Saya dan Anda adalah makhluk sosial cerdas yang di ciptakan Tuhan untuk mengetahui dan mempelajari segala yang ada di bumi ini, tak ada kata saya tidak bisa atau saya tidak tahu, "selama ada m'bah Google" Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan anda. bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA !!! DI SINI

LightBlog

LAZERBA = TOKO GROSIR LAZADA SERBA ADA

Translate

Minggu, 27 Agustus 2017

Cara Membersikan Lensa Kamera DSLR Yang Terkena Jamur

Lensa yang berjamur akan mengurangi ketajaman gambar yang anda ambil nantinya, dan memang benar Lensa Kamera DSLR yang cukup mahal harganya harus di rawat dengan baik, agar lensanya tidak jamuran, jika hanya bagian luar lensa yang terkena jamur mungkin cukup mudah membersihkannya dengan lens cleaner, tetapi pada umumnya lensa DSLR terjangkit jamur di bagian dalam lensa, hal ini di karenakan bagian dalam lensa adalah tempat yang paling ideal bagi jamur lensa untuk berkembang di saat kondisi tempat sekitar lensa kamera di simpan cukup lembab, untuk membongkar lensa biayanya cukup mahal dan tidak menjamin lensa anda tidak akan terkena jamur lagi jika penyimpanan dan pemakaian kamera anda berada di kondisi yang lembab dan hal ini tidak dapat di hindari karena pemilik kamera DSLR pada umumnya menggunakan lensanya di tempat - tempat yang memiliki kelembabab extrim seperti di pegunungan, di pantai atau di kolam renang. agar lensa anda tidak cepat jamuran tentunya ada beberapa tip's yang nanti bisa anda pratekan salah satunya dengan cara membersihkan lensa anda setelah digunakan dan simpan di dalam kotak khusus penyimpanan kamera dan lensa yang bernama Dry Box. lalu bagaimana cara membersihkan Lensa Kamera DSRL anda yang sudah terkena jamur di bagian dalam lensanya, bagaimana cara membongkarnya ? Tenang saja, karena di bawah kami akan berikan tutorial lengkapnya berikut video cara membongkar dan membersihkan kamera DSLR anda dari jamur - jamur nakal itu.


Sebelum melanjutkan Membaca artikel ini, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu beberapa jenis dan model Dry Box yang banyak tersedia di pasaran serta bagaimana cara kerja Dry Box tersebut untuk melindungi lensa - lensa kamera DSRL anda dari serangan Jamur, supaya setelah anda berhasil membersihkannya, anda bisa dengan tenang dan nyaman menyimpan koleksi lensa anda di tempat tersebut, untuk lebih lengkapnya bisa anda ---> KLIK DI SINI

Beberapa contoh Dry Box yang murah meriah namun berkwalitas, ramah lingkungan serta  sudah banyak di jual di pasaran beserta kelengkapannya bisa juga anda simak selengkapnya di --> SINI



Sebelum kita Belajar mempraktekan langkah demi langkah bagaimana caranya membersihkan Lensa Kamera DSLR anda dari Jamur, silahkan anda simak sejenak Video Tutorial berikut ini yang akan membuka wawasan anda bahwa membongkar, membersikan sampai dengan memasangnya kembali dengan baik adalah sangat mudah dan hemat biaya. Selamat Menyimak !






Secara Lebih detail, Proses pembersihan Lensa kamera DSLR bisa di lakukan dengan 6 Tahap seperti pada gambar berikut ini :


Membersihkan Lensa Kotor


1. Siapkan Lensa anda berjamur
2. Buka Label Lensa dengan alat yang ujungnya Tajam. Hati hati jangan sampai kaca lensa Anda
   tergores.
3.Jangan lupa Beri tanda pada lensa dan Body lensa dengan isolasi kertas agar pada saat memasang
   kembali lensa anda tidak lupa posisinya. ( lebih aman posisinya anda foto atau anda rekam dengan
   kamera ponsel anda )
4. Buka sekrupnya dengan obeng yang cocok
5. Setelah terbuka sekrupnya, angkat dan Bersihkan lensa yang sudah dibongkar dengan cairan
    pembersih lensa.
6. Jangan lupa juga Tutup lensa yang terbuka dengan buku atau kertas bersih agar tidak kemasukan
    debu.
7. setelah lensa di bersihkan, pasang dan Tutup kembali lensa Anda sesuai dengan Tanda yang sudah
   ditempel.

Nah, sekarang Lensa kamera DSLR anda sudah bersih dari jamur, jangan lupa selalu cek dan lakukan perawatan rutin terhadap lensa anda, karena jika jamur yang menempel terlalu lama, maka akan lebih sulit di bersihkan bahkan akan merusak lapisan coating lensa anda.


Beberapa Penyembab Lensa anda Cepat Jamuran di antaranya adalah :
Jamur berkembang biak optimum di tempat yang lembab. Bermula dari tumpukan debu di pinggiran lensa, ketika ada kelembaban maka debu akan menjadi media untuk berkembang biak jamur. Oleh sebab itu yang pertama harus dilakukan adalah selalu rajin membersihkan lensa dari debu. Simpan lensa di tempat yang kedap udara dan gunakan silica gel untuk menyerap kelembaban udara.

Hal lainnya adalah Mengambil gambar outdoor saat gerimis atau di udara yang sedang lembab (Habis Hujan) maka ini akan sangat beresiko lensa berjamur. Kelembaban udara atau percikan air bisa masuk ke dalam lensa dan apabila tidak disimpan di tempat yang kering memungkinkan jamur untuk berkembang biak dengan subur. Selalu gunakan pelindung khusus agar kamera dan lensa tidak terkena air.


Ketika lensa sudah terkena jamur, sesegera mungkin langsung dibersihkan karena spore jamur akan segera menjalar ke seluruh lensa. Celakanya Jamur mengeluarkan zat asam yang akan memakan Protective coating Lensa. Cara sederhana membersihkan jamur yang baru muncul di lensa adalah dengan cairan pembersih lensa seperti yang telah kami jelaskan di atas.



Selanjutnya kami juga sertakan beberapa Tip's Bagaimana Merawat Koleksi Lensa - Lensa anda dengan baik, agar tidak mudah jamuran dan rusak !

Ingatlah Selalu Jaga Kebersihan Lensa Anda !


Bersikan lensa secara rutin, untuk menghindari dari debu dan kotoran setelah pemakaian.
Cara membersikannya.

-  Bersikan lensa dengan kuas pembersih debu.
-  Semprotkan debu dengan blower untuk membersihkan debu yang tidak dapat terjangkau oleh kuas
   pembersih
-  Setelah bersih dari debu, gunakan tissue lensa untuk membersihkan minyak yang melekat di permukaan
   lensa, basuh lah lensa
-  Gunakan pen pembersih lensa untuk membersikan lensa secara maksimal.

Setelah bersih semua, Non-aktifkan Auto Focus dan Image stabilezer

Jika lensa tidak digunakan lagi, simpan lensa ditempat yang kering seperti Ruangan ber AC ( jangan ditempat yang lembab / dekat wastafel atau kamar mandi ). Sebaiknya anda Gunakan dry box dengan silika gel untuk menyerap kelembapan.


Demikian Caranya Membersikan Sendiri Lensa Kamera DSLR Yang Terkena Jamur, Jika anda ragu - ragu untuk membongkar lensa mahal anda, maka sebaiknya anda bawa saja ke ahli service lensa dan kamera, konsekwensinya anda harus bayar.



--> SELANJUTNYA
Loading...