Hi Quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Langanan Via E-mail

Ayo Pelajari Carannya

Cara Mendapatkan Hadiah Voucher Belanja Gratis Dari Sandisk

Cara Mendapatkan Promo Barang Murah

Cara Belanja Lebih Irit dan Hemat

Cara Mudah Belajar Main Catur bagi Pemula Agar Cepat Mahir




Sungguh Luar Biasa, tenyata  Permainan Papan Catur ini adalah Game yang sangat kuno namun seiring perjalanan waktu dan perkembangan tehnologi permainan ini masih tetap eksis dan tetap update bagi semua orang yang memainkannya. Permainan ini adalah permainan pikiran yang dimainkan oleh dua orang, ada jutaan kombinasi langkah dan strategi menjalankan permainan catur ini, hal inilah yang membuat permainan ini di akui sebagai permainan yang dapat meningkatkan kecerdasan seseorang, dan jika anda atau anak - anak anda ingin lebih cerdas kalian bisa melatih otak kalian di dalam permainan ini, dan faktanya  Permainan catur ini telah ada selama berabad-abad sebagai permainan kaum intelek dan sarjana sebagai sarana untuk olahraga otak, karena permainan ini memang memerlukan tingkat genius – namun bukan berarti anak kecil tidak bisa mengalahkan orang dewasa, atau seorang petani tidak dapat mengalahkan seorang sarjana didalam permainan catur ini. inilah yang membuat permainan catur semakin unik. apakah anda sudah tahu cara main catur ? jika belum ayo pelajari caranya Belajar Main Catur bagi Pemula Agar Cepat Mahir berikut ini ! dan sebelum kita membahasnya satu persatu anda dapat menyimak salah satu video tutorial yang akan membuka wawasan anda tentang manfaat dan cara mudah bermain catur bagi pemula, selamat menyimak !






Jika anda Belum mempunyai papan catur Tradisional yang murah meriah, maka anda dapat memesannya secara online di SINI


Atau Di --> SINI



Langkah - Langkah Belajar Main Catur !


Mari kita Mulai Memahami Aturan Permainan, Papan, dan Buah Catur Terlebih Dahulu !


