Hi Quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Langanan Via E-mail

Ayo Pelajari Carannya

Cara Belanja Lebih Irit dan Hemat

Cara Membuat Lilin Hias Untuk Souvenir, Ulang Tahun dan Hiasan




Lilin sudah di gunakan sebagai alat penerangan alternatif pengganti obor sejak Tahun 200 Masehi, ciri khas lilin untuk penerangan yaitu adanya sebuah sumbu di tengah batang lilin tersebut yang berfungsi sebagai media pembakaran, sifat lilin yang tahan lama dan mudah terbakar seta berbentuk padat yang membuat munculnya kreatifitas lilin - lilin hias yang berwarna - warni dan cantik penuh dengan nilai kreatifitas dan nilai ekonomis, jika di tekuni, bisnis lilin hias ini bisa menjadi alternatif sumber penghasilan anda, Cara Membuat Lilin Hias Untuk Souvenir, Ulang Tahun dan Hiasan tidaklah sulit, bahan - bahan yang di butuhkan untuk memproduksi lilin hias yang beraneka warna indah ini juga mudah di dapat, intinya anda tinggal mengembangkan daya imajinasi dan kreatifitas anda untuk mencipkan lilin - lilin hias yang moderen dan menarik, banyak sekali bentuk dan juga jenis lilin hias yang di produksi secara home industri dengan omset hingga ratusan juta rupiah sebulannya, apakah anda tertarik untuk menekuni bisnis pengecoran lilin hias ini ? atau tidak ada ruginya anda mempelajarinya untuk sekedar menambah keahlian anda, paling tidak anda bisa berkreatiftas menciptakan design lilin hias yang unik untuk kebutuhan interior dan mungkin saja ulang tahun keluarga anda. cara membuatnya tidaklah sulit, di bawah ini kita akan uraikan langkah - langkah pengecorannya secara lengkap, namun seebelum kita praktekan langkah - langkah tersebut, ada baiknya untuk membuka wawasan anda tentang Cara Membuat Lilin Hias Untuk Souvenir, Ulang Tahun dan Hiasan interior itu sangatlah mudah, maka silahkan anda simak salah satu video tutorial berikut ini tentang bagaimana cara membuat lilin hias ukir yang unik dan bernilai ekonomis tinggi dengan mudah, baik dan benar, selamat menyimak.





Berbagai macam model lilin Hias dan juga bentuk kemasan uniknya bisa anda simak secara lengkap model - modelnya di sini, dengan melihat berbagai contoh model lilin hias kreatif tersebut di harapkan dapat mengembangkan daya imajinasi dan kreatifitas anda untuk mencipkan model - model lilin hiasa yang lebih unik dan bernilai ekonomis tinggi, selengkapnya bisa anda ---> KLIK DI SINI


Atau Di --> SINI



Cara Membuat Lilin Hias Sederhana

Bahan-bahan Yang di Perlukan :
Paraffin,Benang kasur, parfum, Pewarna.

Peralatan:
  • Panci kecil
  • Botol bekas mayones,selai, atau lainnya (usahakan cari yang berlubang lebar dan kaca tebal, lalu cuci bersih dan keringkan)
  • Gelas kecil (transparan jika lilin ingin berwarna-warni)
  • Tusuk sate, dengan ukuran lebih panjang daripada diameter mulut gelas.
Proses pembuatan:
  1. Siapkan tusuk sate kemudian ikat bagian tengahnya dengan benang kasur, lalu letakkakan tusuk satec tersebut tepat di atas mulut gelas, dan aturlah agar benang jatuh ke dasar dan tetap berada ditengah gelas.
  2. Ambil botol bekas yang telah disiapkan lalu masukkan ke dalamnya potongan parafin.
  3. Letakan botol yang telah berisi parafin tersebut ke dalam panci yang telah diisi air dengan tinggi kira-kira 1/3 panci.
  4. Panaskan pannci di atas kompor yang menyala dengan api kecil, kemudian aduk perlahan hingga parafin mencair.
  5. masukkan pewarna sedikit demi sedikit sampai mendapatkan warna yang sesuai dengan yang diinginkan.
  6. Setelah warna yang sesuai matikan api, lalu angkat panci dari kompor, tambahkan parfum/aroma ke dalam paraffin yang masih mencair.
  7. proses terakhir adalah menuangkan paraffin cair ke dalam gelas, lalu diamkan sampai parafin menjadi dingin dan beku.

