Saya dan Anda adalah makhluk sosial cerdas yang di ciptakan Tuhan untuk mengetahui dan mempelajari segala yang ada di bumi ini, tak ada kata saya tidak bisa atau saya tidak tahu, "selama ada m'bah Google" Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan anda. bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA !!! DI SINI

Cara Mendapatkan Diskon 99 % di Lazada

Cara Mendapatkan Hadiah dari BukalapaK

Translate

Kamis, 28 Desember 2017

Cara Mengendarai Mobil Matic Dengan Baik dan Benar

Bagi sebagian orang mungkin saja masih beranggapan bahwa Sistem Transmisi Automatic khususnya pada kendaraan Roda empat adalah sebuah perubahaan tehnologi otomotif yang sangat luar biasa dan mau tidak mau mereka harus beradaptasi dengan perkembangan tersebut, kebanyakan mungkin masih tidak ingin beralih dari kebiasaan mengendarai mobil bertransmisi manual kepada kebiasaan baru dengan mengendarai mobil bertransmisi Automatic. Memang benar di perlukan penyesuaian yang cukup lama untuk terbiasa dengan transmisi automatic jika awalnya seseorang mengendarai mobil bertransmisi manual, sebab pada kendaraan matic, Kaki kiri anda akan menganggur karena tidak di perlukan lagi untuk menginjak kopling, secara otomatis komputer yang terinstall pada system transmisi mobil anda akan memnidahkan gigi pada kecepatan yang sudah terprogram, anda tinggal konsentrasi kepada stir, spion dan rem saja,  bahkan saat ini sudah di kembangan jenis kendaraan auto kemudi, dimana pengendara tinggal memprogram hendak kemana melalui peta elektronik yang tersedia di dashboard mobilnya dan mobil pun akan melaju membawa anda dengan nyaman ke tempat tujuan sesuai dengan alamat yang sudah anda program sebelumnya. Terlepas dari perkembangan tehnologi tersebut yang ingin kita bahas kali ini adalah bagaimana cara mudahnya mengendarai sebuah mobil bertransmisi auto matic dengan baik dan benar, sehingga keamanan dan keawetan mobil anda tetap terjaga. Mari Kita simak uraian penjelasannya di bawah ini.


Ternyata ada banyak sekali Accessories khusus untuk menambah kenyamanan anda mengendarai mobil matic kesayangan anda, tentunya dengan model yang keren - keren dengan harga yang terjangkau dan kwalitas yang terjamin, sebelum anda memutuskan untuk belajar menyetir Mobil Matic anda, ada baiknya anda menyimak terlebih sejenak contoh - contoh accessories Mobil Matic yang sedang trend ( ( jaman now ) dan tentunya di gemari para pecinta otomotif di indonesia, selengkapnya bisa melihatnya sejenak di -->
SINI

Atau Bisa Anda Cek di ---> 
SINI




Untuk contoh - contoh model produk accesoriess khusus mobil Matic yang lebih lengkap dengan bahan dasar yang berkwalitas, serta pada umumnya ada di indonesia dan mudah didapatkan di pasaran, selengkapnya bisa juga anda simak  di --> SINI



Agar wawasan anda lebih terbuka tentang pamahaman Cara Mengendarai Mobil Bertransmisi Automatic dengan baik dan benar, maka kami rekomendasikan salah satu video tutorial berikut ini yang akan membantu anda memberikan pengetahuan tentang bagaimana caranya mengendarai mobil matic, selamat menyimak :








Jika anda sudah melihat tutorial di atas, maka berikutnya silahkan anda simak pelan - pelan artikel di bawah ini sambil di hayati dan di praktekan, selamat membaca :


Belajar Mengenal Instrument Transmisi Mobil Matic







Coba Perhatikan Simbol - simbol Tuas Transmisi Mobil Matic pada gambar di atas !


