Saya dan Anda adalah makhluk sosial cerdas yang di ciptakan Tuhan untuk mengetahui dan mempelajari segala yang ada di bumi ini, tak ada kata saya tidak bisa atau saya tidak tahu, "selama ada m'bah Google" Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan anda. bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA !!! DI SINI

Cara Mendapatkan Diskon 99 % di Lazada

Cara Mendapatkan Hadiah dari BukalapaK

Translate

Minggu, 13 Agustus 2017

Cara Masak Nasi Dengan Mempergunakan Rice Cooker

Alat penanak nasi moderen ini bernama Rice Cooker, sebenarnya alat ini bukanlah barang baru bagi penduduk di perkotaan, alat ini sudah di gunakan oleh masyarakat indonesia sejak tahun 80 an - walaupun sudah lebih dari 1/4 Abad benda yang bernama Rice cooker ini di gunakan oleh sebagian masyarakat indonesia, tetapi pada kenyataannya masih banyak anak - anak kost, orang - orang dewasa yang jomblo dan tinggal sendirian bahkan pasutri muda banyak yang belum tahu bagaimana masak nasi dengan mudah menggunakan Rice Cooker, biasanya yang bikin mereka bingung adalah komposisi takaran air dan berasnya sehingga bisa menjadi nasi yang pulen dan empuk. Berikut akan kita uraikan langkah - langkah bagaimana caranya memasak nasi dengan mudah menggunakan Rice Cooker.


Sebelum anda menyimak lebih lanjut tentang proses Memasak Nasi dengan Rice Cooker, nah bagi anda yang ingin belajar memasak nasi sendiri dengan menggunakan Rice cooker yang praktis, maka berikut ini ada beberapa contoh Jenis dan merek Rice Cooker berkwalitas yang tak hanya bisa untuk memasak nasi tetapi juga bisa membuat bubur, membuat roti, mengukus apa saja dan bahkan bisa buat menggoreng kentang, info selengkapnya silahkan anda Kli di -->  SINI


Atau Bisa Anda Cek di ---> 
SINI




Beberapa contoh Rice cooker digital serba guna dan Moderen yang sudah banyak di jual di pasar moderen serta bernilai manfaat serba guna, bisa anda simak selengkapnya di --> SINI



Sebelum melanjutkan, silahkan simak terlebih dahulu salah satu video tutorial berikut ini yang akan membuka wawasan anda bahwa memasak nasi dengan Rice Cooker itu mudah sekali, sehingga jika anda bisa dengan mudah langsung mempraktekannya sekalipun baru pertama kali masak nasi dengan Rice cooker ! selamat menyimak






Saat ini, ada banyak penanak nasi yang dilengkapi fitur penghangat sehingga tetap bisa menjaga nasi tetap hangat setelah matang. Anda tidak perlu mengawasi penanak nasi setiap saat hingga nasi matang, karena alat ini dilengkapi dengan sensor atau pengatur waktu otomatis yang mengeluarkan bunyi klik ketika nasi telah matang, bahkan bisa menghangatkan sendiri nasi yang tersisa di dalamnya.


Berikut ini Langkah - Langkah Memasak Nasi dengan Mudah pakai Rice Cooker :

Langkah 1 : Ukur beras dengan cangkir takar, dan masukkan ke dalam panci penanak nasi Anda. Beberapa merek penanak nasi memiliki panci yang bisa dilepas, sementara sebagian lainnya tidak, sehingga beras harus langsung dimasukkan ke dalam penanak nasi. Umumnya, penanak nasi dilengkapi cangkir atau sendok takar yang dapat diisi dengan 3/4 cangkir (180 ml) beras. Pilihan lainnya, gunakan gelas atau cangkir takar biasa.
  • Satu cangkir beras (240 ml) akan menghasilkan antara 1 1/2 cangkir (360 ml) sampai tiga cangkir (720 ml) nasi, tergantung pada varietas beras yang digunakan. Sisakan cukup ruang untuk menampung nasi yang mengembang sehingga nasi atau air tidak akan meluap keluar.

Langkah ke 2 : Cuci beras, Banyak orang memilih mencuci beras untuk menghilangkan kotoran, pestisida, herbisida, atau kontaminan yang mungkin ada. Sebagian cara penggilingan tradisional juga membuat butiran beras pecah, sehingga ada tepung yang tercampur di dalam beras dan perlu dicuci untuk mencegah penggumpalan bulir-bulir nasi. Jika Anda memutuskan untuk mencuci beras, tuangkan air bersih ke dalam wadah berisi beras, atau cuci di bawah aliran air keran. Tuangkan air sambil mengaduk-aduk beras hingga seluruhnya terendam. Tiriskan air melalui saringan atau ujung mangkuk perlahan, sambil menangkap butiran beras yang ikut terbawa air dengan tangan Anda. Jika air cucian terlihat keruh/berubah warna, atau ada banyak kotoran yang mengapung di permukaan air, bilas dua sampai tiga kali lagi hingga air bilasan terlihat cukup jernih.
  • Nasi putih yang dijual di Amerika Serikat diwajibkan untuk diperkaya dengan bubuk zat seng, niasin, tiamina, atau asam folat; vitamin dan mineral ini biasanya akan hilang jika beras dicuci. tapi kalau di indonesia beda perlakuannya, tentu saja bers harus di cuci dulu sebelum di masak !
  • Jika penanak nasi Anda menggunakan panci antilengket, cuci beras dalam wadah lain, sehingga lapisan tersebut tidak tergores. Karena, biaya yang dibutuhkan untuk mengganti panci antilengket ini cukup besar

