Saya dan Anda adalah makhluk sosial cerdas yang di ciptakan Tuhan untuk mengetahui dan mempelajari segala yang ada di bumi ini, tak ada kata saya tidak bisa atau saya tidak tahu, "selama ada m'bah Google" Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan anda. bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA !!! DI SINI

Cara Mendapatkan Sample Gratis

Translate

Jumat, 30 Juni 2017

Cara Mudah Ganti Oli Motor Sendiri Dengan Metode Yang Baik Dan Benar

Walau kelihatannya Mudah, tapi anda harus tetap berhati - hati dan tetap memperhatikan semua ketentuan yang telah menjadi standart operasional pada saat anda mengganti sendiri oli motor anda di rumah. Mengganti oli sendiri di rumah memang tidaklah sulit, selain itu anda juga akan bisa menghemat biaya untuk jasa pengantian oli motor anda, mengganti oli motor bukanlah pekerjaan yang sulit terutama bagi anda yang suka merawat motornya sendiri di rumah di bandingkan membawanya ke bengkel. Jika anda mengganti oli motor anda di rumah, anda pun tidak perlu mengantri untuk mendapatkan layanan jasa penggantian oli di bengkel. Tetapi walaupun mengganti oli motor itu terlihat sangat mudah dan sudah sering anda lakukan, ternyata masih banyak yang tidak memperhatikan standart proses penggantian oli motor yang baik dan benar, sehingga berakibat fatal dan justru dapat merusak mesin motor anda. Beberapa hal yang harus anda perhatikan saat mengganti oli motor anda sendiri nanti akan kita uraikankan secara lebih jelas di bawah ini. namun sebelumnya anda harus memiliki sedikit pengetahuan tentang jenis - jenis oli motor serta spesifikasi lengkapnya yang cocok dengan jenis motor anda serta manfaat lebih dari oli yang akan anda gunakan, untuk lebih jelasnya anda bisa coba simak terlebih dahulu, silahkan anda -->  KLIK Di SINI



Atau Juga Bisa Di --> SINI




Beberapa contoh spesifikasi Oli Motor yang sudah banyak di jual di pasaran beserta keunggulannya bisa juga anda simak selengkapnya di --> SINI



Agar Lebih Jelas bagaimana Cara Mudah Mengganti Oli Motor anda Sendiri berdasarkan Metode Yang Baik dan Benar, sebaiknya anda simak dulu cuplikan video tutorialnya berikut ini, sehingga akan menambah wawasan anda tentang bagaimana mengganti oli motor yang baik dan benar sehingga mengurangi resiko kesalahan fatal saat proses penggantian oli motor berlangsung.






Berikut ini tips dan cara yang benar ketika mengganti oli motor :


Cara mengganti oli Sepeda Motor yang baik dan benar yang dapat anda lakukan sendiri di rumah dengan petunjuk sebagai berikut :

1. Persiapkan dulu alatnya seperti wadah untuk menampung oli,corong, tang, kunci ring untuk membuka baut tap oli, biasanya berukuran 12, 14, 17 dan 19 karena tiap motor berbeda-beda dan pastinya persiapkan oli baru. Perhatikan pula volume oli mesin anda sebelum membeli oli baru.

2. Pastikan saat akan mengganti oli mesin dalam keadaan hangat, ini bertujuan supaya oli yang terjebak di dalam mesin menjadi encer, sehingga mudah untuk mengalir keluar.

3. Tempatkan wadah untuk menampung oli bekas di bawah baut tap, kemudian buka baut tap tersebut dan biarkan oli mengalir, buka pula tutup oli bagian atas.

Cara Mengganti Oli


4. Untuk mempercepat proses membersihkan dan membuang sisa-sisa oli pada mesin hembuskanlah udara kompresor pada bagian lubang pengisian oli. Apabila anda tidak memiliki alat kompresor untuk menghembuskan udara, lakukanlah dengan cara menghentakkan kick starter secara berulang-ulang sampai pelumas yang masih menempel pada mesin ikut keluar. Ada pula cara mudah dan lebih aman namun waktunya lama, yaitu dengan cara mendiamkannya salama semalam sampai oli terkuras.

