Saya dan Anda adalah makhluk sosial cerdas yang di ciptakan Tuhan untuk mengetahui dan mempelajari segala yang ada di bumi ini, tak ada kata saya tidak bisa atau saya tidak tahu, "selama ada m'bah Google" Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan anda. bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA !!! DI SINI

LightBlog

LAZERBA = TOKO GROSIR LAZADA SERBA ADA

Translate

Rabu, 24 Januari 2018

Cara Membuat Tas Promosi Atau Tote Bag Sendiri

Perkembangan dunia promosi seolah tak akan berhenti, banyak sekali media yang bisa digunakan untuk promosi brand atau merek sebuah produk, salah satunya dengan fasilitas promosi atau bisa di kenal dengan nama Goodie Bag, bisanya model tas promosi cukup sederhana namun praktis dibawa dan bisa memuat banyak barang didalamnya, model tas yang cocok untuk tas promosi tentu saja model tas Tote atau biasa kita kenal dengan nama tas jing jing ( Tote bag ) - Kebutuhan akan tote bag untuk keperluan promosi di indonesia mencapai Ratusan Juta Pcs setiap bulannya, hal inilah yang mendorong munculnya industri tas kecil dan menengah yang mengambil pangsa pasar tas promosi tersebut. Tas promosi pada umumnya di buat dar bahan kain seperti kain katun, corduroy, atau semacam kain polyester yang agak tebal, sehingga tas promosi tersebut bisa memuat barang - barang yang agak berat seperti buku panduan produk yang agak tebal berikut sample produknya. biasa untuk menekan biaya produksi ada juga Tas promosi atau tote bag yang terbuat dari bahan kain yang agak tipis seperti bahan Spunbond, tapi tergantung keperluan tas tersebut nantinya di isi apa, jika hanya di isi brosur dan sample produk yang ringan bolehlah pakai kain Spunbond.

Melihat peluang bisnis Tas promosi yang cukup besar permintaan pasarnya dan cukup mudah memproduksinya, maka dalam kesempatan ini kami ingin coba membagikan sedikit pengetahuan kami tentang bagaimana membuat atau memproduksi Tas promosi model tote bag dalam skala home industri, semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi untuk anda yang ingin menekuni bidang bisnis tas promosi ini.

Nah sebelum kita melangkah lebih jauh, ada baiknya anda mengenal jenis - jenis bahan tote bag yang banyak diminati oleh perusahaan yang ingin mempromosikan barangnya dengan tote bag, begitu juga dengan modelnya, anda bisa melihat berbagai model atau design tote bag yang kekinian dengan aneka ragam bahannya, untuk lebih jelasnya bisa kalian ---> KLIK DI SINI



Setelah kalian melihat contoh design tote bag yang kekini alias model jaman now, maka untuk membuka wawasan anda bahwa membuat tote bag atau tas promosi itu sangatlah mudah dan tidak memerlukan peralatan yang mahal, berikut ini salah satu video tutorial yang bisa anda simak sejenak berisi bagaimana caranya membuat tote bag atau tas promosi yang mudah cepat dan modelnya juga kekinian, selamat menyimak !







Sebelum kita coba belajar membuat Tas Promosi atau Tote bag, kita harus mengenal terlebih dahulu jenis - jenis bahan kain yang biasa di gunakan, sedikitnya ada 3 jenis kain yang umum di gunakan untuk membuat tas promosi ini, selain lebih kuat juga mudah di sablon dan disematkan aneka accesories, berikut ini uraian singkatnya :


1. Tote Bag Yang Terbuat dari Kain Furing atau Spunbond

Bahan spunbond atau Furing ini berbahan dasar yang terbuat dari serat panjang dan serat tersebut diolah dengan menggunakan campuran kimia serta cat pelarut yang dipanaskan, sehingga menghasilkan kain furing, walau tidak sekuat kain pada umumnya tapi jelas lebih kuat jika dibandingkan kantong plastik atau kresek. Berikut ini contoh bahan kain furing yang banyak di jual di toko kain.






Dan Berikut ini contoh tas yang di jahit dan di bentuk dari kain spundbond atau kain furing









2. Tote Bag Yang Terbuat dari Kain Blacu
Nah, untuk kain yang lebih kuat namun harganya murah meriah adalah kain Blacu, biasa di kenal dengan nama pasar kain karung terigu, kain blacu ini cukup sering digunakan untuk membuat goody bag karena harganya yang cukup terjangkau dan kuat. Bahan blacu sendiri sebenarnya berasal dari turunan kain mori. pada umumnya warna yang biasa ada di pasaran adalah blacu berwarna putih gading dengan serat sedikit kasar.

Berikut ini contoh Tas Promosi atau Tote bag dari kain Blacu.








3. Tote Bag Yang Terbuat dari Kain KanvasUntuk Bahan kain yang lebih kuat dan berserat lebih halus tentu saja pilihannya adalah kain kanvas, Pada umumnya banyak pabrik tas promosi yang memakai bahan kanvas sebagai bahan tote bag, kain Kanvas yang berasal dari kain mori yang sudah mengalami proses pemutihan ini memang punya serat yang lebih halus dan tidak kaku dibandingkan blacu. Kanvas memang jenis kain yang direkomendasikan untuk tote bag karena lebih kuat dan lebih nyaman saat di gunakan.

