Hi Quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Langanan Via E-mail

Ayo Pelajari Carannya

Cara Mendapatkan Promo Barang Murah

Cara Belanja Lebih Irit dan Hemat

Cara Mengolah Susu Segar Menjadi Yogurt Yang Enak di Dapur Sendiri




Betapa banyaknya manfaat yogurt bagi kesehatan, Yogurt adalah produk olahan dari susu murni menjadi makanan yang lezat dengan proses Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik, aromanya yang wangi dan lebih terasa lezat lagi jika di padukan dengan berbagai macam rasa buah yang segar. Beberapa manfaat yang paling signifikan dari produk Yogurt bagi kesehatan kita adalah, meningkatkan protein dan kalsium pada tulang. Hal ini juga dapat membantu menyehatkan pencernaan hingga menghindari terjadinya darah tinggi, dan sejumlah kandungan yoghurt seperti protein, riboflavin, kalsium, vitamin B6 dan juga vitamin B12 membuatnya bermanfaat untuk kesehatan dan perawatan kecantikan.


Ternyata Produk Olahan susu yang di beri nama Yogurt memiliki sejuta manfaat, dan dengan mudah pula anda bisa mengolah atau membuatnya sendiri di dapur anda, selain citra rasa yang bisa anda sesuaikan dengan selera, masalah kehigienisan juga sudah pasti terjamin, karena anda mengolahnya dengan hati - hati di dapur anda. Lalu bagaimana caranya Mengolah Susu Segar Menjadi Yogurt Yang Enak di Dapur Sendiri ? sebelum anda mencobanya, mari kita simak salah satu video tutorial yang akan menjelaskan kepada anda bahwa betapa sangat mudahnya mengubah susu segar menjadi produk yogurt yang lezat dalam sekejab. selamat menyimak !





Berbagai macam citra rasa dan jenis yougurt bisa anda jumpai sehari - hari di minimarket atau di toko - toko penjual susu segar di kota anda, namun untuk menambah pengetahuan dan wawasan anda mengenai puluhan jenis bahkan ratusan jenis citra rasa yogurt, dan juga peralatan yang bisa anda gunakan untuk mengolah yogurt dengan cepat mulai dari peralatan yang tradisional sampai yang moderen semua bisa anda simak selengkapnya di SINI


Atau Di --> SINI



Begilah Cara Yang Paling Mudah dan Praktis Mengolah Susu Segar Menjadi Yogurt yang Lezat !


Ternyata
Yoghurt aman dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang tua. Yoghurt juga dapat dikreasikan menjadi berbagai pelengkap di makanan ataupun minuman. Selain itu Yoghurt sangat cocok untuk dijadikan salah satu menu diet anda selain salad. dan Berikut ini langkah - langkah proses pembuatannya :

Bahan Pembuat Yoghurt :

  1. Siapkan 1 liter susu murni. Boleh menggunakan susu kemasan tapi lebih baik susu murni atau susu segar
  2. Bibit yoghurt sebanyak 5% dari banyaknya susu murni. Untuk 1 liter susu murni bisa menggunakan sekitar 50 mL atau 2 sendok makan bibit yoghurt. bibit ini Bisa dibeli di supermarket atau beli di SINI 

Atau Di --> SINI



Cara Membuat Yoghurt :

  1. Panaskan susu murni di atas api kecil sambil terus diaduk selama 30 menit dan jaga agar susu tidak sampai mendidih supaya protein susu tidak rusak.
  2. Setelah 30 menit, angkat susu dan dinginkan hingga hangat kuku dalam suhu ruangan
  3. Masukan bibit yoghurt lalu aduk sampai rata dengan menggunakan alat pengaduk steril. Bila kesulitan mencari alat pengaduk dapat menggunakan spatula kayu yang sebelumnya sudah disiram menggunakan air panas sebagai proses sterilisasi alat.
  4. Apabila sudah selesai masukan ke wadah tertutup lalu tutupin dengan serbet untuk menciptakan kondisi gelap yang adalah syarat hidup bakteri fermentasi selama 20-24 jam.
  5. Sesudah 20-24 jam akan muncul lapisan berwarna kekuningan kental di atas permukaannya. Apabila masih kurang kental atau kurang asam bisa dilebihkan lagi waktunya.
    Bila dirasa sudah pas, aduk menggunakan alat steril sampai tercampur rata.
  6. Jika hendak membuat yoghurt lagi, pisahkan beberapa sendok ke dalam cup kecil. Inilah yang kelak akan menjadi starter apabila hendak membuat yoghurt lagi jadi tidak perlu ke supermarket membeli bibit baru. Cup berisi yoghurt tersebut ditutup rapat, tuliskan tanggal pembuatannya lalu masukan kulkas. Disarankan maksimal seminggu supaya tetap terjaga rasa dan sterilitasnya
  7. Bila sudah siap, bisa ditambahkan sirup atau rasa buah-buahan sesuai selera anda. Selamat mencicipi.

