Cara Membuat Antena Sederhana dari Barang Bekas Bisa Menangkap Sinyal Siaran TV Super Jernih - Ayo Pelajari Caranya

Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI


Cara Membuat Antena Sederhana dari Barang Bekas Bisa Menangkap Sinyal Siaran TV Super Jernih

Cara Bikin Antena TV Sederhana dari Barang Bekas Hasil Super Jernih

Mencari Tahu Cara Bikin Antena TV Sederhana dari Barang Bekas Dengan Hasil Gambar Jernih

Tak ada Rotan akar pun Jadi, begitulah pepatah kuno yang masih sangat relevan sampai saat ini, mari kita buktikan pepatah kuno ini, anda pasti tau harga seperangkat antena TV yang paling murah saja sekitar 100 ribuan, kali ini kami ingin mengajak anda semua lebih berhemat dengan cara memanfaatkan barang - barang bekas di sekitar anda untuk membuat Antena Sederhana dari barang - barang bekas tersebut menjadi Antena TV yang memiliki penankapan sinyal TV Super Jernih, berbagai macam benda - benda bekas berbahan alumunium seperti plat nomor bekas dan tutup panci bekas hingga wajan bekas yang sudah penyok dan bocor bisa anda gunakan untuk merakit sebuah antena TV yang cukup handal dan tidak kalah bagusnya untuk menangkap sinyal TV analog di bandingkan antena TV buatan pabrik, walaupun bentuknya tidak karuan yang penting cara kerja dan mekanisme antena yang anda buat tersebut intinya sama dengan antena buatan pabrik. agar anda tidak penasaran silahkan anda simak salah satu video berikut ini yang menjadi bukti bahwa barang bekas pun bisa jadi antena TV sesuai cara kerja dan mekanisme antena TV pada umumnya, selamat menyimak :

Berikut ini adalah berbagai jenis dan bentuk antena TV analog buatan pabrikan yang bisa anda contek modelnya, silahkan anda lihat selangkapnya ---> Info Lengkapnya silahkan anda :


Bahannya adalah:

  1. Kabel Antena
  2. Plat Nomor kendaraan yang sudah bekas / seng
  3. Colokan Antena
  4. Paku / sekrup
  5. Kayu/pipa besi




Simak Video Cara Pembuatan Antena TV Dari Alumunium Plat Motor Bekas Berikut ini :
 





Alat Yang di butuhkan :
  1. Obeng
  2. Palu
  3. Pisau Cuter

Cara Membuat Antena TV Sederhana 



sebenarnya caranya relatif. Suka-suka anda mau dibikin seperti apa model antenanya. karena tidak ada plat alumunium maka kami menggunakan dua Plat nomer kendaraan yang sudah bekas, itu pun boleh mungut di jalan tadi siang,  nah selanjutnya tinggal di paku saja kedua plat itu pada sebuah kayu seperti halnya sayap kupu-kupu. dan kemudian pasang kabel antena pada plat yang sudah di paku pada kayu tadi. Kabel antena itu bagian dalamnya ada dua. Ada Yang serabut dan yang inti. Kerat saja dengan cuter, maka akan terlihat. cara memasang kabelnya dipisahkan. Kalau yang serabut dipasang ke plat yang Kiri. Maka yang inti pasang ke plat yang kanan. nah sekarang tinggal ujung kabel yang satunya, sambungkan ke konector, ujung kabel yang ini tentu saja untuk di colokkan ke tv. Jika sudah terpasang pada kabel, jangan dicolokkan ke tv dulu. Yang terakhir adalah menempatkan plat yang berbentuk kupu-kupu tadi pada tiang atau kayu. Terserah tiang antena ini mau ditaruh dimana saja. Di dalam kamar, di atas genteng, di lantai dua, atau di atas pagar juga boleh. Asal jangan ditaruh di rumah tetangga, Ikat yang kuat agar tahan terpaan angin. Setelah terpasang baru deh anda bisa mencolokan kabel antenanya. Nyalakan TV,  Jika belum keluar gambar, berarti arah antena tidak benar. Coba putar perlahan ke arah lain. Tralaaaaa Selamat Menikmati siaran TV super jernihnya dengan antena ala tukang loak ini.




Keuntungan Jika Kita Membuat Antena Sendiri seperti ini

Pertama kita bisa membuat dan mengatur model antena TV yang diinginkan seunik mungkin bentuknya, karena anda dapat membentuk sendiri antena TV yang anda inginkan, entah itu kecil atau besar. Tapi, kami sarankan anda pakai antena yang kecil saja. Kenapa ? karena Hal ini akan sangat berpengaruh ketika anda membuat antena yang anda miliki ini, sehingga tidak memakan banyak space atau ruang dalam rumah dan biaya.

Kedua, anda dapat memasangnya dimanapun dan kapanpun. anda tinggal memilih lokasinya, dipasang di atas atap atau dibawahnya. Kelebihannya juga, antena seperti ini tidak mudah berkarat ketika perubahan cuaca. Terutama ketika musim hujan datang.

Ketiga, biaya yang anda keluarkan untuk membuatnya sangat murah meriah, sehingga tidak perlu ragu lagi untuk melakukan percobaan trial n error ketika anda menerapkan tehnologi tepat guna ini.

Cara Membuat  Antena dari Tutup Panci Bekas







Ini adalah salah satu  cara yang unik dan praktis serta hemat biaya dengan hasil yang maksimal  membuat Antena TV sendiri, tentunya hak ini penuh dengan kreatifitas.Tutorial ini akan sangat berguna bagi anda semua yang bingung karena ingin lebih hemat dan kemungkinan tidak ada uang untuk membeli antena TV  UHF, ironisnya  harga antena di toko sekarang sudah 10 kali lipat dengan harga antena TV pada zaman dahulu kala.

Antena yang akan kita buat ini untuk membantu anda yang ingin berkreatifitas, marilah kita coba merakit antena yang biayanya hampir gratis yaitu dari bahan tutup panci bekas dan plat nomor sepeda motor bekas, itu sajamodal utamanya dan mari kita simak cara buatnya :

Bahan Untuk Bikin Antena TV Tutup Panci :

  1. Tutup panci bekas dengan diameter sekitar 33cm
  2. Plat Nomor Bekas sepeda motor yang gak terpakai
  3. Isolasi plastik yang hitam
  4. Almunium / Tembaga silinder 20 cm
  5. Kayu reng 1m
  6. Paku kecil

Setelah semua siap baru kita kerjakan, Potonglah plat nomor dengan ukuran yang anda inginkan, caranya Plat nomor anda bagi 2 dulu pada tengahnya lalu gunting sesuai gambar dan ukuran ! setelah selesai langsung pada langkah berikutnya, potonglah kayu reng 8 cm untuk tengah penyangga drifer yang berbentuk kupu kupu.

Langkah selanjutnya yaitu, potong kayu lagi untuk memasang pipa alumunium.alumunium yang 20 cm tadi di potong jadi 2 terus ikat pakai isolasi hitam dengan jarak 5cm.dan di susun 2cm dengan Jarak tengah driver
Kabel bisa anda pasang pada ke dua driver sesuka anda yang penting tidak bersentuhan.bila bersentuhan bisa konseting !

Semoga cara pembuatan antena ini berhasil,karena kami sendiri sudah membuktikanya.dan saran kami untuk hasil gambar yang lebih bagus gunakan boster, ternyata Antena ini daya terimanya lebih bagus dari pada antena PF atau pun antena UHF yang dijual di toko.karena prinsipnya bisa menyerap sinyal TV seperti kerja parabola.