Hi Quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Langanan Via E-mail

Ayo Pelajari Carannya

Cara Belanja Lebih Irit dan Hemat

Cara Mudah Membuat Aneka Kerupuk




Tidaklah sulit jika anda ingin memproduksi aneka kerupuk secara tradisional di rumah, karena sejak jaman dahulu kala sampai dengan jaman moderen sekarang ini, proses pembuatan kerupuk tetaplah sama, Kerupuk memang bisa dibuat secara manual atau dengan alat tradisional. Namun, untuk memenuhi permintaan pasar yang tinggi, kerupuk perlu diproduksi dengan mesin agar lebih efisien dan hasilnyapun lebih seragam serta bisa menghemat tenaga kerja.

Ayo pelajari !!! Cara Mudah Membuat Aneka Kerupuk

Jika bahan seperti tepung tapioka, daging ikan (opsional), bumbu, dan pewarna makanan sudah disiapkan, lalu dimasukkan ke mesin pengaduk agar tercampur rata. Harga mesin molen ini bervariasi, mulai dari Rp 6,5 juta untuk kapasitas 5-10 kg sekali proses sampai Rp 9 juta untuk kapasitas 40-50 kg.

Setelah diaduk sekitar 30 menit, adonan dimasukkan ke mesin pencetak. Bentuknya bermacam-macam, bisa berupa kerupuk aci kotak (Rp 20 juta) sampai kerupuk aci bulat (Rp 27,5 juta). Tersedia pula mesin pencetak kerupuk keong dan gendar.

Jika adonan dibentuk silindris memanjang seperti lontong, Anda bisa menggunakan mesin pemotong kerupuk lontongan berkapasitas 100-200 kg seharga Rp 4,5-9 juta.

Mesin pencetak ini dapat menghasilkan 35.000 kerupuk dalam sehari, sama seperti dibentuk secara manual. Bedanya, hanya butuh dua pekerja untuk mengoperasikan mesin, sedangkan membentuk kerupuk dengan tangan memerlukan tujuh orang.

Adonan kerupuk yang sudah dicetak ditempatkan di wadah kukus dengan 100 rak. Jika satu rak bisa memuat 25 adonan kerupuk, berarti dalam sekali pengoperasian ada 2.500 adonan kerupuk yang dikukus. Proses ini dilakukan selama 10 menit atau hingga suhu mencapai 100 C dan adonan telah matang.

Langkah berikutnya adalah penjemuran yang bertujuan untuk mengawetkan adonan kerupuk dan membuatnya mengembang dengan baik saat digoreng. Penjemuran biasanya berlangsung selama dua hari sampai kerupuk berwarna cerah, tandanya sudah benar-benar kering. Jika sedang hujan atau matahari tak bersinar terik, kerupuk dikeringkan dengan oven.

Sebelum digoreng, kerupuk harus dipanggang dulu selama satu jam agar lebih mudah mengembang. Kerupukpun harus digoreng dua kali, yakni dengan minyak bersuhu rendah selama 3-5 menit sampai mengambang, lalu ke minyak panas selama satu menit saja agar tak gosong. Setelah itu, kerupuk dikemas dan dipasarkan.

Agar lebih jelasnya anda dapat menyaksikan tayangan Video tutorial tentang cara proses pembuatan kerupuk secara tradisional berikut ini :


Untuk menambah wawasan anda, simak contoh aneka jenis Kerupuk dan harganya serta contoh kemasannya yang bisa anda lihat secara online, silahkan anda ---> KLIK DI SINI



Atau Di --> SINI








Pada intinya Proses pembuatan kerupuk apa pun tetap sama prosesnya, baik itu kerupuk udang, kerupuk bawang, kerupuk kulit, dan aneka kerupuk lainnya, yang membedakan hanyalah cita rasanya dan bahan - bahannya, berikut ini kami sajikan berbagai macam resep kerupuk tradisional yang ada di indonesia dan erbagai aneka macam kerupuk yang enak dan gurih tersebut dapat anda buat dengan cara memperhatikan setiap langkah demi langkah resep dibawah ini, dan walaupun banyak pilihan anda tidak perlu khawatir, nantinya anda bisa mempraktekkan satu persatu.

Resep Kerupuk Bawang


Bahan Kerupuk Bawang
1 1/2 kg tepung terigu
15 siung bawang putih
3 bawang bombay, dihaluskan
5 sdt ketumbar bubuk
3/4 sdt merica bubuk
1 1/2 sdt soda kue
5 sdt kaldu bubuk
4 sdm seledri
1/2 liter air mineral matang
minyak goreng secukupnya (untuk menggoreng)
Cara Membuat Kerupuk Bawang

Cara Membuat Kerupuk Bawang

  1. Campurkan semua bahan kecuali air dan minyak goreng.
  2. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil mengaduk adonan sampai rata dan kalis. Untuk mengetahui apakah sudah kalis coba ambil sedikit lalu sobek. jika sobek maka belum kalis dan jika molor panjang berarti sudah kalis.
  3. Giling adonan sampai tipis. Gunnakan pisau untuk memotong adonan ataupun bisa menggunakan pemotong berbentu bulat. Ukuran terserah anda.
  4. Jemur dibawah terik matahari hingga kering.
  5. Goreng potongan adonan sampai terlihat kecoklatan.


