Cara Memperbaiki ( Betulin ) Pompa Air Yang Tidak Naik Airnya - Ayo Pelajari Caranya

Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI


Cara Memperbaiki ( Betulin ) Pompa Air Yang Tidak Naik Airnya

Cara Betulin Pompa Air Yang Gak Bisa Naik Airnya

MENCARI TAHU CARA BETULIN POMPA AIR / SANYO YANG DAYA DORONG AIRNYA LEMAH DAN AIRNYA GAK BISA NAIK

Kebutuhan air bersih masyarakat di indonesia sebagian besar masih berasal air sumur, baik itu sumur gali mau pun sumur bor atau istilah kerennya sumur pantek, mulai dari sumur dangkal hingga sumur yang memiliki kedalaman puluhan meter dari permukaan tanah, untuk menyedot air yang berada di dasar sumur tentunya dibutuhkan pompa air yang sesuai dengan kedalaman sumur tersebut. sering kali permasalahan yang terjadi pada mesin pompa air adalah daya sedotan dan semburan yang lemah sehingga airnya sulit sekali naik, atau sering kali anda harus memancing terlebih dahulu dan menunggu cukup lama sampai air di dalam sumur bisa mengalir ke bak mandi anda. Jika anda mengalami permasalahan demikian, tidak ada salahnya anda menyimak artikel ini sampai tuntas, setidaknya setelah ini anda memiliki pengetahuan tentang cara kerja mesin pompa air dan mengetahui solusinya jika pompa air di rumah anda mengalami ganguan teknis.
Sebelum Kita Memperbaikin Pompa Air Yang Rusak, Mari Kita Kenali Terlebih Dahulu Penyebab / Masalah Yang Mengakibatkan Pompa Air Tidak Bisa Naik Airnya !

Pada Umumnya Ada Beberapa Indikasi Jenis Kerusakan Pada Pompa Air Mulai dengan kerusakan Ringan sampai dengan kerusakan berat, di antaranya adalah sebagai berikut :
  • Kerusakan Pompa Air Yang Mengakibatkan Daya Dorong dan Daya Sedot Air Yang Lemah
  • Kerusakan Pompa Air Yang Macet Kipasnya / Harus Di Putar dulu Baling - Balingnya
  • Keusakan Pompa Air Yang Sering Kempos / atau Harus selalu di pancingan dengan Air dari atas
  • Kerusakan Ponpa Air Karena Seal Sobek / Klep Pompa Air Sudah Bocor
  • Kerusakan Ponpa Air Karena Otomatis Pompa Air Rusak
  • Keusakan Pompa Air Karena Kipas Sudah Habis Terkikis / Aus
  • Kerusakan Pompa Air Yang Bunyi Mesinnya Berisik
  • Kerusakan Pompa Air Yang Sering Mati Tiba – tiba karena Mesinnya Panas
  • Kerusakan Pompa Air Yang Terjadi Pada Mesin / Dinamo Mati Total karena Gulungan Lilitan  Tembaga Dinamo Terbakar.
Sebelum kita mengindentifikasi Kerusakan pada Pompa Air kita, maka kita harus mengetahui bahwa Kriteria Pompa Air Yang Berfungsi Normal Setidaknya Harus memenuhi Kondisi sebagai Berikut :
  • Saat di hidupkan, Start Putaran Dinamo seharusnya Berputar Kencang
  • Saat Mesin di hidupkan / Pompa langsung menyemburkan air dengan kencang ( tidak perlu di pancing )
  • Suara Mesin Pompa Air halus dan tidak terlalu berisik
  • Mesin pompa Air tidak Terlalu panas setelah di hidupkan beberapa saat
  • Mesin pompa air tidak contact body ( Bodynya Nyetrum ) 

Memang benar di jaman moderen ini, sudah banyak ahli atau teknisi yang sanggup memperbaiki pompa air anda ketika terjadi masalah, namun jika dalam keadaan darurat misalnya di saat malam hari misalnya dan keluarga anda membutuhan air bersih untuk mandi, tentu saja anda harus mencoba mengatasi masalah tersebut, meningat pompa air itu setiap hari di gunakan, pasti suatu saat akan terjadi kerusakan, dan 80% kerusakan tersebut hanyalah di karenaka hal sepele, misalnya bocornya sambungan pipa, atau rusaknya klep dan paking karet sehingga daya hisap mesin pompa anda menjadi lemah, jika demikian masalahnya tentunya anda bisa tangani sendiri tanpa harus menunggu teknisi datang di esok hari. oleh sebab itu mari kita pelajari Cara Memperbaiki ( Betulin ) Mesin Pompa Air Yang Airnya Tidak Bisa Naik.

Contoh Suku Cadang atau Spare Part Pompa Air Yang Sering Rusak dan Ada Di Pasaran Kita Bisa Lihat kumpulkan informasinya Terlebih dahulu.

