Cara Mudah Memperbaiki Sendiri Jam Dinding Yang Rusak - Ayo Pelajari Caranya

Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI


Cara Mudah Memperbaiki Sendiri Jam Dinding Yang Rusak

Cara Betulin Jam Dinding Yang Mati

Mencari Tahu Cara Betulin Sendiri Jam Dinding Yang Mesinnya  Mati

Setiap rumah dapat di pastikan sebagian besar memiliki jam dinding, dan jam dinding yang paling umum di miliki adalah jam dinding dengan tenaga penggerak baterai, walaupun jam dinding jenis ini harganya cukup terjangkau. namun terkadang ketika jam dinding yang sudah bertahun - tahun menjadi teman setia anda setiap hari tiba - tiba rusak, sebagai pemilik kemungkinan besar memiliki ikatan emosional terhadap jam dinding yang dimilikinya itu, Jika menggantinya dengan jam dinding yang baru memang mudah apalagi harganya tidak terlalu mahal, tapi melupakan kenangan yang melekat pada jam dinding tersebutlah yang terkadang cukup sulit. atas dasar itulah kami akan coba membantu anda untuk bersama - sama belajar Memperbaiki Sendiri Jam Dinding Yang Rusak, karena  Bukan hal yang sulit untuk belajar memperbaiki Jam dinding yang rusak, sebelum kita bahas lebih teknis tentang Cara Mudah Memperbaiki Sendiri Jam Dinding Yang Rusak, ada baiknya anda simak sejenak cuplikan video tutorial berikut ini yang akan membuka wawasan anda bahwa memperbaiki sendiri Jam dinding yang rusak itu tidaklah sulit. Selamat Menyimak !





Jika anda sudah menyimak video tutorial di atas, tentang bagaimana cara membongkar dan memperbaiki jam dinding anda, maka selanjutnya ada baiknya anda juga coba melihat sejenak jenis - jenis mesin jam dinding yang di jual di pasaran, sehingga anda bisa membeli mesin jam dinding tersebut nanti, jika ternyata jam dinding anda memang rusak parah dan tak bisa di betulkan lagi, maka anda tinggal mengganti mesin jamnya saja dengan pilihan harga yang terjangkau, untuk mengetahui spesifikasi dan harganya selengkapnya silahkan anda cari di e-commerce, berikut Beberapa contoh spesifikasi mesin jam dinding yang sudah banyak di jual di pasaran.

Okay... selanjut kita mulai membahas bagaimana cara betulin Sendiri Jam Dinding anda Yang Rusak, selamat mencoba !

Peralatan yang dibutuhkan untuk belajar memperbaiki jam dinding :
  • Obeng kembang/plus (+)
  • Obeng min ukuran kecil
  • Ampelas
  • Lap kering
  • Kuas kecil
Tahap-tahap perbaikan:

1. Periksalah Baterainya

Sebelumnya, coba periksa dulu baterai jam dinding anda, bila mungkin cobalah ganti dengan baterai yang ada di peralatan lain yang masih bagus, misalnya jam pada mainan anak atau jam remote TV. Bila diganti dengan baterai yang masih bagus, ternyata jam dinding anda masih tidak mau berputar, lanjut ke tahap 2.


2. Bersihkanlah Konektor Baterai

Untuk membersihkan konektor, anda harus melepaskan jarum jam dan mesin jam dari badan jam agar mempermudah perbaikan selanjutnya.

Cara membongkar Jarum jam dinding:
  1. Dengan menggunakan obeng plus, longgarkan seluruh skrup/baut yang menempel pada bagian belakan jam.
  2. Lepaskan bingkai depan yang menahan kaca, lalu lepaskan kacanya.
  3. Dengan menggunakan jari tangan jepit tengah-tengan jarum, cabut satu persatu jarum jam dimulai dengan jarum detik-menit-jam. 
  4. Setelah jarum terlepas, lepaskan murnya dengan memutarnya ke arah kiri.
  5. Balikkan jam, cabut mesin jam dari badan jam dengan cara mencongkel penjepit di bagian kiri dan kanan.
Cara membersihkan konektor

Lepaskan baterai, dan buka penutup mesin batre dengan obeng. Konektor baterai yang tertutup kotoran atau jamur akan mengganggu aliran listrik dari baterai ke spull (lilitan) baterai yang merupakan bagian dari mesin jam sehingga mengakibatkan matinya mesin jam dinding.

Terdapat dua pasang konektor, yaitu sepesang konektor yang terhubung ke kutub baterai dan yang satu pasang lagi terdapat pada MCB. Pastikan dua pasang konektor ini bersih dari kotoran dengan cara digosok perlahan dengan ampelas halus. Jika Setelah dibersihkan, ternyata jam masih belum berputar, periksa roda gigi.

Cara Bongkar Pasang Mesin Jam Dinding

3. Periksalah Roda gigi-nya


Pada bagian dalam mesin jam terdapat roda-roda gigi kecil yang terbuat dari plastik. periksa apakah pada tempatnya atau tertutup debu atau kotoran. bersihkan roda gigi dengan lap kering atau kuas kecil.

Pasangkan penutup mesin batre, pasang juga batrenya. coba dengarkan apakah ada suara berdetak, bila perlu pasangkan jarum detik , bila detiknya berputar berarti mesin jam sudah betul. Berikutnya Pasang kembali seluruh komponen jam dinding seperti semula.


Faktor Penyebab Kerusakan Jam Dinding Yang Umum Terjadi

Kerusakan mesin jam dinding yang paling sering terjadi adalah dikarenakan oleh semut, Semut sering sekali memakan gigi dari mesin jam dinding karena gigi mesin jam dinding sangat lentur dan rapuh. Jika semut sudah memakan gigi mesin jam dinding hal ini bisa mengakibatkan mesin jam dinding tidak bisa berjalan secara normal ( mesin jam dinding menjadi lambat ) bahkan mesin jam dinding bisa mati total.

Foto mesin jam dinding yang sudah rusak karena semut




Di dalam foto dapat terlihat bahwa gigi mesin jam dinding telah rusak ( gigi mesin jam dinding sebelah kiri ) gigi mesin jam dinding itulah yang paling sering di makan oleh semut.

Ada cara mudah untuk mencegah kerusakan gigi mesin jam dinding di makan semut. Cara yang pertama yang saya sering gunakan adalah menggunakan kapur barus ( kamper ), kapur barus di hancurkan menjadi butiran-butiran halus kemudian butiran-butiran halus di sebarkan di sekeliling rumah mesin jam dinding. Cara yang kedua dengan menutupi mesin jam dinding dengan selotip. Cara yang ketiga semprotkan mesin jam dinding menggunakan obat pembasmi serangga.
Cara tersebut diatas adalah cara yang sering saya gunakan untuk mencegah kerusakan mesin jam dinding yang di akibatkan oleh semut.

Jika sudah rusak roda giginya, maka langkah terakhir adalah Ganti Mesin

Apabila seluruh cara di atas telah dilakukan namun jam dinding anda tidak dapat berputar juga, sebaiknya ganti mesinnya. Anda dapat membeli mesin jam baik di toko-toko kesayangan anda ataupun di toko online, harganya cukup terjangkau di bandingkan kenangan yang melekat pada jam dinding anda.