Hi Quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Langanan Via E-mail

Ayo Pelajari Carannya

Cara Belanja Lebih Irit dan Hemat

Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Tanpa Harus Sengsara




Berapa banyak kalori yang anda timbun setiap hari didalam tubuh anda sehingga berat badan anda kian hari kian bertambah, anda bisa bayangkan jika dalam 1 bulan berat badan anda bertambah 1 kilogram saja, maka dalam setahun berat badan anda akan bertambah 12 kilogram, bagaimana 2 tahun atau 5 tahun kemudian, wow... ! bagaimana jika sebaliknya anda mengurangi cukup 1 kilogram berat badan anda selama 1 bulan saja, maka dalam setahun di jamin anda akan tampak lebih langsing. Perlu di ingat mengurangi berat badan itu tidak perlu tergesa - gesa dan membuat hidup anda menjadi menderita, yang penting anda tetap enjoy dengan kehidupan anda dan berat badan anda pun tetap terkontrol dengan baik. bagaimana caranya ? apakah hari mengkonsumsi obat - obatan atau pantang makan ini dan itu ? ooo tentu saja tidak ! karena metode mengurangi berat badan yang akan kita pelajari bersifat alami dan gak perlu pake ribet apalagi sampai membuat hidup anda sengsara.  Sebelum kita menguraikannya dengan lebih lengkap anda dapat menyasikan salah satu video tutorial tentang bagaimana cara Mudah Menurunkan Berat Badan Tanpa Harus Sengsara dan bersifat alami, sehingga akan menambah wawasan anda bahwa menurunkan berat badan itu berbicara tentang kesabaran dan ketekunan, jika anda ingin berat badan anda turun secara normal dan tanpa mengalami sengsara berikut inilah solusinya, selamat menyimak :

Apa yang dimaksud dengan kalori?
Kalori merupakan energi yang terkandung dalam makanan. Tubuh manusia memiliki kebutuhan konstan akan energi yang harus dipenuhi, baik untuk melakukan aktivitas maupun untuk dapat menjalankan sistem organ dalam tubuh. Kalori dari makanan digunakan untuk memungkinkan tubuh tetap berfungsi sebagaimana normalnya. Oleh sebab itu, menurunkan kalori secara ekstrem sangat tidak disarankan karena mengganggu kinerja sistem tubuh.
Kalori berperan utama dalam upaya menurunkan berat badan, karena prinsipnya sederhana:  Manajemen berat badan tergantung atas kalori yang Anda makan dan kalori yang Anda bakar. Terlalu banyak mengonsumsi kalori dari yang Anda butuhkan sehari-hari, dibarengi pembakaran kalori yang minimal akibat kekurangan aktivitas fisik dan olahraga, berujung pada penimbunan kalori dalam bentuk lemak pada tubuh.
Maka, berat badan Anda sesungguhnya adalah suatu bentuk keseimbangan. Bila ingin menurunkan berat badan, kurangi kalori yang Anda makan dan bakar kalori yang telah tertimbun dalam bentuk lemak melalui aktivitas fisik dan olahraga.






Berikut langkah - langkah alternatif bagaimana cara Menurunkan Berat Badan anda Tanpa Harus Sengsara.
Pastikan asupan kalori lebih sedikit dari yang Anda bakar tiap hari. Itulah seluruh rahasia penurunan berat badan. Dan, walau teorinya sederhana, praktiknya juga tidak sulit. Untuk tiap kilogram berat badan yang hilang, Anda perlu membakar 3.500 kalori. Artinya, Anda perlu membakar 3.500 kalori lebih dari asupan kalori yang Anda peroleh dari makanan.
  • Sadari bahwa Anda perlu berolahraga untuk membakar 1 kg dalam seminggu. Membiarkan diri Anda kelaparan bukan pilihan tepat. Malah, kelaparan bisa mempersulit penurunan berat badan, terutama setelah diet Anda hentikan.
  • Pahami bahwa Anda akan membakar kalori sembil melakukan aktivitas sehari-hari seperti berjalan, menaiki tangga, dan bahkan dengan teknik pernapasan. Tidak banyak kalori yang bisa terbakar karenanya, tapi Anda tidak harus membakar semua kalori yang harus dibakar itu hanya dengan olahraga berat.
Jika anda ingin menurunkan berat badan 1 kg dalam sebulan, Anda hanya perlu membakar 5 ribu kalori lebih banyak dari asupan kalori harian. Itu tidak banyak. Tanpa bermaksud meredupkan semangat Anda, sekadar mengingatkan saja, menurunkan berat badan 1 kg dalam sebulan itu tidak sulit. Bersiaplah melalui perjalanan yang sungguh nyaman ini !
  • Berapa sih banyaknya? Bayangkan Orang dengan berat badan berat badan 80 KG membakar 1.000 kalori dengan main sepakbola kompetitif selama 90 menit saja sudah cukup.