Untuk mendapatkan warna lilin ingin lebih bergradasi (bercampur) caranya sama dengan proses lilin berlapis, bedanya saat menuangkan lilin berwarna B tidak usah menunggu lilin berwarna A mengeras.

Jika lilin ingin lebih menarik: beri tambahan lilin malam berwarna-warni yang biasa dimainkan anak-anak, dan tempelkan pada permukaan dalam gelas (bentuk agar berupa bunga, daun atau lainnya jika dilihat dari luar gelas). Lalu tuangkan paraffin cair (jangan terlalu panas, agar lilin malam tidak ikut mencair).

Untuk menghasilkan posisi sumbu agar lebih tegak, celupkan sumbu tersebut ke dalam paraffin cair, lalu letakkan kembali di tengah-tengah gelas.

Untuk menghasilkan warna yang berlapis Tuangkan 1-2 sendok makan warna A, dinginkan hingga keras
Lalu tambah 1-2 sendok warna B, dinginkan kembali hingga keras, ulang ke warna A atau ke warna C, dst hingga mendapatkan warna yang sesuai selera.


Cara Membuat Lilin Hias Beraroma

Selain berfungsi untuk penerangan, penghias ruangan, keperluan keagamaan, aromaterapi, souvenir, lilin juga bisa menjadi benda yang memiliki nilai seni tinggi. Lilin aromaterapi dalam hal kesehatan berfungsi untuk relaksasi dan memberikan kenyamanan, menghilangkan stress dan kecemasan. Kebutuhan lilin hias aromaterapi ini sangat pesat sejalan dengan banyaknya rumah spa, hotel, restoran bahkan di rumah tangga sekalipun. Maka tidak ada salahnya jika kita mencoba membuat lilin sendiri.