Resep Kerupuk Ikan
Bahan Kerupuk Ikan
1/4 kg daging ikan, usahakan daging dari ikan tengiri
3 telur bebek
3 sendok makan garam
15 gram soda
1/4 kg gula
500 gram tepung tapioka
air secukupnya

Cara Membuat Kerupuk Ikan

Cara Membuat Kerupuk Ikan

  1. Campur semua bahan ke dalam wadah kecuali tepung tapioka dan air, aduk rata.
  2. Masukkan tepung tapioka lalu aduk sambil tuangkan air sedikit demi sedikit, aduk-aduk sampai kalis.
  3. Bungkus adonan dengan plstik namun usahakan menggunakan daun pisang. Bentuk bulat memanjang. Kukus sampai matang. angkat dan diamkan dahulu sampai dingin.
  4. Iris tipis menggunakan pisau.
  5. Tata rapi jangan sampai potongan kerupuk saling bertindihan. Jemur dibawah terik matahari sampai kering.
  6. Goreng kerupuk sampai terlihat kecoklatan.
Resep Kerupuk Tahu

Cara Membuat Kerupuk Tahu

Bahan utama Kerupuk Tahu
25 tahu pong atau tahu kulit asin
Rendaman
air secukupnya
garam secukupnya

Adonan
125 gram tepung terigu
3 sendok makan tepung beras
2 sendok teh kaldu bubuk rasa ayam
2 bawang putih, haluskan
1 sendok teh garam

Cara Membuat Kerupuk Tahu

  1. Potong 1 tahu menjadi 2 bagian. kerok dalamnya. balik tahu sehingga bagian dalam menjadi bagian luar dan begitupun sebaliknya.
  2. Campur bahan rendaman, aduk sampai garam larut.
  3. Masukkan tahu kedalam rendaman dan biarkan kira-kira 5 menit.
  4. Campur semua adonan sampai rata.
  5. Celupkan tahu kedalam adonan.
  6. Goreng hingga matang kecoklatan.
Resep Kerupuk Kulit
Bahan Kerupuk Kulit
1 kg kulit sapi
minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kerupuk Kulit

Cara Membuat Kerupuk Kulit
  1. Panggang kulit sapi untuk memudahakan membersihkan bulu-bulunya.
  2. cuci kulit sapi menggunakan air sampai bersih. biarkan sampai tiada airnya.
  3. Rebus kulit, jangan sampai terlalu empuk.
  4. potong kotak dengan ukuran 2x2 cm
Tips
  1. Gunakan banyak minyak goreng untuk menggoreng kerupuk khususnya kerupuk kulit karena jika jika tidak matang merata rasanya kurang gurih.
  2. Usahakan saat mengeringkan carilah kondisi saat matahari panas menyengat. Hal ini karena jika kerupuk tidak garing merata, saat selesai digoreng akan terasa keras.


    Cara Membuat Kerupuk Bawang Khas Solo
Photo

Bahan-bahan

300 gram Nasi Putih Pulen
5 siung Bawang Putih
secukupnya Garam
secukupnya Kaldu Bubuk

Langkah

Haluskan bawang putih, garam dan kaldu bubuk. Garam dan kaldu bubuknya sedikit saja dulu, nanti keasinan.

Campurkan bumbu halus tadi ke dalam nasi putih pulen, Aduk hingga rata. Cicipi rasa nya, jika kurang, ditambah garam dan kaldu bubuknya. Kemudian, kukus kurleb 15 menit. Perhatikan: rasa tdk boleh terlalu asin, hanya sebatas gurih dan bawang terasa.

Setelah 15 menit, keluarkan dr kukusan. Tumbuk atau uleg pada saat panas sampai halus. Jangan lupa ulekan dan wadahnya dialasi plastik es terlebih dahulu ya biar tdk lengket.
Dengan menggunakan sarung tangan plastik, bentuk adonan yg sudah halus lembek tdi menjadi bulatan2 kecil, kira-kira diameter 3cm. kemudian masukkan ke dalam magic com, agar adonan tetap hangat.

Untuk mencetaknya, saya menggunakan peralatan seadanya, hehe, pake 2 buah piring datar. Ambil 1 bulatan hangat, taruh di tengah bagian piring yg dialas plastik dan dioles sedikit minyak tipis, tutup dgn plastik lagi, kemudian di tekan dgn piring yg lain.

