Hi Quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Langanan Via E-mail

Ayo Pelajari Carannya

Cara Belanja Lebih Irit dan Hemat

Cara Mengolah Rumput Laut Menjadi Bernilai Jual Tinggi

Salah Satu Sumber Kakayaan Alam Kita Adalah Lautan Luas, dan salah satu manfaat dari lautan luas itu adalah tempat bertumbuhnya tanaman rumput laut ( Eucheuma seaweed ), Hanya di butuhkan waktu kurang lebih 45 hari sejak anda mulai menyemai benih, dalam waktu sesingkat itu anda sudah dapat memanen ladang tanaman rumput laut anda, Nilai jual rumput laut kering yang belum di olah memang sangat rendah, per kilonya hanya sekitar Rp 15 ribuan saja. Tetapi jika anda sangguh mengolahnya, maka nilai jual rumput laut anda akan menjadi berlipat ganda, bisa mencapai puluhan atau ratusan kali lipat, salah satu contohnya adalah mengolah rumput laut menjadi tepung agar - agar, menjadi lembaran Nori pembungkus sushi atau mengolahnya menjadi dodol, masyarakat moderen saat ini sangat menyukai makanan olahan berbahan dasar dari rumput laut, karena rumput laut sangat baik untuk pencernaan karena mengandung dietary fibers yang dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit seperti kanker usus besar, penyakit divertikuler, penyakit kardiovaskuler dan kegemukan serta efektif dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. apakah anda tertarik untuk mempelajari Cara Mengolah Rumput Laut Menjadi Produk Yang Bernilai Jual Tinggi ? jika berminat mari kita perlajari bersama caranya. Untuk membuka wawasan anda bahwa mengolah Rumput Laut menjadi Produk bernilai ekonomis Tinggi, mari kita simak salah satu video tutorial berikut ini tentang bagaimana Membuat Lembaran Nori ( lapisan luar pembungkus Sushi ) - selamat menyimak






Rumput laut akan bernilai ekonomis setelah mendapat penanganan lebih lanjut. Pada umumnya penanganan pasca panen rumput laut oleh petani hanya sampai pada penggeringan saja. Rumput laut kering masih merupakan bahan baku yang harus diolah lagi. Pengolahan rumput laut kering dapat menghasilkan produk - produk olahan rumput laut bernilai jual tinggi.

Sebelum anda melanjutkan memperlajari artikel ini, sebaiknya anda mengetahui macam - macam produk olahan rumput laut yang bernilai jual jutaan rupiah bahkan puluhan juta rupiah perkilo gramnya, semoga setelah mengetahuinya, hal ini akan menjadi sebuah motivasi untuk anda untuk mulai serius mengolah rumput laut ! salah satu produk olahan rumput laut yang sedang trend di dunia adalah Nori Crispy Seaweed yang bisa anda jumpai produk - produknya di supermarket, kira - kira harga perlembarnya seberat 4 gram saja senilai 40 ribu rupiah,  untuk lebih jelasnya anda bisa --> KLIK DI SINI

Atau Di --> SINI


Cara Mengolah Rumput Laut Menjadi Nori Yang Bernilai Jual Jutaan Rupiah


Untuk membuat nori dengan cara tradisional, hampir sama metodenya dengan cara membuat kertas. Rumput laut bahan nori akan digiling hingga halus hingga menjadi bubur rumput laut. Bubur rumput laut ini kemudian akan dicetak menggunakan alat cetak yang mirip dengan alat cetak kertas. Setelah dicetak, kemudian dilakukan proses pengeringan baik dengan sinar matahari maupun dengan oven. Pembuatan dengan cara tradisional ini biasanya dilakukan oleh industri nori rumahan yang belum memiliki banyak alat modern.



Nori Seaweed

Sedangkan pembuatan nori dengan cara modern biasanya dilakukan di pabrik-pabrik dalam skala besar. Rumput laut bahan nori akan dipotong kecil-kecil berukuran 0,5 hingga 1 cm. Potongan tersebut kemudian akan ditebarkan pada suatu permukaan datar kemudian dilakukan pengepresan hingga saling menempel. Setelah itu, proses terakhir adalah pengeringan yang biasanya dilakukan dengan oven yang besar.

Nori yang baik biasanya memiliki warna yang hijau kehitaman, semakin gelap warnya akan dianggap semakin berkualitas.


Proses Pembuatan Nori
  1. Rinse fresh nori and put into a strainer
  2. Chop the nori with a knife into fine pieces
  3. Place chopped nori into a frame on a bamboo mat in a bucket of water to create a sheet; remove the frame, mat and sheet of nori from the water
  4. Put the bamboo mat with sheet of nori onto a rack to dry in the sun

Selamat Mencoba !

Cara Membuat Tepung Agar - Agar Dari Bahan Dasar Rumput Laut  ( Seaweed )



Proses Pengolahan Rumput Laut Menjadi Tepung Agar - Agar
Produk agar-agar diperoleh dari ekstraksi satu jenis rumput laut saja dan campuran berbagai macam rumput laut. Hasil agar-agar dari campuran ini bermutu, tidak kalah dengan agar-agar yang dihasilkan dari satu jenis saja. Keberhasilan itu dikarenakan komposisinya telah sesuai.
Pembuatan agar-agar tidak sulit, peralatan dan bahan mudah diperoleh. Oleh karena itu sangat berpeluang bila petani rumput laut juga mengolah agar-agar. Langkah-langkah pembuatan agar-agar diuraikan di bawah ini dan hasil akhirnya berupa tepung, batangan, atau lembaran. Adapun cara pengolahan rumput laut menjadi Tepung agar-agar sebagai berikut.

Proses Pencucian dan Pembersihan
Rumput laut yang berkwalitas baik  dicuci dengan air tawar sampai bersih. Kotoran yang menempel seperti pasir, karang, lumpur dan rumput laut jenis lain dihilangkan.

Proses Perendaman dan Pemucatan
Perendaman dilakukan agar rumput laut menjadi lunak, sehingga proses ekstraksi nantinya dapat berjalan dengan baik. Caranya rumput laut direndam dalam air murni sebanyak 20 kali berat rumput laut selama 3 hari. Setelah itu pemucatan dilakukan dengan direndam dalam larutan kaporit 0,25 % atau larutan kapur tohor 5 % sambil diaduk, setelah 4 – 6 jam, rumput laut dicuci kembali selama 3 jam untuk menghilangkan bau kaporit. Rumput laut yang telah bersih dan pucat dikeringkan selama 2 hari, sampai tahap ini rumput laut dapat disimpan lebih dulu bila tidak segera diolah.

C. Proses Pelembutan
Untuk lebih memudahkan ekstrasi, dinding sel perlu dipecah dengan ditambah H2SO4 atau yang biasa di kenal dengan nama Asam Sulfat ( Sulfuric Acid ) - selama 15 menit. Banyaknya H2SO4 tergantung pada jenis rumput laut, yaitu Gracilaria 5 – 10 %. Gelidium 15 % dan Hypnea 25 %. Bila tidak ada asam sulfat dapat digunakan asam asetat, asam sitrat, buah asam atau daun asam. Oleh karena asam sulfat ini berbahaya, maka diperlukan pencucian dengan cara rumput laut direndam dalam air bersih selama 15 menit kemudian ditiriskan.

Proses Pemasakan
Rumput laut dimasak dalam air sebanyak 40 kali berat rumput laut. Setelah mendidih ( 90 – 100 C ), kita tambahkan asam cuka 05 % untuk memperoleh pH 6 – 7. Bila > 7, pH nya diturunkan dengan penambahan asam cuka dan bila < 6, ditambahkan NaOH. Pemeriksaan pH dapat dilakukan dengan memakai kertas pH. Pemanasan ini dilakukan kira-kira 45 menit tetapi dapat juga selama 2 – 4 jam tergantung cara pengadukannya. Proses setelah pemasakan tergantung dari bentuk akhir agar-agar yang diinginkan, yakni berupa batangan, lembaran atau pun tepung.

