Cara Membuat Es Cream Putar Tradisional Tanpa Mesin Pendingin - Ayo Pelajari Caranya

Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI

Cara Membuat Es Cream Putar Tradisional Tanpa Mesin Pendingin

Cara Bikin Es Putar Atau Es Cream Jaman Dulu

Mencari Tahu Cara Bikin Es Cream Putar Tradisional Jaman Dulu Tanpa Pakai Mesin Pendingin Listrik

Siapa yang tak kenal kelezatan Es cream putar tradisional atau biasa di sebut Es Dung Dung yang kelezatan tidak kalah dengan es cream buatan pabrik dengan merek terkenal, dan siapa sangka juga jika Bikin Es Cream Putar Tradisional ini ternyata gampang banget alias gak serumit yang kita bayangkan sebelumnya, apa lagi Bikin Es Dung dung ini ternyata gak perlu mesin pendingin dari Listrik yang Harganya cukup mahal ! Hanya dengan alat - alat sederhana saja seperti sebuah ember plastik, wadah alumunium, dan Bongkahan Es Batu yang ditaburkan sedikit garam halus, maka kita sudah bisa menciptakan mesin pembuat Es Cream Trandisional Tanpa Listrik seperti yang sering kita lihat di gerobak abang es dung - dung ! Masalah citarasa tergantung dari bahan - bahan yang akan kita gunakan untuk membuat es cream tradisional tersebut, karena dengan bahan - bahan yang berkwalitas akan di dapatkan Citarasa Es Cream yang Lezat dan lembut serta aman di konsumsi ! walaupun Bikinnya dengan cara Tradisional tapi kalau proses pembuatannya baik dan benar, kebersihannya terjaga dan juga bahan - bahannya berkwalitas, maka di jamin rasa es cream tradisional buatan kalian akan laris manis ! ini adalah sebuah peluang bisnis yang bisa menjadi sumber penghasil uang bagi kita, apakah kalian berminat mempelajarinya Bagaimana Caranya Membuat Es Cream Putar Tradisional Tanpa Mesin Pendingin ? Yuk kita simak tuntas caranya di bawah ini !

Contoh Beberapa Alat dan Bahan - Bahan Untuk Membuat Es Cream Putar Tradisional Yang Ada Di Jual Pasaran Bisa Kita Lihat dengan Cara mencarinya di e-commerce,
Kalau alat - alat dan Bahan - bahannya sudah kita siapkan lantas bagaimana cara membuat Es Creamnya ? dan bagaimana cara meracik bahan - bahan dasar untuk membuat es creamnya ? serta bagaimana proses pembuatannya yang baik dan benar itu ? Nah mari kita pelajari bersama di kesempatan yang manis ini, Tetapi sebelum kita mulai mari kita simak terlebih dahulu salah satu video tutorial pembuatan es cream putar tradisional berikut ini :








Nah setelah Kalian menyaksikan tutorial video di atas dan kini kalian masih merasa cara membuat ice cream dengan metode tradisional ini menurut kalian masih cukup  ribet, hmmm jangan khawatir, dengan perkembangan tehnologi semua yang ribet bisa jadi praktis, jika memang itu yang kalian inginkan tak lupa kita juga akan merekomendasikan berbagaimacam alat - alat pembuat ice cream moderen yang kekinian dan semuanya bisa kalian dapatkan informasinya baik harga maupun cara menggunakan alat - alat pembuat ice cream  tersebut secara online.

Namun Jika kalian ingin tetap bertekad mencoba Membuat Es Cream Putar Tradisional Tanpa Mesin Pendingin baik untuk rencana buka usaha kedai es cream jaman now maupun untuk sekedar hobby saja, Ok Lanjut, nah mari kita lanjutkan pembahasan cara membuat Es cream Putar tersebut di bawah ini :

Es Cream putar Tradisional ini merupakan salah satu es krim legendaris yang paling popular di Indonesia. Es krim yang satu ini juga biasa disebut es dung-dung karena biasanya penjual yang menjajakannya membunyikan suara dung-dung dengan knong atau gong kecil awalnya rasa es dung - dung ini hanya beberapa rasa saja seperti rasa vanila dan rasa coklat dan seiring perkembangan jaman, saat ini telah tersedia berbagai rasa dan aroma Es krim putar yang berbahan dasar santan kelapa tersebut dan kian terus berkembang, mulai dari rasa mocca hingga rasa coklat tiramisu dan biasanya juga disajikan dalam berbagai macam warna yang menarik oleh penjualnya untuk mempercantik tampilan es krim tradisional yang lezat itu. Namun ternyata masih ada pedagang es puter “nakal” yang menjajakan jualannya dengan bahan - bahan berbahaya yang tidak layak untuk di konsumsi, Mereka menambahkan pewarna sintetis kedalam bahan pembuat es puter sehingga sangat berbahaya untuk dikonsumsi. Tapi tenang saja jika kalian adalah penggemar es puter sebaiknya kalaian pelajari saja cara Bikin es Cream Putar itu sendiri di rumah, selain lebih higienis, bahan - bahan Terjamin dan citra rasanya pun bisa kalian atur sendiri mau seberapa manisnya bisa di atur, jika berminat maka berikut ini kita akan pelajari bersama - sama bagaiman cara membuatnya :

