Caranya Membuat ( Bikin ) Tahu Putih Yang Lembut dan Enak - Ayo Pelajari Caranya

Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI


Caranya Membuat ( Bikin ) Tahu Putih Yang Lembut dan Enak

Cara Bikin Tahu Sendiri Di Rumah

MEMPELAJARI CARA BIKIN SENDIRI TAHU SUTRA YANG LEMBUT DAN ENAK

Tahu adalah makan yang paling di gemari oleh masyarkat indonesia pada umumnya, Tahu sudah ada sejak 2000 tahun yang lalu, di jaman persilatan Negeri China Tahu yang lebih dikenal sebagai  Tau fu atau Tau Huay sudah di buat dan di konsumsi oleh mereka, sampai saat ini Tahu sudah merupakan makanan yang  mendunia, dan tahu itu memang makanan yang sehat serta bergizi tinggi, selain banyak manfaatnya untuk kesehatan, Citarasa Tahu Seteleh di olah menjadi berbagai macam makanan Masakini pasti akan menggoyang lidah anda sampai tak bisa lupa dengan aroma khas Tahu, Segitu hebatnya Makanan yang Bernama Tahu ini, tetapi sungguh sayang sekali, ternyata masih banyak yang belum mengerti caranya membuat Tahu yang enak dan lembut, banyak yang beranggapan bikin Tahu sendiri itu merepotkan dan bikin ribet, nyatanya ngak susah kok, Ayo Pelajari Caranya Sekarang !

Ayo Pelajari Caranya Membuat Tahu Yang Lembut

Bahan - Bahan Yang di Butuhkan Untuk Membuat Tahu

  1. 1 kg kacang kedelai yang telah direndam semalam
  2. 100 ml cuka makan, atau Asam Sitrun dan Buah Jeruk
  3. Air

Peralatan Yang Di Butuhkan untuk membuat Tahu

  1. Blender
  2. Panci besar
  3. Serbet makan bersih / kain putih
  4. Saringan

Caranya Membuat  Tahu Sutra Yang Lembut dan Enak

  1. Masukan kacang kedelai yang telah direndam semalaman kedalam panci atau baskom untuk di pecah dengan meremas-remasnya.
  2. Setelah bersih masukan kedelai kedalam Blander dengan memberi air secukupnya kemudian blender hingga halus dan lembut.
  3. Saat selesai maka akan jadi seperti susu kedelai, selanjutnya rebus air kedelai tadi di panci hingga mendidih.
  4. Siapkan baskom untuk tempat air dingin. Ketika rebusan air kedelai tadi mulai mendidih akan muncul busa.
  5. Maka segera tambahkan air dingin sedikit demi sedikit dan suhu kompor diturunkan.
  6. Setiap busa mulai muncul lagi berikan air dingin sedikit demi sedikit.  Tetap rebus air kedelai hingga busa habis, setelah itu biarkan rebusan itu di atas kompor dengan api kecil selama 20 menit. Kemudian matikan kompor dan biarkan dingin.
  7. Setelah rebusan tadi mulai dingian segera saring menggunakan saringan yang di atasnya di lapisi serbet makan/ kain. Peras ampas rebusan kedelai tadi hingga air perasan keluar semua. Ampas jangan dibuang karena bisa dimanfaatkan untuk perkedel, dan dimasak sesuai selera.
  8. Air hasil penyaringan tadi di rebus di atas kompor dengan api sedang namun tidak sampai mendidih.
  9. Angkat susu kedelai dari kompor kemudia masukkan 100 ml cuka makan, aduk sebentar.  Diamkan susu kedelai selama 30 menit dengan sendirinya susu kedelai akan terpisah menjadi calon tahu dan air.
  10. Saring massa tahu dengan serbet makan  atau kain bersih tipis hingga air keluar.  Susun pada cetakan yang ingin anda gunakan kemudiaian tindih dengan pemberat ssehingga semua air keluar. Biarkan sekitar 15-20 menit.
  11. Setelah itu Tahu buatan anda pun jadi dan jiap di potong sesuai ukuran yang anda suka dan siap dimasak.

    Jika Anda masih binggung bagaimana caranya membuat Tahu yang enak dan Lembut, silahkan simak video tutorial cara membuat tahu sendiri berikut ini :

Secara umum dan sederhana Serta Praktisnya, Proses Pembuatan Tahu Bisa anda simak melalui video Tutorial Berikut ini:





Mau Lihat Contoh Berbagai macam alat - alat sederhana sebagai sarana pembuatan Tahu berkwalitas ? Info selengkapnya bisa anda cek -->
dengan Cara  :

Mari Kita Pelajari Juga Cara Alternatif Membuat Tahu Sendiri Yang Enak Dan Lembut dengan Skala Home Industri, dan berikut ini adalah Langkah - langkah Prosesnya :

  1. Proses Penyucian kedelai :Setelah kedelai disiapkan, langsung dicuci bersih. Setelah itu, kedelai dan kulitnya dipisahkan menggunakan alat khusus. Setelah bersih, kedelai digiling hingga menjadi seperti bubur.

