Saya dan Anda adalah makhluk sosial cerdas yang di ciptakan Tuhan untuk mengetahui dan mempelajari segala yang ada di bumi ini, tak ada kata saya tidak bisa atau saya tidak tahu, "selama ada m'bah Google" Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan anda. bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA !!! DI SINI

Cara Mendapatkan Diskon 99 % di Lazada

Cara Mendapatkan Hadiah dari BukalapaK

Translate

Selasa, 16 Mei 2017

Cara Cepat Menyajikan Aneka Resep Santapan Khas Ramadhan

Ketika bulan Ramadhan T'lah tiba, biasanya ada beberapa sajian spesial yang di siapkan untuk berbuka puasa, pada umumnya berbuka puasa di berengi dengan santapan aneka makanan yang manis, gurih dan menyegarkan, mulai dari berbagai macam makanan khas nusantara dengan olahan bahan tepung beras sampai dengan aneka olahan Es dan buah - buahan yang segar nan menggugah selera. dalam kesempatan ini kami akan coba memberikan rangkuman resep spesial kepada anda maupun tip's bagaimana cara cepat dan tepat dalam memilih serta menentukan aneka resep sajian berbuka puasa nanti. pepatah mengatakan bahwa memasak dengan rasa cinta seorang ibu hasilnya pasti jauh lebih enak di bandingkan masakan restoran manapun.  Marilah kita coba belajar menyajikan hindangan berbuka puasa tahun ini dengan kreasi tangan kita sendiri, Setidaknya selama 1 bulan ini kita akan belajar memasak dan anda akan kami pandu untuk belajar memasaknya serta menyajikannya berdasarkan cuplikan 30 Resep spesial sajian Khas Ramadhan di bawah ini :


Sebelum kita lanjutan ke proses panduan memasaknya, alangkah baiknya anda menyiapkan terlebih dahulu aneka alat - alat memasak yang nantinya akan anda pakai untuk mempraktekkan aneka resep spesial ramadhan di bawah ini.  Contoh alat - alat dan perlengkap masak yang wajib anda siapkan dan beberapa contohnya silahkan anda Klik di  --> SINI


Atau Bisa Anda Cek di ---> 
SINI
 



Begitu juga dengan aneka bahan - bahan masakan sampai dengan aneka bumbu masak serta aneka perlengkapan memasak masakini yang akan lebih praktis di gunakan untuk menyajikan aneka Resep Santapan Khas Ramadhan, selengkapnya juga bisa anda simak  di --> SINI



Berikut ini Cuplikan 30 Resep praktis #MenuSpesialRamadhan


1.  RESEP KOLAK BIJI SALAK


Salah satu jenis resep tradisional yang sampai sekarang masih diterima dan dicari adalah Resep Aneka Kolak dan salah satu yang terkenal adalah Kolak Biji Salak. Sebenarnya, resep ini tidak hanya bisa dibuat kolak tetapi juga es biji salak, kue biji salak, jenang biji salak, bubur biji salak dan yang lainnya. Tetapi kali ini, kita akan mencoba belajar mempraktekan Resep Kolak Biji Salak yang Enak dan Sederhana.ini - silahkan anda coba membuatnya dengan panduan Resep di bawah ini :

Bahan - bahan yang di butuhkan :

1. Bahan utama yang diperlukan adalah ubi jalar yang kondisinya bagus dan tidak busuk.

2. anda juga bisa menggunakan ubi ungu atau ubi cilembu supaya warnanya nanti dan aromanya lebih harum.

3. Tepung Kanji atau biasa disebut juga tepung tapioka kurang lebih sebanyak 100 gram saja.

4. Garam dapur beryodium kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil saja atau sesuai selera.

Bahan Untuk Bubur Biji Salak :

1. Bahan utama yang diperlukan adalah 250 gram gula merah jawa atau bisa juga menggunakan gula aren. Potong kecil kecil serong atau sisir halus gulanya supaya mudah tercampur dengan air dan bahan lainnya.

2. Garam dapur yang mempunyai kandungan kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil.

3. Gula pasir berwarna putih atau sedikit kuning juga boleh kurang lebih sebanyak 50 gram.

4. Daun pandan segar ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2-4 lembar. Cuci bersih dahulu daun pandannya sebelum digunakan.

5. Air bersih atau air matang kurang lebih sebanyak 750 ml.

Bahan untuk membuat Saus Santan :

1. Daun pandan kurang lebih sebanyak 2 lembar untuk memberikan aroma harum. Cuci bersih dan ikat simpul supaya mudah untuk dimasak.

2. Santan kental kurang lebih sebanyak 300-350 ml. Lebih baik kalau menggunakan santan dari perasan buah kelapa, tetapi kalau tidak ada bisa diganti juga dengan santan instan yang banyak dijual di pasaran.

3.Garam dapur untuk menguatkan rasa asin dan gurihnya kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil.

Cara Membuatnya :

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuat biji salaknya. Pertama kupas ubi jalar atau ubi ungu yang digunakan lalu cuci bersih supaya getahnya hilang.

Siapkan kukusan dan beri air secukupnya. Setelah panas masukkan ubi yang akan digunakan dan tunggu sampai ubi benar benar matang dan empuk supaya mudah kalau mau dihaluskan.

Setelah matang haluskan ubi sampai benar benar halus, lalu masukkan garam dapur beryodium dan tepung tapioka yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Campurkan dan aduk aduk menggunakan tangan supaya benar benar halus. Beri sedikit air supaya nanti mudah dibentuk lalu aduk aduk lagi supaya kalis.

Setelah adonan kalis, ambil sedikit adonan lalu bentuk menggunakan tangan kecil kecil menyerupai biji salak. Ulangi sampai semua adonan habis dan terbentuk rapi.

Langkah kedua adalah membuat bubur biji salak nya. Ambil satu panji dan beri air bersih yang sudah dipersipakan.

Setelah mendidih masukkan gula merah yang sudah disisir halus lalu aduk aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata.

Setelah matang, angkat panci lalu saring supaya kotoran kotoran yang menempel hilang dan benar benar bersih air gulanya.

Setelah bersih rebus air gula merah nya lagi lalu masukkan garam dapur beryodium dan daun pandan yang sudah diikat simpul. Aduk aduk lagi supaya semua bahan tercampur rata.

Masukkan biji salak yang sudah dibentuk di langkah pertama ke dalam kuah resep biji salak nya, lalu rebus lagi sambil sesekali diaduk aduk sampai biji salaknya benar benar matang dan mengapung.

Tambahkan sedikit tepung maizena supaya lebih kental. Masak sampai kuahnya keluar letupan letupan kecil.

Untuk saus santannya, rebus santan bersana dengan daun pandan dan tambahkan sedikit garam. Aduk aduk terus sampai santan mendidih.