Sebelum kita mengindentifikasi Kerusakan pada Pompa Air kita, maka kita harus mengetahui bahwa Kriteria Pompa Air Yang Berfungsi Normal Setidaknya Harus memenuhi Kondisi sebagai Berikut :

  • Saat di hidupkan, Start Putaran Dinamo seharusnya Berputar Kencang
  • Saat Mesin di hidupkan / Pompa langsung menyemburkan air dengan kencang ( tidak perlu di pancing )
  • Suara Mesin Pompa Air halus dan tidak terlalu berisik
  • Mesin pompa Air tidak Terlalu panas setelah di hidupkan beberapa saat
  • Mesin pompa air tidak contact body ( Bodynya Nyetrum ) 

Sebelum anda menyimak lebih lanjut tentang bagaimana Cara Memperbaiki ( Betulin ) Pompa Air Yang Tidak Naik Airnya, mari kita saksikan salah satu video tutorial yang akan membuka wawasan anda bahwa memperbaiki dan merawat mesin pompa air anda di rumah adalah hal yang tidak sulit, selamat menyimak !




Merek pompa air yang umumnya di gunakan masyarakan di indonesia adalah merek Sanyo, Panasonic dan Shimizu, selain itu juga masih ada merek - merek lainnya yang juga cukup terkenal di indonesia misalnya merek Grundfos, wasser, DAB, Hitachi -  Sebelum anda memperbaiki dan mengatasi masalah kerusakan mesin pompa air tersebut, anda bisa mengetahui terlebih dahulu spesifikasi lengkap mengenai informasi type mesin pompa air anda mulai dari kapasitas, daya hisap hingga daya semprotnya, bahkan jika anda memerlukan sperpartnya penggantinya anda bisa cari terlebih dahulu spesikasinya beserta perkiraan harganya.


Langkah - Langkah Mudah Bagaimana Cara Memperbaiki / Betulin Pompa Air Sendiri Yang Rusak dan Airnya Tidak Mau Naik !


Jika Pompa air anda yang tidak mau menyala atau menyala tapi tidak mau nyedot airnya, cobalah Lakukan pemeriksaan terhadap bagian pengkabelan listrik yang terdapat di pompa, banyak sekali kasus yang terjadi di mana kabel sudah rusak tetapi tak diganti sehingga menyebabkan pompa air tidak menyala sebab listrik tidak sampai pada mesin pompa. Untuk mengecek listrik pada kabel apakah sampai atau tidaknya ke mesin dapat memakai alat yang bernama multimeter. Apabila tidak terdapat aliran listrik, maka anda mesti mengganti kabel tersebut dengan kabel yang baru. Ada pula kerusakan yang terjadi di mana mesin pompa menyala tetapi hanya mendengung saja, kerusakan tersebut dapat terjadi karena kumparan yang putus. Bisa pula terjadi karena kapasitor yang sah rusak. Jika kerusakan yang terjadi pada kumparan, maka anda mesti memperbaikinya ke teknisi, namun apabila kerusakannya karena kapasitor yang sudah rusak, maka anda dapat menggantinya sendiri. Ganti dengan kapasitor yang baru serta mempunyai nilai yang sama.


Informasi Alamat dan No Telp Toko - Toko Pusat Penjualan Spare Part Khusus Pompa Air, selangkapnya bisa lihat di : https://www.glosiran.com/info-pusat-grosir-alat-alat-pompa-air.html


Bagaimana Jika Mesin Pompa Air Menyala Tetapi Air Tidak Naik ?

Hal pertama yang dapat kita lakukan adalah dengan membuka tempat pemancingan air pada pompa tersebut. Perhatikan serta lihat, apakah di dalamnya berisi air atau tidak. Apabila di dalam pemancingan air tersebut masih terdapatkan air dengan kapasitas yang penuh, maka dipastikan bahwa kerusakan terdapat pada pompa air, Tetapi jika tangki pancingan Air Kosong, maka kita tinggal memasukan air kedalam lubang tangki pancingannya seperti contoh di berikut ini :

Cara Memancing Pompa Air Agar Airnya Naik


Bagaimana Jika Pipa Hisap / Pipa Dorong Pompa Air Ada Yang Bocor dan Gimana Cara Mengeceknya ?

Kerusakan Pompa air yang tidak bisa naik airnya, pada umumnya di sebabkan oleh kebocoran pipa Input atau bagian pipa yang menghisap air dari dalam sumur, atau pada bagian  piap Output yang mendorong air naik ke atas atau ke bak penampungan, jika ada kebocoran di salah satu instalasi pipa airnya maka pompa air tidak akan berfungsi secara maksimak dan aliran aliran airnya pun akan lemah / kecil bahkan tidak bisa naik airnya.

