Mencari Tahu Cara Menguji Kekuatan Sebuah Kata Kunci di Mesin Pencari Google dengan Mengunakan Fasilitas Google Keyword Planner
Keberhasilan Sebuah situs web atau blog bisa menduduki peringkat halaman pertama di Browser Google adalah berkat peran penting dari sebuah kata kunci pencarian yang bisa kita kenal dengan nama Keywords - biasanya Keywords ini dipergunakan.untuk kata kunci mencari sebuah halaman web yang di inginkan, namun pada kenyataannya justru banyak sekali situs - situs yang pada akhirnya menjadi tenggelam dan tidak memiliki pengunjung di karenakan halaman tersebut salah dalam menempatkan kata kunci yang sesuai dengan artikel mereka. oleh sebab itulah perlu kita pahami dan kita uji kata kunci untuk halaman web kita, dan untuk mengatasi hal ini sekarang kita bisa melakukan Pengujian kekuatan keyword atau kata kunci yang akan akan di pergunakan untuk judul artikel dan isi artikel anda, caranya ternyata tidak serumit yang di bayangkan kebanyakan orang, Ayo Pelajari Caranya ! Cara Menguji Kekuatan Kata Kunci ( keyword ) di Browsing Google Search dengan Fasilitas Google Keyword Planner. Metode pngujian Kata kunci ini intinya anda harus mencari kata kunci yang familier dengan kultur dan budaya serta gaya bahasa yang pada umumnya di gunakan masyarakat awam pengguna internet. Misalnya saja kata kunci "Bagaimana Cara Membuat Tempe" bisa jadi jika di bandingkan dengan kata kunci "Gimana Caranya Bikin Tempe" kata kunci yang kedua ini lebih banyak yang menggunakan kerena memang kultur bahasa sehari - hari orang di indonesia pada umumnya memang demikian. Nah atas dasar pertimbangan inilah maka kami akan mengajak anda untuk mempelajari caranya Menguji Kekuatan Kata Kunci ( keyword ).
Berikut ini Kita akan mempelajari tentang jumlah pencari keyword (kata kunci) tiap bulannnya dan kompetisi keyword itu sendiri secara umum, untuk hal ini kita bisa gunakan fasilitas yang telah di sediakan google yaitu menggunakan fasilitas Google Keyword Planner.
Silahkan Anda simak Terlebih Dahulu Video Tutorial berikut ini Tentang Bagaimana cara Menggunakan Fasilitas Google Keyword Planner.
Ini alasannya mengapa kita harus melakukan riset
keyword (riset kata kunci), Manfaat melakukan riset kata kunci ini adalah kita
dapat mengetahui berapa jumlah pencari tiap bulannya terhadap “kata kunci” yang
kita selipkan pada artikel kita.
Cara menggunakan Fasilitas Google Keyword Planner
- 1. Anda harus membuat akun google (email)
- 2. Silahkan masuk ke halaman Google AdWords: Keyword Panner (https://adwords.google.com/KeywordPlanner)
Google AdWords
3. Silahkan Sign In dengan akun google (email) milik anda.
- 4. Maka akan muncul tampilan,
seperti pada gambar. Pilih Tools dan Search for new keyword and ad group ideas.
Tools
- 7. Disana akan muncul tampilan
jumlah pengunjung dari kata kunci “resep es krim” yang kita cari, kompetisi
atau persaingannya, sekaligus kata kunci turunan dan kita juga bisa mendownload
seluruh kata kunci turunan dari “resep es krim”.
Kata kunci turunan
- 8. Sebaiknya (khusus pemula, wajib) kita memilih yang kompetisinya rendah (low)
Keyword (kata kunci) yang
paling baik (ideal) adalah mempunyai jumlah pencari yang banyak dan sedikit
persaingannya. Kalau hal ini tidak memungkinkan (karena memang sulit
mencarinya), maka memakai alternatif yang kedua.
