Cara Memperbaiki Kompor Gas Yang Susah Dinyalakan - Ayo Pelajari Caranya

Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI


Cara Memperbaiki Kompor Gas Yang Susah Dinyalakan

Cara Benerin Kompor Gas Yang Apinya Kecil

MENCARI TAHU CARA BETULIN KOMPOR GAS YANG SUSAH DI NYALAIN


Permasalah yang sering kali terjadi pada kompor gas LPG di rumah adalah pematik kompor yang kotor, dan saluran gas yang tersumbat akibat endapan kotoran yang cukup lama sehingga kompor gas tersebut sulit di nyalakan, walaupun saat ini harga 1 unit kompor gas LPG itu tidaklah terlalu mahal, namun kami sarankan agar anda jangan terlalu cepat mengambil keputusan untuk melakukan tindakan Lembiru ( Lempar Beli Baru ) alias membuang kompor rusak tersebut. jika anda mengikuti langkah - langkah yang kami uraikan berikut ini tentang Cara Memperbaiki Kompor Gas Yang Susah Dinyalakan, maka anda tak perlu membuang kompor gas lama anda, sebaiknya uang untuk membeli kompor gas baru anda pergunakan  untuk keperluan anda yang lain yang mungkin saja lebih mendesak. sebelum anda mencoba belajar memperbaiki kompor itu sendiri, mari kita simak terlebih dahulu salah satu video tutorial berikut ini tentang bagaimana langkah - langkah membongkar serta membersikan kompor gas LPG anda. selamat menyimak !







Berikut adalah daftar Detail Berbagai Jenis serta model Kompor Gas LPG yang dengan mudah dapat anda bongkar pasang sendiri di rumah,

untuk lebih jelasnya silahkan anda :

Ternyata ada beberapa masalah yang terjadi pada kompor gas di rumah kami dan tak jarang anda juga mengalami hal yang sama. Berikut rangkuman beberapa masalah kerusakan pada kompor gas yang sering terjadi serta solusi bagaimana memperbaiki kompor gas yang rusak tersebut :

4 Penyebab Utama Kompor Gas Susah Di Nyalakan :

  1. Tekanan Gas Di Tabung Gas Elpiji Sudah Melemah Karena Gas Habis : Volume Gas Yang Sudah Hampir Habis atau bahkan sudah Habis akan menyebabkan Api Kompor Gas Sulit di Nyalakan, Segera Ganti Tabung Gas anda dengan Yang Masih ada isinya

  2. Aliran Gas Tersumbat  : Tersumbatnya Aliran Gas ke Tungku Kompor Gas Menyebabkan Api Kompor Gas Kecil dan Sulit di Nyalakan, Penyumbatan aliran gas bisanya terjadi pada Regulator yang sudah rusak atau tersumbat, solusinya bisa periksa regulatornya apakah gotri untuk pengamannya masih berfungsi dengan baik ! selain itu penyumbatan juga bisa terjadi di Tungku Kompor Gas yang kotor atau tersumbat kotoran masakan yang luber saat sedang memasak, solusi bisa bersihkan tungku kompor gas dengan sikat gigi bekas.

  3. Knop atau Tombol Pematik Nyangkut atau Rusak : Knop pada Kompor Gas berfungsi mengatur besar kecilnya aliran gas dari tabung gas ke tungku, jika tombol atau knopnya kotor bisa mengakibatkan putaran knop nyangkut, solusi bongkar dan bersihkan, jika memang rusak ganti dengan knop yang baru.  
  4. Karena Pematik Kompor Gas Tidak Berfungsi Mengelurkan Percikan Api : Kerusakan pada Pamatik Kompor Gas yang umumnya paling sering terjadi, pamatik kompor gas tidak dapat mengeluarkan percikan api bisa di sebabkan karena beberapa hal, diantaranya karena Ujung Pematik Kotor, Ujung Pematik Aus karena usia Pemakaian dan bisa saja karena kabel pematiknya yang copot. Solusinya Baca di bawah ini ya !


Cara Betulin / Memperbaiki Kompor Gas LPG Yang Tidak Keluar Bunga Api ( Pematiknya Tidak Berfungsi )



Kompor gas tidak bisa keluar bunga apinya saat kita hidupkan di karenakan beberapa hal ,di antaranya yang paling sering adalah :


Cara Betulin / Memperbaiki Kompor Gas LPG Yang Tidak Keluar Bunga Api ( Pematiknya Tidak Berfungsi )



  1. Karena Terepasnya Kabel Pemantik Api, beberapa produsen  kompor gas menempatkan kabel ini hanya menempel saja pada body dalam arti tidak di buatkan tempat alur lewatnya kabel tersebut di masukkan ketempat tersebut dan dampaknya saat kompor gas di pindah atau di geser terkadang lepas.
    Cara Memperbaikinta : Masukkan Kembali Kabel Pematik Pada Alur / Tempatnya

  2. Karena Ujung pematik yang kotor. Cara kerja pematik ini sama seperti busi motor jadi saat ujung pematiknya kotor maka  bunga api pun tak keluar.
    Cara Memperbaikinya :  Amplas Ujung Pematiknya

  3. Karena Terjadinya Aus akibat umur Pemakaian pada Ujung atau Sumbu Pematik Kompor Gas. Hal ini mengakibatkan pematik tak mampu mengeluarkan bunga api lagi.
    Cara Memperbaikinya Ganti Komponen Sumbu Pematiknya, harga Komponen pematik kompor gas cukup terjangkau, di pasaran  biasanya hanya  berkisar  RP 20 000 an saja ! Informasi Toko - toko yang menjualnya silahkan anda :


Cara Memperbaiki Kompor Gas Yang Tidak Mau Menyala Apinya


Untuk memeriksa kompor gas yang tidak bisa menyala perlu di butuhkan analisa untuk mencari penyebabnya, oleh sebab itu silahkan ikuti langkah di bawah ini untuk menemukan kerusakan kompor gas yang tak mau menyala tadi :
  1. Periksalah apakah pematik muncul bunga api, jika tidak keluar ikuti langkah pertama untuk menyelesaikanya Jika memang pematik masih mengeluarkan bunga api periksa jarak celah antara ujung pematik dan jalur gas ,biasanya berubahnya celah antara pematik dan jalur gas mengakibatkan tak terjadinya pembakaran, Solusinya, pepetkan antara pematik kompor gas dan jalur gasnya.

