Cara Bikin Cat Tembok Sendiri Dengan Bahan Berkwalitas - Ayo Pelajari Caranya

Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI


Cara Bikin Cat Tembok Sendiri Dengan Bahan Berkwalitas

Cara Bikin Cat Tembok Sendiri

Mencari Tahu Cara Membuat Cat Tembok Sendiri Dari Bahan Berkwalitas

Bukanlah hal yang sulit meracik, mengaduk atau membuat cat tembok sendiri dari bahan - bahan yang bisa kita beli terpisah dan kemudian kita aduk sendiri sehingga menjadi cat tembok yang berkwalitas dan warnanya sesuai dengan selera atau keinginan kita ! walauoun sekarang ini sudah tersedia mesin portable pengaduk warna cat terkomputerisasi yang tersedia di toko - toko cat dan bahan bangunan, tetapi perbadingan harganya cukup jauh lebih mahal di bandingkan jika kalian meraciknya sendiri, selain bisa berhemat, siapa tahu terinspirasi untuk bikin pabrik pengemasan cat tembok dengan merek sendiri, secara umum ini memang sebuah peluang bisnis yang patut kita pelajari lebih jauh, di sisi lain, artikel ini akan menambah ketrampilan kita dengan mempelajari cara bikin cat tembok tersebut ! Kalau untuk bahan - bahan bakunya, kita gak usah khawatir, karena di bumi indonesia tersedia banyak sekali bahan baku pembuat cat tembok tersebut, atau jika ingin beli bahan baku yang sudah siap di campurkan / di aduk, kalian bisa dengan mudah mendapatkannya di toko - toko bahan bangunan dan toko - toko bahan kimia terdekat ! jika kalian memang malas untuk mencari bahan - bahannya di pasar, maka bisa bisa beli secara online dengan bantuan armada pengiriman online ! Yuk di simak guys, Siapa tahu artikel ini bisa menginspirasi kalian untuk menjadi pengusaha Cat Tembok !

Nah sebelum kita membahasnya lebih lengkap lagi tentang bagaimana langkah - langkah meracik cat tembok yang berkwalitas serta apa saja bahan - bahan yang di butuhkan, mari kita saksikan sejenak salah satu video tutorial berikut ini yang berisi bagaimana caranya bikin cat tembok dan tehnik atau proses pengadukan yang baik dan benar, agar semua bahan - bahan yang di campurkan bisa lebih mudah tercampur dengan sempurna, selamat menyimak !






Beberapa Contoh Aneka Jenis Cat Tembok Buatan anda dengan warna favorit yang Indah warnanya tersebut Tenyata Bisa juga diapplikasikan Ke Berbagai Benda selain tembok, mulai dari mebel sampai kerajinan tangan dan berikut ini proses atau Langkah - Langkah Membuat Cat Tembok Sendiri dengan bahan - bahan oplosan sbb :

Bahan - Bahan Baku yang diperlukan Untuk membuat Cat Tembok Berkwalitas :


  1. CaCO3  :   Kalsium karbonat   =  2kg
  2. TiO2      :   Titan Dioksida   =  2 ons
  3. P.V.A.C :   Propylene Vinyl Acrylic =  1 kg
  4. H2O       :  Air  ( air matang )   = 3/4 Liter
  5. Pigmen Colour  =   Secukupnya
  6. Kaolyn  / Kaolin  / clay  = 1 kg
  7. Pine Oil = 10 cc

Setelah bahan - bahan tersebut di atas tersedia, langkah berikutnya mari kita mulai untuk proses peracikan dan pengadukannya  :

Siapkan Larutan A yang Meliputi CaCO3 Dilarutkan dengan Air dan P.V.A.C diaduk sampai benar - benar larut / atau senyawa disarankan memakai pengaduk mesin semacam pengaduk / mixer kue dan sejenisnya.

Larutan B : TiO2  dilarutkan pada larutan A diaduk sampai merata

Kaolin dilarutkan pada larutan B kemudian setelah tercampur rata tambahkan Pigment colour diaduk terus sampai rata. jika sudah larutan ini sudah menjadi cat mentah yang disebut blank point.
   
Supaya cat mentah tersebut warnanya tidak luntur atau berubah jika ditambahkan dengan air, maka larutkanlah pine oil.


Bentuk dan jenis Serta Sifat Bahan Cat Tembok :

CaCO3  :   Kalsium karbonat  berbentuk tepung putih, sifatnya mudah larut dengan air, senyawa dengan kulit manusia.
    
TiO2      :   Titan Dioksida bentuknya seperti tepung putih juga namun sifatnya yaitu lengket, mudah bersenyawa dengan H2O / Air , tetapi tidak senyawa dengan kulit manusia jadi kalau bahan ini kita taruh pada kulit lalu kita gosok tetap tidak bisa hilang, lain halnya dengan CaCO3 jika kita gosok maka akan hilang.
  