Mulailah Pelajari tiap buah catur dan bagaimana gerakannya. Tiap buah bergerak dengan cara berbeda. Berikut nama tiap bagian dan bagaimana ia bergerak (dengan satu atau dua pengecualian, yang akan kami jelaskan sebentar lagi):
  • Pion (Pawn): Buah paling dasar dalam permainan (Anda memiliki 8 biji). Pada gerakan pertamanya, ia bisa bergerak ke depan satu atau dua kotak, namun hanya boleh maju satu kotak setelah itu. Pion hanya boleh menyerang bagian lain satu kotak secara diagonal darinya, dan tidak bergerak mundur.
  • Benteng (Rook): Buah ini terlihat seperti menara istana. Ia bisa bergerak secara horizontal dan vertikal sejauh mungkin. Ia bisa menyerang buah yang berada di jalurnya.
  • Kuda (Knight): Ini dilambangkan seekor kuda dan merupakan buah yang paling rumit. Ia bergerak dengan bentuk ‘L’ yang terdiri dari dua kotak horizontal lalu satu kotak vertikal, atau satu kotak horizontal dan dua kotak vertikal, ke arah manapun. Kuda merupakan “satu-satunya buah yang bisa melompati buah lain”. Ia hanya menyerang buah yang berada di kotak yang ditempatinya.
  • Gajah (Bishop): Buah ini hanya bisa bergerak secaravertikal, namun bisa bergerak sejauh mungkin hingga menyerang. Ia berbentuk seperti topi menteri.
  • Ratu (Queen): Ia merupakan buah yang paling berkuasa (biasanya memiliki mahkota yang lebih feminin). Ia bisa bergerak secara horizontal, vertikal, maupun diagonal sejauh mungkin dan menyerah dari arah tersebut pula.
  • Raja (King): Ia hanya bisa bergerak satu kotak ke arah manapun dan menyerang dengan cara sama. Ia merupakan buah yang Anda “tidak ingin kehilangan bagaimanapun caranya”, karena itu akan membuat Anda kalah dalam permainan.
  • Ingat poin terkuat dari masing-masing buah.
    • Raja sangat berharga dan harus dilindungi.
    • Ratu merupakan buah yang paling serba guna dan paling bermanfaat untuk melinsungi buah, dan sering digunakan untuk cabang/serangan berganda (forking). Ratu mengkombinasikan kekuatan gajah dan benteng dalam satu buah. Ia dianggap paling berharga, disamping Raja.
    • Kuda sangat unggul untuk serangan tiba-tiba dan fork. Pole gerakannya sering dilewati dan membingungkan untuk pemain pemula.
    • Gajah biasanya unggul pada posisi terbuka. Namun banyak pemain pemula terkadang meremehkan gajah dan tidak mempergunakannya dengan maksimal.
    • Benteng kuat dan memiliki jarak bergerak yang panjang. Mereka paling bagus pada barisan terbuka.
    • Pion mungkin terlihat tidak penting, namun ia bisa sangat bagus untuk memerangkap lawan saat dikorbankan untuk menangkap buah yang lebih berharga. Jika dimainkan dengan tepat, sebuah pion bahkan bisa men-skak mat Raja!
Pahamilah Apa yang dimaksud dengan skak. Jika Raja Anda terkena skak, ia dibawah serangan buah lawan Anda. Saat Raja Anda dibawah skak, Anda harus bergerak keluar dari skak pada giliran berikutnya. Anda bisa keluar dari skak dengan tiga metode:
  • Dengan memindahkan Raja Anda ke kotak aman. Kotak yang aman adalah kotak dimana Raja Anda tidak di bawah skak.
  • Dengan menangkap buah yang melakukan skak.
  • Dengan menghalangi dengan salah satu buah Anda. Ini tidak bisa dilakukan dengan Pion atau Kuda.
    • Jika Anda tidak bisa melakukan salah satu hal di atas, dan Raja Anda masih terkena skak, permainan berakhir dan Anda kalah.
Dalam Permainan catur, Anda harus berusaha menangkap Raja lawan Anda, Walaupun ini tujuan utama, tujuan pendukung adalah untuk melindungi Raja Anda dari tertangkap. Ini dilakukan salah satunya dengan menangkap buah lawan Anda sebanyak mungkin atau Anda bisa menghindari penangkapan buah miliki Anda.
  • Catur merupakan permainan kepandaian dan strategi. Ada banyak gerakan dan peraturan yang awalnya tidak mampu diramal atau dimengerti oleh pemula. Sabarlah! Ia akan menjadi semakin menyenangkan selagi Anda lebih banyak bermain.

Pelajari Aturan susunan buah di papan Catur, Setelah Anda mengenali tiap buah, Anda bisa meletakkannya pada papan. Luruskan agat tiap pemain memiliki kotak berwarna terang di bagian bawah sebelah kanan. Berikut cara mengatur buah Anda:
  • Letakkan semua pion di barisan kedua di depan Anda agar Anda memiliki dinding pion di antara Anda dan lawan Anda.
  • Letakkan benteng di ujung tiap sisi papan Anda.
  • Letakkan kuda di sebelah tiap benteng dan gajah di sebelah tiap kuda..
  • Letakkan ratu di salah satu kotak yang tersisa, bergantung pada warnanya (contohnya, jika Anda memiliki ratu hitam, ia diletakkan di kotak hitam; jika putih, lalu harus diletakkan di kotak putih).
  • Terakhir, letakkan Raja di kotak yang tersisa. Periksa bahwa lawan Anda memiliki pengaturan buah yang sama. Ratu seharusnya saling berlawanan dan juga Raja.