Proses Pengolahan Agar-agar Batangan / Lembaran
1. Pengepresan dan Pencetakan
Hasil dari pemasakan kemudian disaring dengan kain belacu dan dipres. Cairan yang keluar ditampung dalam bejana dan dinetralkan dengan penambahan air soda sehingga pHnya menjadi 7 – 7,5. Bila pH sudah tercapai, cairan kemudian dimasak kembali sambil diaduk. Setelah mendidih, hasilnya dituangkan kedalam cetakan, kira-kira 6 jam agar-agar sudah dingin dan membeku. Ampas hasil pengepresan dapat digunakan lagi dengan cara ditambahkan air sebanyak 75 % dari jumlah air semula, kemudian ampas itu dipanaskan dan disaring. Cairan yang keluar dapat digunakan sebagai campuran dalam proses selanjutnya, sehingga pada akhirnya ada ampas yang tidak bisa dipakai lagi. Ampas ini dapat digunakan sebagai makanan ternak.
2. Pendinginan
Cairan yang telah beku didinginkan dalam ruangan pendingin pada suhu – 20 C selama 4 – 5 hari. Pendinginan ini dilakukan agar pemadatan benar-benar terjadi dengan sempurna.
3. Pengeringan
Agar-agar dikeluarkan dari cetakan. Hasil yang diperoleh adalah agar-agar batangan. Bila didinginkan agar-agar berbentuk lembaran, agar-agar batangan dipotong setebal 0,5 cm. Sebagai alat pemotong dapat digunakan kawat halus dari baja, agar-agar batangan atau lembaran kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari.
4. Pengepakan
Agar-agar yang betul-betul kering dimasukkan dalam kantong plastik dengan berat masing-masing 10 gram. Bahan yang dipakai untuk membuat agar-agar kertas berupa rumput laut dari jenis Grasilaria sp. Dalam proses pembuatannya, rumput laut ini dicuci dengan air tawar sampai bersih, kemudian direndam dalam air kapur. Setelah 20 menit, dijemur memakai alas dari kain kasa. Lama penjemuran dapat hanya satu hari, tetapi dapat juga sampai 3 hari, tergantung dari intensitas matahari. Prinsipnya rumput laut benar-benar kering.

Proses Pengolahan Agar-agar Tepung
1. Penyaringan dan Penggilingan
Agar-agar yang telah masak disaring dengan fillet press filtrate. Cairan yang keluar ditampung dan didinginkan selama 7 jam. Agar-agar beku dihancurkan dan dipres dengan kain. Hasilnya berupa lembaran-lembaran yang kemudian diangin-anginkan. Lembaran-lembaran kering dipotong kira-kira 3 x 5 mm, kemudian dimasukkan dalam alat penggiling atau grinder. Hasil penggilingan adalah agar-agar tepung.
2. Pengepakan
Agar-agar tepung dimasukkan dalam kertas glasin yang dilapisi lilin atau dapat juga dimasukkan plastik kemudian dibungkus dengan kertas.


Selamat Mencoba ! dan jangan lupa koment yah jika sudah berhasil - Good Luck !




Cara Mengolah Rumput Laut Menjadi Dodol Rumput Laut Yang Lezat


Produk olahan rumput laut berupa dodol rumput laut ini sudah di export ke mancanegara dengan nilai ekonomis yang cukup tinggi di banding bahan mentah rumput laut itu sendiri, cara membuatnya juga tidak sulit, anda bisa menyimaknya di bawah ini :

Dodol rumput laut dibuat dengan menambahkan rumput laut guna meningkatkan nilai guna dari rumput laut. Beberapa faktor yang perlu diperhatikan karena dapat memepengaruhi kualitas dodol adalah komposisi bahan bakunya. Oleh karena itu, perlu diketahui proporsi tepung ketan dan rumput laut yang optimum agar dihasilkan dodol rumpul laut dengan kualitas yang baik.

Pembuatan dodol seaweed melalui dua proses, yaitu proses pencucian dan perendaman. Sebelum direndam, rumput laut dicuci terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran yang melekat pada rumput laut. Setelah itu, rumput laut kering direndam dalam air tawar sebanyak 18 kali berat rumput laut (sampai rumput laut terendam semua dalam air) dan setiap satu hari sekali air tawar tersebut diganti. Penambahan air saat perendaman menjadi dua kali lipat perlu dilakukan karena terjadi pengembangan volume akibat rumput laut kering tersebut menyerap air. Perendaman dilakukan dua atau tiga hari sampai tekstur rumput laut menjadi agak lunak, tidak berbau dan berwarna putih. Perendaman kedua dilakukan dengan air tawar atau kapur sirih 1 % selain untuk menghilangkan bau amis, perendaman dimaksudkan agar rumput laut lebih aseptis dan memiliki tekstur lebih mantap. Setelah satu jam, kemudian rumput laut tersebut dicuci sampai bersih

Hasil gambar untuk dodol rumput laut


Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat dodol rumput laut:
  • Rumput laut (Eucheuma cottonii) 1kg
  • Gula pasir (800 gr)
  • Tepung ketan (200 gr)
  • Santan kelapa
  • Garam
  • Essence ± 2 sendok makan
  • Vanili
  • Tepung terigu
Bahan baku utama yang dipersiapkan dalam pembuatan dodol seaweed adalah rumput laut jenis Eucheuma cottonii. Kelebihan dari Eucheuma cottonii adalah kandungan kappa karagenan. Kappa karagenan mempunyai amilopektin yang lebih besar dibanding Eucheuma spinosum. Eucheuma cottoni mempunyai daya ikat yang lebih kuat. Sehingga rumput laut jenis ini sangat cocok untuk pembuatan dodol seaweed.

Cara Membuat Dodol Rumput Laut
  1. Langkah pertama dalam pembuatan dodol seaweed adalah merendam rumput laut kering kedalam larutan kapur (CaO) selama sehari semalam dengan pergantian air selama tiga kali. Larutan CaO ini berrfungsi untuk memucatkan dan membersihkan rumpur laut.
  2. Selanjutnya rumput laut dihaluskan dengan menggunakan blender hingga terbentuk pasta rumput laut. Lalu dididihkan tepung ketan dengan santan di atas kompor. Tepung ketan ini berfungsi sebagai pengikat dan membentuk tekstur plastis. Setelah mendidih, masukkan pasta rumput laut pada adaonan tepug ketan tadi sambil diaduk hingga kalis (2 jam). Sambil diaduk, tambahkan gula, garam dan essence. Gula ini berfungsi sebagai bahan pemanis, sedangkan garam berfungsi penambah cita rasa dan essence berfungsi sebagai pemberi aroma dan rasa.
  3. Lalu dituangkan adonan yang telah matang tadi ke dalam nampam kecil yang dilapisi plastik. Setelah itu didinginkan selama 1 jam dan keringkan. Potong sesuai dengan selera dan dodol siap dihidangkan.


Selamat Mencoba ! Jika sukses jangan lupa tinggalkan komentar anda.


Artikel ini dirangkum Dari Berbagai Sumber dan pengalaman kami


      Sebelum Anda Menutup Halaman Ini ada baiknya anda berbagi kasih dengan  membagikan Informasi bermanfaat ini kepada teman - teman yang lain dengan cara menekan Tombol Share Di bawah Postingan ini, agar semakin banyak orang yang di berkati lewat informasi yang anda bagikan.



SEKILAS INFO PROMO GRATISAN


http://goo.gl/ctFNpk

Mau Pempers Gratis Premium Care New Born isi 13 Gratis ?  Tersedia 40 Ribu Paket Sample Gratis Isi 13 Pcs untuk Anda !


Good Luck!

Cek Info Promo Berikutnya Di --> Sini








23.45 | 0 komentar

Cara Mudah Menghilangkan Kerak dan Noda Di Keramik Kamar mandi

Hampir setiap Toilet mengalami hal yang serupa seperti gambar di sebelah ini, dimana hal ini terjadi karena penumpukan kerak dari air tanah dan kotoran pada permukaan keramik toilet anda. Jika kamar mandi atau toilet anda kini wujudnya tidak karuan seperti gambar di sebelah kiri, anda tidak perlu kuatir, kini tidak perlu lagi biaya mahal untuk membersihkannya, walaupun terkadang penumpukan kerak dan noda pada keramik kamar mandi anda di sebabkan kurangnya perawatan, berbulan - bulan bahkan bertahun - tahun anda mandi dan buang hajat di sana namun anda tidak penah mencoba membersihakan kerak dan noda yang menempel pada dinding toilet anda. akibatnya jika sudah terlalu lama akan sangat sulit di bersihkan, anda butuh tenaga dan juga waktu extra serta bahan kimia yang kuat untuk membersikannya. namun berdasarkan pengalaman kami tidak selamanya membersikan kerak di kamar mandi dengan cairan kimia, dengan bahan alami yang ramah lingkungan pun bisa !  Berikut ini kami aja bagikan beberapa tips dan cara - cara paling mudah serta efektif dan efisien untuk membersihkan juga menghilangkan kerak maupun Noda pada dinding Keramik Kamar mandi anda. sebelumnya cobalah anda simak terlebih dahulu video tutorial yang akan membuka wawasan anda bahwa dinding keramik yang dekil karena kerak yang membandel itu ternyata masih bisa di bersihkan ! selamat menyimak !






Sebelum anda memulai project pembersihan lantai dan dinding keramik kamar mandi anda, anda harus mengetahui serta memahami terlebih dahulu fungsi Berbagai macam alat sederhana dan bahan pembersih yang bisa anda gunakan untuk project tersebut, selengkapnya bisa anda simak di halaman berikut - silahkan anda KLIK DI SINI      Atau Di --> SINI


Membuat toilet menjadi berish dan nyaman untuk digunakan, adalah hal yang positif,  dan jika anda ingin memiliki toilet yang bersih dan nyaman, maka anda harus sedikit mengorbankan tenaga dan waktu anda untuk secara rutin melakukan perawatan terhadap toilet anda.