Kolak Biji Salak ini bisa disajikan di saat masih hangat atau disajikan di saat dinging dengan diberi es batu supaya lebih segar



2. RESEP BUBUR KETAN HITAM GURIH DAN LEMBUT


Bubur Ketan Hitam adalah salah satu hindangan berbuka puasa yang sederhana, mudah di buat dan enak rasanya. Bisa di sajikan dalam keadaan Hangat atau dalam keadaan dingin dengan tambahan bongkahan es. anda bisa masukan menu ini dalam daftar hindangan berbuka puasa nanti, silahkan ikuti panduan membuatnya dengan Resep berikut ini :

Bahan bubur :

300 gram beras ketan hitam, dan 200 gram ketan putih, pilih yang baik agar hasilnya lembut. Rendam semalaman atau minimal tiga jam sebelumnya dan cuci sampai bersih. 250 gram gula merah, dirajang halus

2 liter air

Dua lembar daun pandan

Bahan Saus Santan :

250ml santan siap pakai, atau bisa santan dari setengah butir kelapa

1,5 sdt garam

Selembar daun pandan, dibuat simpul

Membuat Saus santan

Masak semua bahan dengan api kecil sambil diaduk hingga mendidih, bisa sedikit ditambahkan air.
Angkat, sisihkan

Cara Memasak Bubur Ketan Hitam

Masak dengan 1,5 liter air, masukkan pandan. Gunakan api kecil dan harus sering diaduk agar tidak hangus dibagian bawah panci, masak beras ketan hingga menjadi lunak dan kental. Masukkan gula merah dan garam, aduk hingga gula larut dan sudah tidak berair. Tambahkan gula pasir, jika bubur belum berasa manis

Sajikan bubur ketan hitam beserta dengan saus santan.

Tips :

Anda Bisa hanya menggunakan beras ketan hitam (tanpa beras ketan putih)

Bisa ditambahkan air lagi jika bubur dirasa masih belum benar-benar lembut.



3.
RESEP BUBUR SUMSUM LEMBUT - ORIGINAL



Bubur Sumsum yang asli biasanya berwarna putih dan lembut, hanya di tambah toping gula merah cair, walau tampak sangat sederhana namun rasanya cukup lezat dan paduan rasa manis, gurih serta asin pas untuk hindangan berbuka puasa. Mari kita Coba Membuatnya di dapur masing - masing dengan panduan Resep Berikut ini :

Bahan yang perlu anda siapkan :

100 gram tepung beras
1/2 sendok teh garam
3 lembar daun pandan, buat jadi simpul
650ml santan kental, atau santan dari satu
butir kelapa tua

Bahan Untuk kuah Gula

2 lbr daun pandan, bersihkan dan buat simpul
100 ml air bersih
200 gram gula merah ( haluskan )

Cara membuat kuahnya : campurkan air dengan gula, daun pandan lalu aduk-aduk. Rebuslah campuran tersebut menggunakan api sedang hingga mengental, angkat dan sisihkan.

Cara membuat bubur sumsum :


Bagilah santan menjadi dua bagian dan di wadah yang berbeda, panaskan santan pada wadah pertama bersama dengan simpulan daun pandan menggunakan api kecil sambil terus diaduk.

Santan pada wadah kedua dicampur dengan tepung beras dan garam, aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata.

Saat santan yang di wadah pertama dipanaskan maka campurkan santan di wadah kedua kedalam santan yang pertama, aduk-aduk terus hingga mengental.

Jika sudah mengental itu artinya sudah matang, angkat dan dinginkan

Cara penyajian :

Ambil beberapa sendok dari bubur putih tersebut dan tuang ke dalam piring atau mangkok saji. Lalu siram dengan kuah Gulanya, jangan terlalu banyak kira-kira secukupnya saja

Kreasi Bubur Sumsum Original siap di santap !

Catatam : Untuk Toping anda bisa kreasikan sendiri, Contohnya di tambah Taburan Parutan Keju, atau bisa Juga di tambahkan potongan atau irisan buah. ( Sesuai Selera )



4.
RESEP KOLAK PISANG ORIGINAL

Banyak sekali kreasi kolak pisang yang bisa kita jumpai, bahkan dengan berbagai macam rasa serta isinya, namun terkadang kita menginginkan sajian kolak pisang yang original khas resep peninggalan para pendahulu kita. Jika anda kangen dengan citarasa asli kolak khas buatan orang tua kita, maka anda bisa mencoba membuatnya dengan panduan salah satu Resep berikut ini :

Bahan-bahan yang di perlukan :

Buah pisang raja 6 buah, Kemudian potong-potong seperti dadu kecil

labu kuning 100 gram - potong seperti dadu kecil

santan 500 ml

gula merah / Gula aren 2 keping

daun pandan 2 helai

air bersih 500 ml

Sediakan Gula pasir secukupnya

Sediakan juga Garam secukupnya

Proses membuat kolak pisang Original :

Langkah pertama,rebus labu hingga lembut dan empuk.

Selanjutnya siapkan panci lalu masukan air bersih, daun pandan,labu dan gula merah, kemudian rebus.Pastikan gula merah larut.

Kemudian masukkan potongan pisang, santan, dan gula pasir, ke rebusan tersebut.

rebus terus hingga warna pisang berubah agak kecokelatan.

Agar tidak menggumpal aduk hingga mendidih.

Kalau sudah angkat dan simpan ke dalam wadah, dan Sajian kolak pisang original siap untuk di hidangkan.



5. RESEP BUBUR KACANG HIJAU KHAS RAMADHAN




Bubur kacang Hijau khas Ramadhan biasanya di masak lebih kental, selain rasa manis dan gurih dari campuran gula dan santan, makanan ini mengandung kandungan gizi yang lengkap, Protein yang terkadung di dalamnya berguna membantu pembentukan sel-sel tubuh dan mempercepat pemulihan serta meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga Bubur kacang Hijau ini cocok untuk hindangan berbuka puasa. Walau cara memasaknya cukup sederhana, tidak ada salahnya anda mencoba memasaknya dengan panduan Resep berikut ini, mungkin rasanya agak berbeda :

Bahan – bahan yang di butuhkan :

250 gram kacang hijau,bersihkan lalu rendam
selama 2 jam

150 gram gula merah iris tipis

Gula pasir secukupnya

1 ruas jahe memarkan

2 helai daun pandan buat simpul

Santan Kental secukupnya Yang sudah di masak dan di beri sedikit garam

Proses Membuat bubur kacang hijau Khas Ramadhan :

Rebus kacang hijau yang sudah di rendam ,sambil sesekali diaduk.

Setelah setengah matang tambahkan irisan gula merah, gula pasir, jahe yang telah di memarkan dan daun pandan aduk kembali.

Masak sampai kacang benar-benar telah matang dan merekah, matikan api.

Siapkan mangkok,lalu tuang bubur kacang hijau sajikan bersama santan kental



6.
RESEP CANDIL ( KUPEH ) UBI UNGU




Bola - bola bulat yang cantik berwarna ungu ini sangat menggugah selera siapa pun yang melihatnya, di tambah lagi aroma khas ubi ungu dan santan yang wangi membuat kita ingin segera mencicipinya, rasanya yang gurih berpadu dengan rasa manis serta sedikit asin, dengan tekstur bola - bola candil yang sedikit kenyal saat di kunyah, membuat hindangan ini tarasa sempurna dan layak kita nikmati saat berbuka puasa nanti, Jika penasaran dengan rasanya, mari kita coba belajar memasaknya dengan panduan Resep Berikut ini :

Bahan - Bahan Yang Di Perlukan :

250 gram Ubi ungu
50 gram Tepung Tapioka atau Sagu
air secukupnya
200 gram gula pasir
1 lembar daun pandan
2 sendok teh garam
300 ml santan

Proses Memasaknya :

Pertama-tama hancurkan ubi ungu yang sudah di kukus hingga matang dan di buang kulitnya, lalu campurkan dengan tepung sagu, gula pasir, dan garam uleni hingga tekturnya agak halus, Ambil sedikit adonan, pulung bulat - bulat taburi dengan sedikit tepung sagu agar tidak menempel.