Berikut ini contoh tote bag dari Bahan kain Kanvas :




Nah Selanjutnya sampailah kita di inti dari artikel ini, yaitu tentang bagaimana caranya Memproduksi Tas Promosi Atau Tote Bag Sendiri di rumah ! contoh yang kita sajikan adalah membuat tote bag atau tas promosi dari bahan Denim sisa membuat celana tempo hari. Yuk kita ikuti langkah - langkah atau proses menjahitnya.


Langkah Pertama adalah Menyiapkan Bahan dan Memotongnya






Dalam hal ini kita dapat menentukan seberapa besar ukuran tas promosi tote bag yang akan kita buat, u berikutnya ukurlah sisi persegi empat, bisa gunakan pensil bahan untuk membuat tanda bagian yang akan Anda potong. Gunakan gunting khusus untuk bahan untuk memotong bentuk persegi empat dengan lebih rapih, berikutnya ulangi lagi prosesnya untuk bahan yang kedua sehingga setelah kita selesai memotong, mak kita kini memiliki dua helai kain dengan bentuk persegi empat. Biasanya bahan tote bag yang telah selesai dibuat akan berukuran 2,5 cm atau lebih kecil daripada ukuran persegi empat, karena pinggiran bahannya akan dilipat dan  dijahit.

Ukuran Tas Promosi atau Tote Bag pada umumnya adalah sbb :
  • 30 x 35 cm untuk tote berukuran kecil
  • 35 x 40 cm untuk tote berukuran sedang
  • 60 x 50 cm untuk tote berukuran besar

Nah Jika kita membuat tote bag dengan lapisan dalam, potonglah bahan dengan bentuk persegi empat, dua helai untuk bahan luar dan dua persegi empat untuk bahan dalam.


Langkah Berikutnya yang perlu anda perhatikan adalah bagaimana cara menjahit bahan tas yang sudah anda potong tadi !







Langkah awal adalah menyatukan bagian kain agar mudah di jahit dengan cara kelim kain dengan jarum pentul, proses ini untuk mengelim pinggiran atas tote yang akan menjadi sisi atas dari permukaan, sebelum kita menjahit badan tas. Untuk melakukan ini, hamparkan bahan persegi empat itu sehingga bagian dalam bahan menghadap keluar. Lipat bagian atas kain sebesar satu inci. Gunakan jarum pentul untuk menjaga lipatannya, dan seterika sepanjangnya supaya tercetak lipatan. Ulangi hal yang sama pada bahan empat lainnya agar nantinya kelim akan sejajar pada kedua bagian. Gunakan mesin jahit untuk mendapatkan jahitan yang lurus 1/2 inci (1.3 cm) dibawah lipatan kain pada kedua persegi empat.

Nah Jika kita membuat tote bag dengan lapisan dalam,  maka bahan bagian dalam berbentuk persegi empat di atas bahan luar. Lipat kedua pinggirannya, gunakan jarum pentul agar lipatan terjaga lalu jahitlah kedua bahan itu untuk mendapatkan jahitan yang lurus.


Selanjutnya kita satukan bahan persegi empat yang telah dijahit saling bertolak belakang sehingga bagian dalam dari masing-masing bahan menghadap keluar. Jahit sepanjang pinggiran dan bawahnya dengan menggunakan jahitan lurus. Jangan lupa untuk membiarkan bagian atasnya terbuka.

Untuk menjahit bagian bawahnya, lipatlah bahan tas sehingga bukannya bertemu dalam sudut 90 derajat, tapi bagian bawah dan sudut jahitan bertumpuk satu dengan yang lainnya. Sekarang jahit sepanjang sudutnya, dengan menjaga lajur jahitan yang baru agar tegak lurus dengan lajur jahitan yang telah ada. Ulangi proses ini pada sudut berikutnya. Ketika Anda membalikkan tas dari dalam ke luar, sudut-sudutnya akan tertekuk ke dalam.


Langkah Terakhir adalah membuat Tali Tasnya, berikut ini caranya :




Dalam hal membuat Tali tas kita harus tentukan berapa panjang gantungan tas yang kita inginkan kemudian potong bahan selebar 5 cm dengan panjang yang sama. Lipat setiap potongan itu menjadi dua dan bagian dalam kain menghadap ke luar, agar lebih rapih gunakanlah setrika untuk mencetak lipatannya, dan setelah talinya jadi, maka lipat ujung dari gantungan sebanyak 1/2 inci (1.3 cm) dan setrika untuk menegaskan lipatan. Sematkan ujungnya dengan tanda yang sudah Anda buat untuk membuat gantungannya. Pasang ujungnya kira-kira 1.5 inci (3.8 cm) di bawah pembukaan tas dan jepit atau jelujur pada tempatnya.


Dan Berikutnya adalah Jahitlah tali gantungan ke tote bag yang anda buat tadi, gunakan jahitan atas persegi di atas tumpukan bahan agar gantungan terjahit berada pada tempatnya.







Nah sampai di sini Tas Promosi Buatan anda sudah jadi, selanjutnya bisa di sablon dengan gambar atau merek produk yang di promosikan.



--> SELANJUTNYA
Loading...