Dalam suatu bangunan rumah, keberadaan sebuah toilet adalah sesuatu yang sangat vital. Kebersihan toilet hampir bisa dikatakan mewakili atau mencerminkan kebersihan seluruh rumah. Betapapun  megah dan mewah rumah anda, akan tetapi jika toiletnya tampak kotor dan bau, maka akan mengurangi nilai kemewahan rumah anda, dan meninggalkan kesan negatif bagi tamu yang berkunjung.hal yang paling membuat toilet tampak jorok adalah adanya kerak dan lumut pada lantai keramik, bagaimana dengan toilet di rumah anda ?


Perlu Anda Ketahui - Dari mana kerak pada keramik berasal ?

  1. Kerak pada keramik lantai dan dinding toilet anda sebenarnya berasal dari adanya kandungan kapur pada air toilet anda. Bagian keramik yang secara terus menerus terkena air lama kelamaan akan berkerak. Ketika air membasahi keramik, maka air akan menguap dan meninggalkan residu berupa kapur yang awalnya tidak terlihat, baik di kermik lantai maupun dinding. Seiring berjalannya waktu, residu ini akan mengendap dan semakin bertambah banyak dari hari ke hari. Semakin banyak tumpukan endapan kapur pada keramik toilet anda, akhirnya keramik toilet anda akan tampak berkerak dan kotor.
  2.  
  3. Penyebab lainnya adalah lumut yang tidak dibersihkan dalam jangka waktu yang lama. Keramik yang tampak berlumut kekuning - kuningan terkadang disebabkan oleh debu yang bercampur atau menempel pada keramik yang basah. Semakin lama debu halus ini makin menumpuk dan mengendap dan akhirnya berkerak, berwarna coklat kekuning - kuningan. Jika demikian maka akan tampak jorok sekali.

Sebenarnya lebih baik untuk mencegah keramik agar jangan sampai pada tahap berkerak dan susah dibersihkan. Jika sudah sampai pada tahap berkerak, maka sejauh ini belum ada cairan pembersih yang benar - benar mampu mengatasi membersihkan keraknya dengan tuntas.

Ada kalanya setelah dibersihkan dengan cairan pembersih kerak, masih saja tersisa bekas keraknya. Ada kalanya juga cairan pembersih malah merusak lapisan keramik, sehingga keramik akan tampak kusam dan ada noda - noda kehitaman. Bahkan yang sering terjadi, cairan pembersih dengan kadar yang tinggi akan merusak dan menghancurkan nat keramik, sehingga nat keramik jadi berlubang.

Kita jadi serba salah. Jika memakai cairan pembersih yang tidak terlalu keras, kerak tidak hilang. Jika kita menggunakan cairan pembersih dengan kadar yang tinggi, maka malah akan merusak keramik.

Untuk itu, menjadi sangat penting bagi kita untuk merawat toilet kita secara rutin agar tidak berkerak. Kabar baiknya adalah bahwa cara merawat ini sangat mudah jika anda memang mau melakukannya . Hanya dengan membersihkan dan menyikat keramik dengan sikat keramik toilet pada lantai dan dinding kamar mandi anda secara rutin, maka keramik toilet anda akan bebas dar kerak.

Paling tidak hal ini anda lakukan seminggu sekali. Tiga hari sekali lebih baik lagi. Sikatlah dengan sikat halus dan tanpa deterjen apapun semua permukaan keramik toilet anda. Sikat pula pada bagian nat keramik. Kalupun anda ingin memakai deterjen, pakailah yang tidak keras, pakailah sabun pencuci piring atau cairan pembersih lantai yang biasa anda gunakan untuk mengepel lantai. Sikat juga pada bagian sudut - sudut toilet.
Dengan melakukannya secara rutin , anda telah mencegah menumpuknya endapan kapur maupun debu pada lantai keramik anda , sehingga kerak pada keramik toilet bisa dicegah.

Akan tetapi jika toilet di rumah anda sudah terlanjur berkerak, apa yang harus anda lakukan ? gak usah sedih, semuanya masih ada solusinya kok - Nah, simak tips berikut ini ya !


Cara Membersihkan Lantai dan Dinding Keramik Toilet yang Berkerak


  1. Bersihkan Menggunakan batu apung. Ini adalah cara yang paling aman menurut kami, karena tidak menggunakan cairan kimia berbahaya. caranya anda tinggal mengosok - gosokkan batu apung pada keramik yang basah pada toilet yang berkerak, maka kerak akan berkurang. Kelemahan cara ini adalah tidak bisa membersihkan kerak yang telah masuk dalam pori- pori keramik toilet anda. Biasanya kan lantai toilet menggunakan keramik yang sedikit berpori agar tidak licin. Mungkin tidak hilang semuanya, akan tetapi keramik anda akan tampak lebih bersih.
  2. Menggunakan kaporit, siram noda kerak dengan air hangat, lalu taburkanlah kaporit di atasnya. Diamkan beberapa saat, bilas dengan air bersih. Gosok sekali lagi dengan air sabun,bilas sampai benar - benar bersih. Sekarang toilet anda jadi tampak lebih bersih kan?
  3. Menggunakan cuka. Sebenarnya ini adalah cara yang tidak kami sarankan, karena berpotensi merusak keramik kamar mandi anda. Tapi kalau anda mau mencobanya caranya dengan kuaskan cuka makan kadar 70% pada permukaan keramik yang berkerak, diamkan 30 menit, lalu bilas sampai bersih dengan air.
  4. Menggunakan air jeruk nipis. Jeruk nipis mengandung asam sitrat, yaitu asam organik yang mengandung ikatan kimia sederhana. Zat ini berfungsi untuk menghilangkan noda dan juga aroma yang tidak sedap. Oleskan cairan jeruk nipis ini pada keramik yang berkerak, diamkan sebentar lalu sikatlah dengan sikat lembut. Bilas dengan air. Selesai.
  5. Cairan Pembersih Kerak. Cara ini juga bukan cara yang kami anjurkan, karena berpotensi merusak keramik dan nat. Cairan pembersih kerak ini mudah anda peroleh di pasaran dengan aneka merknya. setahu kami cairan ini mengandung klor yang tinggi. Jika anda hendak  mencobanya, jangan lupa baca aturan penggunaannya dengan teliti

Cara - Cara Alternatif  Menghilangkan Kerak dan Noda Di Keramik Kamar mandi Dengan Bahan Alami dan Ramah Lingkungan.

Bagaimana cara membersihkan keramik kamar mandi yang berkerak dan kotor secara alami? Anda bisa menggunakan berbagai macam tips berikut ini.

1. Menggunakan amplas anti air


Untuk membersihkan kerak serta bercak putih yang ada di lantai keramik kamar mandi atau keloset kamar mandi, maka Anda bisa menggunakan amplas dengan nomor 100 hingga 400. Agar tidak merusak lantai, silakan lakukan pembersihan dengan cara yang lembut. Jangan terlalu di tekan dan lakukan pengamplasan sambil menyiramnya engan air. Tentu saja, cara ini begitu ramah lingkungan dan tidak mengandung bahan kimia sehingga aman bagi lantai kamar mandi Anda.

2. Lakukan pembersihan secara teratur 


Pembersihan yang Anda lakukan, sebaiknya dilakukan secara teratur misalnya dua kali seminggu. Pembersihan yang dilakukan dengan intensitas waktu yang sering dan teratur, pada dasarnya akan memudahkan diri Anda sendiri dalam membersihkannya karena kotoran dan kerak tidak terlalu sulit untuk dibersihkan.

3. Menggunakan cuka 


Pada keramik kamar mandi yang kotor, Anda bisa menggunakan cuka makan dengan takaran 70%. Tuang cuka dengan takaran tersebut tepat di atas permukaan keramik yang berkerak atau mempunyai bercak kotoran. Setelah itu, silakan tunggu selama kurang lebih 15 hingga 20 menit hingga larutan cuka benar-benar menyatu dengan lantai. Baru kemudian bersihkan atau gosok lantai dengan sikat. Bilas dengan air setelah menyikat. Kemudian jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan ketika Anda membersihkan lantai dengan cuka agar menghindari berbagai macam baaya zat kimia.

4. Gunakan berlimbing wuluh


Belimbing wuluh merupakan salah satu bahan ampuh karena tingkat keasaman yang cukup tinggi. Gosokkan beberapa belimbing wuluh ke lantai kamar mandi Anda kemudian tunggu beberapa menit dan setelah itu lap.