Aturannya adalah Pemain putih membuat gerakan pertama. Mereka memilih buah tertentu yang ingin digerakkan untuk memulai serangan pertama, atau pembukaan. Mereka menggerakkan satu buah, dan pemain hitam melawannya. Pembukaan merupakan salah satu bagian terpenting dalam permainan. Tidak ada cara yang paling "benar" untuk melakukannya – tiap orang memiliki gaya tersendiri dan Anda akan menemukan gaya Anda. Namun ada beberapa hal yang harus diingat:
  • Jangan berusaha menyerang untuk saat ini. Pada pembukaan Anda, Anda hanya menggerakkan buah Anda ke tempat yang paling bermanfaat. Anda ingin mereka berada di kotak yang baik "dan" aman.
  • Umumnya, buatlah hanya 1 atau gerakan dengan pion Anda. Lalu mulailah berkonsentrasi pada buah yang lebih berkuasa – gajah, kuda, ratu, dan benteng. "Perkembangan" (menempatkan buah Anda ke kotak aktif, seperti di tengah) tidak komplit sampai semuah buah ini telah digerakkan.
  • Kebanyakan gerakan pembukaan Anda bergantung pada lawan – Anda hanya harus merasakan arah permainan. Jadi amati dan lihat apakah Anda bisa menerka apa rancangannya. Permainan ini lebih mengenai mengantisipasi ancaman dan ramalan.

Namun jika Anda ingin tahu cara memainkan permainan dengan cara Perancis dan sedikit lebih rumit, berikut caranya:
  • Jika Anda ingat, pion Anda bisa bergerak 2 kotak ke depan pada gerakan pertama. Katakan Anda melakukan itu, mendarat di sebelah pion lawan Anda, pada deret yang sama. Pada gerakan berikutnya – dan hanya gerakan berikutnya – lawan Anda bisa menangkap pion Anda "en-passant" (yang diterjemahkan menjadi: “in passing” atau melewati). Biasanya, pion hanya bisa menyerang satu kotak diagonal – namun ini kasus pengecualian dimana ia bisa menangkap saat melewati dan tetapi mendarat pada kotak diagonal yang sama.
  • Sekali lagi, ini hanya bisa terjadi "langsung" setelah pion membuat gerakan 2 kotak pertamanya. Jika giliran dilewati, kesempatan itu hilang. Gerakan ini hanya untuk pion dan tidak buah yang lain. Dengan begitu Anda tidak bisa menangkap ratu atau kuda dengan en passant.

Anda dan lawan Anda mengambil giliran, berusaha menangkap raja masing-masing dan menangkap buah sambil melakukannya. Jika Anda bisa mengancam ratu atau rajanya dan membuatnya defensif, Anda akan mandapat keuntungan, namun ada kemungkinan yang tidak terhingga untuk cara menang.
  • Pion mungkin saja terlihat hanya sebagai penghalang, namun jangan tergoda untuk mengorbankannya dulu. Jika Anda sampai ke sisi lain papan, ia bisa menjadi buah yang lain (kecuali raja)! Biasanya orang akan memilih ratu, namun Anda juga bisa menjadikannya benteng atau kuda atau gajah. Jika Anda bisa menyelinapkan pion Anda ke sisi lain tanpa lawan Anda memperhatikan, Anda bisa mengubah arus permainan secara keseluruhan.