Bahan yang dibutuhkan :
  • Paraffin dan atau beewax
  • Stearin
  • Pewarna (serbuk, batang / crayon, cat minyak)
  • Pengharum (parfum / essence oil : kenanga, jasmine, lavender, rose, dll)
  • Benang katun (sumbu)
  • White oil
Alat-alat yang diperlukan :
  • Baskom besar
  • Baskom kecil
  • Pemanas (kompor : listrik, LPG, Portable)
  • Pengaduk / spatula kayu
  • Cup karton untuk menaruh warna
  • Cetakan (cetakan pudding, cetakan es, keramik, gelas kecil bening bagi yang ingin membuat lilin dengan warna-warna yang cantik, dll)
  • Pensil/sumpit/tusuk sate/stik es krim
  • Pisau dan telenan
Cara kerja :
  1. Siapkan cup karton, untuk menaruh warna dan membantu menuangkan lilin ke dalam cetakan
  2. Siapkan cetakan / gelas untuk mencetak lilin
  3. Ikatkan tali kasur / benang katun (sebelumnya dicelup lilin cair supaya bisa tegak) untuk sumbu pada pensil/sumpit/tusuk sate, panjang sumbu disesuaikan dengan tinggi cetakan gelas
  4. Letakkan pensil/sumpit/tusuk sate di atas gelas dengan tali tepat di tengah gelas, letakkan ujung yang bebas ke dasar gelas
  5. Siapkan pewarna (serbuk/batang/cat cair/cat minyak), masukkan ke dalam cup karton
  6. Potong-potong lilin dan masukkan ke dalam baskom kecil
  7. Isi baskom besar dengan air, panaskan di atas kompor, masukkan baskom kecil de dalam baskom besar
  8. Lelehkan lilin (tim) di atas api kecil
  9. Lilin hanya butuh waktu sebentar untuk meleleh sempurna
  10. Segera tuangkan lilin cair ke dalam cup karton yang sudah berisi pewarna, aduk dengan cepat sampai pewarna larut dengan baik
  11. Dengan hati-hati tuangkan lilin cair berwarna ke dalam gelas atau cetakan yang sudah ditetesi dengan pewangi.
  12. Biarkan lilin menjadi dingin dan mengeras
  13. Lepas tali kasur dengan hati-hati dari pensil/sumpit/tusuk sate
  14. Jadilah lilin hias cantik dan harum.
Hal - Hal Yang harus anda perhatikan saat anda membuat lilin aromaterapi :
  1. Jangan panaskan paraffin dengan api langsung supaya tidak terlalu meletup
  2. Mencairkan paraffin pada suhu sekitar 50-60 jangan sampai mendidih
  3. Memberikan parfum, oil essence di sekitar sumbu supaya aroma terapi lebih terasa
  4. Sebelum masuk cetakan, olesi cetakan (gelas, cetakan pudding, cetakan es, keramik) dengan sedikit minyak, supaya lilin mudah dilepas kecuali cetakan disertakan sebagai souvenir
  5. Selain menggunakan bahan paraffin bisa juga menggunakan lilin kedelai (soya wax) dan lilin lebah (beewax) yang lebih ramah lingkungan, tetapi dari segi harga lebih mahal dan bahan bakunya terbatas
  6. Untuk membuat lilin transparan dilakukan dengan menambahkan polimer CT/PVC serbuk yang juga sangat mahal harganya
  7. Boleh menambahkan stearin (10%) dalam campuran atau white oil.
  8. Untuk membuat lilin dengan beberapa lapis warna, tuanglah tiap warna dengan jeda beberapa saat atau sampai lilin menjadi jel sebelum menuangkan warna lainnya.
  9. Ukuran benang/sumbu yang digunakan disesuaikan dengan cetakan. Semakin besar cetakan maka menggunakan benang/sumbu ukuran tebal, dan begitu pula sebaliknya.

Cara Pembuatan Lilin Hias Yang Lebih Unik dan Bernilai Ekonomis Tinggi

Lilin yang biasa kita gunakan sehari-hari biasanya hanya untuk pelita, Namun saat ini dapat kita tambahkan kegunaannya sebagai hiasan dekorasi diatas meja makan atau meja tamu. Bahkan dapat juga digunakan sebagai souvenir dalam acara pernikahan.Berikut ini beberapa bentuk yang dapat kita buat akan diuraikan dibawah ini dan bagaimana cara membuatnya. Pengembangan selanjutnya diharapkan dapat di kembangkan dengan imajinasi anda sendiri.
Sebelum membuat kita harus tahu bahan bakunya dan kegunaannya :

1.      Parafin wax adalah bahan baku utama
2.      Pe wax untuk memberi kesan warna susu
3.      Stearin Wax untuk mengeraskan
4.      Pewarna minyak,                                                                                                                     Warna-warna dasar yang diperlukan : Hijau, merah, kuning.dengan ketiga warna dasar ini kita dapat mengkombinasikan sehingga dapat menghasilkan banyak warna-warna lainnya.
5.      Sumbu                                                                                                                                       Untuk sumbu, sebaiknya memakai bahan katun 100 persen. Supaya sumbu tahan lama,  sebelum dipakai celupkan ke dalam cairan stearic acid sampai kotoran yang berupa busa keluar. Ambil dan tarik /regangkan sampai sumbunya kaku.
6.      Parfum secukupnya

CARA MEMBUAT LILIN HIAS BUNGA KAMBOJA





Bahan :

a)      Parafin                        1     kg      }       Sisakan untuk pencelupan
b)      Pe Wax                        100 gr
c)      Pewarna kuning          Secukupnya
d)     Sumbu                         Secukupnya
e)      Parfum                        Secukupnya

