Hi Quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Langanan Via E-mail

Ayo Pelajari Carannya

Cara Mendapatkan Hadiah Voucher Belanja Gratis Dari Sandisk

Cara Mendapatkan Promo Barang Murah

Cara Belanja Lebih Irit dan Hemat

Cara Memperbaiki Sendiri AKI - ACCU Yang Lemah dan Mati





Accu atau biasa di sebut Aki atau istilah ilmiahnya Baterai Isi Ulang, baik itu ACCU Basah maupun Accu Kering sering kali Daya yang di hasilkan Lemah dan bahkan cepat Habis daya Listriknya, bahkan seringkali banyak juga yang mati mendadak,  semua kerusakan pada Accu tersebut tidak serta merta mengharuskan Accu anda itu harus di buang dan ganti dengan yang baru, apalagi kebanyakan accu tersebut baru berumur beberapa bulan, secara teori umur accu itu bisa sampai dengan Tahunan, jadi kenapa anda harus pasrah dengan cara membuang accu tersebut sebelum berusaha memperbaikinya sendiri, mengapa kami yakin sekali jika accu anda yang lemah daya, atau bahkan mati total masih bisa di betulin, karena kami melihat betapa maraknya praktek trade in di bengkel - bengkel atau di toko - toko accu saat ini, accu bekas anda bisa di hargai antara 20 ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah tergantung Ampere Accu anda. mereka berani menampung accu bekas anda itu artinya accu tersebut masih bisa di daur ulang alis di betulin. nah atas dasar inilah kami sarankan anda coba belaja untuk Cara Memperbaiki Sendiri AKI - ACCU Yang Lemah atau Matot alias mati total, sebelum memperlajarinya mari silahkan anda simak salah satu video Tutorial yang akan membuka wawasan anda bahwa Accu yang rusak itu masih bisa di betulin loh - selamat menyimak !






Berbagai macam peralatan yang dapat di gunakan untuk menunjang perbaikan Accu anda dan untuk mengukur daya kekuatannya, serta Ampere accu, yang mungkin mirip dengan Accu milik anda silahkan lihat spesifikasi lengkapnya terlebih dahulu, untuk lebih jelasnya silahkan anda KLIK DI SINI


Atau Di --> SINI



Cara Mudah dan Murah Memperbaiki Aki Basah Soak


Cara memperbaiki aki basah pada motor sangatlah mudah dilakukan dan biayanya pun sangat murah bahkan bisa dikatakan gratis, cukup lah Anda mempersiapkan peralatan seperti :

    Obeng minus

Obeng minus berfungsi untuk membuka dan menutup penutup lubang tempat air aki.

    Penutup selang udara pada aki

Penutup selang udara tempat sirkulasi udara aki atau tempat pembuangan air aki saat dimana aki kelebihan air aki yang menguap akibat reaksi kimia didalam aki, penutup ini berfungsi untuk menutup lubang udara agar air aki tidak keluar saat proses pembersihan aki basah (bolak-balik).

    Air biasa.

Air biasa disini saya maksud kan adalah air apapun yang bersih tetapi dalam kondisi dingin suhu ruangan atau tanpa proses dipanaskan, jika Anda pernah mendengar bahwa proses pembersihan sel aki dengan menggunakan air panas atau mendidih bisa membuat aki Anda sehat kembali ini adalah pernyataan yang sangat salah kaprah, kenapa? karena sel aki hanya bisa bertahan maksimal hanya dalam suhu 40 derajat celsius, diatas suhu itu sel aki akan hilang kemampuan untuk proses penyimpanan arus listrik.

    Aki (ACCU)

Pemilihan aki yang akan diperbaiki disini sangat-sangatlah penting untuk menentukan keberhasilan cara memperbaiki aki basah pada motor, karena jika pemilihan aki salah maka usaha yang akan kita lakukan pada aki akan berujung sia-sia. Salah satu ciri-ciri aki basah pada motor yang masih bisa diperbaiki adalah:

Lihat kondisi sel aki, maksudnya adalah jika kondisi sel sudah berjamur atau ditandai dengan warna putih atau kuning kecoklatan berarti aki tidak layak untuk diperbaiki. Dan jika kondisi sel berlubang, patah atau melengkung ini juga ciri aki yang tidak bisa diperbaiki.

Cara Perbaiki Aki Basah Soak Pada Motor

Buka penutup lubang air aki dan isi dengan air biasa (bisa air sumur, PDAM, air sungai dsb) lalu isi aki dengan air sampai penuh kemudian tutup kembali dengan menggunakan obeng minus sampai rapat.
   
Tutup penutup udara aki dengan selang yang salah satu ujung selang telah dirapatkan (buntu), ini bertujuan agar saat proses pembersihan yaitu dengan cara dibolak-balik aki nya dan agar air tidak ikut tumpah atau terbuang dari ventilasi udara. Lakukan proses ini sampai aki benar-benar bersih, yaitu ditandai dengan dasar aki kelihatan airnya atau kotoran kerak sel hilang. Proses ini bisa dilakukan sampai 4-5 kali artinya ketika air sudah dirasa kotor buang dan isi kembali.