Rahasia Supaya Selalu Menang Dalam Permainan Catur adalah :
Selalu berpikir satu atau dua langkah lebih awal. Jika Anda memindahkan kuda Anda kesana, apa yang akan terjadi? Apakah ini membuka buah lain untuk giliran lawan Anda yang berikutnya? Apakah Anda memiliki waktu untuk bermain penyerang atau apakah raja (atau bahkan ratu) Anda membutuhkan perlindungan? Apa ide yang sepertinya terbentuk di pihak lawan Anda? Kemana arah permainan menurut Anda dalam beberapa giliran berikutnya?
  • Ini bukan permainan dimana Anda bisa memindahkan buah kesana kemari tanpa berpikir – ia akan mempengaruhi satu sama lain satu atau lain cara. Anda akan memiliki pion yang menghalangi serangan gajah, Anda akan memiliki kuda yang melindungi raja Anda, dan benteng lawa Anda akan menangkap ratu Anda jika Anda tidak melakukan sesuatu. Jadi rencanakan gerakan selanjutnya dan gerakan setelah itu pula – dan gerakan lawan Anda juga, jika bisa. Untuk menang, Anda harus menggunakan taktik dan strategi!
  • Selalu miliki gerakan serangan balik, jika memungkinan. Anda bisa menyerahkan pion Anda ke gajah lawan jika itu berarti Anda bisa mengambil gajah tersebut dengan kuda Anda. Terkadang pengorbanan yang direncanakan dengan tepat harus dibuat.
Ada gerakan khusus yang melibatkan menggerakkan benteng dan Raja. Ini satu-satunya waktu dimana Anda bisa menggerakkan dua buah pada giliran yang sama. Selain gerakan en passant pion, satu gerakan spesial lain adalah rokade. Ini saat benteng dan raja Anda bertukar posisi – ini melindungi raja dan membuat benteng Anda berkembang dan siap beraksi. Biasanya bermanfaat untuk melakukan rokade pada raja Anda. Anda bisa melakukan rokade hanya jika:
  • Raja dan benteng yang akan dirokade belum digerakkan.
  • Raja tidak dibawah skak.
  • Tidak ada buah diantara Raja dan benteng.
  • Saat buah lawan Anda tidak mengendalikan kotak di antara posisi akhir rokade dan posisi yang tidak dirokade.
Pada satu giliran, Anda mengerakkan raja dan benteng Anda bersamaan. Jika melakukan rokade ke arah sisi Raja, raja Anda bergerak dua kotak ke kanan dan benteng Anda ditempatkan tepat di sebelah raja, (setelah bergerak dua kotak) Jika melakukan rokase ke arah sisi Ratu, raja Anda bergerak dua kotak ke kiri dan benteng Anda ditempatkan di sebelah raja (setelah digerakkan tiga kotak ke kanan).

Ingat Tujuan anda main catur adalah Memenangkan permainan dengan men-skak mat raja lawan Anda. Ini berarti Anda melakukan skak pada raja namun kali ini tidak ada cara melarikan diri. Saat ini terjadi, mengatakan "Skak mat!" bisa diterima, namun tidak perlu. Pada titik ini lawan Anda menjatuhkan rajanya dan mengisyaratkan kekalahan.
  • Remis (Stalemate) bisa terjadi – dimana permainan dasarnya berakhir seri. Ini saat raja Anda tidak dalam keadaan skak, namun juga tidak memiliki kotak aman untuk berpindah.
  • Ada beberapa cara lain dimana permainan bisa berakhir seri.
    • Dengan persetujuan. Jika kedua pemain setuju bahwa mereka tidak bisa menang atau melihat metode untuk menang, mereka bisa setuju seri..
    • Dengan pengulangan. Jika posisi persis sama papan catur, berlaku pada tiga titik berbeda sebuah permainan, permainan dinyatakan seri. Contohnya, jika kedua pemain hanya tetap menggerakkan kuda kesana kemari ke kotak yang sama, permainan akan dinyatakn seri.
    • Dengan peraturan 50 gerakan. Jika kedua pemain tidak menggerakkan pion atau menangkap buah selama 50 gerakan yang berurutan, permainan akan dinyatakan seri. Ini menghindari pemain dari bermain tanpa henti, atau melelahkan pemain..
    • Dengan bahan yang tidak cukup. Jika kedua pemain tidak memiliki bahan yang cukup untuk melakukan skak mat pada raja, permainan dianggap seri. Contohnya, Kuda dan Raja saja tidak bisa men-skak mat raja lawan yang sendirian.
    • Jika semua buah lain kecuali raja sudah ditangkap dan dihilangkan dari papan. Ini contoh dari bahan yang tidak mencukupi dan Raja tidak bisa melakukan skak mat atau skak pada raja lainnya sendirian. Permainan akan berakhir seri.