Alternatif kedua yaitu, keyword (kata kunci)
yang jumlah pencarinya menengah atau bahkan kecil tidak mengapa asalkan
persaingannya juga sedikit.
Ada dua tema pokok dalam pembahasn
kali ini;
1. Cara mengetahui persaingan keyword (kata kunci)
a.
Langkah
pertama, kita tentukan dulu kata kuncinya. Misalnya kita mengambil contoh kata
kunci “resep es krim” yang memiliki jumlah pencari setiap bulannya sebanyak
6.600 dengan kompetisi (persaingan) rendah (low).
b.
Langkah
kedua, kita coba masukkan kata kunci tersebut di mesin pencari google (google
search engine). Untuk mengetahui jumlah seluruh artikel yang terkait dengan
kata kunci tersebut. Disini terdapat 419.000 hasil.
c.
Untuk
mengetahui jumlah persaingannya secara pasti (real) tambahkan “allintitle:”
sebelum kata kunci yang kita masukkan. Real competisinya menjadi 13.000 hasil.
d.
Kalau
dengan keyword utama ini “resep es krim” masih terlalu berat persaingannya,
kita bisa mencoba keyword turunannya yang ada walaupun dengan jumlah pencari
yang jauh lebih sedikit. Dan coba cara ini sampai menemukan kata kunci atau
turunannya dengan jumlah persaingan yang rendah (sedikit).
2. Cara mengukur kekuatan lawan
a.
Langkah
pertama, masih dengan kata kunci yang sama yaitu “resep es krim”.
b.
Langkah
kedua , kita install add-ons Moz 2.65 ke browser Mozilla Firefox, dengan
mengikuti langkahnya
c.
Setelah
tools tambahan itu terinstall maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.
d.
Kalau
dirasa persaingannya juga masih berat, kita bisa coba keyword turunannya. Seperti
cara (1.d) di atas.
Jika anda sudah mahir dengan langkah di atas, anda dapat masuk ke pembahasan yang lebih Komplek dan mengarah kepada dunia bisnis on line
Cara Melakukan Penelitian Kata Kunci Untuk Menggarap Project Web Site Profesional
Menentukan kata kunci paling bernilai untuk sebuah situs web adalah hal
yang penting untuk memproduksi dan mengubah penjualan web. Anda
seharusnya mendedikasikan waktu untuk melakukan curah pendapat (brainstorming), meriset, dan menguji kata kunci sebelum menggunakannya untuk Optimisasi Mesin Pencari (Search Engine Optimization/SEO). Pelajari cara meriset kata kunci dengan proses di bawah ini.
Pilihlah beberapa orang yang sangat familier dengan produk Anda untuk menuliskan, menurut mereka, 1-3 kata dan kombinasi kata terbaik yang mendeskripsikan apa yang Anda jual..
Pilihlah beberapa orang yang sangat familier dengan produk Anda untuk menuliskan, menurut mereka, 1-3 kata dan kombinasi kata terbaik yang mendeskripsikan apa yang Anda jual..
Pastikan Anda memiliki setidaknya 10 kata untuk setiap jenis kata kunci. Berikut ini adalah jenis umum kata kunci:
- Nama merek. Gunakan merek produk Anda. Ini penting jika orang sudah tahu tentang produk, karena Anda dapat memprogram situs web atau iklan Anda untuk mengarahkan mereka ke halaman produk Anda.
- Istilah produk. Buat daftar 10-20 produk paling populer yang Anda jual. Pada titik ini di dalam proses ini, orang mungkin tidak tahu tentang Anda, tetapi mereka berusaha mencari satu produk spesifik.
- Kata kunci pesaing. Pastikan produk terbesar pesaing Anda disertakan, untuk dibandingkan di situs Anda. Meskipun hasil pencarian produk Anda akan muncul setelah situs web pesaing, ini akan membantu Anda bersaing.