Cara Membuat Es Puter Tradisional Yang Lezat Tanpa Mesin Pendingin

Es Cream putar memang sangat di gemari banyak orang baik dari anak-anak maupun remaja. Es Cream putar juga banyak mengandung vitamin jika di buat dari bahan - bahan berkwalits, kali ini kita akan coba salah satu resep es puter tradisional yang lezat. di Kota - kota besar seperti bandung dan jakarta, ternyata Es Cream puter ini juga bisa kita temukan di berbagai tempat yang ramai seperti di dalam mall juga bisa di pesan di kafe atau resto. Nah marilah kita coba resep yang satu ini, karena es cream putar yang satu ini ternyata memang sangat enak dan segar ketika kita sedang kepanasan dan bisa juga sebagai penghilang dahaga. Es Cream Puter ini rata-rata terbuat dari sari dan daging buah asli yang di jadikan hidangan es yang special. Berikut adalah Resep Cara Membuat Es Puter Tradisional Yang Lezat dengan campuran buah asli yang segar !

Resep Es Puter Tradisional Yang Lezat

Bahan-bahan pokok :
  • Aneka buah kemudian hancurkan atau di lumatkan dengan Blender.
  • 200 gr atau 24 sdm maizena.
  • Pewarna makanan sesuai selera (secukupnya).
  • Garam secukupnya.
  • ±4 kg gula pasir.
  • 3-4 bungkus agar-agar.
  • 11-12 kuning telur.
  • 8 liter air matang.
  • 4 butir kelapa atau 4 kaleng susu kental manis putih.
Bahan dalam memutar es puter:
  • 3 kg garam kasar/krosok.
  • ¾ balok es.
Cara pembuatannya :
  1. Langkah pertamanya silahkan kupas kelapa hingga bersih kemudian parut, dan kemudian peras dengan 8 liter air. Lalu bila Anda suka dengan susu cairkanlah 4 buah kaleng susu kental manis bersama 8 liter airnya.
  2. Selanjutnya rebus santan bersama agar-agar bubuk,kemudian gula pasir dan juga garam.
  3. Dan sebelum mendidih (15 menit sebelumnya) anda masukkan juga kuning telur yang telah dikocok,juga tepung maizena serta potongan buah - buah yang sudah di hancurkan dan yang telah di aduk dengan airnya.
  4. Nah setelah dirasa matang,kemudian matikan api dan kemudian lagi masukkan ekstrak buah atau bisa menggunakan essence secukupnya.
  5. Selanjutnya kita lakukan Teknik Kerja memutar es puter :
  6. Oke Lanjut ! Berikutnya silahkan tuangkan adonan yang telah disaring kedalam tabung dan adonan terlebih dahulu dalam keadaan dingin dengan kedinginan minimal suhu kamar atau ruangan, atau lebih baiknya lagi apabila disimpan di dalam lemari es/freeser.
  7. kemudian letakkan tabung kedalam sebuah wadah besar (minimal 2x lebih besar tabung es krim).
  8. Selanjutnya diantara tabung dan wadah,anda bisa masukkan es batu dengan ukuran kecil-kecil, lalu usahakan jangan sampai ada rongga udara.
  9. Langkah selanjutnya jangan lupa taburkan garam kasar / garam krosok kedalam es batunya.
  10. Langkah Berikutnya adalah proses pemutaran es yang dapat kita lakukan secara santai ! sebaiknya tabung dan wadah dalam keadaan tertutup agar uap dingin tak terlalu banyak yang keluar.
  11. Kemudian langkah terakhirnya adalah Jika es batu didalamnya telah banyak yang mencair, Nah saatnya kalian keluarkan sedikit demi sedikit air es yang sudah mencair dan selanjutnya tambahkan lagi es batu dan garam.

Cara alternatif Membuat Es Cream Putar dung dung yang Lebih Praktis Jika Punya Lemari Es atau alat ice-cream maker.

Bahan-bahan Membuat Es Cream Putar dung dung yang lembut dan lezat alami :
  • 1 liter santan kental
  • ½ sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandan (potong-potong)
  • 150 gram gula pasir
  • 1 sdm tepung maizena (larutkan dengan 3 sdm air)
  • 200 gram kelapa muda/kopyor (cincang halus)

