Hi Quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Langanan Via E-mail

Ayo Pelajari Carannya

Cara Belanja Lebih Irit dan Hemat

Cara Memperbaiki Head Cartridge Yang Tersumbat Atau Mampet




Terkadang printer Ink Jet yang baru anda beli beberapa bulan yang lalu sudah tidak dapat di gunakan lagi untuk mencetak, hasil cetakannya terputus - putus dan bahkan tidak keluar hasil cetakannya sama sekali, hal ini kemungkinan besar di sebabkan mengeringnya tinta di saluran Head Cartridge printer anda, sebagian masalah yang terjadi pada Head Cartridge printer yang tersumbat karena saluran penyemprot tinta yang tersumbat, bisa saja karena printer tersebut jarang di gunakan atau tersumbat kotoran yang terbawa dari kertas yang anda gunakan untuk mencetak di printer tersebut. lalu bagaimana solusinya agar Head Cartridge Yang Tersumbat Atau Mampet dapat di perbaiki dan dapat di gunakan kembali ? tenang saja, sebagai orang indonesia anda harus bangga karena ada prinsip tak ada rotan akar pun jadi, artinya anda bisa memperbaiki Cartridge printer yang mampet itu dengan berbagai cara dan alat - alat tradisional berikut ini, hasilnya pun hampir 90 % berhasil tergantung dari tingkat keparahan penyumbatan pada cartridge tersebut, sebelum kita mempraktekannya mari simak terlebih dahulu video tutorialnya di bawah ini, agar langkah - langkahnya dapat anda pahami terlebih dahulu, selamat menyimak !



 


Berbagai Jenis Head Cartridge Printer yang bisa anda perbaiki dengan cairan cleaner dari masalah tersumbatnya saluran penyemprot tinta contoh Cartridgenya dapat anda lihat di SINI


Atau Di --> SINI



Contoh Cairan Cleaner Pembersih Head Cartrigde Printer





Jika tidak ada cairan cleaner seperti gambar di atas anda bisa gunakan Air Panas seperti contoh gambar di bawah ini :




Cara Membersihkan Tinta Tersumbat Pada Head Cartridge dengan Air Panas adalah sebagai berikut  :
Bersihkan tinta printer dengan selembar kertas tissue yang telah di rendam sebentar dengan air hangat dengan cara lap kertas `tissue‘ basah pada head (lubang penyemprotan tinta). Apabila ada tanda tinta pada kertas `tissue’, berarti masih ada lubang penyemprotan tinta yang (masih) dapat mengeluarkan tinta /tidak tersumbat atau (mungkin) tinta kering yang menyumbat telah mencair. Cobalah untuk test printing tinta printer yang tersumbat tersebut

Jika cara di atas tetap tidak berhasil, kita bisa mencoba dengan air lebih hangat (60-70 derajat celcius) dengan cara merendam cartridge selama 10-15 menit untuk mencairkan lubang tinta yang kering tersebut. Coba lagi untuk test printing

Jika 2 cara di atas tidak mampu mengatasi cartridge printer yang tersumbat, maka gunakan cara alternatif di bawah ini :

Head Cartridge yang tidak bisa keluar tintanya karena Penyumbatan akibat tinta yang mengering , sehingga tentu saja akan menyumbat jalannya tinta saat digunakan proses mencetak.

·         Kotoran atau sering kali debu yang masuk ke cartridge bersamaan bercampur masuknya tinta 
          sehingga menyumbat lubang-lubang head.
·         Panas berlebih akibat head yang dipaksa bekerja mencetak tanpa istirahat.
·         Ujung head tergores akibat benturan/bergesekan dengan benda yang lebih keras.

Perlu diketahui bahwa diameter cartridge sangat kecil bahkan lebih kecil dari diameter rambut manusia, sehingga apabila ujung head ini terbentur/tergesek benda keras akan mudah rusak.

Solusi untuk ini yaitu: Head cartridge yang tersumbat baik oleh tinta yang mengering atau kotoran misalnya debu yang masuk bercampur tinta. Solusi sebenarnya tergantung kondisi kerusakan head cartridge  dari yang ringan sampai yang berat. Gejala penyumbatan cartridge tentu saja ditandai dengan tidak keluarnya tinta dengan sempurna saat mencetak.