Jika aki sudah benar-benar bersih, buang semua air yang tersisa dalam proses pembersihan, lalu isi air aki, disini air aki yang sangat anjurkan adalah air aki campuran yaitu 1 botol kecil air zuur (tutup merah) dengan 2 botol air aki biasa (tutup biru), kenapa air campuran, bukan air zuur murni, karena air zuur hanya untuk pemakaian aki yang masih baru, bukan untuk aki yang sudah pernah terpakai. Penggunaan air zuur murni pada aki bekas akan menyebabkan rusaknya sel karena kadar asam air aki yang terlalu tinggi.
   
Jika aki basah motor sudah terisi air campuran tadi, usahakan lakukan proses pengecasan minimal 2 jam pengecasan agar sel kembali optimal untuk menyimpan arus listrik.



Cara Memperbaiki Aki Kering. 

Semua barang tentunya akan bisa mengalamai mengalami kerusakan tidak terlepas pula dengan yang namanya aki kering, Faktor penyebabnya pun berbeda-beda ada yang mengalami kerusakan dikarenakan cara pemakaian yang salah seperti konsleting atau bisa juga karena memang aki kering yang anda gunakan sudah terlalu tua atau emang sudah waktunya rusak.

Yang menjadi kelebihan utama dari aki kering kita tidak perlu melakukan perawatan khusus secara agar dia bisa bertahan lebih lama. Aki kering sendiri hanyalah penyebutan kebanyakan orang di Indoneisa untuk aki yang free maintenance/bebas perawatan, tidak seperti aki basah yang selalu harus kita teliti air aki jangan sampai kurang dari batas minimum.

Pada dasarnya aki kering maupun aki basah itu sama-sama menggunakan menggunakan cairan kimia yakni H2SO4, jika kondisi kerusakan aki kering anda memang karena disebabkan kekurang cairan tersebut maka tingkat keberhasilan service ini akan lebih baik.

Aki sebagai salah satu komponen yang sangat penting untuk motor dan juga mobil yang kegunaannya untuk pengapian kalau udah rusak, akan membuat kita kesusahan untuk menyalakan motor.  Lalu apakah aki kering bisa diperbaiki ? jawabannya masih bisa kok, daripada langsung membeli baru gak ada salahnya kan untuk mencoba cara yang satu ini.


Berikut ini Cara Memperbaiki Aki Kering yang Rusak

Sebelumnya anda memperbaiki aki kering anda yang sudah soak ada baiknya untuk menyiapkan terlebih dahulu beberapa peralatan yang nantinya akan digunakan seperti :

    Obeng Min
    Suntikan
    Air aki untuk pengisian baru seperti Accu Zuur atau Aki Sir.  Ingat jangan gunakan cairan aki untuk penambahan

Setelah semua peralatan sudah siap, langsung praktek aja ya semoga tidak ada kesalahan oke:

   
Lepaskan dulu aki kering dari rangkaian sepeda motor anda. Setelah itu dengan menggunakan obeng min bukalah penutup aki kering, penutupnya memang rapat dan oleh pabriknya tutup aki tersebut di lem jadi harus sedikit sabar untuk membukanya
  
Setelah penutup aki terbuka selanjutnya, bula lagi tutup lubang aki kering yang penutupnya menggunakan karet.
   
Dengan menggunakan suntikan isikan air Accu Zuur sampai kira-kira kurang lebih 1 cm dari mulut lubaang aki.  Jadi jangan sampai penuh banget.
   
Setelah sebuah lubang sudah terisi, tutup kembali lubang aki dan juga penutup aki setelah itu kita pasangkan kembali aki kering yang sudah diperbaiki ke dalam rangkaian sepeda motor.
   
Kalau udah selesai semua.  Nyalakan dulu sepeda motor anda namun jangan pakai starter dulu ya pakai injak kaki dulu tunggu sampai kira-kira 15-20 menitan kemudian matikan sepeda motor
   
Nyalakan motor anda dengan starter kalau bisa dinyalakan berarti aki kering anda sudah siap untuk di pakai kembali.



Selamat Mencoba !


Artikel ini dirangkum Dari Berbagai Sumber dan pengalaman kami


      Sebelum Anda Menutup Halaman Ini ada baiknya anda berbagi kasih dengan  membagikan Informasi bermanfaat ini kepada teman - teman yang lain dengan cara menekan Tombol Share Di bawah Postingan ini, agar semakin banyak orang yang di berkati lewat informasi yang anda bagikan.




SEKILAS INFO PROMO GRATISAN


http://goo.gl/ctFNpk

Mau Pempers Gratis Premium Care New Born isi 13 Gratis ?  Tersedia 40 Ribu Paket Sample Gratis Isi 13 Pcs untuk Anda !


Good Luck!

Cek Info Promo Berikutnya Di --> Sini





http://ho.lazada.co.id/SH4FaE

* Solusi Belanja Murah Hemat Uang Belanja !!! Silahkan Klik Bannernya dan Dapatkan Diskonnya.








0 komentar:

Poskan Komentar