Pelengkap :
  • Potongan roti tawar
  • Tape Ketan
  • Potongan buah Alpukat

Begini Cara Membuat Es Putar Lezat dan Alami

  1. Masak santan bersama dengan garam, daun pandan dan gula pasir hingga matang. Jangan lupa sesekali aduk santan supaya santan tidak pecah.
  2. Campurkan maizena yang telah dicampur air tadi kedalam santan. Aduk hingga merata, setelah itu angkat dan dinginkan.
  3. Buang daun pandan yang terdapat pada santan, lalu tambahkan kelapa muda atau kopyor kedalam santan yang telah dimasak tadi. Aduk hingga merata.
  4. Masukan bahan es puter tersebut ke dalam container di freezer. Diamkan hingga santan membeku, kurang lebih 5 jam.
  5. Setelah itu ambil dan haluskan dengan mixer atau keruk dengan centong sampai hancur.
  6. Simpan lagi es kedalam freezer sampai beku.
  7. Ulangi langkah no. 5 dan 6 beberapa kali hingga es puter menjadi butiran halus.
  8. Jika sudah halus, Es puter siap disajikan dan jangan lupa tambahkan pelengkap untuk menambah sensasi rasa es puter buatan Anda
  9. Jika anda memiliki alat ice-cream maker maka anda tidak perlu melakukan langkah no 4 sampai no 7. Setelah melakukan langkah no. 3 tinggal masukan bahan es puter ke dalam ice-cream maker, lalu proses sesuai petunjuknya. Setelah itu bisa langsung disajikan. 

Aneka Rasa Ice Cream yang Unik

Icream Putar Rasa Pisang




Bahan-bahan
  •     3 buah pisang ambon ukuran sedang
  •     1 sendok cocoa bubuk

Langkah Pembuatannya
  1. Pisang buang  kulitnya lalu bekukan. Setelah beku, potong kecil seruas jari.
  2. Masukkan ke food prossecor, lalu masukkan bubuk coklat nya. 
  3. Haluskan sampe agak kasar lalu bisa Langsung disajikan

Jika ingin mendapatkan testur yang lemubt , masukan saja ke kulkas kurang lebih 2 Jam


Untuk Topping nya kalau bisa yang asam seperti buah strowbery atau bluebery ditambah butiran kasar dark chocolate atau almond slice.

Icream Putar Rasa Buah Naga dan Green Tea





Bahan-bahan

  •     200 gram whipcream bubuk ice cream
  •     500 ml susu UHT plain setengah beku
  •     1 kaleng susu kental manis,  bisa pakai frisian flag gold
  •     1 buah buah naga merah, cincang halus
  •     2 sdm bubuk greentea, campur dg 3sdm air panas hingga didapat pasta greentea
  •     1/2 buah perasan lemon
Langkah – langkah pembuatan

    Resep dasar:

    1.Campur whipcream bubuk dengan uht setengah beku
    2. Mixer kecepatan tinggi sampai kaku
    3. Masukkan susu kental manis sedikit" sambil terus dimixer
    4. Adonan siap dimodifikasi
   

Eskrim buah naga:

Setengah adonan dasar dicampur cincangan buah naga dan perasan lemon, mixer dengan kecepatan tinggi sampai tercampur rata lalu bekukan di frezer.


Eskrim greentea:
Setengah adonan dimixer dengan bahan pasta greentea, lalu bekukan di frezer.

Ice Cream Putar Rasa Ubi Ungu




Bahan-bahan

  •     150 gram Whipe cream
  •     75 ml Susu cair uht
  •     6 sdm Susu kental manis
  •     200 gram Ubi ungu yang sudah di kukus - lumatkan

Langkah - Langkah Membuatnya :

Mixer whipecrem , susu cair sampai mengembang.. Lalu campurkan skm kemudian masukan ubi ungu aduk sampai rata. Masukkan ke dalam frizer selam 4 jam atau sampai benar – benar beku. Ice cream ubi ungu siap di nikmati.


Ice Cream Putar Rasa Jamu





Bahan-bahan

  •     1/2 kaleng SKM putih
  •     2 kaleng UHT full cream (kaleng takar pakai kaleng susu kental manisnya yaa..)
  •     4 sdm gula pasir (atau sesuai selera)
  •     1/2 sdt garam
  •     2 sdm maizena
  •     1 sdt vanilla ekstrak
  •     1 sdt SP/ovalet/TBM
  •     2 sachet Tolak Angin cair
  •     bubuk palm sugar untuk toping taburan


Langkah – langkah membuatnya

  1. Campurkan susu kental manis (SKM), susu cair UHT, gula, garam dan maizena. Aduk rata, dan masak di atas api kecil. Aduk terus hingga meletup-letup. Matikan api, biarkan adonan mencapai suhu ruang. Setelah tidak panas, masukkan adonan ke dalam freezer sampai beku.

  2. Tim SP/TBM/ovalet sesaat sebelum pengocokan adonan. Ngetimnya cukup dipanaskan di dalam magic com saja

  3. Adonan yang telah mengeras keruk-keruk dengan menggunakan garpu, agar meringankan kerja mixer saat pengocokan.

  4. Masukkan SP/TBM/ovalet yg sudah di tim ke dalam adonan, tambahkan vanilla ekstrak. Kocok dengan mixer hingga mengembang 3x lipat, atau hingga adonan menjadi halus dan ringan.

  5. Masukkan Tolak Angin cair, aduk hingga rata. Pindahkan adonan ke dalam wadah kedap udara, masukkan ke dalam freezer hingga beku.

selanjutnya kita juga akan belajar bikin Es cream rasa Milieniel yang kekinian, bagaimana bahan - bahan dan campurannya ? mari kita pelajari bersama sekarang !