Strategi Bermain Catur

Selalu Berfikir Gunakan dan menjalankan semua buah catur Anda. Jangan tetap menggerakkan Kuda Anda kesana kemari, hanya karena ia bisa melakukan banyak skak. Gunakan seluruh tentara Anda! Salah satu kesalahan pemula terbesar adalah hanya menggunakan sedikit buah Anda. Saat itu terjadi, yang lainnya hanya tertinggal di belakang dan menjadi penangkapan yang mudah untuk lawan Anda. Jadi buat papan tetap hidup, buat lawan Anda tetap waspada.
  • Pada pembukaan Anda, letakkan beberapa pion satu atau kotak maju lalu mulai gerakkan buah lainnya. Ini membolehkan buah di baris pertama untuk melalui dan memasuki lapangan permainan dengan mudah, memberikan Anda kekuatan menyerang yang lebih banyak.
Karena banyak buah yang bisa bergerak ke banyak arah, mengendalikan bagian tengah dianggap lebih menguntungkan dibandingkan mengendalikan sisi. Saat Anda mendominasi bagian tengah, buah Anda lebih mudah bergerak dibandinginkan di samping atau ujung. Sebagai contoh, kuda hanya memiliki dua pilihan untuk bergerak dari ujung, namun ia memiliki delapan pilihan bergerak dari kotak tengah! Dominasi bagian tengah secepat mungkin.
  • Karena alasan inilah kebanyakan orang membuat pion tengah memulai permainan. Pastikan saja Anda tidak membuka raja Anda untuk skak mat yang awal oleh gajah atau ratu yang ditempatkan secara tepat!

Ingat ! Jangan Pernah  mengorbankan buah Catur Anda tanpa guna. Ini sangat penting, namun banyak pemain mengorbankan buahnya, bahkan grandmaster juga! Jika Anda memberikannya begitu saja buatlah sebagai penukaran. Jangan hanya melepaskan salah satu tanoa berpikir – mereka semua berharga, tak peduli itu pion atau ratu. Anda sistem poin, jika Anda ingin tahu. Semakin berharga, semakin banyak nilai poinnya:
  • Pion bernilai satu poin
  • Kuda bernilai 3 poin
  • Gajah bernilai 3 poin
  • Benteng bernilai 5 poin
  • Ratu bernilai 9 poin
    • Raja tidak ternilai karena jika Anda kehilangan raja Anda, Anda kalah dalam permainan.

Selalu Lindungi raja Anda. Ini sesuatu yang harus Anda perhatikan. Jika Anda tidak banyak melakukan hal lain – jika Anda tidak banyak menyerang – Anda harus melindungi raja Anda. Pindahkan ia ke ujung dengan melakukan rokade, bangun benteng menggunakan buah yang mengelilinginya, pastikan Anda meberikannya kotak untuk melarikan diri, jika lawan Anda mampu melakukan skak. Anda ingin membuat lawan Anda lebih banyak melarikan diri dibandingkan menyerang secepat mungkin.
  • Ia hanya bisa melakukan sedikit sendirian, namun ia bisa mempertahankan diri. Pada fase awal dan pertengahan permainan, ia selalu membutuhkan setidaknya satu atau dua buah untuk mengawasi skak. Namun pada bagian akhir permainan, saat hanya beberapa buah dan sedikit pion yang tersisa di papan, Raja menjadi buah perlawanan dan harus dipusatkan.

Nah, cukup asyikkan permainan ini, di bandingkan game moderen seperti Pokemon Go misalnya ? Yuk di coba !


Artikel ini dirangkum Dari Berbagai Sumber dan pengalaman kami


      Sebelum Anda Menutup Halaman Ini ada baiknya anda berbagi kasih dengan  membagikan Informasi bermanfaat ini kepada teman - teman yang lain dengan cara menekan Tombol Share Di bawah Postingan ini, agar semakin banyak orang yang di berkati lewat informasi yang anda bagikan.







0 komentar:

Poskan Komentar