Hi Quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Langanan Via E-mail

Ayo Pelajari Carannya

Cara Mendapatkan Hadiah Voucher Belanja Gratis Dari Sandisk

Cara Mendapatkan Promo Barang Murah

Cara Belanja Lebih Irit dan Hemat

Cara Mengasah Pisau Dapur Yang Baik dan Benar




Pekerjaan mengasah Pisau Dapur sekilas memang sangat mudah, Hampir setiap orang dewasa terutama para ibu - ibu pernah melakukannya, Mengasah Pisau Dapur tidaklah sulit, yang menjadi permasalahan adalah hasil asahannya, apakah pisau dapur anda menjadi lebih tajam atau malah sebaliknya menjadi tumpul dan bahkan sisi mata pisaunya menjadi rusak. oleh sebab itu walau pun pekerjaan ini tampaknya spele dan ini sudah menjadi kebiasaaan para ibu - ibu sehari - hari di dapur, tetaplah anda haru mau belajar bagaimana Cara Mengasah Pisau Dapur Yang Baik dan Benar, supaya pisau dapur anda awet dan tetap terpelihara ketajaman mata pisaunya, apalagi di jaman moderen ini harga pisau berbahan stainless ada yang mencapai ratusan ribu rupiah perbuah, tentu saja pisau - pisau moderen itu pun harus di pelihara dengan baik ketajamannya. untuk membuka wawasan anda tentang Cara Mengasah Pisau Dapur Yang Baik dan Benar, berikut ini salah satu cuplikan videonya yang bisa anda simak sebelum anda mempraktekan Cara Mengasah Pisau Dapur Yang Baik dan Benar di bawah ini :






Ternyata di jaman moderen, alat untuk mengasah pisau itu tidaklah hanya batu asah, tapi ada banyak sekali alat bantu lainnya, Agar mempermudah pekerjaan anda mengasah Pisau dapur, ternyata tersedia berbagai macam alat bantu pengasah pisau yang praktis dan aman di gunakan, untuk lebih jelasnya tentang penampakan serta spesifikasi alat bantu asah pisau tersebut bisa anda --> KLIK DI SINI 



Ternyata cara yang benar ketika anda mengasah pisau juga dapat membuat pisau dapur menjadi lebih awet dan tidak cepat aus disamping ketajamannya terjaga.Mengasah pisau tentunya tidak semudah kelihatannya. Diperlukan cara yang tepat agar pisau kembali tajam dan awet dari waktu ke waktu.





Memilih Batu Asah


Memilih batu asah yang tepat adalah batu asah dengan dua permukaan, yaitu kasar dan halus. Basahi permukaan batu asah dengan air atau sabun untuk melumasi permukaan batu. Hindari menggunakan minyak pelumas karena akan membuat pori-pori batu asah tertutup.

Cara Mengasah Pisau Dapur Yang Baik dan Benar

  • Sebaiknya mengasah pisau dengan sudut kemiringan sekitar 10-20 derajat. Jangan mengasah pisau dengan posisi berdiri karena akan menghilangkan ketajamannya.
  • Asah pisau secara satu arah, jangan dilakukan secara bolak-balik karena akan membuat pisau menjadi tumpul.
  • Ulangi langkah 1 dan 2 sekitar 3-4 kali.
  • Setelah diasah, segera bersihkan pisau dengan air dan jangan dibiarkan begitu saja. 
  • Bekas asahan akan menimbulkan bakteri yang menempel pada pisau dan membuat pisau jadi tumpul.
Menggunakan Pengasah Pisau dari Baja
Anda dapat menggunakan pengasah pisau baja atau disebut pula pengasah pisau berlian, atau yang alami adalah menggunakan batu asah. Jika Anda membeli satu set pisau, biasanya lengkap dengan pengasah pisau baja. Jika Anda harus membelinya, pilih yang ukurannya lebih panjang dari pisau terpanjang Anda.

Berikut langkah-langkah menajamkan pisau Dapur anda :


1. Pegang pengasah pisau di satu tangan dan pisau di tangan yang lain. Sisi pisau yang tajam harus menyentuh pengasah dengan sudut sekira 20 derajat. Tempatkan sisi pisau yang tajam (paling dekat dengan gagang pisau) di dekat bagian atas pengasah.

2. Dengan gerakan cepat, gesekkan pisau dan seluruh baja sampai ujungnya menyentuh bagian bawah pengasah. Pertahankan sudut 20 derajat sehingga sisi miring yang kecil pengasah dan sisi tajam pisau akan selaras dengan benar. Anda hanya perlu menggunakan tekanan ringan.