Nanti akan bulat seperti ini hasilnya. Tebal tipisnya, bisa disesuaikan selera ya, klo saya, suka yg tipis karena hasilnya nnti akan sangat renyah.

Setelah itu tata di atas tampah, atau jika tidak ada, bisa gunakan loyang. Langsung jemur di bawah terik matahari. Dari pengalaman saya, jika cuaca cerah dan terik, saya jemur jam 9 pagi, nnti jam 3-4 sore sudah kering. setelah kering, jadinya akan seperti ini. Berwarna bening transparan, seperti warna alami nasi. Pada kerupuk karak yg memakai boraks, akan sangat terlihat perbedaannya, warnanya akan cenderung kuning keabuan atau putih keabuan.
Untuk menggorengnya, panaskan minyak goreng sampai minyak nya tua, kecilkan api. Goreng kerupuk karak dengan api yg kecil-sedang. Kerupuk karak bawang khas Solo nan renyah dan sehat siap dihidangkan.

Cara Membuat Kerupuk Wortel

Wortel merupakan salah satu sayuran yang sudah tidak asing bagi semua orang di seluruh penjuru dunia. Dari bentuknya yang memanjang serta warnanya yang sebagian besar orange atau merah muda menjadikan wortel salah satu sayuran yang mudah dikenali. Sebagian besar dari kita juga pasti mengetahui bahwa sayuran tersebut memiliki banyak manfaat dan sangat baik untuk menjaga kesehatan organ mata. Jadi, makan wortel secara langsung atau dibuat jus serta sayuran sangat dianjurkan. Namun ternyata selain memakannya langsung, dibuat jus atau jadi pasakan sayuran, wortel juga bisa disajikan dengan konsep camilan kerupuk di mana wortel sebagai bahan utamanya. Camilan yang menggunakan wortel ini dibuat dengan konsep kerupuk dan dinamai dengan kerupuk wortel. Siapa sangka ternyata jenis makanan berbahan dasar wortel ini bisa jadi santapan yang renyah dan gutih. Bagi anda pecinta kuliner yang ingin mencoba membuatnya di rumah, kami sajikan resep cara membuat kerupuk wortel untuk sajian camilan keluarga anda.


kurupuk


Langkah pertama yang harus anda lakukan tentunya adalah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk pembuatan kerupuk wortel. Bahan-bahannya adalah:
Bahan-bahan/bumbu-bumbu
  • 100 gram wortel, diparut halus
  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 25 gram tepung maizena
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 25 gram gula tepung
  • 1 butir telur
  • 1/2 sendok teh garam
Bahan taburan
  • 50 gram gula tepung
  • 2 sendok teh kayu manis bubuk
Langkah kedua yaitu pengolahan bahan-bahan yang sudah disediakan tadi dengan cara :
1. Campurkan semua bahan lalu diaduk sampai tercampur rata
2. Uleni dengan tangan sampai adonan kalis dan tidak lengket ditangan
3. Kemudian adonan dibungkus dengan daun pisang gulung memanjang dan kukus selama 2 – 3 jam sampai adonan benar-benar matang
4. Angkat dan dinginkan adonan lalu iris tipis, jemur sampai benar-benar kering ( 2 – 3 hari )
5. Panaskan minyak diatas api sedang dan goreng adonan yang sudah kering sampai merekah, angkat dan tiriskan
6. Taburi dengan bahan taburan yang sudah disiapkan tadi
7. Simpan dalam toples, kerupuk wortel siap disantap.


Cara Membuat Kerupuk Kentang

Kentang memang enak dijadikan makanan apa saja, baik dijadikan kentang goreng, kentang rebus, ataupun keripik kentang. Namun mungkin anda tidak pernah tahu bahwa kentang juga bisa dijadikan kerupuk kentang. Kerupuk kentang memang masih kalah populer bila dibandingkan dengan keripik kentang. Penjual kerupuk kentang pun terbilang masih sedikit dibanding penjual keripik kentang yang memang sudah menjamur. Namun rasa kerupuk kentang tidak kalah enaknya dengan keripik kentang.



