Hi Quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Langanan Via E-mail

Ayo Pelajari Carannya

Cara Mendapatkan Promo Barang Murah

Cara Belanja Lebih Irit dan Hemat

Cara Mudah Meracik dan Membuat Cat Tembok Sendiri




Bukanlah hal yang sulit meracik dan membuat cat tembok sendiri dari bahan - bahan yang bisa kita beli terpisah dan kita aduk sendiri sehingga menjadi cat tembok yang berkwalitas dan warnanya sesuai dengan selera anda,  anda bisa mempelajarinya di sini, bahan - bahannya pun bisa dengan mudah anda dapatkan di toko - toko bahan bangunan dan bahan kimia di kota anda, atau jika anda malas untuk mencarinya di pasar, anda bisa beli secara online. Siapa tahu artikel ini bisa menginspirasi anda menjadi pengusaha Pabrik Cat Tembok di daerah anda. sebelum membahasnya lebih lengkap tentang bagaimana langkah - langkah meracik cat tembok yang berkwalitas serta apa saja bahan - bahan yang di butuhkan, mari kita saksikan sejenak video tutorial berikut ini yang berisi bagaimana caranya bikin cat tembok dan tehnik pengadukan yang benar, agar semua bahan - bahan yang di campurkan tercampur dengan sempurna, selamat menyaksikan !






Aneka Jenis Cat Tembok Buatan anda yang Indah Warnanya ini Bisa anda applikasikan Ke Berbagai Benda, benda - benda tersebut bisa anda dapatkan daftarnya secara online, silakan --> KLIK DI SINI


Atau Di --> SINI



Iniilah proses atau Langkah - Langkah Membuat Cat Tembok Sendiri dengan bahan - bahan oplosan sbb :

Bahan yang diperlukan :
  1. CaCO3  :   Kalsium karbonat   =        2kg
  2. TiO2      :   Titan Dioksida        =        2 ons
  3. P.V.A.C :   Propylene Vinyl Acrylic  1 kg
  4. H2O       :  Air  ( air matang )   =         3/4 Liter
  5. Pigmen Colour                  Secukupnya
  6. Kaolyn                                    1 kg
  7. Pine Oil                                  10 cc

Setelah bahan tersedia mari kita mulai untuk proses pembuatannya :

    ( larutan a ) yaitu CaCO3 Dilarutkan dengan Air dan P.V.A.C diaduk sampai benar - benar larut / atau senyawa disarankan memakai pengaduk mesin semacam pengaduk / mixer kue dan sejenisnya.
     TiO2  dilarutkan pada larutan a diaduk sampai merata ( larutan b )
     Kaolin dilarutkan pada larutan b kemudian setelah tercampur rata tambahkan Pigment colour diaduk terus sampai rata. jika sudah larutan ini sudah menjadi cat mentah yang disebut blank point.
    Supaya cat mentah tersebut  apabila nantinya warnanya tidak berubah jika ditambahkan dengan air, maka larutkanlah pine oil.


Catatan bentuk dan jenis bahan :

    CaCO3  :   Kalsium karbonat  berbentuk tepung putih, sifatnya mudah larut dengan air, senyawa dengan kulit manusia.
     TiO2      :   Titan Dioksida bentuknya seperti tepung putih juga namun sifatnya yaitu lengket, mudah bersenyawa dengan H2O / Air , tetapi tidak senyawa dengan kulit manusia jadi kalau bahan ini kita taruh pada kulit lalu kita gosok tetap tidak bisa hilang, lain halnya dengan CaCO3 jika kita gosok maka akan hilang.
    P.V.A.C ini bentuknya putih lengket, berfungsi agar cat tembok tidak luntur.
    Pigment colour ini adalah pewarna khusus untuk membuat cat tembok, tetapi untuk jenis warna ini juga bisa digunakan untuk sablon kain / kaos.
    Kaolyn bentuknya serbuk putih tetapi agak kotor terbuat dari tanah putih
    pine oil gunanya untuk penguat warna dan aroma
Langkah - langkah yang Lebih Lengkap lagi, Bisa anda simak di bawah ini :

Bahan-bahan Yang Di Butuhkan !

1. Calsium Carbonate (CaCO3)

Bahan Calsium Carbonate (CaCO3) ini berbentuk seperti tepung dan berwarna putih. Bahan ini memiliki sifat yang mudah larut dengan air dan senyawa dengan kulit manusia. Jadi, bahan ini aman dan mudah hilang jika terkena kulit anda.