Rebus air,gula pasir, garam, dan daun pandan lalu masukkan adonan ubi yang telah dipulung, tunggu sampai mendidih, Tambahkan larutan sagu aduk hingga meletup-meletup

Sajikan candil ubi ungu spesial ramadhan ini dengan kuah santan kental yang telah dimasak terlebih dahulu.



7. RESEP SERABI TEPUNG BERAS ORIGINAL





Seiring perkembangan jaman makan tradisional yang bernama serabi atau surabi mengalami evolusi, sehingga bermunculan varian - varian baru kue serabi moderen, ada kue serabi keju, serabi durian, serabi coklat dan lain - lain, namun terkadang kita merindukan citarasa serabi yang masih asli khas buatan orang tua kita sewaktu kita masih kecil dulu, Jika anda ingin mencoba membuatnya, silahkan gunakan Resep berikut ini sebagai panduannya untuk membuat serabi rasa original yang pas sekali di hindangkan saat berbuka puasa nanti. Berikut ini resepnya :

Bahan Kue Serabi :

150 gr kelapa parut
50 ml air daun suji
garam 1/2 sendok teh
santan kelapa 500 ml
220 gr tepung beras

Bahan untuk membuat Fla / Kinca :

1 lembar daun pandan ( dibuat simpul )
santan kelapa kental 100 ml
gula merah 120 gr ( disisir halus )
sedikit garam
Gula pasir ( sesuai selera )

Cara Membuat Kue Serabi Original :

Campurkan kelapa parut dengan tepung beras dan garam dalam satu wadah, aduk rata

Rebus santan kelapa diatas api kecil sampai mendidih sambil diaduk-aduk

Tuang rebusan santan kedalam campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan

Tuang adonan setiap 1 sendok sayur kedalam cetakan tanah liat yang sudah panas

Tutup adonan dan tunggu sampai benar-benar matang, angkat dan tunggu sampai hangat

Selanjutnya anda harus membuat kinca dengan cara mencampurkan semua bahannya lalu direbus sampai mendidih dan larut

Sajikan Selagi Masih Hangat



8. RESEP PUTU MAYANG RASA ASLI JAMAN DULU




Makan Tradisional ini Bernama Putu Mayang yang cantik dan menggugah selera ini, kian hari semakin sulit di temukan dan cederung di lupakan, tapi jika soal rasa tentunya putu mayang ini tidak kalah lezat di bandingkan makan moderen saat ini, justru ciri khas makanan inilah yang menimbulkan sensasi tersendiri saat anda menyantapnya bersama keluarga anda, terutama ketika di sajikan saat berbuka puasa nanti, mari kita belajar membuatnya dengan panduan Resep berikut ini :

Bahan Utama Kue Putu Mayang

300 gram tepung beras
1 sendok teh garam
1 1/2 sendok makan gula pasir
5 tetes pewarna hijau muda
4 tetes pewarna merah cabai
525 ml santan yang diambil dari 1 butir kelapa
100 gram tepung sagu
Daun pisang

Bahan Saus Kue Putu Mayang

500 ml santan yang diambil dari 1/4 butir
kelapa
1/4 sendok teh garam
75 gram nangka
100 gram gula merah sisir
1/2 sendok makan maizena
1 lembar daun pandan

Ikuti Proses pembuatannya berikut ini !

Cara Menyiapkan Bahan Kue Putu Mayang

Pertama, bersihkan terlebih dahulu pandan yang sudah anda siapkan. Lalu ikat simpul.

Ambil nangka, lalu potong kotak kecil.

Larutkan tepung maizena dengan 1/2 sendok makan air.

Cara Membuat Kue Putu Mayang Rasa Jaman dulu

Langkah pertama yaitu, siapkan alat untuk memasak. Lalu masukan tepung beras, garam, gula pasir dan santan ke dalam alat memasak tersebut. Masak semua bahan-bahan tersebut sampai menggumpal.

Kemudian, tambahkan tepung sagu sambil diuleni.

Setelah itu, bagi adonan yang sudah anda buat tadi menjadi tiga bagian. Dimana satu bagian diberi pewarna makanan berwarna merah cabai. Lalu aduk sampai merata. Sedangkan satu bagian diberi pewarna hijau muda. Aduk kembali sampai merata. Untuk bagian lainnya dibiarkan berwarna putih.

Masukan adonan ke dalam cetakan kue putu mayang yang sudah anda siapkan. Lalu tekan di atas daun pisang yang sebelumnya sudah diolesi dengan menggunakan minyak goreng.

Siapkan alat untuk mengukus. Lalu kukus semua adonan sampai matang atau sekitar 15 menit dengan menggunakan api sedang. Jika sudah matang, anda bisa langsung mengangkatnya.

Cara Membuat Saus / Fla Putu Mayang

Masak santan bersama dengan garam, gula merah, dan daun pandan. lalu aduk-aduk sampai mendidih.

Tambahkan larutan maizena dan potongan nangka. Lalu aduk-aduk sampai nangka setengah layu. Jika sudah seperti itu, angkat.

Sajikan putu mayang yang sudah anda buat tadi bersama dengan saus-nya. Nikmati kelezatan sajian khas jaman dulu yang satu ini dengan secangkir teh hangat saat berbuka puasa nanti.



9. RESEP ES PISANG IJO KHAS MAKASSAR




Es Pisang HIjau atau Pisang ijo merupakan salah satu minuman khas dari Kota Makassar Sulawesi Selatan. Es Pisang Ijo terbuat dari bahan utama pisang yang dibalut dadaran adonan tepung yang berwarna hijau. biasanya pisang ijo ini di proses dengan cara di kukus di sebuah dandang hingga pisang yang berbalut tepung ini matang dan bertekstur lembut. untuk warna hijau adonan kulit tepung pisang hijau biasanya menggunakan sari daun pandan, sensasi segarnya makanan ini sangat cocok di hindangkan sebagai salah satu menu saat berbuka puasa, mari kita coba membuatnya dengan Panduan Resep Berikut ini :

Bahan Pewarna HIjau Pisang Ijo :

Daun pandan 200 gram (potong-potong)
Air 500 mili liter

Bahan-bahan Pisang Ijo :

Pisang raja/pisang kepok/pisang tanduk 15
buah (kukus)
Tepung beras 200 gram
Tepung terigu 200 gram
Gula pasir 50 gram
Santan kental 600 mili liter terbuat dari 1 butir
kelapa
Air pandan 500 mili liter
Pasta pandan 3 tetes

Bahan-bahan Vla Santan :

Tepung beras 50 gram
Santan kental 500 mili liter
Gula pasir 100 gram
Garam 1/2 sendok garam

Bahan Pelengkap Es Pisang Ijo :

Sirup merah coco pandan atau sirup merah
lainnya secukupnya
Susu kental manis
Keju Parut
Butiran es batu atau es serut secukupnya

Cara Membuat Kulit Pisang Ijo Makasar :

Pertama-tama siapkan potongan daun pandan yang sudah dicuci bersih. masukkan ke dalam tabung blender, tambahkan air lalu proses hingga halus. saring sari pandan, ambil 500 mili liter air daun pandan untuk mewarnai adonan kulit pisang ijo.

Selanjutnya masukkan tepung beras, tepung terigu, santan dan air pandan. aduk hingga rata sampai tidak licin dan tidak ada adonan yang menggumpal. jika ada adonan yang menggumpal, saring adonan hingga halus. masukkan gula pasir, aduk rata. kemudian tuang adonan ke loyang tahan panas. lalu kukus kurang lebih selama 20 menit hingga adonan matang.