5. Menggunakan pasir laut 


Pasir laut ternyata kegunaannya tidak hanya sebatas penghias aquarium. Pasir laut merupakn salah satu komponen yang dapat digunakan untuk membersihkan kerak, bercak putih, ataupun lumut yang ada di keramik kamar mandi Anda. Bagaimana cara menggunakan pasir laut ini? Silakan taburkan pasir laut tepat di atas keramik kamar mandi Anda, kemudian sikat lantai keramik kamar mandi Anda dengan cara menekannya agak kuat agar keramik bisa dibersihkan secara optimal.

Artikel ini dirangkum Dari Berbagai Sumber dan pengalaman kami


      Sebelum Anda Menutup Halaman Ini ada baiknya anda berbagi kasih dengan  membagikan Informasi bermanfaat ini kepada teman - teman yang lain dengan cara menekan Tombol Share Di bawah Postingan ini, agar semakin banyak orang yang di berkati lewat informasi yang anda bagikan.



SEKILAS INFO PROMO GRATISAN


http://goo.gl/ctFNpk

Mau Pempers Gratis Premium Care New Born isi 13 Gratis ?  Tersedia 40 Ribu Paket Sample Gratis Isi 13 Pcs untuk Anda !


Good Luck!

Cek Info Promo Berikutnya Di --> Sini







23.59 | 0 komentar

Cara Memperbaiki ( Betulin ) Pompa Air Yang Tidak Naik Airnya

Kebutuhan air bersih masyarakat di indonesia sebagian besar masih berasal air sumur, baik itu sumur gali mau pun sumur bor atau istilah kerennya sumur pantek, mulai dari sumur dangkal hingga sumur yang memiliki kedalaman puluhan meter dari permukaan tanah, untuk menyedot air yang berada di dasar sumur tentunya dibutuhkan pompa air yang sesuai dengan kedalaman sumur tersebut. sering kali permasalahan yang terjadi pada mesin pompa air adalah daya sedotan dan semburan yang lemah sehingga airnya sulit sekali naik, atau sering kali anda harus memancing terlebih dahulu dan menunggu cukup lama sampai air di dalam sumur bisa mengalir ke bak mandi anda. Jika anda mengalami permasalahan demikian, tidak ada salahnya anda menyimak artikel ini sampai tuntas, setidaknya setelah ini anda memiliki pengetahuan tentang cara kerja mesin pompa air dan mengetahui solusinya jika pompa air di rumah anda mengalami ganguan teknis.

Memang benar di jaman moderen ini, sudah banyak ahli atau teknisi yang sanggup memperbaiki pompa air anda ketika terjadi masalah, namun jika dalam keadaan darurat misalnya di saat malam hari misalnya dan keluarga anda membutuhan air bersih untuk mandi, tentu saja anda harus mencoba mengatasi masalah tersebut, meningat pompa air itu setiap hari di gunakan, pasti suatu saat akan terjadi kerusakan, dan 80% kerusakan tersebut hanyalah di karenaka hal sepele, misalnya bocornya sambungan pipa, atau rusaknya klep dan paking karet sehingga daya hisap mesin pompa anda menjadi lemah, jika demikian masalahnya tentunya anda bisa tangani sendiri tanpa harus menunggu teknisi datang di esok hari. oleh sebab itu mari kita pelajari Cara Memperbaiki ( Betulin ) Mesin Pompa Air Yang Airnya Tidak Bisa Naik.

Sebelum anda menyimak lebih lanjut tentang bagaimana Cara Memperbaiki ( Betulin ) Pompa Air Yang Tidak Naik Airnya, mari kita saksikan salah satu video tutorial yang akan membuka wawasan anda bahwa memperbaiki dan merawat mesin pompa air anda di rumah adalah hal yang tidak sulit, selamat menyimak !






Merek pompa air yang umumnya di gunakan masyarakan di indonesia adalah merek Sanyo, Panasonic dan Shimizu, selain itu juga masih ada merek - merek lainnya yang juga cukup terkenal di indonesia misalnya merek Grundfos, wasser, DAB, Hitachi -  Sebelum anda memperbaiki dan mengatasi masalah kerusakan mesin pompa air tersebut, anda bisa mengetahui terlebih dahulu spesifikasi lengkap mengenai informasi type mesin pompa air anda mulai dari kapasitas, daya hisap hingga daya semprotnya, bahkan jika anda memerlukan sperpartnya penggantinya anda bisa cari di sini spesikasinya beserta perkiraan harganya - lebih lengkapnya bisa anda simak pada halaman berikut, silahkan anda --> KLIK DI SINI  
Atau Bisa --> KLIK DI SINI


Beginilah Cara Memperbaiki Pompa Air Sendiri Di Rumah Anda

Jika Pompa air anda yang tidak mau menyala atau menyala tapi tidak mau nyedot airnya, cobalah Lakukan pemeriksaan terhadap bagian pengkabelan listrik yang terdapat di pompa, banyak sekali kasus yang terjadi di mana kabel sudah rusak tetapi tak diganti sehingga menyebabkan pompa air tidak menyala sebab listrik tidak sampai pada mesin pompa. Untuk mengecek listrik pada kabel apakah sampai atau tidaknya ke mesin dapat memakai alat yang bernama multimeter. Apabila tidak terdapat aliran listrik, maka anda mesti mengganti kabel tersebut dengan kabel yang baru. Ada pula kerusakan yang terjadi di mana mesin pompa menyala tetapi hanya mendengung saja, kerusakan tersebut dapat terjadi karena kumparan yang putus. Bisa pula terjadi karena kapasitor yang sah rusak. Jika kerusakan yang terjadi pada kumparan, maka anda mesti memperbaikinya ke teknisi, namun apabila kerusakannya karena kapasitor yang sudah rusak, maka anda dapat menggantinya sendiri. Ganti dengan kapasitor yang baru serta mempunyai nilai yang sama.

Lalu Bagaimana jika Pompa air menyala namun air tidak mengeluarkan air ?
Hal pertama yang dapat anda lakukan yaitu dengan membuka tempat pemancingan air pada pompa tersebut. Perhatikan serta lihat, apakah di dalamnya berisi air atau tidak. Apabila di dalam pemancingan air tersebut masih terdapatkan air dengan kapasitas yang penuh, maka dipastikan bahwa kerusakan terdapat pada pompa air.

Jika Mesin pompa air dapat dihidupkan akan tetapi tidak berputar serta hanya mengeluarkan suara berdengung yang umumnya diakibatkan oleh kerusakan motor running kapasitornya, sehingga yang terjadi ialah mesin tidak dapat start. Kapasitor sendiri merupakan alat yang bisa menyimpan muatan listrik ataupun energi dalam medan listrik.

Pompa air pun menggunakan kapasitor sebagai penyimpanan energinya. Kapasitor pompa air berguna untuk Starting pertama sewaktu pompa air dinyalakan. Sesudah pompa air menyala maka dengan sendirinya aliran listrik ke kapasitor akan terputus.
Penampakan listrik dari kapasitor yang rusak umumnya bagian atas dari kapasitor menggelembung, bodi kapasitor pecah ataupun retak. Namun terkadang ada juga kapasitor yang sudah rusak akan tetapi tidak terdapat ciri-ciri kerusakan fisik.
Bagaimana cara mengecek kapasitor yang masih berfungsi atau tidak ? Hal tersebut dapat diketahui dengan cara yang sederhana yaitu dengan mencolokkan kedua kabel kapasitor ke stop kontak listrik rumah anda.  Kemudian cabut serta tempelkan kedua ujung kabel tersebut, jika menimbulkan percikan api berarti menunjukkan bahwa kapasitor masih dalam kondisi baik, sebab masih dapat menyimpan arus listrik. Jika tidak menimbulkan percikan api berarti menunjukkan bahwa kapasitor telah rusak serta mesti diganti.

Bagaimana cara mengganti kapasitor pada mesin pompa air ?
Langkah pertama yaitu buka Box pengaman kapasitor yang terdapat pada bodi mesin pompa air. Buka kapasitor dengan cara melepas kabelnya serta segeralah pergi ke toko pompa air dan bawa kapasitor yang sudah rusak dan belilah kapasitor yang baru yang sejenis dengan kapasitor yang rusak tersebut. Jangan lupa juga untuk mencatat merek mesin pompa air yang anda gunakan, hal ini bertujuan untuk memudahkan staf toko dalam mencari kapasitor penggantinya jika kapasitor yang sejenis tidak tersedia.
Pasanglah kembali kapasitor pada mesin serta jangan lupa untuk menutup sambungan kabelnya dengan menggunakan selotip hitam ataupun dengan menggunakan karet pengaman untuk menyambung kabel, hal ini bertujuan agar tidak terjadinya korsleting listrik jika terkena air. Ada bisa membeli selotip atau karet pengaman untuk menyambung kabel di toko yang menjual peralatan listrik.

Jangan Lupa Pasanglah kembali Box pengaman kapasitornya dengan benar supaya air tak bisa masuk melalui celah yang terbuka.