Cara Memasang Pipa Hisap dan Pipa Dorong Pompa Air


Langkah – langkah yang Harus kita Lakukan Jika Kita Curiga ada kebocoran pada Pipa Hisap / Pipa Dorong Pompa Air kita

  • Periksa bagian Pipa input air, mulai dari bagian sambungan pipa yang terhubung dengan Pompa air sampai dengan pada bagian saringan atau diujung pipanya yang masuk ke dalam sumur.
  • Demi Keselamatan Kita Semua, Harap Di Perhatikan / di periksa dengan tespen dan pastikan Pompa Air kita tidak kontak body atau Nyetrum, jika sudah aman maka baru boleh lanjutkan ke langkah berikutnya
  • Jika Pompa air sudah aman ( tidak nyetrum ) maka kita bisa Masukan Air kedalam tangki pancingam pada pompa air atau bisa melalui bagian Pipa Output
  • Tutup bagian input yang berada pada bagian plenes dengan tangan kita hingga tidak ada yang bocor. 
  • Hidupkan Mesin Pompa air
  • Periksa apakah ada tekanan pada Pipa Semburnya, dan cek pada pipa inputnya apakah ada sedotan, jika sedotan lemah dan bahkan tidak ada sedotan maka kemungkinan pipa kempos karena ada yang bocor.

Bagaimana Jika Mesin Pompa Air Tidak Berputar dan Hanya Mengeluarkan Bunyi Berdengung Saja ?

Jika Mesin pompa air dapat dihidupkan akan tetapi tidak berputar serta hanya mengeluarkan suara berdengung yang umumnya diakibatkan oleh kerusakan motor running kapasitornya, sehingga yang terjadi ialah mesin tidak dapat start. Kapasitor sendiri merupakan alat yang bisa menyimpan muatan listrik ataupun energi dalam medan listrik.

Tanda - tanda kapasitor pompa air rusak

Pompa air pun menggunakan kapasitor sebagai penyimpanan energinya. Kapasitor pompa air berguna untuk Starting pertama sewaktu pompa air dinyalakan. Sesudah pompa air menyala maka dengan sendirinya aliran listrik ke kapasitor akan terputus. Penampakan listrik dari kapasitor yang rusak umumnya bagian atas dari kapasitor menggelembung, bodi kapasitor pecah ataupun retak. Namun terkadang ada juga kapasitor yang sudah rusak akan tetapi tidak terdapat ciri-ciri kerusakan fisik.

Bagaimana cara mengecek kapasitor yang masih berfungsi atau tidak ? Hal tersebut dapat diketahui dengan cara yang sederhana yaitu dengan mencolokkan kedua kabel kapasitor ke stop kontak listrik rumah anda.  Kemudian cabut serta tempelkan kedua ujung kabel tersebut, jika menimbulkan percikan api berarti menunjukkan bahwa kapasitor masih dalam kondisi baik, sebab masih dapat menyimpan arus listrik. Jika tidak menimbulkan percikan api berarti menunjukkan bahwa kapasitor telah rusak serta mesti diganti.

Bagaimana Cara Mengganti Kapasitor Mesin Pompa Air Yang Rusak ?

  • Langkah pertama yaitu buka Box pengaman kapasitor yang terdapat pada bodi mesin pompa air. Buka kapasitor dengan cara melepas kabelnya serta segeralah pergi ke toko pompa air dan bawa kapasitor yang sudah rusak dan belilah kapasitor yang baru yang sejenis dengan kapasitor yang rusak tersebut. Jangan lupa juga untuk mencatat merek mesin pompa air yang anda gunakan, hal ini bertujuan untuk memudahkan staf toko dalam mencari kapasitor penggantinya jika kapasitor yang sejenis tidak tersedia.
  • Pasanglah kembali kapasitor pada mesin serta jangan lupa untuk menutup sambungan kabelnya dengan menggunakan selotip hitam ataupun dengan menggunakan karet pengaman untuk menyambung kabel, hal ini bertujuan agar tidak terjadinya korsleting listrik jika terkena air. Ada bisa membeli selotip atau karet pengaman untuk menyambung kabel di toko yang menjual peralatan listrik.
  • Jangan Lupa Pasanglah kembali Box pengaman kapasitornya dengan benar supaya air tak bisa masuk melalui celah yang terbuka.

Bagaimana Jika Klep atau Seal Pada Kepala Pompa Air Bocor / Sobek / Rusak ?

Pada bagian kepala pompa air merupakan bagian dari pompa air yang berfungsi untuk menghisap dan menendang air, di mana pada bagian kepala pompa air ini, air akan mengalir karena proses perputaran mesin dan klep, sehingga penyebab sebuah pompa air tidak mau menghisap air umumnya terjadi masalah pada bagian tersebut kepala pompa air tersebut !

