Hi Quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Langanan Via E-mail

Ayo Pelajari Carannya

Cara Mendapatkan Hadiah Voucher Belanja Gratis Dari Sandisk

Cara Mendapatkan Promo Barang Murah

Cara Belanja Lebih Irit dan Hemat

Cara Mudah Mengasah dan Memoles Batu Akik Dengan Benar




Demam batu akik di indonesia masih terus menggema sampai dengan hari ini, sehingga bongkahan batu akik tersebut kini menjadi bernilai ekonomis yang cukup tinggi, dimana nilai ekonomis batu akik itu sangat di pengaruhi oleh kwalitas asahan dan polesannya, oleh sebab itu kami coba bantu anda yang hobby dengan batu akik untuk lebih memahami bagaimana caranya Mengasah dan Memoles Batu Akik dengan baik dan mudah. Ayo Pelajari Caranya Mudah Mengasah dan Memoles Batu Akik Dengan Benar.Sebelum melanjutkan pembahasan lebih lanjut tentang asah mengasah dan poles memoles batu akik ini, mari kita saksikan terlebih dahulu video tutorial singkat tentang bagaimana caranya mengasah batu akik berikut ini




SEKILAS INFO :



http://goo.gl/ctFNpk

Mau Pempers Gratis Premium Care New Born isi 13 Gratis ?  Tersedia 40 Ribu Paket Sample Gratis Isi 13 Pcs untuk Anda !


Good Luck!



Cek Info Promo Berikutnya Di Sini




Atau Di --> SINI



Seperti yang kita ketahui bersama bahwa mengasah batu akik adalah proses yang dilakukan sebelum batu akik dipakai menjadi cincin , liontin , kalung , dan lain-lain . Teknik mengasah batu akik tentunya berbeda-beda disetiap daerah . Pada saat ini , para pengerajin batu akik masih banyak menggunakan teknik manual dan tradisional tanpa menggunakan mesin pengasah batu akik . Jika anda ingin lebih tahu tentang teknik mengasah batu akik yang benar, pada umumnya saat ini pengerajin atau pengasah batu akik menggunakan mesin dinamo yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa hingga bisa memutar batu asah secara maksimal . Dengan mesin ini , diharapkan pengerjaan batu akik dapat berjalan dengan cepat dan lebih efisien waktu dan tenaga .
Dalam teknik mengasah batu akik yang benar , diperlukan ketelitian dan insting yang kuat untuk melihat bentuk dari sebuah batu akik . Jika anda tidak memiliki insting yang kuat , tentu hasil pengerjaan anda tidak akan maksimal dan akan terlihat buruk . Insting mengasah batu akik dapat dilatih dengan membiasakan mengasah batu akik . Pengalaman adalah guru yang paling berharga dalam hal ini, mari kita coba dan coba terus.

Sebagai seorang pengasah batu akik , harus mengetahui dengan pasti karakteristik dari sebuah batu yang memiliki kekerasan yang rendah atau kekerasan yang tinggi . Dengan mengenal karakteristik dari sebuah batu akik , anda dapat mengasah batu tanpa adanya resiko kerusakan pada batu akik . Untuk jenis batu akik yang memiliki kekerasan yang rendah , tentunya anda membutuhkan kesabaran . Selain itu juga anda perlu untuk menjaga suhu dari batu yang anda kerjakan .
Proses pembentukan dari sebuah batu akik juga harus diperhatikan . Dimana banyak pengasah batu akik yang belum memahami sepenuhnya cara membentuk batu akik . Membentuk batu akik menjadi bulat , lonjong atau sesuai selera membutuhkan skill yang harus dilatih . Anda dapat mencontoh bentuk dari sebuah batu yang sudah diasah sebelumnya oleh orang lain . 

Untuk membentuk batu akik , yang harus anda lakukan hanyalah membentuk sebuah pola . Pola ini yang nantinya akan anda ikuti . Pola tersebut adalah bentuk dari batu cincin bila dilihat dari atas . Awalnya anda memerlukan ketelitian dalam hal tersebut . Insting diperlukan untuk bisa membuat pola yang cantik dan sesuai dengan ukurang ikatan atau cangkang dari batu cincin .

Setelah proses pembentukan pola , yang harus anda lakukan adalah pembentukan sisi . Sisi adalah bagian yang bila anda lihat dari samping . Sisi ini bisa anda ukur melalui bagian utara dan selatan batu . Selalu memperhatikan bentuk dan pola . Tetap jaga pola yang sudah dibentuk diawal .
Mengasah batu akik yang benar adalah tetap menjaga suhu dari batu tersebut . Gesekkan batu akik dengan batu asah membentuk suhu yang sangat panas . Biasanya para pengerajin mengakalinya dengan menggunakan infus buatan yang selalu meneteskan air diatas batu asah . Batu akik yang memiliki kekerasan yang rendah , sangat rentan retak bila suhu saat mengasah terlalu panas . Jangan sampai mengasah lebih dari 5 detik . Kasih jedah saat anda memasukkan batu akik kedalam air.