Jika sudah matang, angkat adonan dan uleni dengan sendok nasi sampai adonan menjadi licin dan kalis.

Langkah selanjutnya letakkan selembar plastik wrap di permukaan meja. jangan lupa olesi permukaannya dengan minyak goreng. setelah itu letakkan 3 sendok makan adonan kulit, tipiskan dan letakkan satu buah pisang kukus di atasnya. bungkus pisang dengan adonan kulit hijau hingga pisang tertutup rapi, lalu bentuk lonjong menyerupai bentuk pisang dan lontong.

Kemudian siapkan selembar daun pisang, letakkan adonan pisang yang sudah dibentuk tadi. lipat daun pisang lalu bungkus rapi dengan menyematkan lidi di ujung-ujungnya, lakukan hingga semua adonan habis. tata di kukusan, lalu kukus kurang lebih selama 15 menit. keluarkan dari kukusan dan diamkan hingga dingin.

Cara Membuat Vla Santan :

Masukkan semua bahan vla santan kedalam panci, lalu aduk sampai halus dan semua bahan larut. masukkan beberapa sobekan daun pandan agar tercium aroma wangi khas. jerang vla di atas kompor dengan menggunakan api kecil. jangan lupa aduk-aduk selama dimasak sampai adonan menjadi kental dan muncul letupan bertanda bahwa vla santan telah mendidih dan matang.

Angkat, biarkan dingin.

Saran Penyajian :

Siapkan tempat saji seperti mangkuk atau gelas besar, lalu ambil sebuah pisang ijo. potong-potong sesuai selera, kemudian tata di mangkuk. siram dengan vla santan, tambahkan es batu serta sirup vanila merah lengkap dengan susu kental manisnya, terakhir jangan lupa taburi dengan keju parut di atasnya.

Es Pisang Ijo Khas Makasar Yang Segar Ini siap disantap.



10. RESEP KUE PUTRI MANDI





Kue Putri mandi merupakan kue tradisional yang rasanya Manis dan sangat lezat ketika di santap bersama secangkir teh hangat, Makanan ini sudah jarang sekali kita jumpai, untuk melestarikan salah satu kekayaan kuliner khas nusantara, mari kita coba belajar membuatnya dengan panduan Resep Berikut ini :

Bahan untuk membuat kulitnya :

Tepung ketan = 250 gram
Garam = ½ sendok teh
Santan = 225 ml dari ¼ buah kelapa dan didihkan
Pasta pandan = ½ sendok teh

Isi :

Kelapa parut = 100 gram
Gula merah = 75 gram dan disisir
Garam = ¼ sendok teh
Vanili bubuk = 1/8 sendok teh
Daun pandan = 2 lembar
Air bersih = 75 ml

Kuah Saus :

Santan = 500 ml dari ½ buah kelapa
Garam = ½ sendok teh
Gula pasir = 2,5 sendok makan
Tepung hunkwe = 2 sendok makan
Daun pandan = 1 lembar dan simpul

Cara membuat kue putri mandi :

Pertama-tama kita siapkan adonan isi dengan mengaduk secara merata semua bahan lalu masak di atas api kecil sampai air habis. Sisihkan adonan isi tersebut.

Campur rata tepung ketan dan garam, tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonannya mudah dibentuk. Ambil sesendok makan adonan, pipihkan dan beri isi kemudian bentuk bulat.

Masukkan bulatan adonan ke dalam air yang sudah mendidih, setelah terapung masukkan ke dalam air dingin lalu tiriskan.

Putri Mandi ini Lebih enak disajikan dengan siraman saus khasnya, yaitu dibuat dengan campuran bahan saus yang telah dimasak di atas api sedang, masak sampai meletup-letup sambil di aduk - aduk agar dasarnya tidak gosong.



11. 
RESEP BONGKO KOPYOR

Bongko kopyor adalah salah satu hidangan khas kota Gresik Jawa Timur. selain disajikan sebagai menu camilan tradisonal dirumah, Bongko Kopyor seringkali menjadi menu spesial untuk berbuka puasa ketika bulan Ramadhan - soal rasa sudah pasti luar biasa lezat. Mari kita Buat sendiri sajian spesial tersebut di dapur masing - masing dengan panduan Resep berikut ini :

Bahan-bahan Yang di Butuhkan :

Santan 1000 mili liter
Gula pasir 200 gram
Daun pandan 2 lembar
Garam 1/2 sendok teh
Tepung beras 350 gram
Tepung sagu 50 gram
Pisang raja tua 10 buah
Sari kelapa - nata the coco 100 gram
Daun pisang secukupnya (digunakan untuk
mengalasi Hindangan )

Cara Membuat Bongko Kopyor :

Langkah awal-nya didihkan santan, gula pasir dan daun pandan. masukkan tepung beras dan tepung sagu. aduk-aduk hingga tercampur rata dan lembut.

Setelah itu masukkan potongan buah pisang raja lalu aduk kembali hingga rata.

Selanjutnya ambil selembar daun pisang lalu tambahkan 1 hingga 2 sendok makan adonan tepung beras dan pisang. bungkus rapi lalu sematkan ujungnya dengan lidi.

Kukus bongko kopyor hingga matang. angkat dan sajikan lengkap dengan sari kelapanya.

Bila anda ingin sensasi buah kelapa muda asli, anda boleh menambahkan 1/2 hingga 1 buah kelapa muda yang diambil dagingnya. kemudian dicampurkan dengan bongko kopyor serta es batu ketika penyajian.



12.
RESEP KUE LUPIS SEGITIGA




Salah satu jajanan tradisional yang cukup unik berbentuk segitiga ini bisa di jumpai di kota lumajang, Teksturnya yang lembut serta agak kenyal dan bercitarasa manis, Makanan Khas nusantara ini bernama kue lupis berbahan dasar ketan. Jika ingin mencicipi rasanya, anda dapat mencoba membuatnya sendiri di dapur anda dengan panduan Resep berikut ini :

Bahan-bahan Yang di Butuhkan

1 kg ketan putih
1 sdm kapur sirih
Daun pisang untuk membungkus, masing-
masing selembar 8 cm
300 gr gula merah, direbus hingga kental
3 sdm gula pasir,
125 cc air,
½ btr kelapa agak muda, parut kasar searah
serat, kukus selama 5 menit
¼ sdt garam

Cara membuatnya :

Rendam ketan dengan air selama 30 menit, tiriskan. Lalu campur dengan air kapur sirih, aduk rata.

Daun pisang dirangkap dua, dibentuk kerucut, isi dengan ketan kurang lebih 3 sdm, pipihkan dan lipat sisa daun kebawah, sisipkan kedua sisinya hingga membentuk segi tiga, semat dengan lidi.

Semat sebelahnya agar bungkusan tidak terbuka ketika direbus.

Rebus selama ±2 jam, tiriskan dan dinginkan.

Hidangkan dengan kelapa parut dan gula merah cair.

Untuk pembungkusnya gunakanlah daun pisang yang agak muda. Cuci bersih dan Kemudian jemur di terik panas matahari agar sedikit layu, ini berguna agar daun tidak mudah sobek saat dilipat. Anda bisa menggunakan daun pisang batu karena terkenal tidak mudah sobek dan aromanya harum.




