Kita bisa mempelajari semua caranya - belajar cara memperbaiki dan cara membuat, serta cara memproduksi semua yang kreatif, karena tak ada kata saya tidak bisa atau saya tidak tahu, "selama ada m'bah Google" Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan anda. bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA !!! DI SINI

Cara Mendapatkan Diskon Besar

Translate

Cara Mengatasi Indikasi Tulisan Yang Tampil di LCD Meteran Listrik Prabayar - Token

Masalah teknis atau Indikasi  penggunaan yang muncul di layar LCD Meteran Listrik Prabayar perlu kita akui memang masih menjadi salah satu kendala saat ini, biasanya yang membuat kita bingung di antaranya adalah muncul tulisan TERPAKAI / TERPUTUS / PERIKSA di layar LCD, bahkan ada yang juga yang muncul gambar telapak tangan.  Nah sering kali kita di buat bingung dengan Indikasi atau kode peringatan tersebut. Munculnya indikasi berupa tulisan tersebut di layar LCD Meteran Prabayar anda pastinya ada masalah yang terjadi dan harus segera di selesaikan agar anda kembali mendapatkan supply Listrik PLN secara normal. untuk itu anda perlu memahami arti satu persatu Indikasi yang ada di meteran listrik prabayar anda, agar ketika terjadi masalah anda tidak bingung dan panik. Berikut ini kami akan bagikan rangkuman semua notifikasi atau indikasi pada layar LCD meteran prabayar PLN beserta arti dan solusi permasalahnya, silahkan anda bookmark atau save agar anda tidak lupa. Namun sebelumnya anda bisa pastikan token listrik anda masih ada dan jika sudah habis anda bisa mengisinya secara online di ---> --->  SINI


Melalui Tabel di bawah ini, sedikitnya anda sudah bisa tahu arti dari Tulisan Indikasi atau Peringatan yang muncuk di LCD Meteran Listrik Parbayar anda, silahkan di baca dulu sebelum kita membahas solusi mengatasi masalahnya.






--> SELANJUTNYA



Selain Kode Indikasi atau Tulisan Peringatan yang muncul di pada daftar di atas, ada satu lagi kode atau indikasi dalam bentuk Gambar Tangan seperti gambar di bawah ini - nah itu artinya apa ? Mari kita bahas artinya atau penyebabnya mucul gambar tangan tersebut dan tentu saja berikut solusinya.







Muncul Gambar Tangan Pada Materan Listrik Token / Prabayar seperti gambar di atas di sebabkan oleh

1. Ada injeksi arus pada kabel fasa atau netral.

2. Kabel netral dari beban bergabung dengan kabel grounding.

3. Kabel netral bergabung dengan kabel grounding.

4. Anda menggunakan kabel grounding sebagai netralnya.

5. Kabel netral melewati alat pengatur tegangan.

6. Ada induksi medan magnet terhadap KWH Meter Prabayar.


Bagaimana Solusi untuk mengetahui titik permasalahan atau gangguan pada instalasi listrik di rumah anda yang menyebabkan Meteran Listrik Token Muncul Gambar Tangan tersebut adalah sbb :

1. Matikan arus listrik / dan pastikan pada posisi off semua Sub MCB yang berada di dalam rumah.
   
2. Tekan angka 44 lalu enter di KWH Meter untuk melihat Ampere. Standartnya jika seluruh Sub MCB pada posisi off maka nilainya adalah 0.00 A. Dan jika ada nilai maka artinya ada kebocoran arus, selanjutnya jika di tekan 44 enter kemudian ada nilai, maka cek satu per satu kabel di seluruh Sub MCB dengan tang ampere. Cek kabel yang nilainya sama dengan hasil di tekan 44 enter pada KWH Meter. Jika ketemu, lepas kabel tersebut kemudian cek lagi di KWH meter 44 enter. Jika hasilnya 0.00 A maka kebocoran arus telah hilang.

--> SELANJUTNYA


Kemudian Nyalakan lagi seluruh Sub MCB, kemudian cek apakah gambar tangannya sudah hilang. Jika belum hilang juga segera hubungi customer service Pelanggan PLN.

Harap hati – hati saat proses pengecekan Pastikan anda memakai sepatu, sendal, atau alas kaki yang tebal dan bersifat isolator. Karena listrik tidak terlihat dan sangat berbahaya, jika anda ragu sebaiknya serahkan hal ini kepada ahlinya atau langsung hubungi customer service Pelanggan PLN.



Masalah Berikutnya adalah Seringkali kita dihadapkan dengan keluhan pelanggan yang di LCD Meter Prabayar nya ada tulisan tErPutuS - Penyebab awal sebelum timbul tulisan tErPutuS, Ketika anda menggunakan listrik melebihi 1,7 x Daya Kontrak, meter prabayar maka listrik otomatis akan padam dan di LCD timbul tulisan dYLEbih. Solusinya anda harus menunggu 150 detik dan setelah 150 detik akan Listik akan nyala kembali.