Cara Mengganti seal klep pada kepala pompa air


Cara mengganti Seal atau Klep Pompa air yang Bocor dan tidak mau menghisap air

Di dalam sebuah kepala pompa air terdapat komponen-komponen penting, yang membuat sebuah pompa air dapat menghisap air. Ada Impeller untuk memutar air, ada sebuah karet untuk mencegah kebocoran, dan ada juga yang namanya sebuah SEAL yang berfungsi untuk mencegah kebocoran pada bagian poros, meskipun poros berputar memutarkan impeller, namun air tidak akan masuk atau keluar karena terdapat sebuah seal yang mencegah air masuk dan keluar

Cara Kerja SEAL Pompa Air

Sebagaimana dijelaskan diatas, Poros dapat berputar karena ada bagian yang longgar. Namun pada bagian kepala pompa air tidak boleh ada kebocoran sedikitpun. Oleh karena itu terlahirlah SEAL yang dapat membuat sebuah poros dapat berputar tanpa harus mengalami kebocoran

SEAL terdapat dua bagian, bagian yang menempel pada Poros, dan bagian yang menempel pada body. Kedua bagian tersebut  terpisah namun saling menempel. Meskipun bagian seal yang ada pada poros ikut berputar, namun kedua seal tersebut tetap terhubung menghindari ada air keluar masuk. Terbuat dari bahan keramik, dilapisi oleh karet sehingga pleksible. Seal bagian poros biasanya ditahan oleh sebuah Spi. Namun, ada juga yang langsung ditahan oleh Impeller bisanya pada pompa air tipe Jet pump

Sebelum lebih lanjut, kita akan coba jelaskan terlebih dahulu, beberapa penyebab pompa air tidak mau menghisap air.

Penyebab pompa air tidak mau menghisap air disebabkan oleh 3 faktor

  1. Karena ada terjadi kebocoran bagian pipa penghisap dan sebuah pompa air
  2. Putaran motor listrik yang melemah (kurang mengangkat)
  3. Air menyurut, sehingga kemampuan daya hisap dan daya dorong pompa air melebihi batas maksimum
Pada umumnya, penyebab pompa air tiba-tiba tidak mau menghisap air adalah terjadinya kebocoran pada wilayah saringan air sampai pada pompa air.

Bila pipa penghisap yang anda gunakan dilengkapi dengan otomatis yang membuat air tidak kembali pada dasar sumber air, anda dapat meniup pipa tersebut dengan kuat. Bila pipa tidak bocor maka tiupan anda akan terasa tertahan

Cara periksa bagian pompa air yang gak mau naik airnya

  • Cek putaran motor, putaran motor yang baik ditandai dengan putaran yang masih cepat dan body motor pompa tidak cepat panas pula
  • Bila putaran masih baik selanjutnya periksa bagian kepala pada pompa air
  • Bawa pompa air ke tempat yang nyaman untuk perbaikan
  • Masukan air pada bagian kepala pompa air, bisa lewat bagian output pompa atau bagian khusus untuk memancing air disamping bagian output air
  • Simpan telapak tangan (jangan sampai ada kebocoran pada telapak tangan tersebut) pada bagian input air pompa, kemudian hidupkan pompa air

PERHATIAN !!!

Sebelumnya HARAP HATI - HATI !!! Jangan Lupa periksa body pompa air karena dikhawatirkan terjadi kebocoran arus listrik, cara pemeriksaan dapat menggunakan tespen atau avometer

Jika Sudah Aman, silahkan lanjutkan Langkah - Langkah Berikut ini :

  • Pompa air yang baik akan menarik bagian telapak tangan anda kedalam dengan keras, dan bila anda hendak menarik lengan sobat kearah belakang (melepaskan hisapan) pompa air yang baik akan tetap ikut bergeser dengan lengan anda
  • Bila memang terjadi kebocoran pada bagian kepala pompa air itu, maka tidak akan ada tarikan atau hisapan hanya sedikit
  • Periksa bagian belakang kepala pompa, apa ada air yang keluar ?
  • Bila yah, kemungkinan besar bagian seal yang rusak, kerusakan pada seal dapat dilihat nanti ada bagian yang retak pada seal atau seal yang sadah longgar.

