Saya dan Anda adalah makhluk sosial cerdas yang di ciptakan Tuhan untuk mengetahui dan mempelajari segala yang ada di bumi ini, tak ada kata saya tidak bisa atau saya tidak tahu, "selama ada m'bah Google" Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan anda. bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA !!! DI SINI

LightBlog

LAZERBA = TOKO GROSIR LAZADA SERBA ADA

Translate

Selasa, 05 September 2017

Cara Membersikan Sensor Kamera DSLR Yang Kotor dan Berjamur

Kepingan Sensor yang berwarna pelangi dan berkilau pada kamera DSLR ( Digital Single-Lens Reflex ) adalah bagian yang sangat sensitif dan sangat menentukan kwalitas dari hasil foto kamera tersebut, sekecil apapun kotoran maupun jamur yang menempel pada sensor kamera DSLR tersebut maka akan tampak jelas terlihat pada hasil fotonya. Biasanya jika anda sehabis Traveling ke tempat - tempat dengan kelembaban udara yang extrim seperti di sekitar air terjun, atau pegunungan berkabut serta kolam renang, sampai dengan daerah yang berdebu, tentu saja kamera anda rentan berjamur dan kemasukan partikel debu - debu micro. Jika jamur tersebut tumbuh di lensa mungkin lebih mudah membersihkannya, bagaimana jika jamur dan debu micro tersebut berada di permukaan kepingan sensor kamera DSLR anda ? jika hal ini terjadi maka di perlukan keberanian dan ke hati - hatian ekstra untuk membersihkan kotoran maupun jamur yang ada di permukaan sensor tersebut, karena jika anda orangnya ceroboh, ragu - ragu dan bimbang maka kami tidak sarankan anda membersihkan sensor kamera DSLR anda, apalagi kamera anda masih bergaransi, maka sebaiknya anda bawa ke service center dan membersihkannya di sana dengan penanganan alat - alat yang memadai serta tenaga profesional. Lain halnya jika isi dompet anda pas - pasan dan kamera anda juga sudah tidak bergaransi, maka anda bisa lakukan cara nekat ini untuk menyelamatkan kamera DSRL kesayangan anda yang kotor sensornya. Namun anda tetap bisa membersihkannya sendiri tanpa harus keluar uang banyak.


Agar proses pembersihan kamera DSLR anda berjalan dengan lancar dan sukses, anda harus memiliki perlengkapan sederhana yang biasa di sebut Lens Cleaning Kit yang berisi, cairan pembersih kaca, lap khusus yang lembut, karet peniup debu atau blower, kuas yang lembut ( censor brush ), untuk lebih lengkapnya bisa anda lihat spesifikasi beserta kelengkapnya silahkan Klk di --->  SINI


Beberapa contoh Lens Cleaning Kit yang murah meriah namun berkwalitas, ramah lingkungan serta  sudah banyak di jual di pasaran beserta kelengkapannya bisa juga anda simak selengkapnya di --> SINI



Sebelum kita membahas lebih jauh tentang bagaimana proses dan cara membersihkan Sensor kamera DSLR dengan metode yang aman, Silahkan anda simak terlebih dahulu cuplikan video tutorial berikut ini yang akan membuka wawasan anda bahwa membersihkan sensor kamera DSLR itu tidak sulit. silahkan di simak.










Berikut ini Langkah - Langkah Yang Harus anda Lakukan Sebelum anda memutuskan untuk membersihkan sensor kamera DSLR anda.


Ternyata tidak semua sensor kamera DSLR memiliki tata letak yang sama. oleh sebab itu di sarankan anda untuk mengecek buku manua terlebih dahulul yang ada pada paket penjualan, atau browsing ke situs resmi merek dan type kamera DSLR anda.


Pada saat sebelum dimemulainya proses pembersihan sensor kamera DSLR anda, yang penting adalah harus memastikan bahwa anda memang sudah memahami bagaimana proses kerjanya dan memiliki keyakinan bahwa Anda mampu melakukannya.