Cara Membuat Alat atau Mesin Sederhana Pengasah Batu Akik

Peralatan yang mendukung pembuatan batu akik pada umumnya di bagi menjadi tiga yaitu pemotongan,pembentukan dan penghalusan. Pada proses pemotongan mesin gerinda potong di gunakan untuk memotong batuan yang akan di buat. Sedangkan untuk membentuk batu menjadi lonjong biasanya di gunakan mesin gerinda duduk, pada proses ini selain membentuk batu akik proses ini juga di gunakan untuk mendapatkan motif unik pada batu akik. Sedangkan pada proses penghalusan di gunakan piringan gerinda khusus yang terbuat dari kain. Untuk anda yang ingin mengasah batu akik sendiri ada beberapa cara alternatif membuat batu akik, peralatan modifikasi bisa menjadi alternatif yang dapat membantu membuat batu akik. Modifikasi dinamo mesin pompa air bekas bisa menjadi alternatif anda, dompet juga tidak akan terkuras untuk membuat sendiri peralatan ini. Kalkulasi biaya keseluruhan kurang lebih sekitar Rp 100 ribu untuk membuat peralatan ini. Dinamo bekas sekitar Rp 75 ribu, piringan gerinda potong sekitar Rp 5000 , lem cepat kering atau epoxy Rp 5.500 , ampelas besi Rp 3000 per lembar, sedangkan bahan-bahan lain seperti keping VCD bekas, papan kayu bisa di cari di sekitar tempat anda. 

Jikalau anda masih merasa biaya  gerinda modifikasi dari mesin pompa air ini masih menguras dompet anda , ada satu cara alternatif lain yang di jamin 100% lebih murah meriah. Cukup merogoh kocek Rp 10.000, – peralatan alternatif ini bisa anda gunakan untuk mengasah dan menghasilkan batu akik buatan anda sendiri. Peralatan ini bersifat manual jadi butuh kesabaran, waktu dan tenaga. Cara pembuatan peralatan ini juga tidak memakan banyak waktu, jika bahan-bahan sudah tersedia 5-10 menit peralatan ini sudah bisa anda gunakan. Untuk lebih jelasnya silahkan simak cara alternatif berikut ini.
Bahan-bahan yang di perlukan :


1. Ruas bambu dengan diameter kecil ( biasanya terdapat pada bagian ujung batang bambu ) usahakan batang bumbu ini kering agar lem dapat melekat , jika anda kesulitan mendapat bahan ini, anda bisa menggunakan pipa air PVC yang diameter atau ukurannya kecil. Besar kecilnya diameter atau ukuran lubang sangat berpengaruh pada ukuran batu akik. Untuk ukuran standar kita gunakan kelereng, jika kelereng bisa masuk kedalam lubang maka ukuran batu akik yang di hasilkan akan sebesar kelereng. Jika anda ingin membuat batu akik dengan ukuran besar maka diameter ruas bambu atau pipa PVC juga harus besar.

2. Ampelas besi dan lem epoxy
Untuk ampelas besi dan lem bisa anda beli di toko bangunan, atau toko peralatan pertukangan di sekitar. Di butuhkan dua lembar ampelas yaitu kasar dan halus. Harga per lembar sekitar 2500-3000 Rupiah.

CARA MEMBUAT


1. Potong 15-20 Centimeter pada ruas/ bilah bambu yang akan di gunakan, lalu belah menjadi dua bagian yang sama. Lalu bersihkan selaput tipis yang ada dalam bambu. Pada sisi luar cekungan hendaknya di haluskan agar tangan kita tidak terluka saat proses pengasahan batu akik. Penerapan langkah ini juga sama pada pipa PVC, hanya saja pada pipa PVC kita harus mencuci dan mengeringkan dahulu.

2. Memasang Ampelas Besi
Pada proses ini pastikan bambu atau pipa PVC dalam keadaan bersih lalu pasang ampelas kasar pada bagian dalam bambu/ pipa PVC hingga terbentuk cekungan panjang seperti huruf U. Lalu lekatkan dengan lem epoxy, diantara keduanya setelah itu kita tunggu hingga lem kering . Untuk belahan bilah atau ruas bambu / pipa PVC yang setengah lagi kita tempeli dengan ampelas halus, cara yang di gunakan sama dengan cara yang tadi di sebutkan.