13.  RESEP ES BUAH SPESIAL





Rasanya yang segar, manis dan mengenyangkan berpadu dengan aroma khas sirup serta buah - buahan, menjadikan Hindangan Es Buah Spesial ini sebagai Menu Favorit pelepas dahaga saat berbuka puasa - anda pun kini bisa coba membuatnya dengan panduan Resep Berikut ini :

Bahan-bahan:

5 buah strawberry (masing-masing potong 2 atau 4 bagian)
1 butir kelapa muda (kerok daging buahnya)
2 buah alpukat (kerok daging buahnya menggunakan sendok)
10 buah nangka (buang isi, potong dadu sesuai selera)
Buah melon (potong dadu secukupnya)
Buah semangka (potong dadu secukupnya)
2 sdm sagu mutiara merah
500 gram es serut
Susu kental manis (secukupnya)
Sirup cocopandan (secukupnya, sesuai selera)
5 gelas air
250 gram gula (larutkan bersama 1 batang daun pandan dan 1 gelas air, masak hingga mendidih)
250 ml santan kelapa (pastikan air untuk membuat santan kelapa air matang)

Cara membuat:

1. Siapkan gelas atau mangkok saji lalu susun buah-buahan juga sagu mutiara di dalam gelas.
2. Jika sudah tersusun rapi, tambahkan es serut di atasnya.
3. Tambahkan sedikit air lalu siram dengan air gula, sirup cocopandan, santan kelapa dan susu kental manis.
4. Es buah siap untuk disajikan dan menjadi Hindangan Saat Berbuka Puasa



14.  RESEP ES DOGER SEDERHANA




Jajanan Es Doger dengan mudah kita temui di pujasera mau pun di jajakan dengan gerobak dorong di sekitar kota bandung, ciri Khas-nya menggunakan Campuran Tapai ( Peyem ) - sehingga menimbulkan sensasi rasa yang segar asam dan manis ketika anda mencicipinya. Anda bisa coba membuatnya di Rumah dengan panduan Resep Berikut ini :

Bahan:

125 ml santan
100 g gula pasir-
75 ml sirop rose/cocopandan
100 g sagu mutiara
100 ml air kelapa
100 g tapai singkong
500 ml air kelapa
Es serut secukupnya

Cara Membuat:

Rebus santan dan gula pasir. Angkat dan biarkan dingin

Campur es serut , rebusan santan, dan sirop rise/cocopandan, aduk rata. Simpan dalam kulkas selama 1-2 jam.

Susun 2 sdm sagu mitiara, 1 sdm tapai singkong, dan cmpuran es serut.

Es Doger Khas Bandung pun siap disajikan untuk menemani saat anda berbuka puasa nanti.



15. RESEP ES PODENG SPESIAL





Sekilas memang mirip Es Doger, Namun Ciri Khas Es Podeng adalah adanya campuran Buah Alpukat, Roti Tawar dan Taburan Serpihan Kacang Yang di sangrai, Rasanya Cukup komplit dan Terasa Manis, Semanis Wajahmu. hehehe... ia kan mak ? Yuk kita coba buat sendiri di dapur kesayangan kita masing - masing dengan panduan Resep Berikut ini :

Bahan - Bahan Yang Di Butuhkan :

1 buah kelapa muda ( kerok memanjang )
es serut secukupnya
susu kental manis coklat secukupnya
coklat meses secukupnya
gula pasir 100 gr
air bersih 800 ml
1 Bungkus agar - agar warna merah
600 gr buah alpukat ( kerok daging buahnya )
roti tawar 5 lembar ( potong dadu )
kacang tanah sangrai ( tumbuk kasar )

Cara Membuat Es Podeng Spesial :

Rebus air bersama gula pasir dan agar-agar bubuk hingga mendidihTuang kedalam loyang lalu diamkan hingga mengeras

Potong-potong agar - agar membentuk dadu lalu sisihkan sejenak

Masukkan buah alpukat dan agar-agar merah kedalam gelas lalu masukkan juga kelapa muda kedalamnya

Masukkan potongan roti tawar lalu tambahkan es puter diatasnya

Siram dengan susu kental manis coklat lalu taburi dengan kacang tanah di atas-nya




16.  RESEP ES KACANG MERAH





Kandungan Gizi pada kacang merah sangat banyak, sehingga Bisa membantu memberikan energi baru setelah seharian kita berpuasa, Rasanya pasti enak dan mengenyangkan. Anda bisa coba menyajikannya nanti dengan panduan Resep berikut ini :

Bahan - bahan Utama :

100 gram kacang merah
75 gram gula pasir
air secukupnya untuk merebus

Bahan Sirup:

75 ml air untuk merebus
25 gr gula merah
1 sdm gula pasir

Bahan Pelengkap:

Santan secukupnya
1 sdt susu kental manis putih
1 lembar daun pandan (potong-potong)
daging kelapa muda secukupnya
kolang-kaling atau nata the coco secukupnya
es serut secukupnya

Cara Membuat:

Rebus kacang merah hingga mendidih dan menjadi empuk kemudian tambahkan gula pasir. Aduk-aduk hingga rata dan gula pasir menjadi larut kemudian angkat.

Siapkan bahan sirup dengan cara merebus gula merah hingga meleleh semuanya kemudian masukkan gula pasir, aduk-aduk hingga rata dan mendidih. Kemudian saring dan dinginkan.

Rebus santan bersama susu kental manis dan daun pandan, aduk hingga mendidih. Kemudian angkat dan dinginkan.

Siapkan mangkuk saji kemudian atur kacang merah secukupnya kemudian tambahkan bahan sirup yang telah disiapkan pada poin nomor 2 lalu tambahkan bahan pelengkap yang telah disiapkan pada poin nomor 3 dan tambahkan es serut, daging kelapa muda dan kolang-kaling atau nata the coco di atasnya.

Membuat resep es kacang merah ini memang tidak begitu sulit, namun harus diperhatikan dalam persiapan membuat santannya anda harus terus mengaduknya saat proses merebus agar santan tidak pecah.



17.  RESEP ES TELER



Rasanya tentu saja tidak sama dengan namanya, anda tidak perlu kuatir jadi teler setelah menyantapnya, karena rasa es teler ini benar - benar lezat dengan paduan 4 komponen bahan utama yaitu daging buah alpukat, buah nangka, daging kelapa muda dan daging jeruk lemon, rasanya pasti nikmat dan menyegarkan, dengan menambahan daging buah lemon kedalamnya akan menimbulkan sensasi asam manis yang segar. Kalian bisa coba membuatnya dengan panduan Resep berikut ini :

Bahan-bahan Es Teler :

Alpukat Matang 2 buah (potong-potong sesuai selera seperti bentuk bulat atau iris tipis)

Kelapa muda 1 buah (ambil daging buahnya saja)

Daging Nangka 6 buah (ambil dagingnya lalu potong-potong sesuai selera)

Kolang-kaling 60 gram (belah jadi 2 bagian)

Air kelapa muda 100 mili liter

Air matang 300 mili liter

Jeruk lemon 1 buah (keruk dengan sendok bulat), Jika Tidak suka asam boleh tidak di gunakan

Es serut secukupnya (boleh menggunakan es pecahan es batu biasa)

Susu kental manis secukupnya


Cara Membuat Es Teler Sederhana:

Langkah awal campur semua buah dan bahan yang sudah dicuci bersih dan dipotong-potong ke dalam wadah besar seperti buah alpukat, daging kelapa muda, nangka, kolang-kaling, dan jeruk lemon.

Atau bisa juga dengan menyendokkan aneka buah-buahan secukupnya ke dalam mangkuk saji.

Setelah itu tambahkan air kelapa muda, siram dengan susu kental manis, bila sudah manisnya pas silahkan tambahkan es serut atau es blok sesuai selera.