Tips Cara Membuat Yoghurt :

  1. Pastikan proses fermentasi yoghurt menggunakan wadah kedap udara. Wadah yang tertutup rapat akan melancarkan proses fermentasi
  2. Saat membeli yoghurt plain, lihat dulu masa kadaluarsanya. Kalau sudah expired maka proses pembuatan yoghurt tidak akan berhasil
  3. Saat memasukan susu ke wadah, pastikan susu dalam keadaan hangat. Tidak panas dan tidak terlalu dingin
  4. Bibit yoghurt yang dimaksud adalah produk yoghurt seperti cimory, biokul, dst. Disebut bibit karena itulah yang akan menjadi biang penghasil yoghurt. Saat memilih bibit pilihlah bibit yang terdapat tulisan “Live Culture” pada kemasannya supaya bakteri fermentasi dapat berkembang. Live culture yang dimaksud pada umumnya adalah bakteri Lactobacillus Bulgaricus dan Streptococcus Thermophilus 
  5. Pastikan perbandingan susu murni dan bibitnya tepat. Apabila nanti yoghurtnya terlampau kental, itu artinya terlalu banyak bibit. Bila terlalu encer berarti terlalu sedikit.


Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan

Yoghurt memiliki kemampuan untuk meningkatkan protein dan kalsium pada tulang. Hal ini juga dapat membantu menyehatkan pencernaan hingga menghindari terjadinya darah tinggi. Manfaat yogurt ini terdapat dalam yoghurt favorit anda seperti Yunani yoghurt, kedelai organik dan sebagainya. Berikut ini manfaat yoghurt untuk kesehatan


1. Sarat VitaminYoghurt adalah sumber signifikan dari kalium, fosfor, riboflavin, yodium, seng, dan vitamin B5 (asam pantotenat). Yoghurt juga mengandung B12, untuk mempertahankan sel-sel darah merah dan membantu menjaga sistem saraf berfungsi dengan baik. “Vitamin B12 kebanyakan ditemukan dalam produk hewani, seperti daging ayam dan ikan, sehingga seorang vegetarian mungkin sulit untuk mendapatkannya,” kata Jackie Newgent, RD, seorang anggota dewan penasihat fitness dan penulis Big Green Cookbook.
Makan lebih banyak yogurt dapat membantu mengurangi kesenjangan nutrisi: Seporsi yoghurt (8 ons) menyediakan yaitu 60% kebutuhan vitamin wanita dewasa.

2. Mencegah Darah TinggiSetiap hari sekitar 70 persen dari kita, mengkonsumsi lebih dari dua kali jumlah garam yang disarankan. Hal yang dilakukan dari waktu ke waktu ini dapat menyebabkan hipertensi dan ginjal. Kalium dalam yogurt, dapat membantu membuang kelebihan sodium keluar dari tubuh.

3. Menyehatkan Gigi
Meskipun yoghrt mengandung gula tapi tidak menyebabkan gigi berlubang. Asam laktat dalam yogurt juga ada untuk memberikan perlindungan gusi. Orang-orang yang makan setidaknya dua ons yoghurt per hari, memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit periodontal yang parah daripada orang-orang yang tidak melakukannya.

4. Makanan berprotein tinggi
Yogurt dapat menjadi sumber protein yang sangat baik. Yogurt Yunani dibuat lebih tebal dan memiliki 20 gram protein per porsi. Sedangkan  yoghurt tradisional sedikitnya memiliki 5 gram protein. Jika mungkin anda membutuhkan protein, cari merek yang menyediakan sekitar 8 sampai 10 gram protein per porsi.

5. Membantu Pencernaan
Prebiotik (bakteri menguntungkan) dalam beberapa yogurt menyeimbangkan mikroflora dalam usus Anda, yang dapat membantu pencernaan serta menjaga Anda biasa, kata Robin Plotkin, RD, seorang ahli kuliner dan gizi. Namun pastikan yoghurt favorit anda, mengandung setidaknya satu miliar unit pembentuk koloni (CFUs) budaya hidup.

6. Pencegahan Osteoporosis
” Gizi yang cukup memainkan peran utama dalam pencegahan dan pengobatan osteoporosis, dan mikronutrien terbesar adalah kalsium dan vitamin D, ” kata Jeri Nieves, PhD, MS, direktur of bone density testing di Rumah Sakit Hayes Helen New York.
Manfaat susu memang mengandung banyak kalsium, yang telah terbukti memiliki efek menguntungkan bagi kepadatan massa tulang di segala usia. Asam laktat  menyerap kalsium dan fosfor yang baik untuk kekuatan tulang. Vitamin K yang terdapat pada manfaat yoghurt juga membantu metabolisme tulang agar berjalan dengan baik.