3. Ulangi gerakan penajaman dengan sisi berlawanan dari baja. Enam sampai sepuluh gesekan di setiap sisi cukup untuk menghasilkan ketajaman pisau yang Anda inginkan.

4. Buatlah gesekan terakhir secara perlahan dan tidak terlalu ditekan. Jangan pernah membiarkan sisi pisau menyentuh pengasah karena pisau Anda akan tergores, karena itu posisi sisi tajam pisau selalu dengan sudut 20 derajat.


Langkah - Langkah Mengasah Pisau Dapur Yang Baik dan Benar


  • Persiapkan Alat yang Dibutuhkan
Cara yang pertama yaitu agar proses menajamkan pisau berjalan lancar, siapkan dulu semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan sebelum memulai. Siapkan pisau dan aksesoris dapur lainnya yang hendak diasah, batu pengasah, serta handuk atau lap sebagai alas batu.
  • Cucilah Batu Asah
Ketika menggunakan batu pengasah untuk mengasah pisau dapur, Anda perlu merendamnya dalam air terlebih dahulu sekitar 10-20 menit agar benda ini bisa membantu melumasi pisau tersebut. Jika batu asah dalam keadaan kering saat digunakan, hal ini akan mempersulit proses penajaman pisau dapur Anda. Setelah itu, tempatkan batu asah di atas handuk atau kain dengan permukaan kasar supaya tidak tergelincir saat digunakan.
  • Mulailah Menajamkan Pisau
Cara selanjutnya yaitu jika semua sudah siap, Anda bisa mulai mengasah pisau dengan meletakkannya pada sudut kemiringan yang tepat, yakni sekitar 20-25°. Pegang gagang pisau dengan erat, kemudian gesekkan ujung pisau hingga pangkalnya  pada bagian kasar batu asah kearah menjauhi tubuh Anda. Lakukan gerakan ini 6-12 kali untuk tiap sisi pisau, kemudian ulangi langkah yang sama pada bagian halus batu pengasah.
  • Bersihkan Pisau
Setelah Anda selesai melakukan langkah pengasahan tersebut, kini saatnya mensterilkan pisau dan aksesoris tajam lainnya itu. Usaplah pisau yang telah diasah tadi dengan kain lap bersih dan peralatan masak Anda telah siap digunakan! Jangan lupa untuk menguji ketajamannya dengan cara menggunakan pisau tersebut mengiris sebutir tomat yang bertekstur lembut.

Selain menggunakan cara di atas, ada metode lain yang dapat Anda lakukan untuk mengasah pisau agar lebih tajam yaitu menggunakan cangkir yang dapat dilakukan dengan mudah. Bagaimana caranya? Berikut Langkah - Langkahnya :

> Letakkan sebuah cangkir dengan posisi terbalik sehingga bagian bawah cangkir berada di atas. Dalam keadaan darurat, cangkir kopi dapat berfungsi sebagai alat pengasah yang sangat efektif. Bahan keramik cangkir adalah bahan yang cukup kasar untuk mendapatkan hasil asah yang baik.
> Dengan tetap menjaga sudut 20°, sapu satu sisi pisau di permukaan bawah cangkir yang berpasir beberapa kali.
> Kemudian ulangi proses pengasahan pisau pada sisi yang lain dengan tetap menjaga sudut 20°
> Bolak-balikkan pisau untuk dua atau tiga sapuan akhir. Ambil satu sisi pisau dan gesekkan di cangkir, lalu putar pisau dan gesekkan di sisi yang berlawanan. Ulangi pola ini beberapa kali.



Artikel ini dirangkum Dari Berbagai Sumber dan pengalaman kami


      Sebelum Anda Menutup Halaman Ini ada baiknya anda berbagi kasih dengan  membagikan Informasi bermanfaat ini kepada teman - teman yang lain dengan cara menekan Tombol Share Di bawah Postingan ini, agar semakin banyak orang yang di berkati lewat informasi yang anda bagikan.




SEKILAS INFO PROMO GRATISAN


http://goo.gl/ctFNpk

Mau Pempers Gratis Premium Care New Born isi 13 Gratis ?  Tersedia 40 Ribu Paket Sample Gratis Isi 13 Pcs untuk Anda !


Good Luck!

Cek Info Promo Berikutnya Di --> Sini





http://ho.lazada.co.id/SH4FaE

* Solusi Belanja Murah Hemat Uang Belanja !!! Silahkan Klik Bannernya dan Dapatkan Diskonnya.




0 komentar:

Poskan Komentar