Kita bisa mempelajari semua caranya - belajar cara memperbaiki dan cara membuat, serta cara memproduksi semua yang kreatif, karena tak ada kata saya tidak bisa atau saya tidak tahu, "selama ada m'bah Google" Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan anda. bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA !!! DI SINI

Loading...

Lazada Kasih Kejutan Lagi !

Translate

Cara Service dan Membersihkan Sendiri ( Perawatan ) AC Split Di Rumah

Seringkali kalau tukang service AC datang ke rumah dan masuk ke kamar pribadi, setidaknya akan ada sedikit perasaan privacy kita agak terganggu, apalagi pakaian dalam kita berserakan di kamar, dimana AC indoor yang terpasang di ruang - ruang pribadi kita seperti kamar tidur, ruang kerja pribadi, ruang keluarga juga harus di bersihkan secara rutin paling sedikit 3 atau 4 bulan sekali oleh team teknisi atau biasa kita sebut Tukang Service AC, dan tentu saja pekerjaan membersihkan AC indoor ini pada umumnya di kerjakan oleh Tehnisi atau tenaga ahli di bidang perawatan AC, selain itu terkadang harus ada perabotan rumah tangga kita yang juga harus di geser agar tehnisinya lebih leluasa melakukan pembersihan AC di rumah kita, Tetapi bagaimana jika AC anda terpasang tepat di atas tempat tidur dan karena ruangan yang sempit tempat tidur tersebut tidak dapat di geser, mau tidak mau dan suka atau tidak suka kita harus merelakan tempat tidur tersebut di injak - injak oleh petugas pembersih AC yang kita gunakan jasanya. terlepas dari itu semua agar hal ini tidak terjadi ada baiknya sebelum kita memasang AC baru sebaiknya di pertimbangkan letak atau lokasi terpasangnya AC indoor tersebut, agar gak ribet saat harus di bersihkan, usahakan agar indoor unitnya di pasang di lokasi yang mudah di jangkau oleh petugas perawatan AC tanpa harus menggeser perabotan rumah tangga kita. Nah yang akan kita bahas sebenarnya adalah Gimana kalau kita sendiri yang bersihin atau melakukan proses perawatan AC nya,  Tentu saja kalau kita memang memiliki waktu luang dan keinginan untuk belajar, pasti kita punya sebuah solusi lain yang bisa kita ambil untuk mengatasi masalah privacy tersebut, yaitu dengan mempelajari Cara Mudah Membersihkan Sendiri ( Perawatan ) AC Di Rumah.



Contoh  Alat - alat Bantu Sederhana Pembersih AC Split Yang Ada Di Pasaran Bisa Kita Lihat dengan Cara --- >   https://c.lazada.co.id/t/c.XPqV



Nah Jika  berminat mempelajarinya, maka kita bisa terlebih dahulu menyimak salah video tutorial di bawah ini, yang berisi tentang langkah - langkah yang harus kita lakukan saat proses Membersihkan Sendiri ( Perawatan ) AC Di Rumah, selamat menyimak.








Berikut ini daftar Beberapa jenis cairan anti bakteri yang berfungsi untuk membersikan filter AC anda, selengkapnya bisa anda simak daftar lengkapnya, silahkan anda Klik di -->   SINI


Berikut Uraian Singkat Tentang, Cara Mudah Membersihkan Sendiri ( Perawatan ) AC Split Di Rumah Anda.


Sebenarnya sih belajar membersihkan AC di rumah sendiri hanyalah memerlukan kemauan saja dan beberapa tehniknya saja maka kalian pasti sudah dapat melakukannya. Tidak banyak peralatan yang diperlukan, karena pekerjaan membersihkan atau menyemprot AC Split yang umumnya di pasang di rumah tangga hanya memerlukan alat semprotan air bertekanan saja, bahkan tidak perlu dengan tekanan tinggi, yang penting bisa disemprotkan, pada umumnya kitatakut terjadi kerusakan saat menyemprotkan air ke unit outdoor maupun unit indoor AC kita, walaupun sebetulnya unit outdoor itu sudah di desain sedemikan rupa sehingga air tidak akan masuk ke sistem kelistrikannya. Bahkan ada beberapa Teknisi AC yang menyemprotkan air bertekanan saat AC dalam keadaan masih beroperasi.