Manfaat Yoghurt Untuk Rambut dan Kulit Cantik


Tidak hanya baik sebagai bahan makanan, tapi yoghurt  juga dikenal karena sifatnya yang menguntungkan bagi kesehatan kulit dan rambut yang kuat. Menggunakan yoghurt untuk kulit dan rambut merupakan cara suku India kuno. Bahkan, Cleopatra dari Mesir kuno diketahui melakukan mandi yoghurt untuk menjaga kecantikan kulitnya.


7. Mengangkat Sel Kulit Mati
Sifat pelembab yogurt dapat menjadi scrub yang sangat baik untuk mengangkat sel kulit mati. Hal ini sangat baik untuk mereka yang memiliki kulit kering dan sensitif.
  • Buat scrub alami di rumah – 2 sdm yogurt dan 1 sdm oat. Lakukan eksfoliasi kulit dengan cara, memijat lembut kulit dengan gerakan memutar.
  • Komedo –  tambahkan yoghurt denga sedikit tepung beras, hingga menjadi pasta tebal. Gosok ke kulit dengan gerakan memutar kecil, kemudian cuci dengan air dingin.

8. Memerangi Jerawat
Menambahkan yoghurt ke dalam menu diet harian atau sebagai perawatan wajah untuk menyembuhkan jerawat. Karena sifat asam, yogurt menghancurkan berbagai bakteri penyebab jerawat, jamur dan kuman dalam tubuh.

  • Terapkan krim yoghurt krim pada wajah (masker wajah) dan cuci setelah 30 menit dengan air bersih untuk membersihkan kulit.
  • Atau buat pasta dari yoghurt dengan menambahkan manfaat kunyit bubuk, gula dan bubuk cendana. Pijat pasta pada kulit dan bilas dengan air dingin setelah 15 menit.
9. Menyembuhkan Kulit Terbakar
Yogurt mengandung seng yang membantu meringankan kulit dan sensasi gatal-gatal dari pembakaran. Campur yoghurt dengan menambahkan beberapa minyak esensial seperti manfaat minyak zaitun. Gunakan ini pada permukaan kulit yang terbakar dan biarkan selama 15 menit sebelum membilasnya.

10 Menyingkirkan Ketombe

Yogurt mengandung sifat anti jamur dan anti-bakteri yang membantu merangsang pertumbuhan rambut dengan bertindak sebagai pembersih alami dan menyingkirkan ketombe. Manfaat anti-bakteri juga membantu menenangkan kulit kepala dan mengurangi rasa gatal.

  • Pijat kulit kepala dengan yoghurt dan cuci kepala dengan air hangat setelah 15 menit. Sifat asam laktat membantu melembabkan kulit kepala dan mengangkat sel kulit mati, sehingga menyembuhkan ketombe dan memulihkan kesehatan rambut.


Komposisi Nutrisi Yang Terkandung dalam Yogurt !

Yoghurt adalah bahan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Yoghurt mengandung energi sebesar 52 kilokalori, protein 3,3 gram, karbohidrat 4 gram, lemak 2,5 gram, kalsium 120 miligram, fosfor 90 miligram, dan zat besi 0 miligram.  Selain itu di dalam Yoghurt juga terkandung vitamin A sebanyak 73 IU, vitamin B1 0,04 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Yoghurt, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Yoghurt :

Nama Bahan Makanan : Yoghurt
Nama Lain / Alternatif : -
Banyaknya Yoghurt yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Yoghurt yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Yoghurt = 52 kkal
Jumlah Kandungan Protein Yoghurt = 3,3 gr
Jumlah Kandungan Lemak Yoghurt = 2,5 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Yoghurt = 4 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Yoghurt = 120 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Yoghurt = 90 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Yoghurt = 0 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Yoghurt = 73 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Yoghurt = 0,04 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Yoghurt = 0 mg
Khasiat / Manfaat Yoghurt : - (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : Y
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Keterangan :
Riset/penelitian pada Yoghurt yang berbeda bisa menghasilkan perbedaan hasil yang didapat karena berbagai faktor yang mempengaruhi.  Mohon maaf apabila ada kesalahan atau kekurangan pada informasi daftar komposisi bahan makanan Yoghurt ini

Selamat Mencoba !

Artikel ini dirangkum Dari Berbagai Sumber dan pengalaman kami


      Sebelum Anda Menutup Halaman Ini ada baiknya anda berbagi kasih dengan  membagikan Informasi bermanfaat ini kepada teman - teman yang lain dengan cara menekan Tombol Share Di bawah Postingan ini, agar semakin banyak orang yang di berkati lewat informasi yang anda bagikan.



SEKILAS INFO PROMO GRATISAN


http://goo.gl/ctFNpk

Mau Pempers Gratis Premium Care New Born isi 13 Gratis ?  Tersedia 40 Ribu Paket Sample Gratis Isi 13 Pcs untuk Anda !


Good Luck!

Cek Info Promo Berikutnya Di --> Sini





http://ho.lazada.co.id/SH4FaE

* Solusi Belanja Murah Hemat Uang Belanja !!! Silahkan Klik Bannernya dan Dapatkan Diskonnya.





0 komentar:

Posting Komentar