2. Titan Dioksida (TtiO2)

Bahan Titan Dioksida (TtiO2) juga berbentuk seperti tepung berwarna putih, namun sifatnya lebih lengket tapi tetap mudah larut dengan air. Bahan Titan Dioksida (TtiO2) ini tidak senyawa dengan kulit anda. Jadi, bahan ini tidak mudah hilang jika terkena kulit anda. Jika anda ingin membuat cat tembok berwarna putih anda dapat menggunakan Titan Dioksida (TtiO2).
Namun jika anda ingin membuat cat tembok berwarna, anda dapat menggunakan Pigmen Warna (pewarna sablon kaos) dengan warna sesuai dengan keinginan anda.

3. Propyline Vinyl Acrylic (PVaC)

Bahan Propyline Vinyl Acrylic (PVaC) ini berwarna putih dan lengket. Fungsi dari bahan ini adalah sebagai perekat atau penguat cat tembok anda agar tidak mudah luntur.

4. Kaolyn atau Bolus Alba

Bahan Kaolyn ini berbentuk sperti tepung berwarna putih. Bahan ini berfungsi sebagai obat jamur dan pengawet pada cat tembok buatan anda.

5. Pine Oil

Bahan ini berguna untuk penguat warna dan penguat aroma dari cat tembok buatan anda.

6. Air dan Pewangi

Air digunakan sebagai pelarut dan jika anda ingin membuat aroma cat tembok anda lebih wangi, anda dapat menggunakan pewangi. Namun, hal ini bergantung dengan selera anda
Setelah semua bahan-bahan pembuat cat tembok di atas telah tersedia. Barulah, anda dapat memperhatikan langkah-langkah di bawah ini untuk membuat cat tembok sendiri.

Langkah Pembuatannya !

1. Langkah yang pertama adalah anda cairkan Propyline Vinyl Acrylic (PVaC) dengan air.

2. Kemudian, barulah anda campurkan Propyline Vinyl Acrylic (PVaC) cair dan Calsium Carbonate (CaCO3) dengan air, lalu aduk semua bahan tersebut hingga tercampur rata menggunakan mixer.

3. Setelah bahan tersebut tercampur rata, anda masukkan Titan Dioksida (TtiO2) atau pigmen warna sedikit demi sedikit sambil diauk hingga menjadi rata dan warna yang anda inginkan terlihat. Untuk pembuatan cat warna, sebaiknya takaran pigmen warnanya anda memiliki catatan takaran yang tepat.

4. Kemudian, tambahkan Kaolyn dan Pine oil pada campuran tersebut agar warna cat tidak mudah luntur dan cat tidak mudah berjamur, lalu aduk-aduk hingga semuanya tercampur rata.

5. Cat tembok buatan anda pun telah selesai dibuat dan dapat langsung anda gunakan atau anda masukkan ke dalam kemasan untuk di pasarkan kepada konsumen.
Untuk membuat cat tembok anda lebih mengkilap, anda dapat menambahkan bahan kilap cat, seperti : matt/doff, eggshell, semigloss, dan gloss. Semakin mengkilap cat tembok buatan anda maka kadar pigmen warna yang anda gunakan harus semakin rendah.


Ini Adalah Contoh Tepung Pigmen Warna !

cara membuat cat tembok


Selamat Mencoba !


Artikel ini dirangkum Dari Berbagai Sumber


      Sebelum Anda Menutup Halaman Ini ada baiknya anda berbagi kasih dengan  membagikan Informasi bermanfaat ini kepada teman - teman yang lain dengan cara menekan Tombol Share Di bawah Postingan ini, agar semakin banyak orang yang di berkati lewat informasi yang anda bagikan.



http://goo.gl/ctFNpk

Mau Pempers Gratis Premium Care New Born isi 13 Gratis ?  Tersedia 40 Ribu Paket Sample Gratis Isi 13 Pcs untuk Anda !


Good Luck!

Cek Info Promo Berikutnya Di Sini

3 komentar:

ali mustofa mengatakan...

Salam..
Mas kalo buat cat untuk kain, bahan apa yang harus di hilangkan..
Mohon infonya..
Terima kasih..

Bontor Purba mengatakan...

Mas Klu mau buat cat untuk kaca apa yah..makasih

baimkribo mengatakan...

mantap infonya mas

Posting Komentar