Cara mengganti SEAL atau Klep Pompa air yang Bocor dan tidak mau menghisap air


Bagian kepala pada pompa air itu merupakan bagian dari pompa air yang berfungsi untuk menghisap dan menendang air. Intinya pada bagian kepala pompa air ini sebuah air mengalir.

Dan yang harus sobat ketahui, bahwa, penyebab sebuah pompa air tidak mau menghisap air adalah pada bagian tersebut (kepala pompa air).
Panduan mengganti SEAL untuk memperbaiki Pompa air

Didalam sebuah kepala pompa air terdapat komponen-komponen penting, yang membuat sebuah pompa air dapat menghisap air. Ada Impeller untuk memutar air, ada sebuah karet untuk mencegah kebocoran, dan ada juga yang namanya sebuah SEAL yang berfungsi untuk mencegah kebocoran pada bagian poros, meskipun poros berputar memutarkan impeller, namun air tidak akan masuk atau keluar karena terdapat sebuah seal yang mencegah air masuk dan keluar


Cara Kerja SEAL Pompa Air

Sebagaimana dijelaskan diatas, Poros dapat berputar karena ada bagian yang longgar. Namun pada bagian kepala pompa air tidak boleh ada kebocoran sedikitpun. Oleh karena itu terlahirlah SEAL yang dapat membuat sebuah poros dapat berputar tanpa harus mengalami kebocoran

SEAL terdapat dua bagian, bagian yang menempel pada Poros, dan bagian yang menempel pada body. Kedua bagian tersebut  terpisah namun saling menempel. Meskipun bagian seal yang ada pada poros ikut berputar, namun kedua seal tersebut tetap terhubung menghindari ada air keluar masuk.

Terbuah dari bahan keramik, dilapisi oleh karet sehingga pleksible. Seal bagian poros biasanya ditahan oleh sebuah Spi. Namun, ada juga yang langsung ditahan oleh Impeller bisanya pada pompa air tipe Jet pump
Panduan mengganti SEAL untuk memperbaiki Pompa air


Sebelum lebih lanjut, ane akan coba jelaskan terlebih dahulu, beberapa penyebab pompa air tidak mau menghisap air.


Penyebab pompa air tidak mau menghisap air disebabkan oleh 3 faktor
  • Terjadinya kebocoran bagian pipa penghisap dan sebuah pompa air
  • Putaran motor listrik yang melemah (kurang mengangkat)
  • Air menyurut sehingga jarak air dan sebuah pompa melebihi jarak maksimum

Pada umumnya, penyebab pompa air tiba-tiba tidak mau menghisap air adalah terjadinya kebocoran pada wilayah saringan air sampai pada pompa air.
Bila pipa penghisap yang anda gunakan dilengkapi dengan otomatis yang membuat air tidak kembali pada dasar sumber air, anda dapat meniup pipa tersebut dengan kuat. Bila pipa tidak bocor maka tiupan anda akan terasa tertahan

Selanjutnya periksa bagian pompa air


Cek putaran motor, putaran motor yang baik ditandai dengan putaran yang masih cepat dan body motor pompa tidak cepat panas pula

Bila putaran masih baik selanjutnya periksa bagian kepala pada pompa air

Bawa pompa air ke tempat yang nyaman untuk perbaikan

Masukan air pada bagian kepala pompa air, bisa lewat bagian output pompa atau bagian khusus untuk memancing air disamping bagian output air

Simpan telapak tangan (jangan sampai ada kebocoran pada telapak tangan tersebut) pada bagian input air pompa, kemudian hidupkan pompa air

Ingat !!!


Sebelumnya Hati - Hati !, dan periksa body pompa air karena dikhawatirkan terjadi kebocoran arus listrik, pemeriksaan dapat menggunakan tespen atau avometer


Bila dirasa aman, silahkan lanjutkan Langkah - Langkah Berikut ini :
Panduan mengganti SEAL untuk memperbaiki Pompa air


Pompa air yang baik akan menarik bagian telapak tangan anda kedalam dengan keras, dan bila anda hendak menarik lengan sobat kearah belakang (melepaskan hisapan) pompa air yang baik akan tetap ikut bergeser dengan lengan anda

Bila memang terjadi kebocoran pada bagian kepala pompa air itu, maka tidak akan ada tarikan atau hisapan hanya sedikit

Periksa bagian belakang kepala pompa, apa ada air yang keluar?

Bila yah, kemungkinan besar bagian seal yang rusak, kerusakan pada seal dapat dilihat nanti ada bagian yang retak pada seal atau seal yang sadah longgar.


Berikut ini Caranya mengganti SEAL Pompa Air

Siapkan alat dan bahan ini :

kunci pas 10-12-13

trecker

obeng min

tang spi

seal

1. Jangan sampai ada arus listrik yang masing mengalir pada pompa air, pisahkan dari sumber listrik
Panduan mengganti SEAL untuk memperbaiki Pompa air

2. Buka bagian tutup depan impeller
Untuk membuka bagian tutup depan sebuah pompa air sumur dangkal, pada umumnya bisa menggunakan kunci 10, untuk semi jet dan jet pump, biasanya menggunakan kunci 12-13
3. Buka bagian impeller dengan menggunakan trecker, jika tidak ada bisa menggunakan obeng min. Beberapa merk pompa air sumur dangkal pada umumnya bisa dibuka dengan menarik impeller tersebut keluar.

Untuk pompa semi jet dan jet pump bisa dibuka dengan membuka mur yang mengunci impeller dengan menggunakan kunci 12

4. Buka bagian spi dengan memekarkan spi tersebut
Panduan mengganti SEAL untuk memperbaiki Pompa air

5. Pisahkan bagian kepala pompa dengan bagian motor agar mudah melepaskan bagian dalam seal
Panduan mengganti SEAL untuk memperbaiki Pompa air
Panduan mengganti SEAL untuk memperbaiki Pompa air

6. Siapkan seal yang baru
Panduan mengganti SEAL untuk memperbaiki Pompa air baru



7. Masukan seal bagian dalam terlebih dahulu sampai rapat dan tidak ada celah
8. Bersihkan bagian seal sampai tidak ada sedikitpun pasir atau kerikil lain yang menempel
9. Masukan kembali bagian kepala pompa air
10. Berihkan bagian seal poros sama seperti pada seal dalam
11. Masukan seal bersama dengan per dan ringnya
12. Tekan seal sampai mentok dan masukan sepi kembali sebagai pengunci seal
13. Test dengan memasukan air pada bagian tersebut
14. Putar poros, apa masih ada yang bocor? Bisa dilihat dibagian belakang kepala pompa air

Jika tidak, masukan impeller pada posisis yang sangat pas

15. Perikasa bagian karet penutup depan pompa air, barang kali sudah rusak, bisa diganti
16. Masukan kembali tutup dan karet dan kunci hingga rapat
17. Putar bagian kipas belakang pompa, bila ada sendakan, bisa mepukul bagian penutup pompa depan menggunakan palu perlahan-lahan, sampai tidak ada sendakan lagi
18. Test dengan menggunkan telapak tangan kembali. Tidak tahu caranya?  Caranya sama seperti cara diatas.
  • Pompa air yang baik akan menghisap tangan sobat

Masalah lain pompa air tidak bisa menghisap 

Jika semua tindakan di atas sudah dilakukan dengan benar tanpa menemui masalah yang serius namun tetap saja pompa tidak mampu menghisap air, maka langkah final yang harus dilakukan adalah mengangkat seluruh rangkaian pipa hisap dari dalam sumur.

Lepaskan semua sambungan pipa satu persatu dan memeriksa pada setiap bagian untuk memastikan tidak ada pipa yang pecah, retak atau bocor sekecil apapun. Jika terdapat kebocoran pada bagian pipa hisap, khususnya yang berada di atas permukaan air, maka akan membuat mesin pompa kehilangan kevakuman sehingga daya hisap akan melemah bahkan tidak ada sama sekali (kosong).
Memperbaiki-Pompa-AirSelanjutnya rangkai kembali pipa hisap, dan sekali lagi anda harus memastikan bahwa tusen klep yang berada pada bagian ujung bawah masih dapat bekerja dengan baik. Pemasangan pipa hisap yang benar supaya memperhatikan dan mengetahui berapa kedalaman level air untuk memberikan jarak paling aman antara posisi tusen klep terhadap dasar sumur serta terhadap permukaan air sehingga akan menjaga posisi kapasitas air yang tersedia dan menghindari kejadian pompa kekurangan air (masuk angin).
Semua rangkaian pipa harus tersambung dengan benar dan sambil dimasukkan kedalam lubang sumur, lakukan pengisian air pada pipa hisap hingga penuh sebelum anda menghubungkannya dengan mesin pompa,  tunggu beberapa saat untuk memastikan tidak ada kebocoran di bagian bawah dengan melihat bahwa posisi air di dalam pipa tidak menyusut atau menurun.

Apakah Karena Kesalahan Pemasangan Pipa Hisap ?