Tentunya Pada buku manual mobil yang anda beli sudah dijelaskan beberapa fitur penting yang ada pada mobil matic anda, dan persiapan apa yang anda harus lakukan sebelum mengendarainya, untuk membantu mengingatkan anda, maka berikut ini beberapa kami rangkum tips bagaimana cara belajar mengemudi mobil matic yang baik dan benar khusunya untuk pemula yang baru belajar mengendarai mobil, atau belum pernah mengemudi mobil bertransmisi automatic

Langkah Awal adalah : Pahami Peralatan Kemudi Mobil Matic Anda
Mobil matic tentu memiliki alat kemudi yang berbeda dengan mobil bertransmisi manual. Misalnya saja hanya tersedia dua pedal yaitu pedal akselerasi / Gas dan Rem tanpa ada pedal kopling. Selain itu tuas transmisi mobil matic juga berbeda serta dilengkapi dengan huruf-huruf seperti gambar di atas.

Langkah Ke 2 : Pahami Arti Huruf Pada Panel Tuas Transmisi
Pada panel tuas transmisi mobil otomatis selalu dilengkapi dengan beberapa huruf-huruf. Umumnya huruf-huruf tersebut adalah P, D, N dan R. Beberapa yang mungkin berbeda adalah hadirnya angka 3 dan 2, huruf L atau angka 1, huruf B serta tanda + dan - ( di bawah kita akan bahas fungsi - fungsi huruf tersebut )
Susunan huruf dan angka tergantung dari jenis transmisi matic yang digunakan pada mobil. Namun untuk yang paling sering ditemui, fungsinya adalah :
  • D : Digunakan untuk membuat mobil bergerak maju saat pedal gas diinjak (Drive).
  • R : Digunakan untuk membuat mobil bergerak mundur.
  • P : Digunakan saat mobil berhenti dalam kondisi lama atau parkir.
  • N : Digunakan saat mobil berhenti sebentar. Contohnya lampu merah atau macet.
  • B : Brake atau boost. Biasanya di mobil matic CVT. Digunakan untuk mendapatkan engine brake saat jalanan menurun, dan menaikkan RPM saat di jalanan menanjak.
  • Angka 3, 2 dan 1/L : Fungsinya sama seperti posisi transmisi di mobil manual. Kurang lebih untuk melakukan overdrive transmisi mobil saat membutuhkan akselerasi, tenaga atau engine brake.
Langkah Ke 3 : Pastikan Posisi Transmisi Pada P atau N Saat Menyalakan Mobil
Setelah anda mengetahui fitur dan alat mengemudi pada mobil matic tersebut, maka kini saatnya untuk menyalakan mesin mobil anda, namun sebelum menyalakan mesin, pastikan dahulu tuas transmisi berada di posisi P atau N. Dengan demikian, mobil tidak langsung berjalan ketika mesin dinyalakan.
Langkah Terakhir : Injak Rem Sebelum Mengganti Tuas Transmisi
Pada mobil manual, kebanyakan orang mengandalkan rem tangan dan kopling saat baru akan memasukkan gigi ke posisi 1 dan akan mulai berjalan. Namun di transmisi otomatis, anda harus sedikit lebih hati-hati !!! Pastikan anda sudah menginjak pedal rem sebelum mengganti tuas transmisi. Hal ini untuk mencegah mobil langsung berjalan begitu tuas transmisi berada pada posisi R atau D.

Ini Yang Harus di Perhatikan Demi Keselamatan Mengemudi Anda !!!


Biasanya, ketika mobil diparkir dari posisi P dan akan berjalan maju di posisi D, ketika tuas transmisi di geser ke posisi D tentunya akan melewati posisi R. dan Jika anda tidak menginjak rem, apalagi rem tangan sudah dilepas, maka mobil akan langsung bergerak mundur dengan cepat, Inilah yang kemudian sering kali menyebabkan kecelakan di tempat parkir bertingkat di mall.