  2. Periksa apakah gas keluar dari selangnya jika tidak maka lakukan pemeriksaan, mulai dari seal tabung gasnya ,coba ganti seal tabung gasnya terdahulu, jika setelah pergantian gas keluar berarti penyebabnya seal menutup lubang jalur gasnya.

  3. Jika hal diatas dilakukan tetap tidak mau menyala, periksa regulator pada tungkunya karena terkadang ada kotoran yang menyumbat sehingga gas tak mau keluar. Untuk cara membukanya ikuti langkahnya sebagai berikut
Cara Membuka Regulator Tungku Kompor Gas
  •     Buka pengunci regulator kompor gas dengan drei men / pisau
  •     Buka tutup pengungkit regulator kompor gasnya
  •     Setelah terbuka tutupnya, baru buka karet hitamnya dan bersihkan lubangnya



Cara Melepas Regulator Tungku Kompor Gas



Dan jika cara tersebut masih juga tak menyelesaikan masalah maka solusinya adalah ganti regulator kompor gasnya. Jika tidak bisa menyala juga, silahkan anda Lem Biru ( Lempar dan Beli Baru )


Lebih Jelasnya Lagi Silahkan Simak Langkah - langkah Di bawah ini :

Peralatan apa saja yang harus disiapkan untuk betulin kompor Gas Yang Rusak ?


Tidak memerlukan banyak peralatan, cukup sediakan tang, obeng plus minus, dan pompa.
Tang, di perlukan untuk membuka sprayer. Kalau ada kunci pas yang ukurannya sesuai dengan ukuran sprayer boleh juga dipakai.

Obeng plus minus, diperlukan untuk membuka cover kompor (tutup bg. atas).
Pompa, diperlukan untuk menyebul/membersihkan kotoran yang terdapat di dalam slang pipa (bukan slang karet) kompor gas.

Sediakan minyak tanah (minah) untuk bersih-bersih dan cuci komponen (sprayer dll).



Bagian Pematik Pada Kompor Gas

  1. Lepas Regulator pada tabung gas. Kalau regulatornya pakai pengencang/jepitan, pengencangnya dilepas lebih dulu. Biarkan tabung tinggal sendirian. Angkat kompor berikut slang dan regulatornya dan bawa bareng-bareng ke tempat yang lapang. Di beranda juga boleh. Dan letakkan pelan-pelan.

  2. Angkat tungku kompor (grid), burning (tempat api menyala), berikut dudukannya. Biasanya terdapat kawat kecil sebagai pengunci pada batangan besi dimana dudukan itu menempel. Bisa dibuka pakai tangan. Kemudian diangkat dudukan burningnya.

  3. Ambil obeng dan buka cover (bagian atas ) kompor gas. Kalau yang atasnya tidak dapat dibuka (paten) ya nggak usah dibuka. Tujuan kita akan membuka sprayernya. Jadi kalau bagian atas kompor paten, ya dibalik saja atau bahasa Jawanya dimlumahna. Yang penting sprayer terjangkau, dan dapat dibuka.

  4. Buka sprayer dengan tang atau dengan kunci pas yang sesuai dengan ukuran kepala sprayer, buka pengatur kepekatan gas, dan pegas (per). Lihat gambar pemantik di bawah ini.

  5. Bersihkan semua komponen kompor, dengan lap yang dibasahi dengan minyak tanah.

  6. Cuci bersih dan bersihkan sprayer dari kotoran, dan tiup dengan pompa (sebul) supaya kotoran yang menempel di dalam sprayer hilang (keluar).

  7. Lepaskan regulator dari slangnya, caranya buka klem dengan obeng dan cabut regulatornya.
     
  8. Masukan slang dari regulator kedalam saluaran angin keluar dari pompa (slang pompa diganti slang dari regulator). Bersihkan bagian dalam slang pipa yang terdapat di bagian dalam kompor gas, dengan cara memompa angin kedalamnya agar kotoran didalamnya keluar

Penyebab Mengapa Kompor Gas LPG di Rumah Apinya Merah / Tidak Biru Apinya

Jika Kompor gas LPG anda apinya tidak bisa biru hal ini di karenakan burner kotor terutama pada lubangnya mungkin ada sumbatan dari sisa masakan yang terjatuh di sana.


Penyebab Mengapa Kompor Gas LPG di Rumah Apinya Merah atau Tidak Biru Apinya


Solusinya bersihkan dengan air atau sabun pembersih lemak .anda juga bisa menggunakan air lemon untuk membersihkanya, sikat dengan baik terutama lubang burner kompor gasnya, maka kompor anda menjadi biru kembali.

Agar Kompor Gas LPG anda awet, maka yang paling utama adalah menjaga kebersihan saat anda memasak, jangan lupa lakukan perawatan dengan langkah - langkah yang kita bahas di atas minimal 3 bulan sekali. dan jangan lupa anda juga harus mempelajari terlebih dahulu cara membongkar dan memasang kembali kompor gas anda, sebelum melakukan tindakan perbaikan.

--> SELANJUTNYA