Masalah lainnya adalah kita biasanya ngak mau ribet dan repot - repot dengan memasang plastik yang biasanya dimasukkan ke unit indoor AC  saat disemprot air bertekanan. Padahal sebenarnya bagian indoor tidak harus disemprot air bertekanan tinggi, sebab dengan membersihkan filternya saja juga sudah cukup, karena filter ac sangat lembut dan rapat, maka debu sedikit sekali yang masuk ke kipas blower unit indoornya, jika tidak menyemprotkan air, maka plastik panjang untuk menutup indoor nyaris tidak diperlukan. Sebelum kita coba membersihkan filter udara unit indoornya, maka kita bisa buka terlebih dahulu tutup unit indoor sebelah atas. Tutup indoor ini dapat dibuka dengan menarik sedikit ke luar, karena umumnya hanya dikunci dengan sistem klem plastik saja.


filter ac indoor


keluarkan Filter udara unit indoornya dan bersihkan dengan air. Saat membersihkan filter udara indoor disarankan jangan di sikat karena terbuat dari bahan kasa plastik yang sangat lembut dan mudah sobek.
Setelah itu bersihkan perangkat AC unit indoornya dengan kuas agar debu - debu yang menempel di kipas blower bisa di bersihkan.

Nah cukup mudahkan, unit AC indornya kini sudah bersih !



Sekarang giliran membersihkan bagian outdoor, Tetapi untuk berjaga jaga agar jangan sampai ke strum, sebaiknya matikan AC dan cabut stop kontaknya biar aman, setelah yakin aman, baru deh Langkah selanjutnya kita bisa semprot dengan air bertekanan ( tidak perlu tekanan tinggi ) kebagian kisi - kisi dan kipas ACnya hingga bersih, Lihat gambar di bawah ini :



Membersihkan ac rumah tangga tidak perlu terlalu sering, cukup dua hingga tiga bulan sekali sudah cukup. Kecuali jika rumah kita dipinggir jalan yang ramai dan banyak debu, dengan belajar membersihkan ac rumah anda sendiri, paling tidak anda dapat menghemat biaya 50 hingga 100 ribu rupiah dalam sekali perawatan dan tentu saja Belajar Bersihin AC sendiri akan menambah pengalaman dan keahlian anda juga loh, siapa tahu nanti bisa jadi pekerjaan sampingan !

Secara Tehnis, Teori Membersikan AC yang di lakukan para Teknisi Profesional adalah sebagai berikut, anda bisa memperlajari siapa tahu ini menjadi inspirasi bagi anda untuk mengambil profesi ini sebagai mata pencaharian alternatif  anda, mari kita simak sejenak.


Sebelum mencuci AC kita harus mempersiapkan alat - alat yang diperlukan, yaitu sebagai berikut :
Alat yang diperlukan : 
  • Catcher ( Alat untuk menyemburkan air / untuk mencuci )
  • pipa / selang 
  • pipa putih

Sebelum memulai proses pencucian kita harus mempersiapkan alat terlebih dahulu yang digunakan untuk mencuci yaitu mempersiapkan catcher, caranya adalah sebagai berikut :

Cara untuk mempersiapkan Catcher :
  • Siapkan catcher dengan cara mengeluarkan dari kotaknya
  • pasang pipa besar di tempat yang telah tersedia
  • pasang pipa putih/pipa kecil di atas pipa besar tersebut
  • pasang pipa untuk menyedot air dari dalam bak
  • sambungkan catcher dengan aliran listrik

     Setelah mempersiapkan catcher, maka cuci lah AC tersebut, cara mencucinya ada 2, yaitu mencuci outdoor dan indoor, caranya adalah sebagai berikut :

Cara mencuci Outdoor :
  • Lepaskan dulu casing pada Outdoor (biasanya proses ini tidak di lakukan, untuk menghemat waktu tinggal semprot saja)
  • bila perlu, turunkan Outdoor, tetapi akan memakan waktu lebih banyak
  • setelah casing outdoor terlepas, maka tutupi kelistrikan pada Outdoor menggunakan plastik
  • cucilah outdoor menggunakan catcher dengan cara ke atas kebawah agar fin pada outdoor tidak membengkok
  • setelah outdoor dinyatakan bersih, maka tutup kembali casingnya
Cara mencuci Indoor :
  • Lepaskan dulu casing nya, lalu buka casing dari indoornya
  • sebelum mencuci pasang plastik sesuai area semprot anda agar tidak kotor pada temboknya
  • cucilah indoor dengan cara ke atas kebawah  untuk mencegah fin (jaring - jaring Refrigatornya tidak membengkok )
Kenapa Unit AC Terutama Indoor Harus Rajin kita bersihkan ?

Jika Unit AC di rumah kita tidak secara rutin dibersihkan maka debu, kutu, jamur, dan bahkan bakteri akan menumpuk di celah - celah ventilasi, kumparan, dan bagian filternya sehingga akan bercampur dengan udara sejuk yang dialiran ke ruangan kita. dimana kotoran-kotoran tersebut tentu saja juga akan menyebabkan beban kerja AC semakin berat sehingga AC tidak bekerja secara optimal dan akan meningkatkan konsumsi daya listrik yang dipakainya, tentu saja nanti bayar Listrik jadi mahal deh !

Bagaimana cara membersihkan Unit AC Indoor yang lebih praktis dan lebih mudah, yuk kita pelajari caranya juga sekarang !


--> SELANJUTNYA
Loading...