Ada Beberapa hal yang harus kita ketahui demi untuk keselamatan kita  saat berkendara dengan mobil matic sendiri, mari kita simak poin – poin penting ketika mengendarai mobil matic dengan memperhatikan step - step di bawah ini :Point 1
Ingatlah Ketika anda ingin menghidupkan atau mengendarai mobil bertransmisi Automatic maka sebelumnya anda harus memastikan bahwa tuas mobil sedang dalam posisi P (Parkir) atau dengan simbol lain yaitu N (Netral). Desain transmisi matic telah diciptakan oleh produsen mesin mobil sehingga mesin mobil hanya bisa dihidupkan pertamakali  jika posisi tuas berada di P (Parkir) atau N (Normal)

Point 2

Apabila mesin mobil baru saja dihidupkan maka tunggu beberapa menit sampai suhu mesin dan transmisi bisa tercapai secara otomatis, dilihat dari beberapa macam jenis transmisi mobil automatic, ketika percepatan dalam pemindahan secara otomatis belum terjadi secara sempurna di sebabkan karena suhu kerja transmisi belum normal.

Point 3

Ingatlah Ketika kita sudah menginjak pedal rem maka jika akan menggeser tuas atau akan menjalankan mobil pastikan dulu bahwa rem sudah terinjak dengan sempurna, sehingga jika kita akan menggeser tuas dari P ke R dan N ke D atau sebaliknya, ada nya rem dalam penggeseran tuas salah satunya untuk menghindari kerusakan mesin dan mencegah mobil melaju dengan mendadak.

Point 4

Ketika anda ingin memulai perjalanan dengan kondisi normal, maka perhatikan tuas sudah dalam posisi D (Drive) yang berguna untuk berjalan maju, sedang kan untuk mundur tuas dalam posisi R. Dalam mengendarai mobil tidak hanya melewati jalan yang lurus saja tetapi juga akan melaju di jalan yang mengalami tanjakan, turunan, bahkan licin maka jika menemui jalan tanjakan membutuhkan bantuan pengereman mesin ( engine break ),  perlu adanya pergeseran tuas ke posisi 2. Apabila perjalanan yang dialami menanjak atau menurun yang sangat ekstrim maka tuas harus digeser ke posisi 1 atau L.JI

Point 5

Pada saat pemilihan mode untuk pengoperasian ekonomis ( jika tersedia ) dilihat juga dari kegunaan ekonomis yang umumnya hanya digunakan untuk kondisi saat berada di perjalanan dalam kota yang sudah sangat terkenal dengan macet, setiap pengemudi pasti ingin menghemat penggunaan BBM atau ingin mengendarai kendaraan secara santai. Bisa juga memilih metode ekonomis, perpindahan dalam metode percepatan akan otomatis berlangsung di awal.

Point 6

Di dalam mobil matic ada yang namanya Tombol OD atau menggeser tuas ke posisi 3 fungsinya untuk membantu kita dalam berakselerasi dalam menggunakan gigi 3. Apabila kita ingin melaju lebih cepat dan ingin mendahului mobil yang berada didepan kita maka harus menggunakan kecepatan diatas standar yaitu sekitar 60-80 km/jam.Jika tombol OD/OFF menyala itu tandanya perpindahan dalam percepatan dibatasi hanya pada gigi 3. untuk transmisi otomatis jenis CVT umumnya tidak dilengkapi tombol overdrive (OD). Adapun untuk Step AT/AT, fasilitas tombol OD ada yang terletak di tuas pemindah gigi atau untuk beberapa produsen mobil tertentu seperti Toyota, menonaktifkan OD cukup dengan menggeser tuas ke posisi 3.


Point 7
Untuk menggunakan mode pengoperasian manual maka pilihlah metode Pengoperasian M (Manual), jika ingin mengendarai kendaraan mobil matic seperti mobil manual. Dengan adanya fasilitas manual matic maka kemungkinan untuk menambah dan mengurangi tingkat percepatan bisa sesuai dengan apa yang pengemudi inginkan. Hanya dengan cara menggeser tuas ke posisi M (Manual) atau juga bisa saat mobil dalam keadaan berhenti atau dalam keadaan berjalan dengan kecepatan yang tidak menentu, kemudian menggeser tuas (+) untuk menambah gigi dan tuas (-) untuk mengurangi gigi.


--> SELANJUTNYA

Loading...