Sajian Es Teler Buatan anda siap dinikmati - hmmm lezatnya



18. RESEP ES NONA KHAS PONTIANAK




Sekilas Memang Mirip Es Doger, Tapi ada sesuatu yang Khas dari Es Nona, ini adalah dessert khas pontianak berisikan es sirup serut, bercampur dengan irisan manisan pepaya yang sudah direndam di air larutan kapur sirih (sehingga tekstur luarnya lebih krenyes, tidak lembek ) Bahan lainnya ada kacang merah, tape singkong dan susu kental manis putih - Rasanya Pasti enak ! Jika ingin Mencobanya, silahkan Buat sendiri dengan Panduan Resep Berikut ini :

Bahan - Bahan Yang di Butuhkan :

125 ml santan
100 g gula pasir
75 ml sirop rose/cocopandan
100 g tapai singkong
100 gram kacang merah
Susu kental manis secukupnya
Es serut secukupnya

Bahan-bahan Membuat Manisan Pepaya

Pepaya mengkal ( setengah Matang ) 1 buah, kupas kulitnya lalu potong kecil-kecil
Garam 2 sendok makan
Gula pasir 750 gram
Air 250 ml
Kapur sirih 1 sendok makan, larutkan dalam 2000 ml air

Proses Membuat Manisan Pepaya

Siapkan wadah baskom lalu isikan dengan potongan kecil buah pepaya.

Campurkan potongan buah pepaya dalam wadah baskom dengan taburan garam. Aduk-aduk sampai tercampur secara merata.

Berikutnya siapkan wadah baskom lain dan isikan dengan 2000 ml air lalu campurkan dengan 1 sendok makan kapur sirih aduk merata. Kemudian masukkan potongan buah pepaya yang sudah dicampurkan dengan garam ke dalam larutan air kapur sirih yang sudah disiapkan tadi. Biarkan hingga 2 jam lamanya sampai meresap. Setelah itu, angkat dan cuci bersih lalu tiriskan.

Tahap selanjutnya dalah menaburkan gula pasir sebanyak 250 gr pada potongan buah pepaya yang sebelumnya sudah direndam dalam air kapur sirih dan juga sudah dicuci bersih. Aduk merata dan tunggu hingga 60 menit lamanya supaya gula meresap ke dalam potongan pepaya dan terasa lebih manis.

Sementara itu, masak air hingga matang dengan tambahan gula pasir yang masih tersisa. Aduk sampai larut dan angkat setelah mendidih.

Tuangkan potongan buah pepaya yang sudah dicampurkan dengan gula pasir ke dalam larutan air gula dan rendam hingga 24 jam lamanya, sehingga tekstur luar potongan pepaya lebih krenyes, tidak lembek.

Proses Membuat Es Nona Berikutnya :

Rebus kacang merah hingga mendidih dan menjadi empuk kemudian tambahkan gula pasir. Aduk-aduk hingga rata dan gula pasir menjadi larut kemudian angkat.

Campur es serut , rebusan santan, dan sirop rise / cocopandan, dan susu kental manis putih, kemudian aduk sampai rata, berikutnya Simpan dalam kulkas selama 1-2 jam.

Menyajikan Es Nona Khas Pontianak :

Susun 1 sdm kacang merah, 1 sdm tapai singkong, dan 1 sdm manisan pepaya kemudian campuran es serut.

Es Nona Khas Pontianak pun siap disajikan untuk menemani saat anda berbuka puasa nanti.




19. RESEP ES TEH LEMON MADU SPESIAL





Dari namanya saja sudah terbayang segarnya minuman sederhana ini, Perpaduan aroma jeruk lemon, wangi daun Teh serta aroma madu serta dinginnya bongkahan es batu di tambah rasa manis madu yang khas menciptakan sensasi rasa yang segar dan unik. Minuman ini sangat pas untuk menemani saat - saat anda berbuka puasa nanti.

Bahan - bahan yang perlu anda siapkan :

500 ml air teh - bisa teh tubruk yang di seduh seduh dengan 500 ml air dan di tambah 75 gram gula pasir)

1 buah Lemon, untuk di peras
1 Buah Lemon yang di potong tipis
2 sdm madu

Cara Membuat:

Campur semua bahan teh dan madu menjadi satu (sambil diicip – icip ya, biar bisa disesuaikan manis dan asamnya)

Saran Penyajian :
masukan es batu di gelas dan tuangkan teh lemon madunya, Jangan lupa masukan 1 keping irisan Buah Lemon agar sensasi segarnya lebih terasa.

Hmmmm segernya....



20. RESEP WEDANG RONDE SPESIAL





Aroma khas wedang ronde adalah aroma jahe yang wangi berpadu dengan bahan - bahan lainnya, Kehangatan jahe membuat perut anda menjadi hangat dan mencegah masuk angin, citarasa jahe dan legitnya ronde yang terbuat dari bahan dasar ketan yang berisi kacang tanah halus akan membuat kita merasakan kenikmatan sajian ini. Untuk mencobanya anda bisa ikuti panduan resep berikut ini :

Bahan yang di butuhkan :

Tepung ketan putih 150 gr
Air hangat 135 ml
Garam ¼ sdt
Pewarna makanan merah dan hijau ( disarankan
pakai pewarna alami dari daun suji )

Untuk bahan isi :

Gula pasir 25 gr
Kacang tanah 50 gr, kupas kemudian di
sangrai
Garam 1/8 sdt

Kuah jahe :

Gula pasir 400 gr
Air 2000 ml
Garam 1 sdt
Jahe 400 gr, bakar, memarkan
Daun pandan 4 lembar

Bahan pelengkap :

Kolang kaling 200 gr, rebus hingga matang,
iris tipis
Roti tawar tanpa kulit 3 lmbr, potong
kotak-kotak

Cara membuat :

Membuat bahan isi : Sediakan blender dan masukan kacang tanah, garam dan gula pasir, blender hingga tercampur rata. Kemudian bentuk kecil-kecil bulat dan sisihkan.

Membuat ronde : Tepung ketan, garam campurkan hingga merata dan tuangkan air hangat secara perlahan sambil di aduk menggunakan tangan hingga menjadi adonan kalis. Bagi adonan menjadi tiga bagian, adonan pertama tambahkan warna merah, adonan kedua tambahkan warna hijau, adonan terakhir biarkan menjadi adonan yang natural saja.

Ambil adonan ronde sedikit-sedikit bentuk bulat dan pipihkan, masukan bahan isi tutup kembali dengan adonan, lakukan sampai adonan habis

Panaskan air dan masak hingga mendidih, tambahkan bulatan-bulatan bola ketan, rebus hingga matang atau sampai bola-bola mengapung. Angkat dan tiriskan

Membuat kuah jahe : rebus air, jahe, gula pasir, daun pandaan hingga harum dan mendidih.

Sediakan mangkuk masukan ronde dan tuangkan kuah jahenya



21.
RESEP ES DAWET AYU CITARASA ASLI



Dawet ayu atau biasa kita kenal dengan nama es cendol dengan bahan utama tepung beras ini tampaknya sangat lezat sekali, jajanan tradisional berbahan dasar alami ini memiliki citarasa yang mampu melepaskan dahaga anda, cara membuatnya pun sangat mudah. anda bisa coba kreasikan menu dawet ayu rasa original ini dengan panduan Resep sbb

Bahan – bahan yang dibutuhkan untuk membuat Dawet Ayu Rasa Original :

- Tepung beras 250 gram

- Tepung tapioka 250 gram

- Air sari daun pandan / daun suji 100 ml


- Air matang 600 ml

- Es batu serut secukupnya

Bahan santan untuk es dawet ayu Banjarnegara :

- Santan 1 liter

- Daun pandan 3 lembar

- Garam ½ sendok teh

Bahan larutan gula merahnya :

• Gula merah aren 500 gram, disisir

• Gula putih 50 gram

• Air 250 ml

. Irisan Buah Nangka

Cara Membuatnya :

1. Terlebih dahulu campurkan tepung beras, tepung tapioka, perasan daun pandan/ daun suji, serta air. Aduk rata. Lalu Direbus sampai mengental.