Cara pembuatan :
1.      Satu kilo lilin dicampur dengan 100 gram Pe Wax agar adonan menjadi lembut, lentur dan mudah dibentuk. Adonan ini digunakan untuk membentuk daun, bunga, serta keperluan lain yang memerlukan kelenturan lilin.Masukkan ke dalam panci lalu panaskan hingga mencair.
2.      Setelah mencair bagi bahan menjadi dua bagian,yang satu biarkan tanpa warna (untuk dituang ke Loyang,dan sisakan untuk pencelupan 1) sedangkan bagian yang satunya kita tambah pewarna kuning.(pencelupan 2)
3.      Tuang ke dalam Loyang,saat menuang harus dalam keadaan panas agar rata tebal dan tipisnya.tunggu hingga setengah kering lalu bentuk dengan menggunakan cetakan tetes air.
4.      Ambil lima lembar,satu persatu bagian atasnya celupkan ke pencelupan 1,lalu celupkan ke air,sedangkan bagian bawahnya celupkan ke pencelupan 2,lalu celupkan ke air.bentuk ditangan,pegang dengan tangan menggenggam.sehingga terbentuk bunga,bagian atasnya tekan ke arah luar sampai terbentuk kelopak bunga,setelah terbentuk bunga celupkan bagian bawahnya saja dengan pencelupan 2.agar rangkaian bunga tidak lepas.
5.      Ratakan bagian bawah dengan memotongnya
6.      Tusukkan sumbu  pada bagian tengah lilin


CARA MEMBUAT LILIN HIAS  CRISTAL UNTUK SOUVENIR

 


Bahan :

a)      Stearic Acid                100 %
b)      Pewarna                      Secukupnya
c)      Sumbu                         Secukupnya
d)     Parfum                        Secukupnya

Cara Pembuatan :
1.      Panaskan Stearic acid sampai mendidih dan berasap.tambahkan pewarna dan parfum secukupnya
2.      Tuang ke dalam cetakan aluminium
3.      Diamkan sebentar sampai ada bintik-bintik seperti jarum pada permukaannya, lalu pasang sumbunya. Setelah membeku, motif marmer/kristal atau retak akan kelihatan


CARA MEMBUAT LILIN HIAS UNIK

 


Bahan :

a)      Parafin                        1     kg           }  Sisakan untuk membuat busa/whipped cream
b)      Pe Wax                        100 gr
c)      Pewarna kuning          Secukupnya
d)     Pewarna merah            Secukupnya
e)      Pewarna biru               Secukupnya
f)       Sumbu                         Secukupnya
g)      Parfum                        Secukupnya

Cara membuat :
1.      Satu kilo lilin dicampur dengan 100 gram Pe Wax .Masukkan ke dalam panci lalu panaskan hingga mencair.
2.      Bagi menjadi 4 bagian dan beri masing2 warna kuning,merah ,biru dan putih (untuk membentuk busa/whipped cream )
3.      Tuang lilin warna biru ke dalam cetakan gelas isi sampai seperempatnya saja,dinginkan.sisakan sedikit untuk topping
4.      Tuang lilin warna kuning,dinginkan sisakan sedikit untuk topping
5.      Tuang lilin warna merah,dinginkan sisakan sedikit untuk topping
6.      Untuk membuat busa seperti salju dan es cream/whipped cream panaskan bagian warna putih,tuang ke dalam mangkok.Diamkan sampai ada lapisan putih di atasnya. Lalu kocok seperti mengocok putih telur sampai setengah membeku.Siap dipakai untuk busa ice cream sesuai selera.
7.      Tambahkan topping dengan cara mengambil sisa dari masing2 warna,bentuk bulat, letakkan diatas busa es cream.
Tips:

