Cara Membuat dan Membentuk Batu Tebing Relief Dari Coran Semen - Ayo Pelajari Caranya

Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI


Cara Membuat dan Membentuk Batu Tebing Relief Dari Coran Semen

Cara Membuat dan Membentuk Batu Tebing Relief Dari Semen

Mencari Tahu Cara Bikin dan Membentuk Batu Tebing Relief Dari Bahan Semen

Membuat Sendiri Lempengan demi Lempengan batu - batu tebing bisa saja kita praktekan sendiri, hasilnya tentu akan sesuai dengan imajinasi dan selera kita masing, selain itu biaya yang  dikeluarkan Pun pasti akan jauh lebih hemat jika kita membuat Relief batu tebing itu sendiri di rumah, ada banyak sekali model dan juga warna batu tebing yang sedang trend saat ini, namun kita bisa menyesuaikannya sendiri, agar hasilnya jauh lebih natural dan lebih mendekati warna bebatuan aslinya, Pada dasarnya Tebing Relief buatan tersebut di bentuk dari susunan batu bata dan coran semen dengan mengunakan kawat ram sebagai media pembentuknya dan kemudian diatur serta ditata sedemikian rupa hingga terbentuklah pola - pola khusus dan unik yang mirip dengan corak maupun tekstur tebing batu alam asli. Berbagai metode dan cara bisa anda gunakan untuk mengembangkan imajinasi anda dengan sentuhan warna cat khusus untuk pembuatan Relief Tebing Buatan ini.

Berbagai Macam alat - alat pertukangan yang di perlukan untuk membangun dan membentuk Batu Tebing Relief Dari Coran Semen berikut jenis catnya bisa anda lihat daftarnya, silahkan anda :

Berikut ini cara Membuat dan Membentuk Batu Tebing Relief Dari Coran Semen

Membuat atau memproduksi batu buatan adalah sebuah hobi yang umumnya sudah berkembang dengan pesat dan bahkan bisa menjadi mata pencaharian bagi sebagian orang yang mengerti seni relief ini, dengan Menggabungkan keahlian atau keterampilan konstruksi dasar serta kreativitas seni, maka kita dapat membuat batu buatan dari bahan coran beton yang hasilnya tentu saja hampir sama, bahkan tidak bisa dibedakan apakah tebing tersebut dari batu alam asli atau buatan. Batu buatan harganya relatif cukup murah bisa dibentuk dan dibuat oleh kita sendiri dan jika kalian ternyata memiliki bakat dalam seni pahat atau seni patung, maka kalian bisa menekuni keahlian membuat batu buatan sebagai profesi baru yang menguntungkan. Batu buatan banyak manfaat dengan tujuan tertentu seperti digunakan sebagai penandaan untuk masuk ke sebuah gua, sebagai dekorasi bak mandi air panas, dinding penahan, dinding untuk panjat tebing, dinding taman dll., sebutan Batuan Beton  yang direferensikan di sini disebut Mortar atau campuran adukan  ( plester ) ini juga termasuk campuran dari pasir, split, batu-batu kecil dan semen.

Sebelum memulai langkah - langkah pembuatan Batu Tebing Relief Dari Coran Semen, silahkan anda menyimak salah satu Video Tutorial berikut ini tentang tehnik mendekorasi Relief Batu Tebing Buatan sehingga mirip dengan aslinya, selamat menyimak

Proses Merancang dan Menciptakan Bentuk

Kita harus menciptakan bentuk tertentu sebelum membuat batu buatan, tapi harus diingat karena beton sangat berat anda harus mengupayakan batu buatan tersebut terasa lebih ringan. Anda bisa menambahkan pada rancangan batu buatan anda sebagian terbuat dari gabus/foam yang dilapisi dengan beton pada ketebalan 6-8 cm. Sehingga batu buatan terlihat seperti sangat nyata tetapi jauh lebih ringan dari batu yang asli. Lalu lilitkan ram ayam beserta mess-besi beton ke permukaan gabus sehingga coran basah akan merekat dan memberikan kekuatan kohesif secara keseluruhan pada adukan yang akan dicorkan.




