Cara Mengolah Kulit Jeruk Mandarin - Sunkist Menjadi Manisan - Ayo Pelajari Caranya

Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI

Cara Mengolah Kulit Jeruk Mandarin - Sunkist Menjadi Manisan

Cara Mengolah Kulit Jeruk Mandarin - Sunkist Menjadi Manisan

Mencari Tahu Cara Mengolah Kulit Jeruk Mandarin - Sunkist Menjadi Manisan

Siapa sangka kulit jeruk yang biasanya di buang ke tempat sampah ternyata bisa diolah menjadi manisan yang sangat lezat, legit dan segar. di luar negeri manisan kulit jeruk sunkist di sebut Candied Orange Peel dan cukup mahal harganya, rasa manisan kulit jeruk dengan wangi aroma Khasnya serta terasa cukup lezat ketika di kunyah ini bisa kita buat sendiri di rumah loh ! Proses pembuatan Manisan Kulit Jeruk ini gak terlalu sulit, dan bisa dengan mudah kita pelajari serta kita praktekan cara bikinnya di dapur masing - masing. Seringkali yang membuat Irisan - irisan kulit jeruk berselimut gula dengan warna oranye atau kuning yang cerah akan membuat mata kita menjadi tergiur saat memandangnya bahkan sampai ngeces / air liur menetes, yang lebih lezat lagi apalagi manisan kulit jeruk ini kita padukan dengan aroma coklat, hmmm sulit di ucapkan dengan kata - kata kelezatannya, silahkan aja kalian membuatnya dengan panduan resep di bawah ini kemudian silahkan cicipi saja rasanya sendiri ya. Pada umumnya banyak orang yang membuang kulit jeruk dengan begitu aja, karena menganggap kulit jeruk itu hanyalah bagian dari sampah yang harus di buang, padahal kulit jeruk tersebut mempunyai nilai ekonomis jika kita olah dan tentu saja juga banyak manfaatnya, salah satunya adalah dapat diolah menjadi cemilan yang enak, yaitu permen atau manisan kulit jeruk. Ayo Kita Belajar Membuatnya !
Contoh  Produk Manisan Kulit Jeruk Mandarin Yang Ada Di Pasaran Bisa Kita Lihat dengan Cara :

Ternyata aroma citrus yang segar membuat manisan ini jadi idola banyak orang, Sebelum kita praktekan cara Mengolah Kulit Jeruk Mandarin  Sunkist Menjadi Manisan, silahkan anda simak video tutorial berikut ini tentang uraian singkat cara membuat manisan kulit jeruk dengan mudah dan cepat ! selamat menyimak !


Contoh kreasi Produk - produk Manisan Kulit jeruk yang siap di makan bisa anda dapatkan Informasi Lengkapnya silahkan anda Klik dengan Cara : 

Persiapan Sebelum Mengolah Kulit Jeruk Mandarin - Sunkist Menjadi Manisan

  • Sebaiknya memilih kulit jeruk yang kulitnya tebal seperti jeruk jenis sunkist, jeruk bali atau jenis jeruk yang kulitnya tidak begitu Pahit atau Asam.
  • Kupaslah jeruk dengan hati-hati agar tidak sobek dan buang sebanyak mungkin bagian kulitnya yang berwarna putih, bagian yang seperti sponge ini membuat manisan terasa getir.
  • Hasilnya Bisa dikreasikan dengan coklat dan selai
Bahan utama yang Anda butuhkan tentu saja adalah buah jeruk. Gunakan kulit jeruk mandarin atau jeruk keprok karena tidak terlalu pahit dan tebal. Bahan utama lain tentu saja adalah gula dan air untuk merebus.

Bahan – bahan Untuk Bikin Manisan Kulit Jeruk :

  • 2 butir jeruk sunkist, ambil kulitnya
  • 200 gram gula pasir untuk merebus
  • 300 ml air
  • 100 gram gula pasir untuk taburan

Cara membuat Manisan Kulit Jeruk

  1. Jeruk mandarin dipotong menjadi 4 bagian. Kupas kulitnya dan pisahkan dari buah jeruk.
  2. Potong memanjang korek api setiap kulit jeruk yang sudah dipisahkan dari buahnya. Setelah itu cuci sebentar kulit jeruk.
  3. Tambahkan air hingga kulit terendam dan rebus jeruk dalam air mendidih. Setelah kurang lebih 15 menit, angkat dan tiriskan kulit, buang air rebusannya.
  4. Setelah itu campur air dan gula dengan perbandingan 3:1 dan rebus hingga mendidih. Masukkan kulit jeruk dan rebus dengan api kecil hingga 30-45 menit atau sampai kulit lunak namun jangan sampai hancur.
  5. Setelah ditiriskan dari air gula, gulung kulit jeruk ke dalam gula pasir dan pisahkan di suatu wadah atau nampah,  Biarkan hingga benar-benar kering atau paling tidak semalam di udara terbuka.


