Hi Quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Langanan Via E-mail

Ayo Pelajari Carannya

Cara Mendapatkan Hadiah Voucher Belanja Gratis Dari Sandisk

Cara Mendapatkan Promo Barang Murah

Cara Belanja Lebih Irit dan Hemat

Cara Mengolah Kulit Jeruk Mandarin - Sunkist Menjadi Manisan




Siapa sangka kulit jeruk yang biasanya di buang ke tempat sampah ternyata bisa diolah menjadi manisan yang sangat lezat, legit dan segar. di luar negeri manisan kulit jeruk sunkist di sebut Candied Orange Peel dan sangat mahal harganya, rasa manisan kulit jeruk yang wangi aromanya dan lezat ketika di kunyah ini bisa kita buat sendiri di rumah, Irisan-irisan kulit jeruk berselimut gula dengan warna oranye atau kuning yang cerah ini memang membuat mata menjadi tak jemu memandang dan air liur menetes, apalagi dipadukan dengan aroma coklat, hmmm sulit di ucapkan dengan kata - kata kelezatannya, silahkan anda cicipi saja sendiri ya.  Pada dasarnya

banyak orang yang membuang kulitnya begitu aja karena menganggap hanyalah sampah.Padahal kulit jeruk tersebut mempunyai banyak manfaat, salah satunya adalah dapat diolah menjadi cemilan yang enak, yaitu permen atau manisan kulit jeruk.

Ternyata
aroma citrus yang segar membuat manisan ini jadi idola banyak orang, Sebelum kita praktekan cara Mengolah Kulit Jeruk Mandarin  Sunkist Menjadi Manisan, silahkan anda simak video tutorial berikut ini tentang uraian singkat cara membuat manisan kulit jeruk.



SEKILAS INFO


http://goo.gl/ctFNpk

Mau Pempers Gratis Premium Care New Born isi 13 Gratis ? Tersedia 40 Ribu Paket Sample Gratis Isi 13 Pcs untuk Anda !


Good Luck!

Cek Info Promo Berikutnya Di Sini



Atau Di --> SINI



Persiapan Sebelum Mengolah Kulit Jeruk Mandarin - Sunkist Menjadi Manisan

Sebaiknya memilih kulit jeruk yang kulitnya tebal seperti jeruk jenis sunkist, jeruk bali atau jenis jeruk yang kulitnya tidak begitu pahit atau masam.

Kupaslah jeruk dengan hati-hati agar tidak sobek dan buang sebanyak mungkin bagian kulitnya yang berwarna putih, bagian yang seperti sponge ini membuat manisan terasa getir.

Hasilnya Bisa dikreasikan dengan coklat dan selai


Bahan utama yang Anda butuhkan tentu saja adalah buah jeruk. Gunakan kulit jeruk mandarin atau jeruk keprok karena tidak terlalu pahit dan tebal. Bahan utama lain tentu saja adalah gula dan air untuk merebus.

Bahan – bahannya :

- 2 butir jeruk sunkist, ambil kulitnya
- 200 gram gula pasir untuk merebus
- 300 ml air
- 100 gram gula pasir untuk taburan


Cara membuat:

Jeruk mandarin dipotong menjadi 4 bagian. Kupas kulitnya dan pisahkan dari buah jeruk.
Potong memanjang korek api setiap kulit jeruk yang sudah dipisahkan dari buahnya. Setelah itu cuci sebentar kulit jeruk.

Tambahkan air hingga kulit terendam dan rebus jeruk dalam air mendidih. Setelah kurang lebih 15 menit, angkat dan tiriskan kulit, buang air rebusannya.

Setelah itu campur air dan gula dengan perbandingan 3:1 dan rebus hingga mendidih. Masukkan kulit jeruk dan rebus dengan api kecil hingga 30-45 menit atau sampai kulit lunak namun jangan sampai hancur.

Setelah ditiriskan dari air gula, gulung kulit jeruk ke dalam gula pasir dan pisahkan di suatu wadah atau nampah,  Biarkan hingga benar-benar kering atau paling tidak semalam di udara terbuka.