- jika anda ingin membuat warna berlapis:
Tuangkan warna A, dinginkan hingga keras
Lalu tambah warna B, dinginkan kembali hingga keras
Ulang ke warna A atau ke warna C, dst

- Jika warna lilin ingin lebih bergradasi (bercampur):
Sama dengan proses lilin lapis, hanya saat menuangkan lilin berwarna B tidak usah menunggu lilin berwarna A mengeras

- walau lilin berwarna-warni, aroma parfum harus sama

          Mungkin lebih baik kalau mengetahui beberapa masalah atau kesulitan yang timbul saat kita baru mencoba membuat lilin hias. Sehingga menghasilkan hasil yang terbaik dan tidak membuang waktu percuma. Ada beberapa masalah yang sering terjadi :

1. Api terlalu kecil. Disebabkan sumbu kecil, lilin terlalu keras. Solusi: Pakai sumbu yang lebih besar, kurangi Sterin.
2. Api terlalu  besar: Disebabkan sumbu lilin besar, lilin lunak. Solusi: Pakai sumbu yang lebih kecil, tambahkan Sterin.
3. Api cepat mati karena tenggelam: Disebabkan sumbu kecil, lilin lunak. Solusi: Pakai sumbu yang lebih besar, tambahkan Sterin.
4. Lilin meleleh keluar: Disebabkan lilin lunak, sumbu tidak ditengah, Solusi: Tambahkan Sterin, letakkan sumbu ditengah.
5. Susah dilepas dari cetakan: Disebabkan waktu menuang lilin terlalu panas, lilin lunak. Solusi: Tunggu beberapa saat sebelum menuang, tambahkan Sterin.
6. Permukaan lilin cekung: Disebabkan menyusut pada waktu dingin, belum ditambah ulang. Solusi: Panaskan cetakan, Tambahkan lilin cair setelah agak dingin.
7. Terlihat banyak garis horizontal: Disebabkan waktu menuang lilin kurang panas, cetakan terlalu dingin, campuran sterin kebanyakan, Solusi: Tambahkan suhu, panaskan cetakan sebelum dituang, kurangi jumlah sterin.
8. Bintik gelembung : Lilin waktu dituang suhunya kurang tinggi, menuang terlalu cepat. Solusi: Tambahkan suhu, tuang lebih perlahan


Yang Perlu anda Ketahui :
  1. Saat mencetak kalau bisa menggunakan wadah plastik, walaupun susah untuk dikeluarkan dari cetakan, kemudian masukkan kedalam kulkas maka akan mudah untuk dikeluarkan.
  2. Jika ingin sumbunya tidak mengeluarkan asap yang banyak, sebelum dijadikan sumbu rendam dengan air garam selama 3 jam kemudian keringkan.

Berikut ini Beberapa Contoh Kreasi Cetakan Lilin Hias Yang Unik dan Bernilai seni Tinggi

Gambar terkait


Lilin Hias - Kerajinan Tangan Dari Lilin

kerajinan dari lilin


Gambar terkait

Hasil gambar untuk macam - macam lilin hias yang unik


Artikel ini dirangkum Dari Berbagai Sumber dan pengalaman kami


      Sebelum Anda Menutup Halaman Ini ada baiknya anda berbagi kasih dengan  membagikan Informasi bermanfaat ini kepada teman - teman yang lain dengan cara menekan Tombol Share Di bawah Postingan ini, agar semakin banyak orang yang di berkati lewat informasi yang anda bagikan.




SEKILAS INFO PROMO GRATISAN


http://goo.gl/ctFNpk

Mau Pempers Gratis Premium Care New Born isi 13 Gratis ?  Tersedia 40 Ribu Paket Sample Gratis Isi 13 Pcs untuk Anda !


Good Luck!

Cek Info Promo Berikutnya Di --> Sini





http://ho.lazada.co.id/SH4FaE

* Solusi Belanja Murah Hemat Uang Belanja !!! Silahkan Klik Bannernya dan Dapatkan Diskonnya.








0 komentar:

Posting Komentar