  2. Proses Pemasakan Kedelai : Setelah kedelai hancur, kedelai dimasak dengan hati-hati tidak sampai mendidih.

  3. Proses Penyaringan :  Saring bubur kedelai bersama air asam sambil diaduk secara perlahan sampai menggumpal.

  4. Pemisahan air : Setelah proses penggumpalan, air asam dibuang dan bubur kedelai bisa dicetak

  5. Proses Mencetak Tahu : Proses pencetakan dilakukan menggunakan saringan tahu dan di press agar tahu lebih padat.

Informasi Seputar Bahan dan Alat Pembuat Tahu, Sengkap bisa anda cari dengan cara :


Begini Caranya Membuat Air Tahu / Susu Kedelai

Sebelum menjadi Tahu yang padat, sari atau santan kacang kedelai bisa di olah menjadi Susu Kedelai yang Lezat, berikut ini langkah - langkah cara membuat susu kedelai yang Fresh dan Harum :

  • Rendam kacang kedelai semalaman. Letakkan didalam mangkok dan rendam dengan 6 cup air. Kacang kedelai tersebut akan memiliki ukuran 3 kali lipat. Selalu gunakan 3 kali volume air dari volume kacang kedelai.
  • Keringkan kacang kedelai. Saat kacang telah lunak, keringkan kacang dengan penapis, dan masukkan kembali kedalam mangkok.
  • Didihkan 4 liter air. Gunakan panci besar, agar Anda terhindar dari resiko membuang-buang kacang kedelai.
  • Hancurkan kacang. Gunakan blender dengan kecepatan tinggi selama 3-4 menit, sampai semua kacang benar-benar menjadi bubur.
  • Masaklah bubur kacang tersebut dengan air yang telah Anda didihkan, kurangi panas api menjadi sedang dan masaklah kacang selama 15 menit, dan aduklah terus-menerus. Saat campuran tersebut mulai mendidih lagi, tambahkan 2 atau 3 tetes minyak sayur untuk menjaganya agar tidak mendidih, dan masaklah selama 7-10 menit.
  • Tapislah campuran tersebut. Gunakan kain katun dan tapislah campuran kacang kedelai kedalam mangkuk besar secara perlahan, untuk memisahkan air tahu dari ampas.

    Setelah Jadi susu kacang kedelai, kita bisa memproses susu kedelai yang masih mentah menjadi bongkahan Tahu yang Lembut dengan Cara di bawah ini :

Begini Cara Membuat Tahu Sendiri Di Rumah


  • Siapkan kotak tahu. Anda dapat membuat kotak tahu dengan melubangi wadah plastic besar, dan lalu gunakan kain katun dengan besar kira-kira 4 kali lipat dari wadah plastik tersebut.
  • Masaklah air tahu dengan panas api rendah, dan jagalah agar suhu air tahu tetap 60 derajat Celsius.
  • Siapkan zat pengental. Masukkan satu cup air kedalam mangkuk bersih, tambahkan ½ zat pengental (nigari), aduk sampai larut.
  • Campurlah air tahu dengan zat pengental. Tambahkan sedikit demi sedikit setengah dari campuran zat pengental kedalam mangkuk air tahu, aduklah terus-menerus sambil menuangkan campuran pengental. Setelah 5 menit, tuangkan sedikit demi sedikit setengah campuran pengental sambil mengaduk campuran terus-menerus.
  • Didihkan campuran tersebut. Tutup panci, turunkan panas kompor, didihkan selama sekitar 15 menit. Campuran air tahu akan mulai mengental, dan dadih akan mulai terpisah dari air dadih. Saat dadih sudah benar-benar terpisah, saatnya memindahkan tahu.
  • Gunakan sendok kayu untuk menyendok tahu dari panci kedalam kotak tahu. tutuplah bagian atas dengan sisa kain. Letakkan penutup wadah, dan letakkan pemberat pada bagian atas wadah selama 20 menit untuk mengeringkan tahu.
  • Dinginkan tahu. Isilah wadah besar dengan air dingin. Setelah itu, rendam tahu kedalam wadah yang berisi air dingin tersebut..

--> SELANJUTNYA