Kesalahan dalam metode pemasangan pipa hisap merupakan faktor penyebab pompa air tidak bisa menghisap yang paling sering terjadi. Biasanya untuk konsumen yang memasang tanpa menggunakan jasa ahli atau tukang pompa kurang memiliki pengalaman dalam hal ini.
Mereka hanya mencoba melakukan pemasangan dengan tujuan dapat menempatkan unit mesin pompa serapi mungkin tanpa mempertimbangkan efektifitas dan prosedur teknis yang benar.
Gambar yang kiri sepintas hanya berbeda pada rangkaian pipa hisapnya dimana pipa hisap terpasang dengan posisi melebihi ketinggian unit mesin pompa. Karena sebaik apapun sambungan pipa yang dirangkai seperti ini tetap memiliki resiko masuk angin pada bagian pipa yang berada di atas mesin sehingga daya hisap pompa menjadi lemah. karena sejauh apapun unit pompa dari lubang sumur namun jika pipa hisap tetap berada dibawah mesin, maka secara teknis tidak akan mengurangi daya hisap pompa karena seluruh ruangan pipa tidak beresiko terjadi masuk angin.

Biasanya jika mesin pompa air masih dalam kondisi normal, dan rangkaian pipa hisap telah tersambung dengan benar, kemudian spesifikasi pompa juga sudah sesuai dengan prosedur teknis untuk kedalaman hisap yang di ijinkan, maka seharusnya pompa air anda akan langsung bekerja dan dapat menghisap air dengan baik ketika di nyalakan.

Bagaimana merawat pompa air agar awet dan tahan lama?

Steker

Umumnya pada sebuah steker yang menghubungkan listrik menuju pompa air akan dibebani banyak stop kontak. Hindarilah kebiasaan tersebut. Mengapa ? Sebab hal tersebut akan menimbulkan panas yang berlebih pada steker. Usahakanlah satu steker hanya ditancapkan satu stop kontak saja, yaitu stop kontak pompa air. Apabila berlebih, maka akan menimbulkan panas yang bisa memicu kerusakan pada mesin pompa air anda.

Pengoperasian

Jangan biarkan mesin pompa air Anda kering. Pastikanlah selalu basah, hindarilah penggunaan pompa air dalam keadaan tanpa air ataupun kering. Jika hal tersebut terus dilakukan maka bisa merusak motor pompa air.

Biarkan Terbuka

Terkadang pemilik pompa air sering menutupi mesin pompa dengan sesuatu, contohnya dengan kain maupun menutupinya dengan kayu atau triplek dan sebagainya. Hindarilah cara tersebut, sebab bisa menyebabkan risiko kebakaran. Apabila beban pompa air berlebih ataupun api tersulut dari steker yang kelebihan muatan stop kontak, maka bisa membakar pembungkus ataupun selimut pompa air.

Perlindungan

Jangan menempatkan mesin pompa air di area terbuka yang bersentuhan dengan sinar matahari langsung atau percikan hujan. Akan tetapi jangan pula ditutupi ataupun dibungkus. Letakkanlah pompa air di tempat yang teduh. Jika pompa air bersentuhan dengan sinar matahari langsung atau percikan hujan, maka bisa mengurangi umur pompa dan unsur kejutan listrik.

Filter

Terkadang tidak seluruh sumur bersih. Tentunya pasti ada sumur yang sering mudah terisi kotoran maupun pasir. Pada pipa yang dipasang pada pompa air alangkah lebih baiknya diberikan sebuah filter atau penyaring. Fungsinya tentu untuk menyaring segala macam kotoran sebelum masuk ke pompa air. Jika kotoran atau pasir terhisap oleh pompa, maka akan mengakibatkan kerusakan mesin pompa air

Demikianlah berapa cara memperbaiki pompai air. Semoga cara tersebut dapat bermanfaat untuk anda yang tengah mengalami masalah terhadap pompa air rusak. Apabila pompa sudah tidak mengalami kerusakan, alangkah baiknya untuk selalu menjaga serta merawatnya agar pompa air selalu dalam keadaan yang bagus. Lakukanlah pemeriksaan dan pembersihan minimal Enam bulan sekali.

Jika Pompa Air Anda Akhirnya Tidak Dapat Di perbaiki lagi, Maka Berikut ini Tips Bagaimana Memilih Pompa Air Yang sesuai dengan Kebutuhan Rumah anda !
Banyak sekali jenis pompa air rumah tangga yang beredar di pasar, untuk dapat memilih pompa air yang tepat sebenarnya tidak terlalu sulit. Yang penting anda memiliki informasi yang akurat sebelum membeli. Tanpa informasi tersebut bukan anda saja yang bingung, toko penjual pompa pun akan bingung memilihkan pompa yang tepat untuk anda. Pada artikel ini kami akan menjelaskan informasi apa saja yang diperlukan, dan berdasarkan informasi tersebut pompa jenis apa saja yang dapat anda gunakan.

Informasi yang paling penting untuk anda ketahui adalah jenis sumber air, apakah berasal dari sumur bor, sumur gali, penampungan air? Setelah itu anda perlu mengetahui berapa kedalaman permukaan air sumber air terutama pada saat musim kemarau. Informasi mengenai kedalaman permukaan air seringkali salah, karena menurut pengalaman kami yang sering diberikan oleh konsumen adalah kedalaman sumur. Kedalaman sumur tentunya berbeda dengan kedalaman permukaan air. Yang pasti kedalaman sumur harus lebih dalam dari kedalaman permukaan air. Kedalaman permukaan air adalah jarak dari permukaan air hingga ke pompa air secara vertical. Untuk mengetahui kedalaman permukaan air, biasanya anda tinggal bertanya kepada tukang bor-nya. Biasanya mereka memiliki pengalaman untuk mengetahui berapa kedalaman permukaan air di tempat anda. Bila sumber air yang akan anda gunakan adalah sumber air yang lama, anda dapat mengukur sendiri ketinggian air dengan memasukkan paku yang diikat dengan benang. Anda harus mengulur dan menarik tali tersebut, hingga pada ketinggian tertentu paku tersebut basah.


Pada informasi spesifikasi pompa air, anda dapat membandingkan kedalaman permukaan air dengan informasi daya hisap. Tetapi anda tidak dapat 100% berpatokan dengan informasi daya hisap, karena umumnya standard yang digunakan oleh produsen pompa air adalah kedalaman permukaan air maksimal yng di mana air dapat terhisap. Maksimal belum tentu optimal, karena pada daya hisap maksimal, bisa jadi anda hanya mendapatkan air sejumlah 1 liter, dalam waktu 1 jam. Kami kira ini sangat tidak efisien. Oleh karena itu, di sini kami akan berusaha menyampaikan permukaan air yang optimal atau maksimal yang layak digunakan untuk masing-masing jenis pompa air. Dengan demikian anda memiliki gambaran pompa jenis apa yang tepat.

Bila kedalaman permukaan air kurang dari 7 meter, maka anda cukup menggunakan pompa sumur dangkal. Jenis pompa air sumur dangkal di sini dapat berjenis manual atau otomatis, dengan daya listrik 125 watt atau 200 watt. Pada pompa air sumur dangkal daya listrik yang lebih besar bukan berarti daya hisap semakin dalam, karena pada jenis pompa ini daya hisap optimal hanya hingga kurang lebih 7 meter. Dengan daya 200 watt, kapasitas air, dalam arti volume air yang dikeluarkan oleh pompa per jam, lebih besar daripada yang 125 watt. Pada informasi spesifikasi pompa air, rata-rata produsen mencantumkan daya hisap 9 meter, tetapi bila kedalaman permukaan air sumber air anda antara 7 hingga 9 meter, kami tidak menyarankan anda menggunakan pompa jenis ini. Perkecualian untuk pompa sumur dangkal merk Shimizu tipe PS-226 Bit dan PS-230 Bit, berdasarkan pengalaman kami, pompa shimizu tipe ini sanggup menghisap secara optimal hingga kedalaman 8 meter. Beberapa tukang pompa, juga dapat menyarankan anda untuk menggantung pompa air di dalam sumur (bila sumur berjenis sumur gali), untuk mengejar kedalaman permukaan air, sehingga anda dapat menghemat tanpa harus membeli pompa air tipe yang lebih tinggi dan tentunya lebih mahal. Tetapi anda harus mencermati, apakah kedalaman permukaan air sumur tersebut pada musim hujan dan kemarau berbeda jauh? Karena jangan sampai pada musim hujan, ketinggian permukaan air dapat merendam pompa air anda, yang akhirnya malah merusak pompa air anda.