- Benda pengganti dan pelengkap. Jika tahu bahwa orang sering membeli produk-produk secara bersamaan, buat daftar istilah dalam pencarian yang meliputi benda-benda pelengkap. Misalnya, orang yang mencari sepatu cokelat mungkin juga mencari kaus kaki cokelat.
- Riset istilah audiens. Ini adalah istilah tren dan populer yang mungkin berlaku pada demografis yang membeli produk Anda, alih-alih produk itu sendiri. Ingatlah bahwa Anda seharusnya dapat menyebutkan tren ini di situs web Anda tanpa perlu dipaksa. Untuk menggunakan istilah audiens dengan baik, Anda akan perlu mempelajari demografis pemasaran Anda atau menyewa seseorang untuk melakukan analisis pasar.
Silahkan Anda Akses situs soovle.com untuk menemukan pencarian yang paling umum di situs-situs besar.
Ketikkan 1 kata dan situs akan menyarankan kata-kata terkait di mesin pencari populer.
Ketikkan 1 kata dan situs akan menyarankan kata-kata terkait di mesin pencari populer.
- Proses ini dapat membantu Anda menemukan kata kunci berekor panjang yang bernilai. Ini adalah kombinasi 2-4 kata yang sangat ditarget, tetapi lebih jarang dicari.
Ulangi proses ini untuk setiap situs web. Jika situs web Anda menjual ratusan produk berbeda, daftar Anda seharusnya lebih luas.
Ketahuilah Popularitas Kata Kunci anda dengan cara akses ke perangkat kata kunci gratis Google. di adwords.google.com/o/KeywordTool.
- Google telah mengatakan bahwa mereka akan menutup perangkat kata kunci luar; namun, Anda akan dapat mengakses "Keyword Planner" dengan membuat dan masuk ke akun Google AdWords.
Jika masih kurang, Cobalah akses www.semrush.com. Ini adalah perangkat pencari
kata kunci alternatif. Carilah pilihan yang gratis, karena situs
menawarkan baik pilihan berbayar maupun gratis.
Ini Yang paling Penting, Buang istilah yang memberikan hasil yang sangat rendah ketika anda meneliti perangkat kata kunci Anda. Lakukan pencarian pada setiap mesin penjari besar. Gunakan Google, Bing, dan situs lain untuk hanya mencoba pencarian dengan istilah-istilah Anda.
Catat pencarian mana yang memiliki beberapa iklan berbayar di kolom samping dan mana yang tidak. Anda dapat menemukan istilah mana yang merupakan istilah pencari bernilai tinggi.
Ini Yang paling Penting, Buang istilah yang memberikan hasil yang sangat rendah ketika anda meneliti perangkat kata kunci Anda. Lakukan pencarian pada setiap mesin penjari besar. Gunakan Google, Bing, dan situs lain untuk hanya mencoba pencarian dengan istilah-istilah Anda.
Catat pencarian mana yang memiliki beberapa iklan berbayar di kolom samping dan mana yang tidak. Anda dapat menemukan istilah mana yang merupakan istilah pencari bernilai tinggi.
Lihat apa yang dilakukan oleh pesaing Anda. Pergilah ke semrush.com dan ketikkan situs web pesaing.
- Anda seharusnya akan melihat daftar kata kunci organik dan iklan. Bandingkan itu dengan daftar Anda untuk melihat seberapa bernilai kata kunci tersebut.
Analisis kata kunci bernilai tinggi. Anda dapat
menentukan apakah Anda memiliki anggaran untuk membayar kata kunci
tertentu dengan melihat informasi biaya per klik (cost per click/CPC).
- Sebagian besar iklan bayar per klik (pay per click/PPC) berfungsi dengan menawar angka CPC. Istilah umum, tren, dan industri mungkin terlalu mahal untuk ditawar oleh beberapa perusahaan. Anda dapat menggunakan istilah-istilah tersebut dalam SEO organik, tetapi mungkin bukan merupakan tambahan yang bagus untuk daftar kata kunci iklan PPC Anda.