3. Proses pengasahan batu akik
Setelah peralatan siap tinggal mengasah batu pada bagian ampelas yang cekung, asah batu secara lurus kedepan dan kebelakang setiap 5-10 kali mengasah putar posisi batu akik. Lakukan terus menerus, secara otomatis batu akik ini akan terbentuk. Untuk mempermudah celupkan batu akik pada air atau teteskan air pada ampelas. Jika di rasa cukup barulah kita haluskan dengan bambu/pipa PVC yang terdapat ampelas halus. Apabila ampelas terkikis ganti dengan menempelkan ampelas baru. Jika bagian bawah batu akik masih belum rata, cari alas yang rata lalu letakkan ampelas di atasnya dan asah hingga rata sesuai keinginan anda.

Cara Singkat Proses Pengasahan Batu Akik dari Bongkahan (Bahan) Sampai dengan pengkilapan

1. Rendam Rough/Bahan Pake Air Hujan dua Minggu atau 1 Bulan Lamanya.
2. Proses Pembentukan Awal dgn Gerinda Kasar Bisa Manual/Mesin Untuk Membuang Kulit Cangkang Bagian Luar.
3. Gunakan Gerinda Halus Setelah Pembentukan Awal dilakukan.
4. Gunakan Insting dan Ketelitian dalam Memilih Urat atau Serat Untuk Permukaan.
5. Gunakan Amplas Paling Halus Untuk Proses Pembersihan.
6. Gunakan Bambu Hitam/Wulung Untuk Membuang Kotoran dari Sisa Amplas Halus.

Gunakan Daun Pisang Kering atau Klaras Untuk Penyanglingan (Pengkilapan) pada Batu Akik yang Sudah Jadi, kemudian Jemur di bawah Sinar Matahari selama kurang lebih 1/2 Jam.
Selama Proses Pembentukan Batu Akik dan Proses Penggosokan dengan Gerinda Harus Sambil DiBasahi Dengan Air. Gunanya Untuk Menetralkan Suhu Panas Pada Gerinda dan Menstabilkan Unsur Kimia pada Batu Akik agar Tidak terjadi Perubahan pada Batu Tersebut. Proses Penyanglingan atau Pengkilapan Harus dengan Air juga, agar Kilapnya permanen.

Peralatan yang dimiliki tidaklah harus peralatan yang canggih, yang kita perlukan hanya peralatan sederhana saja yaitu:

- Grenda tangan ,dan batu grenda untuk memotong bongkahan batu
- Mata grinda tebal (dengan menggunakan Mesin air sebagai pemutarnya)
- Kertas Amplas (dari yang kasar hingga yang halus, disarankan 500, 1500, 200)
- Bambu atau Kayu dudukan batu permata ukuran sebesar jari (disesuaikan)
- Lem korea atau alteco.
- Serbuk Intan
- Dompet Kulit (yang sudah tidak di pakai)

Berikut Langkah - Langkahnya:

Langkah Pertama

Sebelum memotong bongkahan Batu, cari dulu motif yang menurut anda bagus. setelah itu potong bongkahan dengan grinda tangan perlahan, sebaiknya dalam kondisi basah dengan sekali kali menyiramkan air pada jalur potongannya (ketebalan di sesuaikan dengan selera).

Langkah Kedua

Potong hasil bongkahan pada langkah pertama menjadi lebih kecil dengan ukuran persegi empat masih dengan menggunakan grinda tangan.

Langkah ketiga:

Setelah batu yang kita potong tadi sudah sesuai dengan yang kita ingin kan, selanjutnya proses pembentukan menjadi batu permata dengan menggunaan mesin air yang dimodifikasi dengan menempelkan mata gurinda tebal pada putarannya, jika anda merasa khawatir dengan menggunakan tangan pada proses pembetukan batu, anda bisa menempelkan bongkahan persegi tadi pada ujung bambu atau kayu dengan menggunakan lem.

Langkah ke empat:

Jika proses pembentukan batu permata sudah sesuai dengan yang di inginkan, selanjutnya gosok permata tersebut dengan kertas gosok (amplas) dimulai dengan yang kasar (500), ganti ke amplas yang lebih halus. lakukan proses ini hingga semua permukaan batu terlihat sudah rata dan licin. pada proses ini batu permata dapat terlihat sangat mengkilap tergantung kertas amplas yang anda gunakan, smakin halus smakin bagus.

Langkah kelima:

Setelah batu permata sudah di gosok dengan amplas namun anda ingin membuatnya tampak lebih mengkilap, anda bisa menggunakan serbuk intan yang di tabur di dompet kulit, kemudian gosok batu permata tadi hingga terlihat lebih kinclong.

Dari Berbagai Sumber

Sebelum Anda Menutup Halaman Ini ada baiknya anda berbagi kasih dengan  membagikan Informasi bermanfaat ini kepada teman - teman yang lain dengan cara menekan Tombol Share Di bawah Postingan ini, agar semakin banyak orang yang di berkati lewat informasi yang anda bagikan.

0 komentar:

Poskan Komentar