Saya dan Anda adalah makhluk sosial cerdas yang di ciptakan Tuhan untuk mengetahui dan mempelajari segala yang ada di bumi ini, tak ada kata saya tidak bisa atau saya tidak tahu, "selama ada m'bah Google" Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan anda. bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA !!! DI SINI

LightBlog

LAZERBA = TOKO GROSIR LAZADA SERBA ADA

Translate

Selasa, 10 Oktober 2017

Cara Mencetak Mainan Sendiri dengan Printer 3D Prusa

Beberapa waktu yang lalu, mencetak benda 3 dimensi (3D) biayanya sangatlah mahal, namun seiring perkembangan jaman, biaya mencetak benda dalam bentuk 3D sangat terjangkau, dengan material berbentuk benang plastik jenis ABS yang biasa di kenal dengan nama Filamen. Untuk dapat mencetak sebuah benda 3D, Printer 3D Prusa dengan harga yang cukup ekomonis dan sudah banyak di jual di pasaran indonesia ini di sambungkan dengan perangkat komputer yang akan membaca file dengan format STL ( Stereo Litho Graphy ).  Tentunya design model 3D harus anda buat terlebih dahulu dengan menggunakan software AutoCAD, Autodesk 3D Max, Blender, Solidworks, ZBrus dan software lainnya. Jika design model 3D sudah anda buat, maka dengan mudah anda bisa mencetak model 3D hasil karya anda dengan mudah melalui Printer 3D Prusa ini. Bukanlah hal yang rumit, bahkan anda yang masih pemula pun bisa dengan mudah menggunakan Printer 3D jenis ini dengan mudah layaknya anda mencetak dengan printer biasa. Walaunpun tampaknya cukup mudah, Namun ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum anda mengoperasikan Printer 3D Prusa type i3 misalanya. Untuk lebih jelasnya anda bisa simak salah satu video tutorial berikut ini tentang Cara mudah dan prakstis Mencetak Mainan Sendiri menggunakan Printer 3D Prusa.







Jika anda tertarik mendalami hobby 3D design dengan bantuan Printer 3D, maka berikut ini ada Beberapa jenis dan merek Printer 3D yang bisa mencetak mainan dan model 3D dengan mudah serta di dukung dengan bahan filamen yang banyak di jual di pasaran indonesia bisa anda simak sejenak sebelum anda melanjutkan mempelajari artikel ini, untuk lebih lengkapnya bisa anda lihat spesifikasi beserta kelengkapnya silahkan Klk di --->  SINI


Beberapa contoh bahan pelengkap berupa plastik filamen ABS, yang berguna untuk mencetak benda model 3D yang tentunya murah meriah namun berkwalitas, ramah lingkungan serta  sudah banyak di jual di pasaran beserta spesifikasi dan warnanya bisa juga anda simak selengkapnya di --> SINI



Sebelum anda menyimak terlalu jauh dan mulai mencoba Mencetak Mainan Sendiri dengan Printer 3D yang murah meriah tersebut, anda perlu pahami terlebih dahulu prinsip dasar dan cara kerjanya printer 3D tersebut, karena pada dasarnya hasil print out printer 3D ini adalah dalam wujud sebuah benda 3D yang mirip dengan design kita di komputer, dapat di pegang dan juga memiliki volume.


Berikut ini adalah cara kerja mesin printer 3D, untuk mendapatkan hasil cetakan printer 3D akan melalui 3 tahapan proses yaitu sbb  :

1.  Proses Design Model objek 3D Yang di Inginkan
Pada dasarnya model Objek 3D dapat dibuat dengan menggunakan software khusus untuk model desain 3D seperti AutoCAD, Autodesk 3D Max, Blender, Solidworks, ZBru, catia, delcam dan software lainnya.

2.  Proses Berikutnya adalah Printing / Pencetakan
Jika desainnya sudah dibuat, maka kita bisa langsung mencetaknya di Printer 3D, dan kemudian proses pencetakan pun segera dimulai, dimana lamanya proses pencetakkan ini tergantung dari besar dan ukuran objek model yang anda cetak. Proses printing menggunakan prinsip dasar Additive Layer dengan rangkaian proses mesin membaca rancangan 3D dan mulai menyusun lapisan secara berturut-terut untuk membangun model virtual digabungkan secara otomatis untuk membentuk susunan lengkap yang utuh pada objek hasil cetakannya.
3.  Proses Finishing

Pada tahap inilah naluri seni anda sangat di butuhkan, karena anda dapat menyempurnakan bagian - bagian kompleks jika ingin tampilannya berbeda dari hasil cetakan standart dengan Teknik tambahan, dimana untuk menyempurnakan proses ini dapat pula menggunakan teknik multiple material dan multiple color atau kombinasi warna.


Mengenal Material Yang Digunakan Pada Printer 3D Untuk Mencetak Design Model 3 dimensi


Sebenarnya Printer 3D dapat menggunakan berbagai material untuk menghasilkan cetakannya, tetapi pada umumnya material yang digunakan adalah Plastik ABS dan PLA yang biasanya di sebut Benang Plastik filamen dengan aneka warna, ABS dan PLA adalah thermoplastic dimana mereka akan melunak dan mudah dibentuk apabila dipanaskan dan mengeras solid setelah didinginkan. Plastik ABS atau Acrylonitrile butadiene styrene banyak diproduksi untuk industri. Plastik ini keras dan sekikit lebih fleksible dibanding PLA.




Benang Filamen
  • Diameter:1.75/3mm



Hasil Cetakan Detail Model Design Gedung dengan 3D Printer

Bagi para arsitektur dan bagi anda yang bekerja di dunia design, Jenis Printer Portable  3D Prusa ini sangatlah cocok, selain harga cukup terjangkau ( hanya beberapa juta rupiah saja ) ukuran printernya juga tidak terlalu besar ( bisa di letakan di atas meja ) - Berikut ini hasil print out printer 3D yang bisa menjadi inspirasi bagi anda yang ingin memiliki printer 3D di rumah.





Membuat model sepatu dengan 3D printer





Mencetak model Mainan dengan 3D printer



Selain contoh - contoh di atas, tentunya masih banyak sekali manfaat dari 3D printer tersebut untuk aktifitas anda di dunia design, kini benda yang anda inginkan bisa langsung di wujudkan dalam sebuah benda 3D yang memiliki volume dan bisa di sentuh.


Printer 3D Portable yang anda beli via toko online tentunya harus di rakit terlebih dahulu sebelum bisa di gunakan, karena Untuk merakit sendiri 3D Printer yang paling penting adalah hobby dan  kesenangan anda dalam proses menyelesaikan perakitannya, untuk menambah wawasan kemudian anda bisa banyak membaca dan belajar atau melihat video, hal ini akan sangat membantu anda dalam proses perakitan printer 3D pertama anda, nah berikut ini cuplikan proses perakitan Printer 3D Jenis Prusa i3 Data Print, selamat menyimak !








--> SELANJUTNYA

Loading...