2. Cetak adonan dawet menggunakan alat cetak dawet. Kerjakan hingga adonan habis. Letakkan wadah berisi air hangat dibawah cetakan dawet supaya hasil cetakan dawetnya bagus dan tidak menggumpal. Sisihkan.

3. Membuat kuah santannya yaitu rebus santan, daun pandan dan garam sampai mendidih sambil terus diaduk aduk supaya santannya tidak pecah. Angkat dan dinginkan. Sisihkan.

4. Membuat larutan gula merahnya yaitu rebus air, gula merah serta gula putih, dan Daging buah nangka hingga mendidih. Aduk rata. Angkat dan dinginkan.

5. Cara menyajikan es dawet ayu rasa original yaitu siapkan gelas, lalu masukkan dawet secukupnya, kemudian siram dengan kuah santannya dan tuangkan larutan gula merahnya. Tambahkan es batu serut di atasnya.

Es dawet ayu kreasi anda sudah siap disajikan untuk berbuka puasa.


22.  RESEP PUDING STRAWBERRY ICE CREAM VANILLA



Jaman sekarang tidaklah terlalu sulit dan terlalu repot membuat kreasi puding yang cantik dan lezat rasanya, karena bahan - bahannya sudah banyak tersedia di supermarket dekat rumah anda. Pudding dengan topping ice cream vanilla ini sangat menggugah selera. jika ingin mencicipi keunikan rasanya, anda bisa coba kreasikan sendiri di rumah dengan Resep berikut ini :

Bahan:

1 bungkus Tepung agar - agar warna
putih bening - jika ingin sensasi kenyal bisa
pakai nutrigel
5 Butir buah strawberry segar di iris
20 Butir buah strawberry di blender
1/2 Liter Ice Cream Vanilla ( bisa beli jadi
atau buat sendiri )

Cara Membuat:

Buat jelly atau agar - agar sesuai petunjuk pada kemasan. Sisihkan 1/3 bagian.

Tambahkan blenderan strawberry pada 2/3 bagian jelly. Masukkan ke dalam gelas cantik. Miringkan gelas. Tunggu hingga agak mengeras.

Campurkan ice cream dengan 1/3 bagian jelly, aduk rata. Masukkan ke dalam gelas cantik dan biarkan mengeras.

Cara menyajikan :

Tambahkan Ice Cream Vanilla sebagai Toping dan irisan buah starwberry di atasnya.

Selamat Mencoba !



23.
RESEP ES SARANG BURUNG SPESIAL


segarnya es sarang burung yang satu ini. Tidak hanya segar dan manis, namun isian buah leci dan buah melon, membuat es ini menjadi favorit untuk sajian berbuka puasa. anda bisa coba membuatnya dengan panduan Resep Berikut ini :

Bahan - Bahan Yang di perlukan :

1 bungkus agar-agar bubuk - Hijau
1/2 Butir Melon yang matang
500 ml air
100 gram gula pasir
1 kaleng leci ambil isi-nya saja
Sirup Rasa melon warna Hijau

Bahan Pelengkap:

375 gram es serut
2 1/2 sendok makan susu kental manis putih
1 sendok makan selasih, rendam air panas hingga mengembang.

Cara membuat es sarang burung spesial

Rebus agar-agar dengan 300 ml air dan 50 gram gula pasir. Tuang dalam wadah, biarkan hingga mengeras, setelah itu Serut agar-agarnya

Siapkan gelas saji, Masukkan melon yang di cungkil bulat - bulat, agar-agar serut, dab buah leci kalengan. Tambahkan air matang dingin secukupnya

Tuangkan es serut, lalu Tambahkan susu kental manis dan sirup melon.

Es sarang burung spesial siap disajikan untuk menemani buka puasa anda.



24.
RESEP ES SHANGHAI SPESIAL





Ciri Khas Es Shanghai adalah Cingcau Hitam-nya dan kacang hijau rebusnya - walau mirip dengan es campur khas indonesia tapi rasanya jelas berbeda apalagi jika anda mencoba resep Es shanghai spesial ini. kudapan yang menggugah selera ini, tercipta dari perpaduan rasa yang kuat dari tape singkong, kelembutan alpukat serta cincau hitam yang bertekstur kenyal menghasilkan rasa wow ! Jika penasaran dengan citarasanya, yuk kita coba membuatnya dengan panduan Resep berikut ini :

Bahan Resep Es Shanghai

2 buah alpukat ukuran besar
100 gr cincau hitam
100 gr nata de coco
50 gr Kacang Hijau Rebus
100 gr tape singkong
100 gr kolang-kaling
100 gr kacang hijau rebus
100 gr kelapa muda serut
100 gr Daging Buah Nanas
es serut secukupnya
sirup cocopandan dan susu kental manis
untuk topping

Cara Membuat Es Shanghai Spesial Wow

Belah alpukat dan serut/keruk menggunakan sendok. Sisihkan..

Potong-potong cincau hitam dan tapai singkong sehingga berbentuk dadu. Sisihkan.

Bagi semua bahan kedalam 5-6 mangkuk saji.

Ambil es serut, masukkan kedalam cetakan seperti gelas dengan dasar yang lancip dan tekan-tekan biar agak padat. Buat sesuai jumlah sajian.

Letakkan es serut di atas masing masing sajian, siramkan sirup cocopandan serta susu kental manis diatasnya sebagai topping.

Es Shanghai Spesial Rasa Wow ini siap menemani waktu berbuka puasa anda.



25.
RESEP BUBUR SAGU MUTIARA SALJU



Jika anda tidak punya banyak waktu tapi ingin menyajikan menu sajian Berbuka puasa yang manis-manis untuk keluarga, anda tidak perlu bingung. Tinggal bikin saja bubur sagu mutiara dengan panduan Resep sederhana berikut ini :

Bahan bubur sagu mutiara :

1 bungkus sagu mutiara butir bulat
Gula pasir secukupnya
2 lembar daun pandan, cuci bersih
500 ml air bersih untuk memasak
Air bersih secukupnya untuk merendam

Untuk membuat kuah santan :

300 ml santan kental
100 ml santai cair
1/4 sdt garam
2 lembar daun pandan, cuci bersih

Cara Membuat Bubur Sagu Mutiara Spesial Sajian Buka Puasa :

Rendam sagu mutiara butir dalam air secukupnya kurang lebih sekitar 1 jam, agar saat dimasak bisa mengembang dan kenyal. Angkat dan tiriskan.

Rebus air bersama dengan daun pandan yang sudah dicuci bersih dan dipotong-potong lalu tambahkan gula pasir. Aduk hingga gula larut dan mendidih.

Masukkan sagu mutiara yang sudah direndam tadi kedalam rebusan gula dan aduk-aduk agar sagu mutiara tidak lengket dan matangnya merata.

Masak dengan api sedang sampai sagu mutiara terlihat bening dan matang.