Bila kedalaman permukaan sumber air anda berkisar antara 7 hingga 9 meter, kami menyarankan anda untuk menggunakan pompa air sumur dangkal tipe semi jet pump. Informasi spesifikasi daya hisap dari produsen umumnya mencantumkan 11 meter. Tetapi pompa semi jet pump lebih optimal untuk digunakan pada ketinggian permukaan air hingga 9 meter. Ini berlaku untuk pompa semi jet pump berdaya listrik 100 watt atau 250 watt. Seperti pompa air sumur dangkal, daya listrik yang lebih besar bukan berarti daya hisap yang lebih dalam, tetapi daya hisap yang lebih besar memiliki daya dorong yang lebih besar dan kapasitas air yang lebih besar pula. Pompa semi jet pump jarang sekali digantung di dalam sumur, karena umumnya terlalu berat, sehingga sangat riskan untuk jatuh.

Bila kedalaman permukaan sumber air anda lebih dari 9 meter, maka anda sebaiknya menggunakan pompa air berjenis jet pump. Dengan menggunakan pompa air jenis ini, maka sumur minimal harus memiliki diameter 4″, agar ventury jet dapat masuk ke dalam sumur. Berbeda dengan pompa sumur dangkal dan semi jet pump, pada pompa jenis ini, watt yang lebih besar memiliki daya hisap yang lebih dalam pula. Tetapi tetap saja informasi spesifikasi pompa dari produsen tidak dapat menjadi patokan anda dalam menentukan pompa dengan berdaya listrik yang tepat.

Untuk kedalaman permukaan air hingga 12 meter, anda dapat menggunakan pompa jet pump berdaya listrik 125 Watt atau 150 Watt. Pompa jet pump berdaya listrik kecil ini, saat ini termasuk yang sulit ditemukan di pasaran dan hanya diproduksi oleh 2 merk, yaitu merk Panasonic (GN-125H, 125 Watt) dan Shimuzu (PC150 BIT, 150 Watt). Pada informasi spesfikasi produk dari produsen pompa jenis ini umumnya disebut memiliki daya hisap hingga 15 meter. Untuk kedalaman permukaan air lebih dari 12 meter ada patokan standar yang umumnya sudah diketahui oleh toko atau tukang pompa, yaitu : 15 meter adalah kedalaman maksimal yang optimal untuk pompa jet pump 250 Watt atau 300 Watt, 18 meter untuk yang berdaya 375 Watt, dan 20 meter untuk yang berdaya 500 Watt. Lebih dari patokan tersebut umumnya kapasitas air yang keluar dari pompa air sudah tidak optimal untuk penggunaan rumah tangga yang sederhana sekali pun. Jangan terkecoh dengan informasi spesifikasi daya hisap dari produsen, yang umumnya mencantumkan 30 meter untuk pompa jet pump berdaya 250 Watt atau 300 Watt, 40 meter untuk berdaya 375 Watt, dan 50 meter untuk berdaya 500 Watt.

Standard atau patokan di atas dapat dikatakan sama untuk semua merk, sehingga pompa air berdaya sama tetapi berharga lebih mahal, tidak berarti memiliki daya hisap yang lebih baik. Perbedaan harga pada masing-masing merk, lebih pada kualitas dari lilitan motor, yang mempengaruhi panjang pendek umur pompa, kualitas bahan body, komponen motor dan elektronik dan juga layanan purna jualnya.
Bila kedalaman permukaan air anda sudah melebih 20 meter, anda sudah sangat disarankan untuk menggunakan pompa air berjenis submersible. Untuk jenis-jenis pompa submersible yang sesuai berdasarkan permukaan airnya, akan kami jelaskan di lain waktu.

Informasi lainnya adalah hingga ketinggian berapa, air akan disalurkan. Daya dorong juga dipengaruhi oleh berapa kedalaman hisapnya. Makin pendek daya hisap, makin jauh daya dorongnya. Bila menggunakan pompa jet pump atau semi jet dengan daya hisap optimal sesuai dengan standar di atas, sebaiknya anda menggunakan penampungan air yang dekat dengan pompa. Sehingga anda perlu menggunakan 2 pompa, satu pompa untuk menghisap dari sumur, satu pompa lagi untuk menghisap dari penampungan ke penampungan di atas atau untuk langsung di pakai. Kecuali anda menggunakan pompa tersebut hanya untuk keperluan satu lantai dengan 1 hingga 2 titik air saja.

Informasi lain yang perlu diketahui adalah berapa kapasitas daya listrik rumah anda, karena daya listrik pompa pada saat start selalu 2 kali daya listrik normalnya. Sebagai contoh, pompa air sumur dangkal berdaya listrik 125 watt, pada saat start memerlukan daya listrik 250 watt. Bila rumah anda hanya memiliki daya listrik 450 watt, anda tidak dapat menggunakan pompa jet pump atau pompa semi jet pump berdaya 250 Watt ke atas. Bila rumah anda berdaya 900 watt, anda dapat menggunakan jet pump hingga 375 Watt, tetapi mungkin perlu dipertimbangkan untuk meningkatkan daya listrik anda 1300 watt, karena bila digabung dengan perangkat listrik dan elektronik lainnya bisa jadi kurang. Yang perlu diperhatikan bila anda memilih menggunakan pompa jet pump berdaya 500 watt. Karena khusus untuk tipe ini daya listrik yang diperlukan pada saat start adalah 3 kali daya normal, sehingga menjadi 1500 watt. Oleh karena itu untuk dapat menggunakan pompa ini, kapasitas daya listrik di rumah anda minimal sudah berdaya 2200 watt. Ada beberapa merk yang pompanya tetap hidup walaupun daya listrik anda 1300 watt, tetapi umumnya daya hisapnya menjadi jauh berkurang, sehingga kami tetap menyarankan anda memiliki kapasitas daya listrik 2200 watt.

Informasi terakhir yang anda butuhkan tentunya adalah budget anda. Karena ini mempengaruhi merk apa yang akan beli. Perlu kami tekankan sekali lagi standard daya hisap di atas, dapat dikatakan sama untuk semua merk, baik itu merk kelas termurah seperti Pompe, Airlux, dan lain-lain , merk menengah seperti Shimizu, Wasser, Panasonic, DAB, DABAQUA, Multipro, dan lain-lain, bahkan merk kelas atas seperti Grundfos, Pentax, Pedrolo, Sanyo, Hitachi. Sehingga memilih merk yang sesuai tergantung dari budget dan juga preferensi merk yang anda miliki - Informasi Harga terkini Pompa Air silahkan anda -->  KLIK DI SINI   atau 

Atau Bisa --> KLIK DI SINI


Informasi Seputar Pompa Air Lebih Lengkap bisa anda --->
http://ho.lazada.co.id/SHLyEl

Artikel ini dirangkum Dari Berbagai Sumber dan pengalaman kami


      Sebelum Anda Menutup Halaman Ini ada baiknya anda berbagi kasih dengan  membagikan Informasi bermanfaat ini kepada teman - teman yang lain dengan cara menekan Tombol Share Di bawah Postingan ini, agar semakin banyak orang yang di berkati lewat informasi yang anda bagikan.








08.52 | 3 komentar

Cara Pasang Anti Gores Tempered Glass di HP Tanpa Ada Gelembung

Seiring perkembangan tehnologi screen protector atau pelindung layar gadget, kini telah hadir tempered Glass Protector screen yang tahan gores untuk melindungin layar monitor smartphone dan layar gadget anda, screen protector ini tentunya berfungsi sebagai lapisan anti gores, dimana kaca tempered tersebut memang di rancang tahan goresan benda dengan kekerasan hingga 6 Mohs scale atau selevel kaca glorila glass. keistimewaan kaca tempered ini memang sungguh menakjubkan dan harganya pun kini sudah relatif cukup murah, namun apakah cara pemasangan lapisan Tempered Glass ini cukup mudah ? Jawabannya YA, tentu saja cukup mudah asalkan anda mengikuti petunjuk pemasangan yang tertera pada kemasan produk - produk tempered Glass yang anda beli. dan yang harus anda ingat bahwa sampai saat ini belum ada Cara memotong Tempered Glass yang ukurannya kebesaran, oleh sebab itu sebelum anda membeli sebaiknya anda ukur baik - baik layar gadget anda dengan ukuran produk tempered glass protector yang akan anda beli. Nah setelah ukuran cocok dengan layar smartphone atau gadget anda, kini saatnya kita pelajari tehnik atau Cara Pasang Anti Gores Tempered Glass di smartphone anda tanpa tersisa Titik Gelembung udara, dan sebelum anda mempraktekannya, silahkan anda simak baik - baik salah satu video tutorial yang akan membuka wawasan anda bahwa anda bisa memasang sendiri Anti Gores pada layar smartphone anda dengan rapih tanpa meninggalkan bekas gelembung udara sedikit pun. selamat menyimak !





Kini Berbagai Jenis dan merek Tempered Glass Anti Gores HP yang terpercaya, mudah di pasang, tidak bergelembung dan berkwalitas bisa anda simak daftar produknya beserta harga pasarannya secara online, selengkapnya silahkan anda KLIK DI SINI
Atau Di --> SINI


Cara Pasang Tempered Glass pada HP  memang  gampang-gampang susah, maka wajar - wajar saja jika toko handphone menjual Tempered Glass dengan harga Hingga 60 ribuan, padahal harga Tempered Glassnya sendiri hanya 20 ribuan saja, Sebenarnya ini lebih sebagai ongkos jasa pasangnya, karena resiko tingkat kegagalannya cukup tinggi.