5. Bila semua proses di atas sudah selesai, langkah selanjutnya adalah tutup kembali baut tap mesin. Biasanya pada tipe motor tertentu terdapat saringan oli, bersihkan juga saringan oli tersebut apa bila terdapat kotoran.

6. Apa bila anda sudah yakin baut tap oli sudah terpasang dengan baik dan kencang, tuangkan oli yang baru, jangan lupa pakai corong atau kalau tidak ada bisa memakai alat seadanya untuk memudahkan anda memasukkan oli  yang baru agar tidak berceceran.

7. Pasang kembali tutup pengisian oli. Pastikan tutup terpasang dengan kencang dan motor siap di gunakan



Harap di Perhatikan :



Jangan Lupa Ikuti keterangan pada buku petunjuk motor Anda. Umumnya, mesin sepeda motor jenis bebek membutuhkan oli sebanyak 0,8 ml, sedangkan jenis sport sebanyak 1,0 l. Idealnya, pengisian oli tak boleh melebihi ambang batas. Pengisian harus berada di antara garis low dan full.
Apabila hal ini anda abaikan, pastinya potensial menyebabkan kerusakan secara jangka panjang pada beberapa komponen. Kerja pompa oli pun menjadi berat akibat volume pelumas yang melebihi ambang batas. Tentunya, hal ini berimbas pada akselerasi mesin.


Kesimpulannya :
1. Saat akan ganti oli motor maka sebaiknya kondisi mesin dalam keadaan panas. Anda bisa melakukannya setelah beraktivitas menggunakan motor. Mengapa sebaiknya ganti oli dalam keadaan mesin masih panas? Karena pada saat itu oli mesin dalam kondisi lebih encer sehingga mudah mengalir untuk keluar dari mesin dan kotoran-kotoran pada mesin akan ikut mengalir.

2. Siapkan wadah di bawah mesin untuk menampung oli yang akan keluar.

3. Buka baut penutup pembuangan, umumnya terletak di bawah bagian sebelah kiri blok mesin (crankcase). Untuk memudahkan saat membuka baut tersebut, posisikan motor dengan standar samping.

4. Selanjutnya bukalah baut pengisian oli yang terletak bagian atas sebelah kanan blok mesin.

5. Untuk mempercepat proses membersihkan dan membuang sisa-sisa oli pada mesin hembuskanlah udara kompresor pada bagian lubang pengisian oli. Apabila anda tidak memiliki alat kompresor untuk menghembuskan udara, lakukanlah dengan cara menghentakkan kick starter secara berulang-ulang sampai pelumas yang masih menempel pada mesin ikut keluar. Ada pula cara mudah namun waktunya lama, yaitu dengan cara mendiamkannya salama semalam sampai oli terkuras.

6. Bersihkan saringan pelumas. Posisi atau letaknya berada di baut pembuangan oli.

7. Setelah saringan pelumas dibersihkan, langkah selanjutnya adalah memasang kembali saringan pelumas tersebut dan jangan lupa untuk mengencangkan baut pada penutup pembuangan.

8. Proses selanjutnya yaitu mengisi bak mesin dengan oli yang sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan untuk motor anda melalui lubang pengisian pelumas oli.

9. Setelah selesai mengisi oli, pasang kembali baut pengukur dan kencangkan.

10. Proses ganti oli motor telah selesai dilakukan. Nyalakan mesin motor anda dan biarkan dalam keadaann stasioner selama beberapa menit agar pelumas bersirkulasi pada mesin.

11. Matikan mesin motor anda dan posisikan sepeda motor dalam posisi tegak dengan menggunakan standar tengah.

12. Periksa pada baut pengukur oli, pastikan tinggi permukaan berada pada batas atas baut pengukur.



--> SELANJUTNYA

Loading...