Hi Quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Langanan Via E-mail

Ayo Pelajari Carannya

Cara Mendapatkan Promo Barang Murah

Cara Belanja Lebih Irit dan Hemat

Caranya Agar Santan Tidak Pecah Saat Dimasak




Memasak dengan santan ternyata gampang - gampang susah, gampang jika tahu caranya dan susah jika tidak hati - hati santan bisa pecah dan tidak bisa lagi menyatu dengan kuah masakan anda, penampilan masakan anda pun akan terlihat cantik jika santan tidak pecah saat dimasak, di lain sisi masakan bersantan rentan akan basi jika tidak dimasak dengan benar dan jika disajikannya tak tepat. semua hal negatif ini bisa anda hindari jika anda mau belajar tentang cermat mengolah masakan bersantan yang akan kita bahas secara menyeluruh di bawah ini, namun sebelumnya anda bisa saksikan video tutorial berikut ini yang memberikan sebuah wawasan baru kepada anda tentang Tip's bagaimana mengolah santan agar tidak pecah saat di masak, selamat menyimak.




Sedikit Tips untuk anda tentang cara mengolah santan
Tips Mengolah Masakan Santan

Saat Anda memasak dan memerlukan santan, pasti Anda melakukan pengadukan secara rutin. Sebab bila tidak, santan akan pecah dan masakan Anda terlihat kurang sedap dipandang mata. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, ada cara sederhana agar santan tidak pecah meski jarang anda aduk anda bisa gunakan cara berikut ini :

Caranya :
  • Ambil satu lembar kecil daun pisang yang sudah dibersihkan.
  • Masukkan dalam masakan yang sudah diberi santan, panasi dengan api kecil hingga mendidih. pastilah santan anda tidak akan pecah meski jarang anda aduk.

Cara Agar Masakan Bersantan Awet

Jika anda suka masakan bersantan, sering dihadapkan pada masalah tidak awet lama atau lekas basi, dengan cara ini masakan bersantan akan awet walaupun disimpan cukup lama.

 Silahkan simak Rahasianya Berikut ini :
  • Kelapa yang akan dibuat santan harus dikupas dulu kulit arinya.
  • Kerik sampai rata bagian dalamnya sebelum dibuat santan.
  • Pada waktu memeras, gunakanlah air hangat matang jangan yang dingin.
Proses pengadukan adalah kunci utama saat memasak menggunakan santan.

Perhatikan hal ini Saat anda memasak santan :


- Pastikan Anda sering – sering mengaduk masakan yang berkuah santan agar tidak pecah.
- Untuk masakan yang proses pematangannya agak lama, sebaiknya santan dimasukkan belakangan saat masakan hampir matang.
- Masakan yang akan dikentalkan seperti kuah mi koclok misalnya tidak apa bila terlanjur pecah, karena diakhir proses pematangannya akan dikentalkan dan santan akan menyatu kembali, tapi seperti kuah soto atau kuat kare, sebaiknya jaga jangan sampai santanya pecah.


Untuk Makanan atau masakan bersantan yang manis, Begini cara penangananya, kuah santan pada hidangan manis seperti cendol, bubur, kolak pisang sebaiknya tidak pecah atau minyak keluar. Jika Anda memasak hidangan gurih dan berempah seperti pada hidangan utama, santan memang dimasak hingga minyaknya keluar.

Untuk mencegah santan pecah, maka jangan masak terlalu lama. Begitu santan mendidih, segera matikan api dan angkat. Jangan lupa selama proses memasak, usahakan santan sering diaduk untuk mengurangi kemungkinan pecah dan mencegah santan meluap.Yang terpenting ketika Anda menyajikan hidangan apapun menggunakan santan segar, sebaiknya gunakan jenis kelapa yang masih segar.


http://goo.gl/ctFNpk

Mau Pempers Gratis Premium Care New Born isi 13 Gratis ?  Tersedia 40 Ribu Paket Sample Gratis Isi 13 Pcs untuk Anda !


Good Luck!