Cara Membuat Coran Beton Untuk Batu Tebing Relief

Pencampuran coran bisa dibuat di dalam ember atau didalam gerobak sorong (wheel barrow) dengan menggunakan tangan secara langsung atau dengan sendok tembok/sendok semen atau dikotak kayu dengan menggunakan sendok kayu berkepala persegi atau bisa didalam mesin molen. Menentukan yang manakah tempat pencampuran coran yang akan dipakai, ini harus disesuaikan dengan berapa banyaknya coran beton yang diperlukan. Nah..Bagaimana cara membuat coran beton?: Campurkan 3 bagian pasir halus dengan 1 bagian semen Portland. Untuk menambah kekuatan dapat ditambahkan sedikit serat kaca/fiber galss kedalam coran beton. Lem kayu, abu terbang dan asap silica biasanya digunakan untuk pematung professional. Lalu tambahkan air hingga adukan mengental. Mencampur semua bahan agar bisa memiliki kekentalan yang diinginkan biasanya memakan waktu lama. Jika otot Anda tidak tidak cukup pegal maka coran belum cukup kental.



Cara Mengukir Beton

Gunakan sendok tembok berujung lancip untuk mengukir beton setelah dicorkan kepermukaan rangka batu buatan. Anda harus akrab dengan formasi bebatuan dan rencanakan dari awal kalau anda harus bersabar dalam pembuatannya. Mengukir batu adalah keterampilan yang sangat berharga dan membutuhkan latihan yang konsisten untuk mencapai hasil yang baik.





Selanjutnya Bentuklah batu buatan anda !




Cara Bikin Tekstur Beton

Gunakan spons laut untuk menghasilkan bintik-bintik dan efek cuaca. Tekstur cetakan alas yang dibuat dari batu asli akan lebih meningkatkan nilai keindahan dari batu tersebut. Tidak ada tekstur batu yang lebih mirip kecuali tekstur yang cetakannya langsung dari batu yang asli. Tekstur cetakan alas akan memberikan inspirasi dan kemudahan bagi anda pada saat mengukir vena-vena atau guratan-guratan pada batu buatan. Teknik lain adalah dengan menggunakan kantong plastik polos atau kantok kresek, caranya yaitu kantong kresek tersebut di pakai seperti sarung tangan kemudian ditempelkan atau dicetakan agar mendapat


Membuat jejak acak di atas batu buatan.




Proses Pengobatan Beton

Dibutuhkan satu bulan penuh untuk pengobatan dan sekitar 75 % terobati setelah minggu pertama. Jika batu dibiarkan di bawah sinar matahari secara langsung selama tahap pengobatan maka retak rambut akan banyak muncul. Batu harus sering direndam dengan air agar meminimalkan garis rentak rambut dan menghasilkan pengobatan yang tepat.





Proses Mengamplas Beton

Tunggu minimal 3 hari penuh dari tahap pengobatan sebelum memulai tahap ini atau bisa lebih lama dari 3 hari jika Anda tidak terburu-buru. Dengan menggunakan amplas halus gosoklah batu buatan Anda untuk menghilangkan permukaan dan sisi-sisi yang kasar atau tidak rata. Setelah selesai batu tersebut akan halus seperti batu yang asli.






Cara Mencuci Batu Beton

Cucilah batu dengan seksama untuk masuk kelangkah pewarnaan. Gunakan sikat kaku (tapi bukan kawat) untuk membersihkan debu beton dari semua sisi dan celah-celah karena kalau tahap ini tidak dilakukan maka hasilnya tidak memuaskan. Batu harus benar-benar kering sebelum pewarnaan.






Proses Pengecatan Batu Beton

Gunakan cat yang berbasis air dengan botol semprotan yang membuat kabut warna pada batu, penyemprotan harus dilakukan berulang-ulang untuk menciptakan warna batu yang mendalam dan realistis. Amati batu yang asli dengan seksama dan pelajari efek warna apa yang ada. Pada umumnya setelah batu asli diperiksa secara dekat akan terlihat warna yang berbeda-beda seperti biru, hijau , merah, oranye, kuning, coklat dll. Semakin tinggi kualitas system penyemprotan, semakin baik hasil akhir yang didapatkan. Idealnya Anda harus dapat membuat semprotan warna yang berkabut tanpa noda apapun.





• Membuat lapisan kedua, Pilih warna cat apa yang anda inginkan.





Ambil amplas No 80 dan lakukan pengerikan secara acak. ini akan menambah realisme di atas batu Anda.





• Cuci batu Anda sekali lagi dan biarkan kering. Batu buatan Anda hampir selesai .




Proses Sealant Beton

Gunakan sealant yang berbasis air untuk melapisi beton dan lakukan pelapisan ini 3 kali dan setiap melakukan pelapisan harus dibiarkan beberapa saat untuk mendapatkan lapisan yang kering. Untuk mempertahankan warna yang tetap cerah, ulangi pelapisan ini sekali tahunan dengan menggunakan semprotan.






