Saya dan Anda adalah makhluk sosial cerdas yang di ciptakan Tuhan untuk mengetahui dan mempelajari segala yang ada di bumi ini, tak ada kata saya tidak bisa atau saya tidak tahu, "selama ada m'bah Google" Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan anda. bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA !!! DI SINI

Cara Mendapatkan Diskon 99 % di Lazada

Cara Mendapatkan Hadiah dari BukalapaK

Translate

Kamis, 27 April 2017

Cara Menambal Ban Tubeless Sendiri Dalam Keadaan Darurat

Banyak orang beranggapan kalau pakai Ban Tubeless itu lebih aman karena anti bocor ! perlu kami jelaskan bahwa Ban Tubeless itu bukan anti bocor, tapi lebih tepat jika kita katakan bahwa ban Tubeless itu lebih tahan bocor dan bukan anti bocor,  Tapi Walau pun Tahan Bocor, Ban tubeless pun sebaiknya begitu terkena paku di jalan, sebaiknya secepatnya di bawa ke bengkel atau ke tukang tambal ban tubeless profesional, atau bisa juga anda tambal sendiri, karena jika dibiarkan maka hal ini bisa merusak steel belt ban Tubeless tersebut. Seringkali ketika dalam keadaan darurat di mana paku yang cukup besar dan panjang tertancap di ban kendaraan anda, maka demi keamanan dan keselamatan sebaiknya anda segera menambal ban tersebut. ada beberapa metode dan tehnik yang bisa anda pelajari tentang bagaimana caranya menambal Ban Tubeless Sendiri dengan baik dan benar, bahkan ketika anda berada dalam Keadaan Darurat saat mengalami ban tubeless yang kempes karena tertusuk benda tajam di jalan, maka pengetahuan ini tentunya akan berguna bagi anda.


Selanjutnya, sebelum anda mempelajari dan memperaktekan bagaimana cara menambal sendiri Ban Tubeless anda yang tertusuk paku, anda tentunya harus memiliki perlalatan dan perlengkapan untuk proses penambalan Ban Tubeless, Harga alat dan perlengkapan tersebut tidaklah mahal, hanya kisaran di bawah 100 ribu rupiah saja, Biasanya, satu set tire repair kit terdiri dari alat congkel atau pelubang, pengait, lem tambal, amplas, serta bahan tambalnya, alat - alat ini akan sangat berguna jika anda memilikinya, sehingga dalam keadaan darurat ketika ban kempes di jalan anda bisa menggunakannya, paling tidak untuk sementara waktu sehingga anda bisa melanjutkan perjalanan anda sampai ke bengkel terdekat.  Pada umumnya di pasaran ada banyak sekali jenis - jenis set alat - alat dan perlengkapan tambal ban Tubeless mulai dari yang manual sampai yang otomatis juga ada, untuk mengetahui spesifikasi dan harganya selengkapnya silahkan anda Klik di -->   SINI

Atau Bisa Anda Cek di ---> 
SINI



Beberapa contoh alat - alat dan perlengkapan untuk menambal Ban Tubeless Serbaguna yang sudah banyak di jual di pasaran bisa juga anda simak selengkapnya di --> SINI


Jika anda sudah mengetahui dan mengenal alat - alat serta perlengkapan untuk menambal Ban Tubeless Serbaguna tersebut, maka selanjutnya anda bisa simak salah satu video tutorial yang berisi bagaimana caranya menambal ban Tubeless sendiri yang baik dan benar, sehingga tidak semakin merusak ban tubeless anda. Selamat menyimak !







Jika anda sudah menyimak video tutorial di atas, langkah selanjutnya menyimak langkah demi langkah yang harus anda kerjakan agar hasil tambalan anda cukup rapih dan ramah terhadap ban tubeless anda. Berikut ini penjelasannya :


Langkah Pertama adalah mencabut paku yang tertancap di ban Tubeless anda, Cara ini dilakukan jika ban bocor disebabkan karena adanya paku yang tertancap. Dalam hal ini, biasanya tire repair kit tidak menyediakan alat pencabutnya. Anda dapat menggunakan tang untuk mencabut pakunya.





Foto : By Wikihow


Langkah selanjutnya, lubangi titik kebocoran dengan alat pembuka lubangnya. Biasanya, alat pembuka lubang ini ujungnya berbentuk seperti mur. Masukkan ujung alat itu sekuat tenaga ke dalam lubang ban yang bocor, dan gerakkan maju mundur sampai lubang longgar.