Setelah sagu mutiara terlihat bening, matang dan kental juga kenyal, segera angkat,

Siapkan panci yang lain, rebus santan kental dan santan cair lalu tambahkan garam dan daun pandan. Biarkan hingga matang dan mendidih.

Masak dengan api sedang. Jangan lupa untuk diaduk sesekali agar santannya tidak pecah. Setelah matang lalu angkat.

Sajikan bubur sagu mutiara kedalam mangkuk saji dan siram dengan kuah santannya

Saran Penyajian : Sajikan selagi Hangat atau Bisa Sajikan Setelah di dinginkan di dalam lemari es selama 1 jam. ( Dingin atau Panas sama - sama Nikmat )



26. RESEP ES LOLY BUAH SEGAR



Baru melihat gambarnya saja anda sudah pasti bisa membayangkan kesegaran sajian es loly ini, bentuknya mirip es cream tapi rasanya jauh lebih alami loh. Mau mencoba membuat-nya ? mari ikuti kita petunjuk Resep Berikut ini :

Bahan :

- Aneka buah Segar seperti buah kiwi, nanas strowberry, lemon, anggur, daging jeruk, aneka buah berry, melon, pisang, dll ( potong secantik mungkin )

- Sprite

- Cetakan es dan stiknya

Caranya :

1. Buah - buahan dikupas,lalu dipotong kecil-kecil sesuai tekturnya ( lihat gambar )
2. Siapkan cetakan es krim,masukkan buah, lalu tuang air soda/sprite
3. Sebelum dimasukkan ke freezer lemari es, jangan lupa tancapkan stik es krim ke dalam cetakan
4. Setelah membeku, es loly buah segar siap dinikmati di moment berbuka puasa bersama keluarga anda.




27. RESEP ES RUJAK BUAH



Kesegaran Menu Es Rujak Buah ini sudah tidak dapat dipungkiri lagi, rasa asam, pedas, asin dan manisnya gula jawa semanis senyummu mak, semuanya bercampur aduk dalam citarasa khas Rujak ala Nusantara, dan Kini hadir dalam sajian Es Rujak Buah Spesial ramadhan di dapur anda. Mari kita coba membuatnya dengan panduan Resep Berikut ini :

Bahan

250 gr nanas, iris korek api

250 gr bengkuang

250 gr mangga muda

250 gr kedondong

250 gr ketimun

2 liter air

300 gr gula pasir

7 buah cabai rawit merah

250 gr gula merah

5 sdm asam jawa

1 sdt garam

2 sdm air jeruk nipis


Cara membuat

1. Iris kecil - kecil semua buah dan sisihkan;

2. Haluskan cabai rawit, dan garam. Tambahkan gula merah dan asam jawa, haluskan lagi;

3. Didihkan air dan gula pasir, dan garam Setelah mendidih, masukkan buah, masak sebentar, angkat. Tambahkan air jeruk nipis, dan masukan cabe dan asam jawa yang sudah di haluskan. Biarkan dingin.

4. Simpan dalam lemari es hingga dingin, sajikan saat berbuka puasa bersama keluarga anda.

Selamat Mencoba !



28. 
RESEP ICE CREAM BUAH ASLI




Ice Cream Buatan sendiri sudah pasti lebih enak, karena bisa di kreasikan sesuai selera keluarga anda, dan yang terpenting ada kandungan rasa sayang dan cinta di dalamnya dari anda untuk keluarga. Mari kita coba sajikan Ice Cream Buah Asli dengan panduan Resep berikut ini :

Bahan - bahan Yang di Butuhkan

Daging buah mangga sebanyak 500 gram
Susu kental manis sebanyak 1 kaleng
Whipcream bubuk ( bubuk ice cream )
sebanyak 200 gram
Air es di usahakan yang dingin banget ya
Sebanyak 400 ml

Cara Membuat Es Krim Buah Asli

Pertama-tama haluskan 500 gram buah mangga bersama dengan 1 kaleng susu kental manis menggunakan blender hingga halus dan sisihkan.

Kedua kocok 200 gram whipcream bubuk dengan 400 ml air dingin sampai kaku,lalu masukkan susu dan buah mangga yang sudah di blender tadi dan kocok kembali sampai lembut serta semua bahan tercampur dengan rata.

Setelah itu simpan di dalam freezer selama 1 hingga 2 jam kemudian keluarkan setelah 2 jam berlalu dan kocok kembali sampai lembut.

Sekarang tuangkan adonan ke dalam wadah atau loyang dan tutup dengan tutup alumunium foil, kemudian masukan kembali ke dalam freezer dan bekukan lagi.

Setelah es krim lembut ini beku bisa langsung di sajikan sebagai salah satu menu berbuka puasa anda dan keluarga.

Catatan : Buah Mangga bisa di ganti Buah Naga, Buah alpukat, Buat Nanas, Buah Nangka, Bahkan Buah Durian loh mak, pokoknya semua Buah - Buah Tropis Lainnya bisa jadi bahan ice cream buah lezat ini.



29.
RESEP PANCAKE ICE CREAM



Rasa manis menu yang satu ini bisa jadi salah satu sajian spesial bulan Ramadhan nanti di rumah anda, Tapi Bicara tentang pancake, mungkin kita hanya dapat menikmatinya di restoran mahal atau kafe-kafe yang terkenal. namun anda ngak perlu kuatir, ternyata membuat pancake sangatlah mudah. Bahan dan alatnya pun terbilang cukup murah dan sederhana. Kali ini akan belajar cara membuat pancake Ice Cream coklat dan anda bisa mencobanya dengan panduan Resep Berikut ini :

Bahan:

200 gr Tepung terigu
2 sdm Cokelat Bubuk
2 sdm Gula Pasir
500 ml Susu Cair
2 butir telur
2 sdm margarin, lelehkan

Toping/Pelengkap:

900 ml Es Krim vanila atau sesuai selera
Saus coklat
2 sdm gula pasir bubuk

Cara membuat-nya :

Campur Tepung Terigu, Cokelat bubuk, Gula Pasir dan Susu Cair dalam wadah.

Aduk menggunakan whisk sampai tercampur rata

Masukkan Telur, aduk kembali.

Masukkan Margarin yang telah di lelehkan, aduk rata.

Ambil satu adonan menggunakan sendok sayur.

Kemudian, tuangkan di atas wajan anti lengket (mulai dari tengah ya, biar gak belepotan dan agar bentuknya bisa bulat sempurna ). Sebaiknya menggunakan pan dadar uk. 20 cm, agar bentuk pancake bisa diperkirakan ketebalannya dan menggunakan api kecil.

Jika sudah matang (bisa dilihat dari pinggiran cake yang sudah mengering), balik pancake sebentar saja dan angkat.

Masak adonan sampai habis. Kemudian Tata pancake di atas Piring, ambil dua cup ice cream
vanila, lalu tuang saus coklat diatas pancake dan ice cream, yang terakhir berilah taburan gula bubuk diatasnya sedikit saja.


30.  AIR MINERAL


Setelah 29 Hari anda Mencicipi Sajian Berbuka Puasa yang Lezat dan Nikmat, Di Hari Terakhir Cobalah Menu Yang Satu Ini.... Rasa Segar Air Mineral ini Tak kalah Segar dengan Menu - menu berbuka puasa sebelumnya. Dengan menu istimewa ini Selain menyiasati uang belanja yang sudah menipis anda juga bisa sedikit menghemat untuk mempersiapkan Menu Sajian Hari Raya ( Nanti Kita Coba ya mak Belajar Memasak Aneka Menu Sajian Istimewa Hari Raya

--> SELANJUTNYA

Loading...