Apabila kita tidak mengurangi pemakaian, dan terjadi padam sampai 5 kali, maka di LCD Meter akan mucul tulisan tErPutuS - jika terjadi seperti ini maka anda harus kurangi pemakaian beban Listrik di rumah anda dengan cara sebagian alat electronik atau lampu - lampu dipadamkan, kemudian tunggu setelah 45 Menit, Prabayar Maka Listrik otomatis akan menyala kembali.

--> SELANJUTNYA



Apa Arti Kode Error 01, 02, 03 dan Error lainnya yang muncul di Layar LCD Meteran Listrik Token atau Prabayar anda ?



Perlu anda pahami bahwa ada beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya notifikasi masalah pada meteran listrik prabayar, diantaranya adalah :

    Token Habis
    Beban pemakaian yang berlebihan
    Tutup atau cover meteran terbuka
    Deteksi Instalasi yang buruk
    Pemasangan arde ground yang tidak benar
    Instalasi listrik yang tidak sempurna

Begini cara mengatasi Pesan Error  02 pada meteran listrik prabayar

Kenapa pada meteran listrik prabayar saya muncul error  02  ? di beberapa meteran listrik prabayar error 02 ini ditandai dengan berkedipnya lampu LED meteran listrik prabayar dengan berwarna kuning dan dibeberapa merek meteran listrik keluar tulisan PERIKSA.


Apa penyebab error 02 tersebut  ?
Pada umumnya error 02 ini terjadi pada rumah / bangunan dengan instalasi listrik yang berada di dalam tembok dimana terdapat penyambungan yang tidak sempurna, pipa paralon listrik mengalami pecah, pengecoran dinding beton yang tidak sempurna dapat menyebabkan kebocoran dan menggangu instalasi listrik
   
Hal berikutbya adalah karena Instalasi listrik yang salah, ada kesalahan dalam pengawatan pada meteran listrik prabayar. Pastikan Anda tidak pernah mengutakatik pengawatan pada meteran listrik prabayar Anda.

Cara mengatasi error 02 pada meteran listrik prabayar ini,sebelumnya pastikan dulu penyebab diatas sudah Anda periksa jika memang tidak ada masalah maka anda bisa lakukan langkah berikut ini :

Cara Pertama

Matikaan seluruh perangkat elektronik yang terhung ke listrik terlebih dahulu
   
Matikan saklar meteran listrik kemudian diamkan lebih kurang 10 menit, dan kemudian hidupkan kembali.
   
Reset ulang meteran listrik prabayar Anda dengan cara : ketikkan 07 pada meteran lalu tekan Enter
   
Pasang kembali satu persatu perangkat elektronik Anda.

Jika dengan cara tersebut tidak berhasil ikuti langkah kedua berikut ini :

Cara Kedua

Lepas SM Yaitu : SR diputus terlebih dahulu intinya Fasa = Netral jika sudah tunggu kira-kira lebih kurang  7 menit, setelah itu Anda sambung kembali. Pesan Error 02 sudah hilang dari meteran , Setelah itu  Anda akan diminta dimasukkan No Tamper, No tamper ini berjumlah 20 Digit, no ini bisa Anda dapatkan pada PLN dengan telp ke no Costumer Service 123 kemudian minta  informasi tentang no tamper, dan sebutkan no meteran listrik Anda.

Untuk cara kedua ini hanya di sarankan yang berpengalaman dan mengerti di dunia listrik, jika Anda masih awam maka anda harus tetap menghubungi teknisi PLN di no contumer service 123 .


Kode Meteran Listrik Prabayar Beserta Fungsi atau Artinya
Berikut Cuplikan Video Penjelasannya



Cara menggunakannya: tekan kode (2 angka) yang diinginkan lalu tekan Enter

01     .     Menampilkan jumlah Kumulatif Pemakaian kWh
02         Menampilkan nilai daya maximum yg terpakai dalam bulan berjalan
03         Menampilkan tanggal, jam dan menit di mana pencapaian daya maximum terjadi dalam bulan berjalan
04         Menampilkan tegangan (Volt) yang terukur saat ini
05         Menampilkan arus listrik (Ampere) saat ini
06         Jumlah nilai kumulatif pembelian kWh selama ini
07         Menampilkan jumlah energi (kWh) yg tersisa / saldo
08         Perkiraan jumlah hari terhadap energi yang tersisa akan habis
12         Menampilkan nilai peringatan ambang batas energi tersisa (default 25kWh, tidak dapat diprogram)