Jangan lupa Siapkan Timbangan Badan yang Akurat baik digital masa kini dan analog Moderen, spesifikasi dan jenisnya bisa anda simak di  SINI 


Atau Di --> SINI


Mulailah Pahami bahwa rata-rata orang membakar 2 ribu kalori tiap hari dengan melakukan aktivitas normal. Artinya, jika anda mengonsumsi sekitar 2.000 kalori dari 3x makan tiap hari, maka berat badan Anda akan sama, takkan bertambah ataupun berkurang.
  • selebihnya jika Anda berusaha  menurunkan berat badan 1 kg dalam sebulan, orang yang sehat sebaiknya mengonsumsi 1.200 kalori per hari, apa pun diet pilihannya. Artinya, untuk mencapai target, tiap hari Anda harus makan 1.200 kalori, kemudian membakar 2.000 kalori.
Jangan makan karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana, juga disebut karbohidrat olahan, biasanya kurang bergizi dan diserap tubuh dengan sangat cepat. Hindari olahan karbohidrat sederhana, seperti:
  • Kue, permen, cake, dan panggangan manis-manis lainnya
  • Madu, molasse, dan sirup
  • Roti tawar putih, beras putih, dan pasta
  • Beragam serealia dalam kemasan
Ganti karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks, tidak seperti karbohidrat sederhana, kaya serat dan gizi lainnya, serta diserap tubuh dan dilepas ke aliran darah jauh lebih perlahan.  Contohnya karbohidrat kompleks antara lain:
  • Roti tawar berbahan gandum, pasta berbahan gandum, beras merah
  • Kacang-kacangan dan polong seperti miju-miju (lentil), wortel, dan ubi jalar
  • Sayuran dan buah-buahan seperti asparagus dan aprikot

Makan protein bebas lemak. Pilih daging sapi yang mengandung 98% protein dan 2% lemak. Pilih dada ayam tanpa kulit. Produk olahan kedelai seperti edamame (kedelai dari Jepang) dan tahu juga kaya protein. Begitu pula beragam ikan, termasuk salmon.

Jauhi makanan cepat saji. Selain segalanya dimasak dalam lemak jenuh, makanan cepat saji seperti burger, kentang goreng, dan susu kocok (atau burrito, mac 'n cheese, atau roti lapis)--adalah rahasia umum--mengandung begitu banyak garam dan gula. Makanan ini pada dasarnya adalah karbohidrat kosong, tanpa nutrisi sejati. Kalau Anda serius ingin menurunkan beberapa kilogram serta mengembalikan berat badan Anda ke jalur yang sehat, Anda pasti menyingkir dari makanan cepat saji.


Makanlah bak raja saat sarapan, bak pangeran saat makan siang, dan bak pengemis saat makan malam. Pernah dengar ungkapan itu? Ada kebenaran di baliknya. Makan sepagi mungkin untuk menyalakan metabolisme dan memberi Anda cukup energi untuk melewati jam-jam menuju makan siang dengan nyaman. Kemudian, untuk makan malam, perlambat metabolisme dengan porsi makanan paling kecil dalam sehari. Berikut beberapa contoh menu yang bisa Anda masak sendiri untuk satu hari, dengan satu kudapan di antaranya:
  • Sarapan: dadar putih telur dengan bayam dan dada ayam, ditambah sebuah pisang dan beberapa butir blueberry segar
  • Makan siang: steik salmon di atas quinoa, ditemani salad porsi kecil
  • Kudapan: segenggam kacang pistachio
  • Makan malam: tumisan bok-choi, wortel, dan jamur berbumbu lada

Buat jurnal kalori di mana Anda mencatat banyaknya kalori dari segala yang Anda makan. Konsisten mencatat di jurnal kalori akan membantu Anda tahu ketika Anda telah melampaui batas. Anda bisa tahu kapan dan apa makanan yang sebaiknya Anda konsumsi, serta apakah rasanya lezat. Rekaman perjuangan itu juga menyenangkan untuk dikenang setelah deritanya terlewati!
  • Berlatihlah menghitung kalori dan porsi makanan dengan baik. Memang tidak mudah menghitung segalanya di awal, tapi setelah sekian lama, malah terasa seperti kebiasaan alami. Jangan pernah lupa mengukur banyaknya kalori yang terkandung dalam makanan tertentu. Hitung dengan akurat! Membohongi diri sendiri sia-sia belaka kalau satu-satunya yang rugi adalah Anda sendiri.