Berikut ini Caranya mengganti Seal Pompa Air

Siapkan alat dan bahan ini :

  •         kunci pas 10-12-13
  •         trecker
  •         obeng
  •         tang spi
  •         seal
  1. Jangan sampai ada arus listrik yang masing mengalir pada pompa air, pisahkan dari sumber listrik
  2. Buka bagian tutup depan impeller, Untuk membuka bagian tutup depan sebuah pompa air sumur dangkal, pada umumnya bisa menggunakan kunci 10, untuk semi jet dan jet pump, biasanya menggunakan kunci 12-13
  3. Buka bagian impeller dengan menggunakan trecker, jika tidak ada bisa menggunakan obeng min. Beberapa merk pompa air sumur dangkal pada umumnya bisa dibuka dengan menarik impeller tersebut keluar. Untuk pompa semi jet dan jet pump bisa dibuka dengan membuka mur yang mengunci impeller dengan menggunakan kunci 12
  4. Buka bagian spi dengan memekarkan spi tersebut
  5. Pisahkan bagian kepala pompa dengan bagian motor agar mudah melepaskan bagian dalam seal
  6. Siapkan seal yang baru
  7. Masukan seal bagian dalam terlebih dahulu sampai rapat dan tidak ada celah
  8. Bersihkan bagian seal sampai tidak ada sedikitpun pasir atau kerikil lain yang menempel
  9. Masukan kembali bagian kepala pompa air
  10. Berihkan bagian seal poros sama seperti pada seal dalam
  11. Masukan seal bersama dengan per dan ringnya
  12. Tekan seal sampai mentok dan masukan sepi kembali sebagai pengunci seal
  13. Test dengan memasukan air pada bagian tersebut
  14. Putar poros, apa masih ada yang bocor? Bisa dilihat dibagian belakang kepala pompa air
  15. Jika tidak, masukan impeller pada posisis yang sangat pas
  16. Perikasa bagian karet penutup depan pompa air, barang kali sudah rusak, bisa diganti
  17. Masukan kembali tutup dan karet dan kunci hingga rapat
  18. Putar bagian kipas belakang pompa, bila ada sendakan, bisa mepukul bagian penutup pompa depan menggunakan palu perlahan-lahan, sampai tidak ada sendakan lagi 18. Test dengan menggunkan telapak tangan kembali. Tidak tahu caranya?  Caranya sama seperti cara diatas.
  • Pompa air yang baik akan menghisap tangan kita dengan kuat

Cara Memperbaiki pompa air tidak bisa menghisap

  • Jika semua tindakan di atas sudah dilakukan dengan benar tanpa menemui masalah yang serius namun tetap saja pompa tidak mampu menghisap air, maka langkah final yang harus dilakukan adalah mengangkat seluruh rangkaian pipa hisap dari dalam sumur.
  • Lepaskan semua sambungan pipa satu persatu dan memeriksa pada setiap bagian untuk memastikan tidak ada pipa yang pecah, retak atau bocor sekecil apapun. Jika terdapat kebocoran pada bagian pipa hisap, khususnya yang berada di atas permukaan air, maka akan membuat mesin pompa kehilangan kevakuman sehingga daya hisap akan melemah bahkan tidak ada sama sekali (kosong).
  • Selanjutnya rangkai kembali pipa hisap, dan sekali lagi anda harus memastikan bahwa tusen klep yang berada pada bagian ujung bawah masih dapat bekerja dengan baik. Pemasangan pipa hisap yang benar supaya memperhatikan dan mengetahui berapa kedalaman level air untuk memberikan jarak paling aman antara posisi tusen klep terhadap dasar sumur serta terhadap permukaan air sehingga akan menjaga posisi kapasitas air yang tersedia dan menghindari kejadian pompa kekurangan air (masuk angin).
  • Semua rangkaian pipa harus tersambung dengan benar dan sambil dimasukkan kedalam lubang sumur, lakukan pengisian air pada pipa hisap hingga penuh sebelum anda menghubungkannya dengan mesin pompa,  tunggu beberapa saat untuk memastikan tidak ada kebocoran di bagian bawah dengan melihat bahwa posisi air di dalam pipa tidak menyusut atau menurun.
Cara Pasang Pipa Hisap Pompa Air

Cara Memasang  Pipa Hisap Pompa Air

Kesalahan dalam metode pemasangan pipa hisap merupakan faktor penyebab pompa air tidak bisa menghisap yang paling sering terjadi. Biasanya untuk konsumen yang memasang tanpa menggunakan jasa ahli atau tukang pompa kurang memiliki pengalaman dalam hal ini. Mereka hanya mencoba melakukan pemasangan dengan tujuan dapat menempatkan unit mesin pompa serapi mungkin tanpa mempertimbangkan efektifitas dan prosedur teknis yang benar. Gambar yang kiri sepintas hanya berbeda pada rangkaian pipa hisapnya dimana pipa hisap terpasang dengan posisi melebihi ketinggian unit mesin pompa. Karena sebaik apapun sambungan pipa yang dirangkai seperti ini tetap memiliki resiko masuk angin pada bagian pipa yang berada di atas mesin sehingga daya hisap pompa menjadi lemah. karena sejauh apapun unit pompa dari lubang sumur namun jika pipa hisap tetap berada dibawah mesin, maka secara teknis tidak akan mengurangi daya hisap pompa karena seluruh ruangan pipa tidak beresiko terjadi masuk angin.