Nah sekarang anda bisa tempatkan batu buatan anda ditempat yang anda sukai. Batu buatan ini akan menambah keindahan tempat tersebut.






Sebagai Ilmu Tambahan, anda juga di wajibkan menguasai Cara memasang batu sikat untuk dekorasi bagian lantainya sehingga taman Relief Batu tebing yang anda buat menjadi lebih sempurna, silahkan simak caranya di bawah ini :




Batu koral sikat merupakan sejenis batu alam yang terdiri atas beraneka macam warna, ukuran dan jenis. Terdapat banyak sekali penghasil dari batu alam koral sikat, misalnya baru Alor Surabaya, batu koral sikat Flores, Koral Kampung, Pelabuhan Ratu, hingga Ambon. Koral sikat sendiri cukup digandrungi berbagai kalangan sebagai pemanis pada lantai bangunan. Untuk mendapatkan koral sikat yang sesuai sebaiknya cermati pemilihan jenis serta bentuk dari koral sikat sehingga bisa menghasilkan bentuk yang sempurna sebagai hiasan. Batu koral umumnya diaplikasikan demi meningkatkan keindahan dan estetika taman ataupun lantai rumah. Sehingga taman ataupun lantai pun begitu indah di pandang.

Penggunaan dari batu koral sikat sendiri dapat dijadikan pilihan tepat bagi Anda yang ingin mempercantik taman, di samping itu sebagai penyeimbang dari beberapa jenis tanaman hias dan tanah. Batu koral pun bisa dijadikan sebagai aksen penegas dalam tampilan taman. Seperti kita ketahui, batu koral termasuk sejenis batu alam yang terdiri dari berbagai macam variasi warna yang begitu menarik untuk diaplikasikan. Macam-macam koral sikat memang banyak dijumpai, di samping harganya yang murah jenis batu koral ini pun dapat dibentuk berdasarkan aneka macam pola. Umumnya koral sikat juga dipakai sebagai sebuah elemen untuk penghias teras serta batu pijakan yang dibentuk baik secara persegi maupun melingkar.

  Cara Memperindah Lantai Memakai Batu Koral Sikat

Batu koral sikat sendiri bisa dijadikan sebagai hiasan pada taman-taman, garasi, dan trotoar. Di samping itu, telah banyak sekali jenis batu koral yang satu ini untuk dijadikan material penghias pada lantai betonnya.

Bahan Material Yang di Butuhkan

Sebelum memperindah lantai di garasi menggunakan koral sikat, sebaiknya persiapkan bahan material di bawah ini terlebih dulu :
  1. Persiapkan batu koral yang berwarna-warni sesuai keinginan, dan selera warna yang Anda sukai. Anda bisa membeli batu koral di toko khusus yang menjual jenis batu alam, pastikan ukuran batu koral tersebut sama besarnya.

  2. Persiapkan pembatas dari kayu atau besi dengan ukuran sama rata. Adapun kegunaannya supaya permukaan dari batu koral ini sesuai berdasarkan permukaan lantai yang sama rata. Kemudian sebelum melakukan pengerjaan pembatas tersebut wajib dilumuri oleh oli supaya ketika pengerjaannya nanti menjadi lebih mudah untuk dipisahkan dan tidak lengket.

  3. Persiapkan sikat kawat yang khusus, yang digunakan untuk menyikat batu koral ini, umumnya dijual banyak di toko batu alam dan material.

  4. Persiapkan juga adukan semen berfungsi untuk mengikat dan menguatkan batu koral antara satu dan yang lainnya. Adapun adukan pasir dan semen usahakan dengan perbandingan 1 :1. Lalu tambahkan dengan air secukupnya saja pastikan tak terlalu encer.

Cara Menyusun Motif Hiasan Batu Koral Untuk Lantai Taman Anda

Bila semua bahan-bahan di atas sudah dipersiapkan, maka Anda pun bisa langsung memasang hiasan dari batu koral dengan cara sebagai berikut :



  1. Pertama-tama masukkan terlebih dulu adukan pasir dan semen pada cetakan yang telah dibuat.

  2. Kemudian tata batu koral tersebut, untuk motif sendiri Anda bisa memilihnya sesuka hati, dan pastikan dimulai pada pinggir cetakan terlebih dulu.

  3. Selanjutnya sikat batu koral, sesudah adukan semen dibubuhi oleh batu koral yang setengah kering. Kemudian disikat bagian permukaannya sepaya batu koral tersebut indah dan tampak jelas. Lalu kemudian di gosok memakai kain basah lalu biarkan sampai kering batu koral sikat tersebut.

--> NEXT