Misal : jika nilai sisa energi <= 25kWh maka lampu indikasi di meter akan menyala, bar/batang indikasi pulsa akan berkedip dan suara alarm akan menyala selama 1 menit dan akan berulang 30 menit kemudian sampai dengan meter di isi pulsa melebihi ambang batasnya
13         Menampilkan Pembatas daya pada meter, jika nilai ini terlampaui maka listrik akan mati
14         Menampilkan nilai daya maximum yg terjadi selama bulan lalu
15         Menampilkan nilai jumlah pemakaian diluar batas yang dapat digunakan oleh meter.(default 0kWh, tidak dapat diprogram)
16         Menampilkan Nilai Penundaan Waktu Trip saat overload (default nya5 menit, bisa di program max 30 menit)
17         Menampilkan parameter waktu pemindahan data, yaitu pada tanggal 01 tiap bulan dan jam 00:00
18 – 30         Menampilkan nilai Konsumsi daya selama bulan berjalan, sampai 12 bulan
31         Menampilkan nilai daya terukur saat ini (dalam satuan Kilo Watt)
37         Menampilkan nilai durasi peringatan suara. (default nya 1 menit, bisa di program max 10 menit
38         Menampilkan nilai pemakaian kWh meter jika contactor pada meter mengalami kerusakan
39         Memastikan akurasi Kristal RTC, jika benar akurasi nya maka tampilan nya sebagai berikut
40         Menampilkan pada LCD berapa kali terjadi pembukaan cover pada
41 – 45         Menampilkan tanggal dan jam waktu terakhir membuka cover meter sampai 5 kali
46         Menampilkan nilai dari Jumlah trip dikarenakan melebihi pembatas daya (Overload/Kelebihan beban)
47         Menampilkan tanggal dan jam waktu terakhir terjadi overload
48 – 51         Menampilkan tanggal dan jam waktu terakhir ke-2 terjadi overload sampai 5 kali
52 – 57         Menampilkan jumlah meter Off dari supply tegangan/Jumlah berapa kali mengalami pemadaman (tersimpan sampai 5 kali)
58         Menampilkan nilai dari jumlah kejadian indikasi kesalahan pengawatan pada meter (jumper, reverse)
59 – 63         Menampilkan nilai dari jumlah kejadian indikasi kesalahan pengawatan pada meter (jumper, reverse)
65         Menampilkan ID dari meter, ID akan di tampilkan dalam 2 kali tampilan
76 – 80         Menampilkan 20 digit Token yang terakhir di entrykan di Meter. Akan ditampilkan 2 kali masing – masing 10 digit token ( yang dapat ditampilkan 5 pengisian terakhir )
82         Menampilkan Index dari tarif
83 – 87         Jumlah pembelian energi terakhir yang dapat ditampilkan (sampai 5 pembelian energi (kWh)


Kode dan Artinya Meteran Listrik Prabayar
Cara menggunakannya: tekan kode (3 angka) yang diinginkan lalu tekan Enter

800      …     Start kWh
801         Sisa Kredit
802         Tanggal
803         Jam
804         Nomor seri kWh meter
805         SGC
806         Alasan mengapa listrik padam
807         Status Meter
808         Konstanta meter (pulse/kWh)
809         Bearapa kali listrik pernah padam
812         Mematikan bunyi buzzer
813         Pemakaian kWh kemarin
814         Pemakaian kWh 1 bulan lalu
815         Tanggal pengisian kredit terakhir
816         Waktu pengisian kredit terakhir
817         Jumlah kredit yang dimasukkan terakhir
821         Pemakaian kWh 1 bulan lalu
822         Pemakaian kWh 2 bulan lalu
823         Pemakaian kWh 3 bulan lalu
824         Pemakaian kWh 4 bulan lalu
825         Pemakaian kWh 5 bulan lalu
831         Jumlah pengisian kredit satu 1 bulan lalu
832         Jumlah pengisian kredit satu 2 bulan lalu
833         Jumlah pengisian kredit satu 3 bulan lalu
834         Jumlah pengisian kredit satu 4 bulan lalu
835         Jumlah pengisian kredit satu 5 bulan lalu



Kode pada Meteran Listrik Prabayar dan Funsinya

Cara menggunakannya: tekan kode (2 angka) yang diinginkan lalu tekan Enter

00      …     Restart Meter
03         Total kWH listrik yang telah lalu
07         Batas kWH
09         Daya yang digunakan
41         Voltase listrik
44         Ampere yang sedang terpakai
47         Daya yang sedang terpakai
54         Kode TOKEN terakhir
59         Jumlah kWH pengisian terakhir
69         Counter jumlah berapa kali mati
75         Cek ID Meter PLN Prabayar
79         Cek batas minimal alarm
456xx         Merubah batas minimal alarm misal 45605 untuk 5kWH
78         Cek delay alarm dalam menit
123xx         Merubah delay alarm misal 12310 untuk 10 menit
90          Mematikan lampu LED


Bagaimana Cara Memasukkan Kode Token Listrik Prabayar

Masukkan 20 angka kode token voucher pada struk pembelian yang anda miliki lalu akhiri dengan menekan “ENTER  - Jika token di terima akan keluar Tulisan BENAR dan jika token anda ditolak maka akan keluar Tulisan GAGAL, mengapa demikian, penyebabnya adalah....


--> NEXT
Loading...