Saya dan Anda adalah makhluk sosial cerdas yang di ciptakan Tuhan untuk mengetahui dan mempelajari segala yang ada di bumi ini, tak ada kata saya tidak bisa atau saya tidak tahu, "selama ada m'bah Google" Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan anda. bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA !!! DI SINI

KEJUATAN VOUCHER DISKON LAZADA

Cara Mendapatkan Hadiah dari BukalapaK

Translate

Kamis, 25 Mei 2017

Cara Membuat Sendiri Bawang Goreng Renyah dan Kering

Bawang goreng merupakan salah satu bahan taburan masakan yang sangat sering di gunakan, bahkan sudah menjadi bagian bumbu wajib sebagian masakan karena aroma bawang goreng yang wangi dan renyah tentunya cocok sekali dipadukan dengan menu makanan sehari-hari. Bawang goreng siap saji pun sudah banyak kita temukan di pasar atau di supermarket, namun terkadang citarasa dan juga kwalitasnya tidak sesuai dengan yang kita harapkan, selain harganya mahal, juga kurang fresh, sehingga terkadang yang tercium bukan aroma bawang goreng tapi justru aroma plastik, tapi tidak semua bawang goreng siap saji yang di jual di pasaran seperti itu kwalitasnya ada juga bawang goreng original yang enak namun agak sulit mendapatkanya. Terlepas dari semua itu, tidak ada ruginya jika anda belajar membuat Sendiri bawang Goreng yang renyah, harum dan kering, selain lebih hemat, lebih fresh dan juga higienis, mungkin saja ini bisa menjadi peluang usaha bagi anda. Mari kita simak bagaimana proses pembuatan bawang goreng yang renyah tersebut, namun sebelumnya anda bisa menyimak salah satu cuplikan video tutorial di bawah ini yang akan membuka wawasan anda bahwa membuat bawang goreng renyah itu sangat mudah, selamat menyimak !







Sebenarnya membuat bawang goreng itu sangat mudah, tapi kendalanya pasti anda tidak kuat mengiris bawang merahnya dalam jumlah banyak, karena akan menimbulkan rasa perih di mata, anda tidak perlu khawatir, karena di jaman moderen ini anda tidak perlu lagi mengiris bawangnya sampai nangis termehek - mehek, anda bisa gunakan alat pengiris bawang portable yang gak pake mahal dan gak pake susah, contoh alat pengiris bawang tersebut bisa anda lihat selangkapnya, silahkan anda Klik di --> SINI


Beberapa contoh Alat pengiris bawang yang murah meriah dan tentunya moderen serta banyak di jual di pasaran bisa  anda simak selengkapnya di --> SINI


Baiklah Jika anda sudah siapkan bahan - bahan dan alat - alatnya, sekarang kita bicarakan Proses pembuatan bawang goreng crispy - nya.

Berikut ini langkah - langkah pembuatan bawang goreng yang renyah dan kering atau tidak berminyak :

  1. Pilihlah bawang yang berkualitas yang cocok untuk dijadikan bawang goreng, yakni bawang segar dengan kadar air rendah.
Bawang merah mempunyai banyak varietas misalnya  ampenan, bima brebes, sumenep, medan, maja cipanas, super philip, india  dan lain-lain. Jenis bawang merah yang cocok digunakan ialah bawang merah Sumenep, madura. Dengan bentuknya yang agak lonjong, kadar airnya rendah dengan tekstur renyah. Atau dapat menggunakan jenis bawang brebes yang beraroma.
  1. Irislah bawang setipis mungkin dengan menggunakan pisau yang tajam. Bisa juga dengan menggunakan bantuan slicer, sehingga akan mendapatkan ketebalan irisan bawang yang sama.
  2. Rendamlah irisan bawang dalam air garam selama 25-30 menit. 1 sdm garam dicampukan dengan air 1 liter. Kemudian tiriskan.
  3. Setelah direndam, taburi bawang dengan tepung terigu atau bisa tepung maizena secukupnya. Atau bisa menggunakan campuran tepung terigu dan tepung kanji dengan perbandingan tepung 1:1.
  4. Jemur bawang 1-2 jam dengan wadah yang datar , kemudian di sebar rata sehingga bawang kering merata.
  5. Gunakan minyak goreng yang banyak sehingga bawang bisa terendam dengan sempurna. Gunakan panas api yang sedang dan sampai berwarna kuning keemasan kemudian angkat.
  6. Setelah selesai menggoreng, tiriskan bawang sampai minyak kering. Sebarkan bawang goreng diatas kertas tisu makanan sehingga minyak yang tertinggal bisa diserap secara baik. - Ingat jangan pakai kertas koran ya, karena tinta kertas koran sangat berbahaya bagi kesehatan !
  7. Apabila bawang sudah dingin, taruhlah dalam wadah yang bersih dan juga tertutup rapat, sehingga bawang akan tetap renyah. Simpanlah wadah yang berisi bawang goreng tersebut disuhu ruang dan tidak lembab.
Berikut ini adalah beberapa bahan yang harus anda siapkan dalam membuat bawang goreng:
  • Bawang Merah – untuk mendapatkan hasil yang terbaik, pilihlah bawang sumenep atau bawang brebes
  • Minyak Goreng Baru ( Jangan Pakai Minyak Bekas )
  • Garam
  • Tepung terigu atau tepung maizena

--> SELANJUTNYA

Loading...