Oleh sebab itu supaya lebih hemat tidak ada salahnya anda mempelajari bagaimana caranya memasang Tempered Glass tersebut dan juga pelajari bagaimana seandainya jika layar smarphone andabanyak debunya / kotor sehingga gagal saat percobaan pemasangan yang pertama. - silahkan simak caranya di bawah ini.

Beli Tempered Glass dan Pilih yang Benar - benar Cocok dengan Layar HP Anda

Tentu saja sebelum pasang, Anda harus beli dulu Tempered Glass-nya, Jika anda membeli secara online dan disarankan beli 2 pcs.  Karena selain lebih murah ongkos kirimnya, jika anda gagal pada percobaan pertama, maka masih ada cadangannya untuk eksperimen ke dua.dan jika anda sudah berhasil pasang Tempered Glass-nya dengan baik saat pertama kali coba, maka yang satu lagi bisa anda simpan sebagai cadangan jika sewaktu-waktu pecah atau sudah kurang baik kondisinya.


Setelah barangnya datang atau anda terima, pertama-tama pastikan dulu bahwa memang betul peruntukannya untuk ponsel anda, caranya anda bisa cocokkan atau pas-kan di ukuran layar HP anda apakah ukurannya pas dan terdapat lubang-lubang yang diperlukan (misalnya lubang untuk earpiece, tombol Home dan sebagainya, jika tidak pas ukurannya, bagaimana caranya memotong Tempered Glass tersebut - tentu saja tidak bisa, karena Bahan Tempered Glass rawan pecah jika di potong dengan gunting atau cutter.


Pada tahap ini  disarankan anda untuk latihan memasang Tempered Glass tersebut saat lem belum dibuka. Jadi anda bisa berpura-pura seakan hendak memasang Tempered Glass tersebut, hal. Ini berguna untuk melatih tangan anda agar posisinya pas saat memegang Tempered Glass..

Berikutnya Carilah tempat yang bebas debu

Sangat disarankan ketika anda memasang tempered glass anti gores HP tersebut di tempat yang bebas debu atau bersih. Karena jika ada sedikit ada debu bisa mengacaukan pemasangan Tempered Glass tersbut. Jika akan lakukan pemasangan Tempered Glass di atas meja, pastikan mejanya di lap terlebih dahulu sampai bersih dan kinclong.

Jangan Lupa Bersihkan Terlebih Dahulu Layar HP -nya


Biasanya jika kita membeli Tempered Glass, akan disertakan dua buah lap. Satu lap basah dan satu lagi lap kering. Gunakan lap yang basah terlebih dahulu baru gunakan lap yang kering untuk membersihkan layar ponsel, dan ingatlah jangan gunakan tisu kering, karena tisu ada serabutnya dan bisa menempel di layar seperti debu.

Jika Ada Anda Bisa Gunakan Dust Absorber

Ketika Anda membeli tempered glass, kadang diberikan dust absorber kadang juga tidak. Apa itu dust Absorber ? sebenarnya ini hanya semacam sticker yang berguna untuk menempelkan atau mengambil kotoran dan debu yang ada di layar ponsel. Cara Menggunakannya anda tinggal tempelkan saja di bagian layar HP yang terlihat ada debunya lalu diangkat. Nanti debunya akan ikut menempel di sticker.

Jika tidak dapat dust absorber, jangan khawatir, anda bisa menggunakan lakban bening untuk membersihkan debu-debu yang menempel di layar. Ini berguna jika layar ponsel anda sangat kotor / berdebu.

Catatan penting! Jika anda ingin menggunakan isolasi / lakban, maka pastikan menggunakan lakban yang berkualitas bagus (tidak meninggalkan bekas residu / bekas lem saat diangkat). Untuk mengetesnya anda bisa tempelkan isolasinya di tempat lain, misalnya di cermin lalu angkat dan lihat apakah meninggalkan bekas lem atau tidak.

Lakban seperti ini juga bisa berguna jika misalnya anda sudah pasang Tempered Glass-nya dan ternyata terjadi gelembung di layar karena terganjal debu. Jika demikian kejadiannya, anda bisa copot lagi Tempered Glass-nya lagi dan kemudian tempelkan isolasi selain di layar hp tapi juga di Tempered Glass-nya
. Untuk tahap ini sebenarnya tidak harus dilakukan jika anda benar-benar yakin bahwa di kaca HP anda tidak ada debu sama sekali.

Saat-nya Pasang Tempered Glass

Langkah Berikutnya adalah memasang Tempered Glass, faktor keberhasilan dari pemasangan Tempered Glass yaitu :
  1. Kebersihan layar ponsel
  2. Ketepatan pemasangan
Jika dua hal diatas dilakukan dengan baik  maka dijamin Tempered Glass anda akan terpasang dengan baik dan mulus tanpa ada gelembung udah.



Bagaimana Tehnik dan Cara pasang tempered Glass-nya - yuk simak caranya !


1. Peganglah Lempengan Tempered Glass di pinggirannya seperti gambar dibawah ini:



2. Berikutnya Posisikan agar Lubangnya tepat sebagaimana mestinya

Biasanya kita memasang tempered glass berpatokan dari lubang yang ada di lembaran Tempered Glass tersebut. pada contoh diatas, Tentunya disesuaikan juga dengan lebarnya.
Dikarenakan ini adalah proses yang sangat penting, oleh karena itu di tahap pertama disarankan agar anda mencoba berpura-pura mau pasang tempered Glass tersebut di layar ponsel saat kondisi lem belum dibuka. Karena kalau sudah menempel akan sulit dicopot.

3. Lepaskan Tempered Glass di atas layar dan biarkan menempel sendiri

Jika anda sudah yakin posisinya pas, tinggal lepaskan Tempered Glass-nya, nanti akan menempel sendiri tanpa perlu di tekan-tekan. Bagaimana kalau salah pasang atau posisinya kurang pas? Jangan khawatir, masih bisa dibuka lagi loh, tapi lakukan dengan berhati-hati. Congkel menggunakan plastik tipis lalu buka secara merata dan perlahan. Jangan terburu-buru dan membentuk sudut yang tajam karena bisa membuat Tempered Glass tersebut menjadi pecah.

Setelah di copot coba pasang ulang lagi. Kalau ada debu yang menempel tinggal bersihkan layar maupun Tempered Glass-nya dengan menggunakan dust absorber atau lakban bening.


Demikian Caranya Pasang Anti Gores Tempered Glass di HP Tanpa Ada Gelembung - Selamat mencoba !


Sebagai Informasi Tambahan Berikut kami sajikan Daftar Merek Tempered Glass Dengan Kwalitas yang cukup baik dan harga yang sangat terjangkau yang beredar di pasaran accesories Handphone Indonesia, berikut cuplikannya :

Semakin Maraknya penggunaan tempered glass pada layar gadget memicu lahirnya produsen - produsen baru untuk industri tempered glass, dalam hal ini banyak sekali merek dan jenis temperes Glass yang di jual  di pasaran, dari tempered glass dengan harga belasan ribu rupiah sampai harga yang mahal mencapai ratusan ribu rupiah, dari yang hanya berbahan kaca sampai yang berbahan batu safir, dan yang perlu diingat bahwa tidak semua smartphone didukung oleh produsen tempered glass karena ukuran dan bentuk layar smarphonennya belum terdeteksi oleh produsen tempered Glass di Tanah air.

Berikut beberapa merk Tempered Glass yang cukup populer dan berkwalitas dipasar Indonesia berdasarkan info yang beredar di dunia maya.


  1. Nillkin
  2. Titan Glass
  3. IQShield
  4. Spigen
  5. Gorilla Screen
  6. Efron Glass
  7. Kingkong
  8. AIUEO
  9. King Glass
  10. HMC

Merek - merek tempered Glass diatas bisa ditemukan di toko online maupun toko acessories HP di  Indonesia.

Artikel ini dirangkum Dari Berbagai Sumber dan pengalaman kami


      Sebelum Anda Menutup Halaman Ini ada baiknya anda berbagi kasih dengan  membagikan Informasi bermanfaat ini kepada teman - teman yang lain dengan cara menekan Tombol Share Di bawah Postingan ini, agar semakin banyak orang yang di berkati lewat informasi yang anda bagikan.



SEKILAS INFO PROMO GRATISAN


http://goo.gl/ctFNpk

Mau Pempers Gratis Premium Care New Born isi 13 Gratis ?  Tersedia 40 Ribu Paket Sample Gratis Isi 13 Pcs untuk Anda !


Good Luck!

Cek Info Promo Berikutnya Di --> Sini




08.31 | 2 komentar