Berjalanlah ke mana pun. Perlu ke toserba? Berjalanlah ke sana. Perlu naik ke lantai 15 sebuah bangunan? Berjalanlah ke sana, jangan gunakan elevator. Perlu berlatih sepakbola? Berjalanlah ke sana. Anggap tiap kesempatan untuk berjalan sebagai kesempatan untuk membakar lebih banyak kalori dan jadi lebih bugar.
  • Siapkan pedometer. Pedometer melacak jumlah langkah kaki Anda sepanjang hari, dan bisa Anda sembunyikan di pinggang agar tidak seorang pun melihatnya. Pedometer yang bagus akan mengubah jumlah langkah jadi kalori yang terbakar. Benar-benar berguna!

Biasakan melakukan pernapasan atau peregangan sebelum berolahraga. Nyalakan musik dansa terbaik dan paling memotivasi dari tahun 1980-an, dan bersiaplah untuk bersiap. Pemanasan dan peregangan membantu mengoptimalkan sesi olahraga. Lagipula, siapa yang bisa berolahraga ketika terluka? Contoh gerakan pemanasan antara lain:
  • Lakukan 20 push-up, 20 sit-up, dan 20 burpee. Untuk melakukan burpee: Anda loncat, kemudian saat mendarat, Anda langsung push-up, kemudian loncat, push-up, dan seterusnya.
  • Berlari di tempat dengan intens selama 1 menit, kemudian joging ringan di tempat selama 1 menit.
  • Sentuh jari kaki Anda, rentangkan kedua lengan bersamaan, biarkan otot kuad dan otot hamstring melemas, dan jangan lupakan torso dan leher Anda.
Mulailah dengan menghitung kebutuhan kalori Anda setiap harinya. Anda dapat menggunakan fitur kami yaitu Kalkulator Kalori. Kebutuhan kalori bergantung atas usia, jenis kelamin, serta tingkat keaktifan kegiatan Anda. Umumnya, wanita berusia 19-30 tahun dengan aktivitas ringan membutuhkan 2000 kalori. Pria berusia 19-30 tahun dengan aktivitas ringan membutuhkan 2200 kalori.
Karena 1 kilogram sama dengan sekitar 7.700 kalori, maka Anda perlu membakar 7700 kalori untuk mengurangi berat badan sebanyak 1 kilogram.
Secara umum, jika Anda mengurangi sebanyak 300 kalori per hari, Anda akan menurunkan berat badan selama lebih kurang 25 hari. Penurunan berat badan akan lebih cepat bila pengurangan kalori lebih besar (tentunya harus dalam batas aman) dan dikombinasikan dengan olahraga. Berikut adalah beberapa trik untuk menurunkan kalori:
  • Tidak mengonsumsi makanan yang tinggi kalori namun bernutrisi rendah.
  • Mengganti makanan yang tinggi kalori dengan pilihan lain yang kalorinya rendah.
  • Mengurangi porsi makanan.
Nilai kalori terendah yang dapat Anda konsumsi per harinya adalah sebanyak 1000-1100 kcal, dan sangat tidak direkomendasikan menurunkan jumlah kalori hingga melewati batas tersebut.
Perhitungan di atas bersifat perkiraan, karena sesungguhnya masih banyak faktor yang terlibat dalam penurunan berat badan. Namun, jumlah kalori tetaplah satu elemen yang berperan dan dapat diandalkan sebagai titik permulaan upaya Anda.


Selamat Mencoba !

Artikel ini dirangkum Dari Berbagai Sumber dan pengalaman kami


      Sebelum Anda Menutup Halaman Ini ada baiknya anda berbagi kasih dengan  membagikan Informasi bermanfaat ini kepada teman - teman yang lain dengan cara menekan Tombol Share Di bawah Postingan ini, agar semakin banyak orang yang di berkati lewat informasi yang anda bagikan.




0 komentar:

Posting Komentar