Cek Info Promo Berikutnya Di Sini


Atau Di --> SINI



Cara Mendapatkan Santan Berkwalitas Segar dan wangi

Bulan Puasa sudah dekat, santan pada umumnya merupakan bahan utama segala jenis makanan dan kue selama puasa. Santan pecah atau berwarna dekil sering ditemui saat memasak dengan santan. Apa saja yang perlu diperhatikan saat membuat santan segar ? mari kita simak tips selengkapnya berikut ini.

Memilih Jenis Kelapa Yang Tua Dan Masih SegarSantan segar dibuat dari kelapa segar. Pilihlah kelapa segar yang tua untuk diambil santannya. Jenisnya ada kelapa merah dan hijau. Kelapa hijau biasanya santannya agak dekil sedangkan kelapa merah lebih kemerahan. Khusus untuk membuat kue, pilihlah jenis kelapa merah agar warna kue tidak jelek. Khusus untuk campuran dan taburan kue, pilihlah kelapa yang sedang tidak terlalu tua dan agak lunak agar rasanya lebih legit serta aromanya lebih wangi.

Perhatikan Jenis Parutan Yang Digunakan
Setelah dikupas, parut kelapa sesuai keperluan. Jika akan dibuat santan bisa diparut halus (dengan arah parutan melintang) atau memakai mesin pemarut kelapa moderen, Jika akan dipakai untuk serundeng atau taburan kue-kue, partulah dengan arah vertikal agar mendapatkan serat yang panjang.

Jika anda sibuk anda bisa Gunakan Santan Instant Siap Pakai

Santan instan berupa bubuk dan cair banyak dijual dalam kemasan karton atau kalengan. Santan ini bisa jadi pengganti santan segar meskipun di dalamnya diberi bahan tambahan. Perhatikan petunjuk kemasan terutama takaran penambahan air jika ingin membuat santan kental dan encer. Karena diberi 'homogenizer' maka santan ini tidak mudah pecah.

Perhatikan Cara memeras
Sebaiknya jika akan diambil santannya, kupas kelapa agar lebih bersih santannya. Pertama, peras kelapa parut untuk mendapatkan santan murni pertama. Setelah itu secara bertahap tambahkan air dan peras kembali. Perasan pertama dan kedua merupakan santan kental. Sebaiknya pisahkan dahulu. Perasan setelah ini merupakan santan encer karena lebih bening. Jika sudah dipisahkan akan lebih mudah saat dipakai.

Perhatikan Proses memasaknya 

Santan pecah adalah santan yang memisah antara lapisan yang kental lebih berminyak dengan yang cair. Hal ini terjadi jika santan dipanaskan pada suhu tinggi dan tidak diaduk-aduk sehingga terjadi pemisahan dengan bagian yang berair. Karena itu panaskan santan dengan api kecil dan aduk-aduk hingga mendidih. Jika masakan memerlukan dua jenis santan, kental dan encer. Masaklah lebih dahulu bahan-bahan dengan santan encer hingga bumbu dan bahan meresap. Setelah itu baru masukkan santan kental, aduk-aduk dan panaskan kembali dengan api kecil hingga kental. Makanan bersantan seperti gulai dan kari mudah sekali basi. Karena itu tiap kali harus selalu dipanaskan kembali hingga mendidih.

Beginilah Cara menyimpan Santan Agar awet.
Santan segar atau yang sudah direbus bisa disimpan dalam freezer agar tidak cepat basi. Taruh santan dalam kantong plastik tebal. Pisahkan santan kental dan encer lalu simpan di dalam freezer. Jika akan dipakai tinggal dilumerkan pada suhu ruangan. Sayangnya santan beku ini memang tidak bisa sebagus santan segar tetapi rasanya tetap gurih enak.

Selamat Mencoba !

Artikel ini dirangkum Dari Berbagai Sumber


      Sebelum Anda Menutup Halaman Ini ada baiknya anda berbagi kasih dengan  membagikan Informasi bermanfaat ini kepada teman - teman yang lain dengan cara menekan Tombol Share Di bawah Postingan ini, agar semakin banyak orang yang di berkati lewat informasi yang anda bagikan.


0 komentar:

Posting Komentar