Foto : By Wikihow


Setelah itu, ambil tambal yang terbuat dari karet. Bahan inilah yang akan digunakan untuk menambal titik kebocoran. Cukup gunakan setengah bagian karet. Setelah itu, masukkan karet ke lubang menggunakan pengait yang telah dilumuri lem. Masukkan hingga setengah inci. Ingat, jangan sampai karet tersebut masuk ke ban. Setelah itu, cabut pelan-pelan alat pengait.





Foto : By Wikihow


Setelah itu, tunggu karet dan lemnya sampai mengering, minimal sepuluh menit. Gunting sisa karet yang menonjol




Foto : By Wikihow



Setelah benar-benar kering, Anda tinggal mengisi angin seperti biasa. Ingat, dalam perjalanan selalu bawa juga pompa ban portable agar proses menambal ban tubeless yang bocor dapat benar-benar dilakukan sendiri sampai selesai ! - Pompa Portable seperti apa ? anda bisa lihat gambarannya di  SINI

Atau Bisa Anda Cek di ---> 
SINI




Foto : By Wikihow



Selain cara di atas, ada cara yang katanya lebih cepat dan Gak Pake Repot ! Berikut ini Cara Tambal ban Tubeless dengan Lem Cair Korea atau biasa di sebut Power Glue yang harganya cuman 1000 perak itu. soal kekuatannya silahkan anda uji sendiri. - cara ini memang lebih praktis.


Cabut kawat pake tang


Pertama - tama sudah pasti cabut dulu dong pakunya yang tertancap di ban dengan tang.


lem dimasukkan diantara dinding ban yang sobek agar lem menjangkau dinding karet ban bagian dalam


Langkah berikutnya teteskan lem cair power glue ke lubangnya. Langkah selengkapnya bisa anda simak di bawah ini :

Caranya adalah
  1. Mendongkrak roda yang bannya bocor ( ban tidak perlu dilepas ).
  2. Putar setir agar ban mengarah keluar spakboard.
  3. Pompa sampai penuh lalu putar perlahan sambil disirami air.
  4. Setelah tampak gelembung udara pertanda bocornya, tandai daerah bocor (sebaiknya lingkari pake tip-ex).
  5. Cucilah hingga bersih daerah bocor itu lalu dilap dengan lap kering.
  6. Setelah kering tetesi dengan lem power glue sehingga lem meresap ke dalam lubang. Cukup dengan lem power glue yang harganya Rp. 1000 saja. Bantulah dengan menusuk-nusukkan benda lancip seperti paku yang bersih ke lubang agar lem lebih lancar masuk. Lalu tunggu kering selama beberapa menit.
  7. Lalu pompa lagi


    --> SELANJUTNYA

Apa Sih Kelebihan-nya Tambal Ban Tubeless pakai lem cair ?

  1. Kuat dan anti gagal. Daya adesif lem power lebih tinggi dibanding daya kohesif karet sendiri, jadi titik ini menjadi lebih kuat daripada bagian yang lain. Tidak ada bagian yang mungkin copot atau terpental, karena hanya menggunakan lem, Life time guarantee !
  2. Tidak terjadi pelemahan sedikitpun pada jaringan ban.
  3. Tidak menambah massa yang mempengaruhi keseimbangan.
  4. Tidak akan pernah membutuhkan ban dalam sepanjang umur ban. Menggunakan ban dalam menambah biaya, menambah rumit setting roda, keandalan yang lebih rendah dan risiko kegagalan yang jauh lebih tinggi.
  5. Tidak tergantung pada orang lain dan tukang tambal ban maupun alat-alat yang lebih rumit. Dapat dilakukan sendiri dengan mudah, cukup bermodalkan sebuah lem pawer Rp.1000 saja, satu pompa sepeda anak-anak di rumah, dan dongkrak yang sudah ada. Biaya yang jauh lebih rendah. Satu tabung kecil lem pawer dapat menambal beberapa titik bocor.
  6. Kondisi ban tetap utuh, seolah-olah ban tidak pernah mangalami bocor. Tidak merusak jaringan karet, benang dan kawat ban.


Jangan Lupa gantilah Ban kendaraan anda jika sudah waktunya - Ban non tubeless biasanya mampu bertahan hingga 2 tahun lebih, sedangkan ban tubeless karena umumnya dibuat dengan kompone bahan yang lebih lunak, maka waktu pemakaian lebih pendek, untuk pemakaian sehari-hari bisa berkisar 1.5 tahun lebih.


Intinya Jika memang memungkinkan pakailah ban tubeless karena walau bukan anti bocor tapi minimal masih bisa jalan sampai bengkel terdekat atau sampai di tempat yang aman jika mendadak ban anda kena tusuk paku di jalan.

--> SELANJUTNYA
Loading...