 ♦ Penyumbatan Ringan
Lakukan proses cleaning menggunakan software dari bawaan printer, jika masih belum juga bisa membantu lakukan proses deep cleaning menggunakan software bawaan printer juga.
♦ Penyumbatan Sedang
Dengan menggunakan alat yang disebut dengan toolkit penyedot cartridge. Caranya pun mudah cukup pasang cartridge yang bermasalah pada toolkit kemudian sedot menggunakan suntikan.

  Penyumbatan Berat
Rendam Head cartridge dengan menggunakan cairan cleaner (bukan sembarang cairan cleaner), saat merendam jangan sampai membasahi sampai terkena chip cartridge. Lamanya tergantung tingkat kerusakan penyumbatan head cartridge (bisa 15 menit 1 jam bahkan sehari). Kemudian kombinasikan juga menggunakan toolkit penyedot cartridge.


Cara merawat head print agar tidak tersumbat lagi !





Pastikan anda menggunakan tinta berkualitas yang sudah melalui proses filtrasi sempurna, karena tinta yang sembarangan bisa menyebabkan Head printer menjadi tersumbat atau mampet atau tidak mengeluarkan tinta dengan sempurna.

Head printer bisa mengering dan tersumbat dikarnakan printer tersebut tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama atau jarang digunakan. Istilah untuk printer yang tersumbat atau mengering ini sering dikenal dengan Clogged print head.

Untuk cara mengatasinya atau membersih head printer yang mampet, mengering atau tersumbat ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Untuk type printer terbaru khususnya printer Epson pastilah dilengkapi dengan fasilitas Cleaning System, nah..untuk langkah pertama, coba anda gunakan fasilitas tersebut dengan melakukan testing printer secara berulang-ulang. Untuk fasilitas bawaan dari printer terbaru lainnya adalah pembersih head atau Cleening Head. Gunanya adalah untuk membersihkan head print yang tersumbat, tapi untuk fasilitas ini jarang berhasil! Dan apabila anda melakukan fasilitas ini secara berulang-ulang 10 kali atau lebih, maka akan menyebabkan tinta menjadi boros, atau lebih parahnya dapat menyebabkan Waste Ink Tank Full sehingga perlu dilakukan Resetter untuk printer tersebut.

Dan terakhir untuk membersihkan head printer yang tersumbat dan mengering ini salah satu cara yang bisa kita coba adalah. Kita coba bersihkan sendiri head printer. Yaitu dengan merendam atau memasukan head printer kedalam cairan/air boleh ditambahkan alkohol atau ammoniac kedalamnya (ingat yang dimasukan ke cairan hanya bagian headnya saja, bukan semuanya). Atau kalau perlu anda membeli cairan khusus untuk membersihkan head printer yang mengering ini (cartridge flush solution), namun cairan ini lumayan juga harganya. Silahkan anda lakukan langkah ini sekitar 10 menit atau kalau perlu seharian juga tidak masalah. Langkah ini bisa mencirkan lagi tinta yang mengering. Dengan cairnya tinta kering tersebut diharapkan bisa untuk mencetak dengan bagus lagi. Cara tersebut lebih efisien ketimbang harus mengganti cartidge, ini memang cepat dan gampang, namun memakan biaya yang cukup mahal. Cara ini bisa dilakukan apabila Cartidge dan head menyatu.



Selamat Mencoba !


Artikel ini dirangkum Dari Berbagai Sumber dan pengalaman kami


      Sebelum Anda Menutup Halaman Ini ada baiknya anda berbagi kasih dengan  membagikan Informasi bermanfaat ini kepada teman - teman yang lain dengan cara menekan Tombol Share Di bawah Postingan ini, agar semakin banyak orang yang di berkati lewat informasi yang anda bagikan.



SEKILAS INFO PROMO GRATISAN


http://goo.gl/ctFNpk

Mau Pempers Gratis Premium Care New Born isi 13 Gratis ?  Tersedia 40 Ribu Paket Sample Gratis Isi 13 Pcs untuk Anda !


Good Luck!

Cek Info Promo Berikutnya Di --> Sini





http://ho.lazada.co.id/SH4FaE

* Solusi Belanja Murah Hemat Uang Belanja !!! Silahkan Klik Bannernya dan Dapatkan Diskonnya.






0 komentar:

Posting Komentar