Biasanya jika mesin pompa air masih dalam kondisi normal, dan rangkaian pipa hisap telah tersambung dengan benar, kemudian spesifikasi pompa juga sudah sesuai dengan prosedur teknis untuk kedalaman hisap yang di ijinkan, maka seharusnya pompa air anda akan langsung bekerja dan dapat menghisap air dengan baik ketika di nyalakan.

Bagaimana merawat pompa air agar awet dan tahan lama ?

Perhatikan Stekernya : Umumnya pada sebuah steker yang menghubungkan listrik menuju pompa air akan dibebani banyak stop kontak. Hindarilah kebiasaan tersebut. Mengapa ? Sebab hal tersebut akan menimbulkan panas yang berlebih pada steker. Usahakanlah satu steker hanya ditancapkan satu stop kontak saja, yaitu stop kontak pompa air. Apabila berlebih, maka akan menimbulkan panas yang bisa memicu kerusakan pada mesin pompa air anda.

Perhatikan Pengoperasiannya :
Jangan biarkan mesin pompa air Anda kering. Pastikanlah selalu basah, hindarilah penggunaan pompa air dalam keadaan tanpa air ataupun kering. Jika hal tersebut terus dilakukan maka bisa merusak motor pompa air.

Jangan Biarkan Terbuka : Terkadang pemilik pompa air sering menutupi mesin pompa dengan sesuatu, contohnya dengan kain maupun menutupinya dengan kayu atau triplek dan sebagainya. Hindarilah cara tersebut, sebab bisa menyebabkan risiko kebakaran. Apabila beban pompa air berlebih ataupun api tersulut dari steker yang kelebihan muatan stop kontak, maka bisa membakar pembungkus ataupun selimut pompa air.

Utamakan Perlindungan : Jangan menempatkan mesin pompa air di area terbuka yang bersentuhan dengan sinar matahari langsung atau percikan hujan. Akan tetapi jangan pula ditutupi ataupun dibungkus. Letakkanlah pompa air di tempat yang teduh. Jika pompa air bersentuhan dengan sinar matahari langsung atau percikan hujan, maka bisa mengurangi umur pompa dan unsur kejutan listrik.

Gunakan Filter : Terkadang tidak seluruh sumur bersih. Tentunya pasti ada sumur yang sering mudah terisi kotoran maupun pasir. Pada pipa yang dipasang pada pompa air alangkah lebih baiknya diberikan sebuah filter atau penyaring. Fungsinya tentu untuk menyaring segala macam kotoran sebelum masuk ke pompa air. Jika kotoran atau pasir terhisap oleh pompa, maka akan mengakibatkan kerusakan mesin pompa air

Demikianlah berapa cara memperbaiki pompai air. Semoga cara tersebut dapat bermanfaat untuk anda yang tengah mengalami masalah terhadap pompa air rusak. Apabila pompa sudah tidak mengalami kerusakan, alangkah baiknya untuk selalu menjaga serta merawatnya agar pompa air selalu dalam keadaan yang bagus. Lakukanlah pemeriksaan dan pembersihan minimal Enam bulan sekali.

  • Jika Pompa Air Anda Akhirnya Tidak Dapat Di perbaiki lagi, Maka Berikut ini Tips Bagaimana Memilih Pompa Air Yang sesuai dengan Kebutuhan Rumah anda !

Cara Memilih Pompa Air Yang Cocok Untuk Kebutuhan Kita

  1. Banyak sekali jenis pompa air rumah tangga yang beredar di pasar, untuk dapat memilih pompa air yang tepat sebenarnya tidak terlalu sulit. Yang penting anda memiliki informasi yang akurat sebelum membeli. Tanpa informasi tersebut bukan anda saja yang bingung, toko penjual pompa pun akan bingung memilihkan pompa yang tepat untuk anda. Pada artikel ini kami akan menjelaskan informasi apa saja yang diperlukan, dan berdasarkan informasi tersebut pompa jenis apa saja yang dapat anda gunakan.

  2. Informasi yang paling penting untuk anda ketahui adalah jenis sumber air, apakah berasal dari sumur bor, sumur gali, penampungan air? Setelah itu anda perlu mengetahui berapa kedalaman permukaan air sumber air terutama pada saat musim kemarau. Informasi mengenai kedalaman permukaan air seringkali salah, karena menurut pengalaman kami yang sering diberikan oleh konsumen adalah kedalaman sumur. Kedalaman sumur tentunya berbeda dengan kedalaman permukaan air. Yang pasti kedalaman sumur harus lebih dalam dari kedalaman permukaan air. Kedalaman permukaan air adalah jarak dari permukaan air hingga ke pompa air secara vertical. Untuk mengetahui kedalaman permukaan air, biasanya anda tinggal bertanya kepada tukang bor-nya. Biasanya mereka memiliki pengalaman untuk mengetahui berapa kedalaman permukaan air di tempat anda. Bila sumber air yang akan anda gunakan adalah sumber air yang lama, anda dapat mengukur sendiri ketinggian air dengan memasukkan paku yang diikat dengan benang. Anda harus mengulur dan menarik tali tersebut, hingga pada ketinggian tertentu paku tersebut basah.

