu, jangan banyak-banyak Bu
  2. Daun pisang untuk pembungkus secukupnya
  3. 2 gelas air bersih
  4. Gunakan 2 butir ragi untuk membuat tape seperti biasanya
  5. Bisa menggunakan gula pasir jika menghendaki rasa yang lebih manis, yaitu gula halus dengan takaran 2 sendok makan saja.

Cara Membuat :

  1. Beras ketan hitam dicuci dulu sampai bersih betul.
  2. Rendam ketan hitam pada malam sebelumnya supaya empuk, karena  jenis beras ketan hitam ini lebih keras.
  3. Jika selesai direndam pada keesokan harinya, ambil dan iriskan.
  4. Setelah selesai ditiriskan hingga kesat, kukus beras ketan hitam sampai menjadi setengah matang. Jika menginginkan lebih cepat dan mudah, bisa di masak terlebih dahulu dengan sedikit air, baru setelah agak matang beras ketan hitam kemudian diangkat dan dikukus.
  5. Sementara beras ketan dikukus, persiapkanlah air panas sebanyak 2 gelas.
  6. Pada saat beras ketan yang dikukus tadi sudah mengepulkan uap panasnya, siram siram atasnya dengan air panas yang 2 gelas tadi (posisi kukusan masih berada diatas kompor), sambil diaduk-aduk sampai semua beras ketan terkena air panas secara merata. Teruskan mengukus sampai ketan menjadi matang.
  7. Jika sudah matang, angkat beras ketan, taruh kedalam nampan atau tampah yang besar, lalu diratakan. Biarkan beras ketan yang sudah diratakan dalam nampan tadi sudah benar-benar menjadi dingin. Sambil menunggu beras dingin, haluskan raginya.
  8. Ambil wadah berukuran sedang, beri alas daun pisang yang rapi/menutupi seluruh permukaan wadah. Setelah diber alas daun pisang, masukkan lapisan pertama beras ketan, ratakan dengan baik, lalu taburi atasnya dengan ragi yang sudah dihaluskan tadi hingga rata. Bisa juga ditambahkan gula halus/kastor secukupnya(opsional/tidak juga tidak apa-apa).
  9. Tambahkan lagi lapisan yang kedua beras ketan, taburi ragi lagi diatasnya dan gula halus. Lakukan proses ini seterusnya hingga ketiga, keempat, atau sampai bahan habis.
  10. Tambahkan daun pisang untuk menutupi permukaan bakal tape buatan Anda tersebut dengan baik dan benar-benar rapat(bisa menggunakan 2 lapis daun pisang atau ditambah dengan kain serbet yang bersih). Tutup kembali wadah dengan tutupnya hingga rapat, kemudian hanya didiamkan selama 3 hari 2 malam. Taruh wadah bakal tape tersebut di tempat yang hangat.
  11. Jika sudah 3 hari hari 2 malam, tapi ketan baru boleh dibuka. Walaupun hanya sekedar menengok, jangan pernah dibuka sebelum jatuh tempo :D karena proses fermentasinya bisa terganggu. Kalau hanya mencium baunya dari luar sih tidak apa-apa, dan walaupun belum genap 3 hari, jika baunya sudah kuat, tape ketan sudah boleh dibuka dan di hidangkan.
- See more at: http://resepcaramemasak.org/cara-membuat-tape-ketan-hitam-yang-manis#sthash.eV6r7QNs.dpuf

0 komentar:

Posting Komentar