Proses Pembuatan Manisan Kulit Jeruk



Kerat permukaan kulit jeruk menggunakan pisau tajam hingga pisau menyentuh bagian daging buah, buat beberapa keratan mulai dari ujung jeruk hingga pangkal. Saya membaginya menjadi 4 bagian. Kupas kulit jeruk mengikuti keratan yang telah dibuat, hati-hati jangan sampai kulit jeruk sobek. Lakukan pada jeruk lainnya.

Buang bagian dalam kulit jeruk yang berwarna putih seperti sponge sebanyak mungkin, jika ada bagian putih yang masih menempel biarkan saja. Potong-potong kulit jeruk secara membujur dengan lebar 1/2 cm.


Siapkan panci, masukkkan 500 ml air rebus hingga air mendidih. Masukkan kulit jeruk, rebus hingga kulit berubah warna, sekitar 5 -10 menit. Tiriskan kulit jeruk dan buang air rebusan. Ulangi lagi proses merebus satu kali lagi, kemudian tiriskan.



Masukkan air sebanyak 300 ml ke dalam panci, tambahkan gula pasir, rebus hingga mendidih. Masukkan kulit jeruk, kecilkan api kompor hingga air rebusan hanya mengeluarkan letupan-letupan kecil saja dan rebus kulit jeruk dalam air gula hingga air tersisa kurang dari setengahnya. Jangan mengaduk-aduk kulit jeruk selama perebusan agar gula tidak mengkristal.

Angkat panci dari api kompor dan biarkan kulit jeruk dingin dalam larutan gula. Tiriskan kulit jeruk dengan meletakkannya diatas saringan kawat atau kawat berlubang seperti yang saya gunakan.

Siapkan piring, tuangkan 100 gram gula keatasnya, lumuri kulit jeruk dalam gula pasir hingga semua permukaan kulit tertutupi. Tata kulit jeruk diatas loyang beralas kertas minyak dan biarkan hingga kering. Saya mendiamkannya selama semalam.

Jika gula telah kering dan kulit jeruk terasa kaku dan tidak lembab, masukkan kedalam kantung plastik atau stoples, tutup rapat dan simpan di kulkas. Manisan kulit jeruknya sudah siap untuk di santap.

Cara Alternatif, Dipotong - Potongnya setelah kulis jeruk di rebus dengan air gula.

  • Siapkan 2 buah jeruk navel, 250 gr gula pasir untuk merebus dan 350 ml air dan 100 gram gula pasir untuk taburannya.
  • Cuci dan kupas buah jeruk navel, sisihkan dagingnya. Hilangkan sedikit bagian berwarna putih yang berbentuk mirip seperti sponge pada bagian kulit jeruk. Potong kulit jeruk dengan bentuk korek api dengan lebar sekitar 1 cm.
  • Siapkan panci berukuran sedang, masukkan air secukupnya dan masak hingga mendidih. Tambahkan kulit jeruk, rebus hingga kulit berubah warna sekitar 5-10 menit. Tiriskan dan buang air rebusannya. Ulangi proses perebusan satu kali lagi dan tiriskan.
  • Tambahkan 300 ml air kemudian campurkan gula pasir dan rebus hingga mendidih. Masukkan kulit jeruk, kecilkan kompor hingga air rebusannya mengeluarkan letupan kecil dan air berkurang. Sebaiknya jangan diaduk-aduk terlalu sering agar tidak terjadi proses pengkristalan.
  • Setelah airnya berkurang, biarkan jeruk dingin dalam larutan gula. Setelah itu, tiriskan dengan cara meletakkan manisan di atas saringan kawat. Lumuri dengan gula pasir, kemudian dikeringkan selama sehari di tempat kering dan sejuk.
Ternyata selain contoh kreasi kulit Jeruk di atas, ternyata memang masih ada beberapa kreasi manisan Kulit Jeruk karya anak Bangsa yang tidak kalah lezat dan sudah bahkan di export ke luar negeri, kita juga bisa coba belajar membuatnya, yuk di simak guys !

--> SELANJUTNYA