Pada Proses selanjutnya Ketika anda membersihkan sensor kamera, pastikan anda melakukan pekerjaan ini di lingkungan yang bersih dan bebas debu. Pastikan juga bahwa alat-alat yang Anda gunakan tidak berdebu dan kotor. Karena pada saat proses membersihkan sensor kamera, berhati-hatilah dan pastikan tidak ada partikel keras yang terjebak di antara perangkat pembersihan dan sensor, sebab partikel keras sekecil apa pun berpotensi menyebabkan goresan pada permukaan sensor kamera DSLR anda, jika sampai tergores, maka tamatlah riwayat sensor anda.


Berikut ini kita masuk ke langkah pembersihan Sensor Kamera DSLR anda :
Hasil gambar untuk membersihkan sensor dslr



Nyalakan kamera dan masuk ke Menu Manual Cleaning Sensor (pastikan baterai dalam keadaan FULL, dan Kamera tetap pada posisi ON, sehingga shutter curtain/Mirror terangkat dan terlihat Sensornya.)

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah hilangkan debu menggunakan karet penyemprot debu ( blower ) Jangan sampai meniup debu yang menempel di sensor kamera dengan alat yang tidak memadai, pastikan anda menggunakan Lens Cleaning Kit yang memang khusus untuk membantu proses pembersihan senosr kamera DSLR,  karena jika hal ini di abaikan dapat beresiko merusak kamera anda. Perlu di ingat juga, Ujung blower di usahakan jangan masuk melebihi Lens Mounting, agar debu yang menempel pada sensor tertiup dan terjatuh keluar dari bodi kamera.


Selain blower, kita juga dapat menggunakan sikat lembut atau yang lebih dikenal dengan nama censor brush. Alat ini memiliki bulu lembut yang dapat menghilangkan partikel debu. Namun jangan lupa untuk selalu membersihkan sikat setiap kali mengusap sensor-nya - Prosesnya adalah Letakanlah kamera DSLR anda pada permukaan yang rata dan bersih, Sapulah seluruh bagian sensor dengan hati – hati  mulai dari tepi yang satu ke tepi yang lain dan ke bagian sensor dari tengah ke tepi ( searah ) ingat ya harus dengan perlahan dan hati – hati  (tidak boleh ditekan terlalu keras), saat proses pembersihan ini jangan lupa gunakan penerangan yang memadai.

Pada langkah terakhir jika memang sensor kamera DSLR Anda dihinggapi debu atau kotoran yang membandel atau sangat sulit dibersihkan, mungkin berupa jamur yang menempel di permukaan sensor, maka anda untuk menggunakan metode wet cleaning. caranya dengan menggunakan cotton buds atau swab yang direndam dalam cairan pembersih. Sama seperti membersihkan debu, gunakan cotton buds hanya searah saja. Pastikan bahwa alat yang Anda gunakan tidak terkontaminasi partikel keras yang bisa menggores permukaan sensor.


Nah, selesai deh Rangkain Proses Membersikan Sensor Kamera DSLR Yang Kotor dan Berjamur ! Bagaimana ? Mudah kah ? jika bermanfaat silahkan bagikan artikel ini, agar dapat menolong banyak orang di kemudian hari.


Bagaimana Debu Masuk Sampai Sensor ?

Debu pada sensor adalah hal yang lumrah kalau anda sudah lama memiliki kamera. Bagaimana debu bisa sampai masuk ke bagian sensor kamera DSLR anda ?  Ada beberapa cara debu bisa masuk ke sensor, diantaranya melalui  :

Mekanisme lensa yang berputar saat zooming dan focusing. Saat berputar debu yang menempel di lensa bisa tersedot jatuh ke sensor kamera. Karena putaran pada poin diatas berarti dua elemen bergesekan, bisa jadi muncul serpihan dan serpihan tersebut jatuh ke sensor.
   
Debu Juga kemungkinan masuk saat proses mengganti lensa.

Oleh sebab itu, selama kamera DSLR anda di gunakan maka anda tidak mungkin dapat terhindar dari resiko masuknya debu kedalam sensor kamera DSLR anda !

Yang Perlu di perhatikan Setelah melakukan proses pembersihan sensor kamera DSLR secara manual, ada baiknya untuk selalu membersihkan sensor kamera secara otomatis. Gunakan prosedur pembersihan otomatis kamera DSLR setiap kali Anda mulai atau sesudah menggunakan kamera.




--> SELANJUTNYA

Loading...