Proses Pembuatanya




Kerat permukaan kulit jeruk menggunakan pisau tajam hingga pisau menyentuh bagian daging buah, buat beberapa keratan mulai dari ujung jeruk hingga pangkal. Saya membaginya menjadi 4 bagian. Kupas kulit jeruk mengikuti keratan yang telah dibuat, hati-hati jangan sampai kulit jeruk sobek. Lakukan pada jeruk lainnya.

Buang bagian dalam kulit jeruk yang berwarna putih seperti sponge sebanyak mungkin, jika ada bagian putih yang masih menempel biarkan saja. Potong-potong kulit jeruk secara membujur dengan lebar 1/2 cm.



Siapkan panci, masukkkan 500 ml air rebus hingga air mendidih. Masukkan kulit jeruk, rebus hingga kulit berubah warna, sekitar 5 -10 menit. Tiriskan kulit jeruk dan buang air rebusan. Ulangi lagi proses merebus satu kali lagi, kemudian tiriskan.



Masukkan air sebanyak 300 ml ke dalam panci, tambahkan gula pasir, rebus hingga mendidih. Masukkan kulit jeruk, kecilkan api kompor hingga air rebusan hanya mengeluarkan letupan-letupan kecil saja dan rebus kulit jeruk dalam air gula hingga air tersisa kurang dari setengahnya. Jangan mengaduk-aduk kulit jeruk selama perebusan agar gula tidak mengkristal.

Angkat panci dari api kompor dan biarkan kulit jeruk dingin dalam larutan gula. Tiriskan kulit jeruk dengan meletakkannya diatas saringan kawat atau kawat berlubang seperti yang saya gunakan.

Siapkan piring, tuangkan 100 gram gula keatasnya, lumuri kulit jeruk dalam gula pasir hingga semua permukaan kulit tertutupi. Tata kulit jeruk diatas loyang beralas kertas minyak dan biarkan hingga kering. Saya mendiamkannya selama semalam.

Jika gula telah kering dan kulit jeruk terasa kaku dan tidak lembab, masukkan kedalam kantung plastik atau stoples, tutup rapat dan simpan di kulkas. Manisan kulit jeruknya sudah siap untuk
di santap.

Picture Source by  Justy
And Taste.


Cara Alternatif, Dipotong - Potongnya setelah kulis jeruk di rebus dengan air gula.


Siapkan 2 buah jeruk navel, 250 gr gula pasir untuk merebus dan 350 ml air dan 100 gram gula pasir untuk taburan.

Foto: Thinkstock

Cuci dan kupas buah jeruk navel, sisihkan dagingnya. Hilangkan sedikit bagian berwarna putih yang berbentuk mirip seperti sponge pada bagian kulit jeruk. Potong kulit jeruk dengan bentuk korek api dengan lebar sekitar 1 cm.

Siapkan panci berukuran sedang, masukkan air secukupnya dan masak hingga mendidih. Tambahkan kulit jeruk, rebus hingga kulit berubah warna sekitar 5-10 menit. Tiriskan dan buang air rebusannya. Ulangi proses perebusan satu kali lagi dan tiriskan.

Foto: Thinkstock


Tambahkan 300 ml air kemudian campurkan gula pasir dan rebus hingga mendidih. Masukkan kulit jeruk, kecilkan kompor hingga air rebusannya mengeluarkan letupan kecil dan air berkurang. Sebaiknya jangan diaduk-aduk terlalu sering agar tidak terjadi proses pengkristalan.

Foto: Thinkstock


Setelah airnya berkurang, biarkan jeruk dingin dalam larutan gula. Setelah itu, tiriskan dengan cara meletakkan manisan di atas saringan kawat. Lumuri dengan gula pasir, kemudian dikeringkan selama sehari di tempat kering dan sejauk. Simpan dalam stoples kaca atau wadah bertutup.

Artikel ini dirangkum Dari Berbagai Sumber


      Sebelum Anda Menutup Halaman Ini ada baiknya anda berbagi kasih dengan  membagikan Informasi bermanfaat ini kepada teman - teman yang lain dengan cara menekan Tombol Share Di bawah Postingan ini, agar semakin banyak orang yang di berkati lewat informasi yang anda bagikan.




0 komentar:

Poskan Komentar