P.V.A.C ini bentuknya putih lengket, berfungsi agar cat tembok tidak luntur.
   
Pigment colour ini adalah pewarna khusus untuk membuat cat tembok, tetapi untuk jenis warna ini juga bisa digunakan untuk sablon kain / kaos.
   
Kaolyn / Kaolin  bentuknya serbuk putih tetapi agak kotor terbuat dari tanah putih
   
Pine oil gunanya untuk penguat warna dan aroma

Nah Bagaimana ? apakah sejauh ini Kalian sudah paham ? Jika Belum, silahkan simak lagi penjelasan lebih detailnya di bawah ini :

Untuk Langkah - langkah yang Lebih Lengkap lagi, Bisa anda simak di bawah ini :

Bahan-bahan Yang Di Butuhkan !

1. Calsium Carbonate (CaCO3)

Bahan Calsium Carbonate (CaCO3) ini berbentuk seperti tepung dan berwarna putih. Bahan ini memiliki sifat yang mudah larut dengan air dan senyawa dengan kulit manusia. Jadi, bahan ini aman dan mudah hilang jika terkena kulit anda.

2. Titan Dioksida (TtiO2)

Bahan Titan Dioksida (TtiO2) juga berbentuk seperti tepung berwarna putih, namun sifatnya lebih lengket tapi tetap mudah larut dengan air. Bahan Titan Dioksida (TtiO2) ini tidak senyawa dengan kulit anda. Jadi, bahan ini tidak mudah hilang jika terkena kulit anda. Jika anda ingin membuat cat tembok berwarna putih anda dapat menggunakan Titan Dioksida (TtiO2). Namun jika anda ingin membuat cat tembok berwarna, anda dapat menggunakan Pigmen Warna (pewarna sablon kaos) dengan warna sesuai dengan keinginan anda.

3. Propyline Vinyl Acrylic (PVaC)

Bahan Propyline Vinyl Acrylic (PVaC) ini berwarna putih dan lengket. Fungsi dari bahan ini adalah sebagai perekat atau penguat cat tembok anda agar tidak mudah luntur.

4. Kaolyn atau Bolus Alba

Bahan Kaolyn ini berbentuk sperti tepung berwarna putih. Bahan ini berfungsi sebagai obat jamur dan pengawet pada cat tembok buatan anda.

5. Pine Oil

Bahan ini berguna untuk penguat warna dan penguat aroma dari cat tembok buatan anda.

6. Air dan Pewangi

Air digunakan sebagai pelarut dan jika anda ingin membuat aroma cat tembok anda lebih wangi, anda dapat menggunakan pewangi. Namun, hal ini bergantung dengan selera anda, dan setelah semua bahan-bahan pembuat cat tembok di atas telah tersedia. Barulah, anda dapat memperhatikan langkah-langkah di bawah ini untuk membuat cat tembok sendiri.

Langkah Pembuatannya !

1. Langkah yang pertama adalah anda cairkan Propyline Vinyl Acrylic (PVaC) dengan air.

2. Kemudian, barulah anda campurkan Propyline Vinyl Acrylic (PVaC) cair dan Calsium Carbonate (CaCO3) dengan air, lalu aduk semua bahan tersebut hingga tercampur rata menggunakan mixer.

3. Setelah bahan tersebut tercampur rata, anda masukkan Titan Dioksida (TtiO2) atau pigmen warna sedikit demi sedikit sambil diauk hingga menjadi rata dan warna yang anda inginkan terlihat. Untuk pembuatan cat warna, sebaiknya takaran pigmen warnanya anda memiliki catatan takaran yang tepat.

4. Kemudian, tambahkan Kaolyn dan Pine oil pada campuran tersebut agar warna cat tidak mudah luntur dan cat tidak mudah berjamur, lalu aduk-aduk hingga semuanya tercampur rata.

5. Cat tembok buatan anda pun telah selesai dibuat dan dapat langsung anda gunakan atau anda masukkan ke dalam kemasan untuk di pasarkan kepada konsumen.
Untuk membuat cat tembok anda lebih mengkilap, anda dapat menambahkan bahan kilap cat, seperti : matt/doff, eggshell, semigloss, dan gloss. Semakin mengkilap cat tembok buatan anda maka kadar pigmen warna yang anda gunakan harus semakin rendah.


Ini Adalah Contoh Tepung Pigmen Warna !



Silahkan Di Coba Apa saja warna - warna yang dasar yang tersedia dan bisa kombinasikan menjadi warna baru anda sendiri.