  3. Pada informasi spesifikasi pompa air, anda dapat membandingkan kedalaman permukaan air dengan informasi daya hisap. Tetapi anda tidak dapat 100% berpatokan dengan informasi daya hisap, karena umumnya standard yang digunakan oleh produsen pompa air adalah kedalaman permukaan air maksimal yng di mana air dapat terhisap. Maksimal belum tentu optimal, karena pada daya hisap maksimal, bisa jadi anda hanya mendapatkan air sejumlah 1 liter, dalam waktu 1 jam. Kami kira ini sangat tidak efisien. Oleh karena itu, di sini kami akan berusaha menyampaikan permukaan air yang optimal atau maksimal yang layak digunakan untuk masing-masing jenis pompa air. Dengan demikian anda memiliki gambaran pompa jenis apa yang tepat.

  4. Bila kedalaman permukaan air kurang dari 7 meter, maka anda cukup menggunakan pompa sumur dangkal. Jenis pompa air sumur dangkal di sini dapat berjenis manual atau otomatis, dengan daya listrik 125 watt atau 200 watt. Pada pompa air sumur dangkal daya listrik yang lebih besar bukan berarti daya hisap semakin dalam, karena pada jenis pompa ini daya hisap optimal hanya hingga kurang lebih 7 meter. Dengan daya 200 watt, kapasitas air, dalam arti volume air yang dikeluarkan oleh pompa per jam, lebih besar daripada yang 125 watt. Pada informasi spesifikasi pompa air, rata-rata produsen mencantumkan daya hisap 9 meter, tetapi bila kedalaman permukaan air sumber air anda antara 7 hingga 9 meter, kami tidak menyarankan anda menggunakan pompa jenis ini. Perkecualian untuk pompa sumur dangkal merk Shimizu tipe PS-226 Bit dan PS-230 Bit, berdasarkan pengalaman kami, pompa shimizu tipe ini sanggup menghisap secara optimal hingga kedalaman 8 meter. Beberapa tukang pompa, juga dapat menyarankan anda untuk menggantung pompa air di dalam sumur (bila sumur berjenis sumur gali), untuk mengejar kedalaman permukaan air, sehingga anda dapat menghemat tanpa harus membeli pompa air tipe yang lebih tinggi dan tentunya lebih mahal. Tetapi anda harus mencermati, apakah kedalaman permukaan air sumur tersebut pada musim hujan dan kemarau berbeda jauh? Karena jangan sampai pada musim hujan, ketinggian permukaan air dapat merendam pompa air anda, yang akhirnya malah merusak pompa air anda.

  5. Bila kedalaman permukaan sumber air anda berkisar antara 7 hingga 9 meter, kami menyarankan anda untuk menggunakan pompa air sumur dangkal tipe semi jet pump. Informasi spesifikasi daya hisap dari produsen umumnya mencantumkan 11 meter. Tetapi pompa semi jet pump lebih optimal untuk digunakan pada ketinggian permukaan air hingga 9 meter. Ini berlaku untuk pompa semi jet pump berdaya listrik 100 watt atau 250 watt. Seperti pompa air sumur dangkal, daya listrik yang lebih besar bukan berarti daya hisap yang lebih dalam, tetapi daya hisap yang lebih besar memiliki daya dorong yang lebih besar dan kapasitas air yang lebih besar pula. Pompa semi jet pump jarang sekali digantung di dalam sumur, karena umumnya terlalu berat, sehingga sangat riskan untuk jatuh.

  6. Bila kedalaman permukaan sumber air anda lebih dari 9 meter, maka anda sebaiknya menggunakan pompa air berjenis jet pump. Dengan menggunakan pompa air jenis ini, maka sumur minimal harus memiliki diameter 4″, agar ventury jet dapat masuk ke dalam sumur. Berbeda dengan pompa sumur dangkal dan semi jet pump, pada pompa jenis ini, watt yang lebih besar memiliki daya hisap yang lebih dalam pula. Tetapi tetap saja informasi spesifikasi pompa dari produsen tidak dapat menjadi patokan anda dalam menentukan pompa dengan berdaya listrik yang tepat.