Langkah ke 3 : Ukur air. Sebagian besar panduan pada penanak nasi menyarankan penggunaan air dingin. Berapa banyak air yang Anda tambahkan bergantung pada jumlah dan jenis beras yang Anda masak, serta tekstur nasi seperti apa yang Anda inginkan. Jika Anda perhatikan, ada tanda garis ukur di bagian dalam panci penanak nasi yang menunjukkan berapa banyak beras dan air yang harus ditambahkan, atau dalam panduan cara memasak pada kemasan beras. Atau, gunakan jumlah yang disarankan berikut ini--sesuai varietas beras Anda. Ingat, Anda dapat menyesuaikan takaran ini kapan saja jika Anda lebih suka nasi yang lebih keras atau lunak:
  • Beras putih, bulir panjang - 1 3/4 cangkir air per 1 cangkir beras (420 ml air per 240 ml beras)
  • Beras putih, bulir sedang - 1 1/2 cangkir air per 1 cangkir beras (360 ml air per 240 ml beras)
  • Beras putih, bulir pendek - 1 1/4 cangkir air per 1 cangkir beras (300 ml air per 240 ml beras)
  • Beras merah, bulir panjang - 2 1/4 cangkir air per 1 cangkir beras (520 ml air per 240 ml beras)
  • Beras "setengah matang" (parboiled rice - beras yang direbus setengah matang saat proses penggilingan, bukan di rumah) - 2 cangkir air per 1 cangkir beras
  • Untuk nasi ala India seperti Basmati atau Jasmine (air yang dibutuhkan lebih sedikit karena nasi yang diinginkan bertekstur lebih keras), gunakan tidak lebih dari 1 1/2 cangkir air per 1 cangkir beras. Gunakan hanya perbandingan 1:1 jika Anda mencuci beras sebelumnya. Anda dapat menambahkan daun salam atau kapulaga langsung ke dalam penanak nasi untuk menambah rasa.

Langkah Ke 4 : Rendam beras selama tiga puluh menit Jika di anda ingin hemat energi. Hal ini tidak diperlukan, namun beberapa orang merendam beras untuk mempersingkat waktu memasak. Perendaman juga dapat membuat nasi menjadi lebih pulen. Gunakan jumlah air yang diukur sebelumnya untuk merendam beras pada suhu ruang, kemudian gunakan air rendaman ini juga untuk memasak.


Langkah ke 5 : Masukkan butiran beras yang menempel di dinding panci masuk ke dalam air sehingga semua beras terendam sepenuhnya, jangan sampai ada yang tercecer. Gunakan sendok kayu atau plastik untuk melakukannya. Beras yang berada di luar air bisa hangus selama dimasak. Jika air atau beras tumpah ke tepi panci, bersihkan bagian luar panci dengan kain atau lap hingga kering.
  • Anda tidak perlu mengaduk beras di bawah permukaan air karena hal ini dapat melepaskan pati atau tepung dan mengakibatkan nasi menggumpal atau lengket.


Langkah ke 6 : Periksa penanak nasi Anda untuk menyalakan pilihan atau pengaturan khusus. Sebagian besar penanak nasi hanya memiliki tombol on/off saja, sementara yang lainnya memiliki pengaturan yang berbeda untuk beras merah atau putih, atau pengaturan untuk menunda memasak dan baru mulai setelah jangka waktu tertentu. Masalah saat memasak jarang terjadi jika Anda memilih pengaturan biasa, namun mungkin Anda juga perlu mengetahui fungsi tombol lainnya jika ada.


Langkah Ke 7 : Masak nasi dalam penanak nasi. Jika penanak nasi Anda memiliki panci yang bisa dilepas, pasangkan kembali pancinya setelah diisi dengan beras dan air. Tutup penanak nasi Anda, lalu hubungkan kabelnya dengan stopkontak listrik, dan tekan tombol untuk memasak (cook). Tombol ini mengeluarkan bunyi klik secara otomatis seperti pemanggang roti saat nasi matang. Pada sebagian besar penanak nasi, nasi akan tetap dihangatkan sampai Anda mencabut melepaskan kabelnya dari stopkontak listrik.
  • Jangan buka tutup penanak nasi untuk memeriksa nasi selama dimasak. Karena, proses ini bergantung pada uap yang terbentuk di dalam panci. Akibatnya, jika tutupnya dibuka dan sebagian uapnya keluar, nasi mungkin tidak akan matang dengan sempurna.
  • Penanak nasi akan berhenti memasak secara otomatis ketika suhu di dalam panci melebihi titik didih air


Langkah ke 8 : Biarkan nasi selama 10-15 menit sebelum membuka tutup penanak nasi (pilihan). Walaupun hal ini tidak harus dilakukan, umumnya disarankan dalam panduan penggunaan penanak nasi, dan otomatis dilakukan pada beberapa merek penanak nasi. Selama waktu ini, memutus aliran listrik ataupun mengangkat panci dari sumber panas akan mengurangi jumlah nasi yang merekat di panci penanak nasi.


Langkah Ke 9 : Aduk nasi agar tidak padat dan menggumpal, dan sajikan. Setelah tidak ada air yang tersisa, nasi siap untuk dimakan. Mengaduk nasi dengan sendok nasi setelah matang akan memecah gumpalan dan melepaskan uapnya, sehingga mencegah nasi terlalu matang.


--> SELANJUTNYA
Loading...