Meskipun tidak segurih dan serenyah keripik kentang, kerupuk kentang mempunyai kelebihan tersendiri, tekstur kerupuk kentang yang empuk dan sensasi gurihnya yang tidak berlebih akan memberikan rasa enak yang khas dan membuat siapapun yang menikmatinya dijamin akan ketagihan. Kerupuk kentang ini memang sangat sulit untuk didapatkan, namun kita mungkin bisa menemukan kerupuk kentang ini pada menu makanan masyarakat sunda jawa barat. Bagi kalian ingin mencoba membuat kerupuk kentang dirumah sendiri, berikut ini resep cara pembuatan kerupuk kentang yang gurih dan renyah




Bahan-bahan untuk pembuatan kerupuk kentang:

  • Kentang 1 kg 
  • Tepung sagu 1 kg 
  • Bawang putih 1 ons 
  • Garam secukupnya 
  • Pewarna makanan jika ingin warna kerupuk warna-warni


Cara membuat kerupuk kentang:

  1. Rebus kentang sampai matang, jika sudah matang, angkat dan tiriskan kentang, kupas kulit kentang lalu haluskan 
  2. Campurkan kentang yang sudah halus tadi dengan bahan-bahan diatas seperti tepung sagu, bawang putih, dan garam, lalu aduk sampai merata 
  3. Agar kerupuk menjadi kaya warna, pisahkan adonan tadi menjadi 4 bagian adonan, tiap adonan beri pewarna makanan dengan warna yang berbeda-beda 
  4. Setelah itu giling masing-masing adonan hingga pipih sekitar 0,5 cm. Setelah menjadi pipih, tumpuklah keempat adonan  tersebut hingga menjadi lonjong memanjang, panjangnya per satu  jengkal 
  5. Kukus selama 30 menit 
  6. Setelah dikukus, angkat dan dinginkan untuk dipotong menjadi tipis-tipis 
  7. Jemur kerupuk kentang tersebut sampai kering 
  8. Bila sudah benar-benar kering, kerupuk kentang siap digoreng dengan minyak panas 
  9. Kerupuk kentang siap dimakan dan dihidangkan.

Cara Membuat Kerupuk Amplang
Kalimantan Selatan mempunyai camilan sejenis kerupuk yang dikenal dengan sebutan "Amplang". Awalnya, bahan baku utama pembuatan Amplang adalah ikan pipih (Notopterus chitala H.B.) yaitu sejenis ikan air tawar yang habitat alamnya adalah sungai dan rawa. Tapi seiring dengan semakin langkanya ikan pipih, perajin amplang memilih ikan tenggiri atau ikan gabus untuk dijadikan bahan baku utamanya dikombinasikan dengan berbagai rempah dan bumbu khas resep turun temurun!  


Resep Amplang, Camilan Urang Kalimantan




Dengan tekstur olahan yang renyah dan lembut, plus aroma dan rasa ikan yang menggoda, hhmm….maknyuus! Dijamin bikin Anda ketagihan! Sentra pembuatan amplang paling terkenal adalah di daerah Kabupaten Kotabaru, tapi sekarang seiring perkembangan pariwisata di seluruh wilayah Kalimantan Selatan yang begitu pesat menjadikan sentra industri amplang mulai meluas dan berkembang di berbagai daerah di Kalimantan Selatan.



Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  1. Ikan Tenggiri/belidak  1 Kilogram
  2. Tepung Kanji  2 Kilogram
  3. Air 750 ml
  4. Garam 4/5 ons
  5. Bumbu penyedap 1/5 ons
  6. Bawang Putih 5 Biji

Cara Pembuatan :

  • Campurkan Ikan, Tepung, Air, Garam dan Bumbu penyedap  diaduk sampai rata. 
  • Adonan dibentuk seperti lenjeran dan besarnya disesuaikan keinginan.
  • Amplang yang telah siap dipotong halus-halus lalu digoreng dalam minyak yang banyak selama lebih kurang 30 menit sehingga benar-benar kering. 
  • Semasa menggoreng, produk hendaklah sentiasa di aduk supaya tidak hangus.
    Amplang yang telah digoreng, ditiriskankan untuk membuang sisa-sisa minyak

Selamat Mencoba.Artikel iini dirangkum Dari Berbagai Sumber

Sebelum Anda Menutup Halaman Ini ada baiknya anda berbagi kasih dengan  membagikan Informasi bermanfaat ini kepada teman - teman yang lain dengan cara menekan Tombol Share Di bawah Postingan ini, agar semakin banyak orang yang di berkati lewat informasi yang anda bagikan.


SEKILAS INFO PROMO GRATISAN


http://goo.gl/ctFNpk

Mau Pempers Gratis Premium Care New Born isi 13 Gratis ?  Tersedia 40 Ribu Paket Sample Gratis Isi 13 Pcs untuk Anda !


Good Luck!

Cek Info Promo Berikutnya Di --> Sini





http://ho.lazada.co.id/SH4FaE

* Solusi Belanja Murah Hemat Uang Belanja !!! Silahkan Klik Bannernya dan Dapatkan Diskonnya.


2 komentar:

Cintan tan mengatakan...

pintan no contak personnya dong
kirm ke email : cintandarmatirwan@gmail.com

Resep Kerupuk Bawang Renyah mengatakan...

banyak banget resep kerupuknya,,, sampe bingung liatnya :P

Posting Komentar