  7. Untuk kedalaman permukaan air hingga 12 meter, anda dapat menggunakan pompa jet pump berdaya listrik 125 Watt atau 150 Watt. Pompa jet pump berdaya listrik kecil ini, saat ini termasuk yang sulit ditemukan di pasaran dan hanya diproduksi oleh 2 merk, yaitu merk Panasonic (GN-125H, 125 Watt) dan Shimuzu (PC150 BIT, 150 Watt). Pada informasi spesfikasi produk dari produsen pompa jenis ini umumnya disebut memiliki daya hisap hingga 15 meter. Untuk kedalaman permukaan air lebih dari 12 meter ada patokan standar yang umumnya sudah diketahui oleh toko atau tukang pompa, yaitu : 15 meter adalah kedalaman maksimal yang optimal untuk pompa jet pump 250 Watt atau 300 Watt, 18 meter untuk yang berdaya 375 Watt, dan 20 meter untuk yang berdaya 500 Watt. Lebih dari patokan tersebut umumnya kapasitas air yang keluar dari pompa air sudah tidak optimal untuk penggunaan rumah tangga yang sederhana sekali pun. Jangan terkecoh dengan informasi spesifikasi daya hisap dari produsen, yang umumnya mencantumkan 30 meter untuk pompa jet pump berdaya 250 Watt atau 300 Watt, 40 meter untuk berdaya 375 Watt, dan 50 meter untuk berdaya 500 Watt.

  8. Standard atau patokan di atas dapat dikatakan sama untuk semua merk, sehingga pompa air berdaya sama tetapi berharga lebih mahal, tidak berarti memiliki daya hisap yang lebih baik. Perbedaan harga pada masing-masing merk, lebih pada kualitas dari lilitan motor, yang mempengaruhi panjang pendek umur pompa, kualitas bahan body, komponen motor dan elektronik dan juga layanan purna jualnya.

  9. Bila kedalaman permukaan air anda sudah melebih 20 meter, anda sudah sangat disarankan untuk menggunakan pompa air berjenis submersible. Untuk jenis-jenis pompa submersible yang sesuai berdasarkan permukaan airnya, akan kami jelaskan di lain waktu.

  10. Informasi lainnya adalah hingga ketinggian berapa, air akan disalurkan. Daya dorong juga dipengaruhi oleh berapa kedalaman hisapnya. Makin pendek daya hisap, makin jauh daya dorongnya. Bila menggunakan pompa jet pump atau semi jet dengan daya hisap optimal sesuai dengan standar di atas, sebaiknya anda menggunakan penampungan air yang dekat dengan pompa. Sehingga anda perlu menggunakan 2 pompa, satu pompa untuk menghisap dari sumur, satu pompa lagi untuk menghisap dari penampungan ke penampungan di atas atau untuk langsung di pakai. Kecuali anda menggunakan pompa tersebut hanya untuk keperluan satu lantai dengan 1 hingga 2 titik air saja.

  11. Informasi lain yang perlu diketahui adalah berapa kapasitas daya listrik rumah anda, karena daya listrik pompa pada saat start selalu 2 kali daya listrik normalnya. Sebagai contoh, pompa air sumur dangkal berdaya listrik 125 watt, pada saat start memerlukan daya listrik 250 watt. Bila rumah anda hanya memiliki daya listrik 450 watt, anda tidak dapat menggunakan pompa jet pump atau pompa semi jet pump berdaya 250 Watt ke atas. Bila rumah anda berdaya 900 watt, anda dapat menggunakan jet pump hingga 375 Watt, tetapi mungkin perlu dipertimbangkan untuk meningkatkan daya listrik anda 1300 watt, karena bila digabung dengan perangkat listrik dan elektronik lainnya bisa jadi kurang. Yang perlu diperhatikan bila anda memilih menggunakan pompa jet pump berdaya 500 watt. Karena khusus untuk tipe ini daya listrik yang diperlukan pada saat start adalah 3 kali daya normal, sehingga menjadi 1500 watt. Oleh karena itu untuk dapat menggunakan pompa ini, kapasitas daya listrik di rumah anda minimal sudah berdaya 2200 watt. Ada beberapa merk yang pompanya tetap hidup walaupun daya listrik anda 1300 watt, tetapi umumnya daya hisapnya menjadi jauh berkurang, sehingga kami tetap menyarankan anda memiliki kapasitas daya listrik 2200 watt.

  12. Informasi terakhir yang anda butuhkan tentunya adalah budget anda. Karena ini mempengaruhi merk apa yang akan beli. Perlu kami tekankan sekali lagi standard daya hisap di atas, dapat dikatakan sama untuk semua merk, baik itu merk kelas termurah seperti Pompe, Airlux, dan lain-lain , merk menengah seperti Shimizu, Wasser, Panasonic, DAB, DABAQUA, Multipro, dan lain-lain, bahkan merk kelas atas seperti Grundfos, Pentax, Pedrolo, Sanyo, Hitachi. Sehingga memilih merk yang sesuai tergantung dari budget dan juga preferensi merk yang anda miliki.